Tampilkan di aplikasi

Racun dalam pekerjaan kita

Majalah Intisari - Edisi 672
28 September 2018

Majalah Intisari - Edisi 672

Berekspektasi harus disertai pikiran yang realistis. / Foto : pat138241_123RF

Intisari
Terkadang kita tidak menyadari ada sejumlah hal negatif di lingkungan pekerjaan kita yang bisa “meracuni” dan berdampak buruk pada karier kita. Bahkan yang paling berbahaya mungkin justru ada di dalam diri kita. Apa sajakah toxic atau racun harus kita waspadai?

Expectation. Kadang-kadang bukan mengenai apa yang terjadi atau tidak terjadi di pekerjaan dan karier kita, tapi yang berbahaya adalah harapan yang kita letakkan di belakang situasi tersebut. Kita bekerja sebaikbaiknya, tapi yang dipromosikan rekan kerja kita. Kita sudah memberikan yang terbaik untuk klien, tapi untuk proyek berikutnya diberikan ke kompetitor kita. Kita sudah mempercayai team atau rekan kerja kita, tapi kemudian disalahgunakan kepercayaan kita.

Punya ekspektasi sah-sah saja, tapi yang bisa menjadi salah kalau kita melupakan bahwa ada sejumlah hal yang tidak bisa kita kontrol sepenuhnya. Jadi supaya kita tidak frustasi, jangan melulu berpikir mengenai apa yang terjadi dalam pekerjaan dan karier kita, tapi bagaimana kita bereaksi dan memaknai apa yang terjadi.

Assumption. Banyak masalah terjadi justru karena munculnya asumsi yang kemudian dijadikan fakta tanpa dicari tahu kebenarannya terlebih dahulu. Asumsi bahwa kita tidak disukai, asumsi bahwa kita dinilai tidak baik, asumsi bahwa kita tidak dipercaya, dan lain sebagainya.
Majalah Intisari di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI