Tampilkan di aplikasi

Buku Jejak Pustaka hanya dapat dibaca di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.

Mengetuk Pintu Langit di Bulan Ramadan

1 Pembaca
Rp 59.000 15%
Rp 50.000

Patungan hingga 5 orang pembaca
Hemat beli buku bersama 2 atau dengan 4 teman lainnya. Pelajari pembelian patungan disini

3 Pembaca
Rp 150.000 13%
Rp 43.333 /orang
Rp 130.000

5 Pembaca
Rp 250.000 20%
Rp 40.000 /orang
Rp 200.000

Pembelian grup
Pembelian buku digital dilayani oleh penerbit untuk mendapatkan harga khusus.
Hubungi penerbit

Perpustakaan
Buku ini dapat dibeli sebagai koleksi perpustakaan digital. myedisi library

Allah Swt. mewajibkan puasa pada siang hari di bulan Ramadan, dan mensunahkan tarawih pada malam harinya. Allah melipatkan pahala kewajiban menjadi 70 kall dan mengapresiasi kesunahan dengan pahala kewajiban. Bulan kesabaran, bulan kasih sayang, bulan di mana Allah menambah rezeki orang mukmin. Buku ini berisi materi tentang Ibadah di bulan Ramadan, dari puasa, qiyam al Tall, nuzul Al Qur'an, zakat mal dan zakat fitrah, serta salat Idul fitri. Uraiannya jelas dan dapat dijadikan pedoman oleh permbaca sebagai bekal pengetahuan untuk mengetuk pintu langit agar menjadi mukmin yang benar-benar bertakwa.

Ikhtisar Lengkap   
Penulis: Fuad Thohari

Penerbit: Jejak Pustaka
ISBN: 9786235287720
Terbit: Maret 2022 , 115 Halaman










Ikhtisar

Allah Swt. mewajibkan puasa pada siang hari di bulan Ramadan, dan mensunahkan tarawih pada malam harinya. Allah melipatkan pahala kewajiban menjadi 70 kall dan mengapresiasi kesunahan dengan pahala kewajiban. Bulan kesabaran, bulan kasih sayang, bulan di mana Allah menambah rezeki orang mukmin. Buku ini berisi materi tentang Ibadah di bulan Ramadan, dari puasa, qiyam al Tall, nuzul Al Qur'an, zakat mal dan zakat fitrah, serta salat Idul fitri. Uraiannya jelas dan dapat dijadikan pedoman oleh permbaca sebagai bekal pengetahuan untuk mengetuk pintu langit agar menjadi mukmin yang benar-benar bertakwa.

Pendahuluan / Prolog

Kata Pengantar
Assalamualaikum warahmatullahi wa barakatuh Segala puji bagi Allah SWT yang telah menjadikan bulan Ramadhan, bulan yang agung dan penuh keberkahan. Allah SWT mewajibkan puasa di siang harinya, dan mensunahkan tarawih di malam harinya. Allah melipatkan pahala kewajiban menjadi 70 kali dan mengapresiasi kesunahan dengan pahala kewajiban. Bulan kesabaran, bulan kasih sayang, bulan di mana Allah menambah rizki orang mu’min. Shalawat dan salam tercurah kepada Nabi Muhammad SAW yang telah menyampaikan kepada kita tentang ibadah-ibadah di bulan Ramadhan dan memberikan contoh kepada kita bagaimana sebaiknya menghidupkan bulan yang penuh berkah ini.

Alhamdulillah, saya menyambut baik atas terbitnya buku ini, buku yang berjudul ‘PANDUAN IBADAH RAMADHAN-Masjid Raya Vila Inti Persada Tahun 2020’. Saya mengucapkan jazaakumullahu khairan katsiro kepada KH. Dr. Fuad Thohari, MA, Dr. Khamami Zada, MA dan tim yang telah menyiapkan materi Ramadhan ini. Sesuai judulnya, buku ini cukup komprehensif dan dapat dijadikan salah satu buku pegangan dan rujukan bagi umat Islam untuk memasuki bulan Ramadhan.

Ramadhan kali ini sangat spesial, dimana Allah menjadikan kita di rumah dalam mengisi Ramadhan ini, karena atas izin-Nya pula corona turun di tengah-tengah kita. Sebagai insan beriman, kita harus tetap bergembira menyambut Ramadhan yang penuh berkah ini. Untuk itu, pengurus tetap menghadirkan kajian dan taushiyah untuk menambah ilmu dan mempertebal keimanan kita dalam bentuk kajian virtual yang dapat diakses oleh seluruh umat di mana pun. Kajian virtual ini berkat Kerjasama Masjid Raya Vila Inti Persada, Masjid Inti Iman dan Mushola At Taubah . (Jadwal kajian virtual dan kegiatan Ramadhan terlampir) Harapan saya semoga buku ini memberi manfaat sebesarbesarnya bagi para pembaca, memberikan pencerahan wawasan Ke-Islaman yang utuh tentang masalah Ramadhan dengan segala kaitannya, semakin meningkatkan ibadah di bulan Ramadhan dan menghindarkan segala macam tindakan yang dapat merusak ibadah puasa dan kesucian Ramadhan.

Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dan memberi dorongan kepada kami dalam menyusun buku panduan ini hingga dapat diterbitkan. Tak lupa kami berterimakasih kepada Jamaah Masjid Raya, baik dalam struktur Dewan Jamaah dan Dewan Penasehat, maupun perseorangan yang selalu mendukung kami dalam memakmurkan rumah Allah ini, sehingga program pemakmuran berjalan dengan baik. Akhirnya semoga buku ini bermanfaat bagi kita semua.

Aamiin.

Penulis

Fuad Thohari - Ass. Profesor, Dr. Fuad Thohari, M.A., dilahirkan di Ngawi, Jawa Timur, alumnus Pesantren Darun Naja, Jalen, Ponorogo (1983 -1989), Pesantren MTs-A Al-Islam, Joresan, Ponorogo (1983 -1989), Pesantren Al-Falah, Ploso, di Kediri (1989 -1992), Pendidikan Kader Ulama MUI Jakarta (1994 -1996), dan Pendidikan Kader Ulama (PKU) MUI Pusat (1997). Menyelesaikan pendidikan S-1 Jurusan Tafsir-Hadis Fakultas Ushuluddin IAIN Jakarta (1997), menyelesaikan S-2 Kosentrasi Tafsir-Hadis IAIN Jakarta (1999), dan Program Doktor Islamic Studies (Konsentrasi Hadis dan Ulum al-Hadis) di Pascasarjana (S- 3) UIN Jakarta (2001‒2007).

Pernah mengikuti Postdoctoral (Daurah Tarbiyah fi al-Lughah wa al-Tsaqafah, di Al-Azhar, Cairo, Mesir, (2010); mengikuti Postdoctoral Fellowship Program For Islamic Higher Education (POSFI) di Tunisia, (2014), dan penelitian di berbagai negara; Arab Saudi (2007; 2014, 2018), China (Beijing 2015), Hongkong (2016), Shanghai (2017), Singapore (2015-2016-2019), Malaysia (2015- 2016-2019), Thailand (Patani, Shankla, 2015-2016; Puket, 2017; Bangkok-Pataya, (2018) India Selatan (Kochin, Chane, Haidar Abad, (2018), Mesir (2010, 2017) Israel (2017, Palestina (2017), Yordania (2017), Iran (2018), Turki (2018), dan China (Hainan Island, 2020), dll.

Daftar Isi

Sampul
Kata Pengantar
Daftar Isi
Bab I: Puasa
     Pengertian Puasa
     Hukum Puasa Ramadhan
     Syarat-Syarat Puasa
     Rukun Puasa
     Sunah-Sunah Puasa
     Perkara yang Membatalkan Puasa
     Macam-Macam Puasa
     Hikmah Puasa
Bab II: Qiyam Al-Lail
     Shalat Tarawih dan Witir
     Bilangan Rakaat Shalat Tarawih
     Doa Shalat Tarawih dan Witir
Bab III: Nuzul Al-Qur'an
Bab IV: Zakat Mal dan Zakat Fitrah
     Pengertian, Dasar, dan Fungsi Zakat
     Prinsip Zakat
     Zakat Mal dan Ketentuan Nisabnya
     Zakat Fitrah
     Ketentuan Zakat Fitrah dan Fidyah di Masjid Raya
Bab V: Shalat Idul Fitri
     Pelajaran Berharga ‘Idul Fitri
     Shalat Hari Raya
     Idul Fitri: Usaha Kembalinya Fitrah Menuju
          Proses Pendakian Spiritual
          Kembalinya Fitrah Kesucian
          Halal Bi Halal
          Memantapkan Solidaritas Sosial
Profil
Sampul Belakang