Tampilkan di aplikasi

UNBK, kenapa tidak?

Majalah Jendela - Edisi X/04/2017
12 Januari 2018

Majalah Jendela - Edisi X/04/2017

Salah satu manfaat UNBK bagi sekolah adalah mempermudah pengamanan dan penyediaan logistik dalam penyelenggaraan UN.

Jendela
Tahun ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memprioritaskan penyelenggaraan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) di sekolah seluruh wilayah Indonesia. Penyelenggaraan melalui moda UNBK ini dapat meningkatkan efisiensi, mutu, reliabilitas, integritas, dan kehematan pelaksanaan ujian nasional.

UNBK juga lebih mendukung penguatan Indeks Integritas Ujian Nasional (IIUN) karena kecurangan dalam pelaksanaannya sulit terjadi dengan banyaknya ragam bentuk soal UN di setiap mata pelajaran yang diujikan.

UNBK adalah UN dengan menggunakan komputer yang dilengkapi dengan perangkat lunak yang khusus dikembangkan dalam menampilkan soal dan proses menjawabnya dengan tingkat kesulitan yang sama dengan UN secara tertulis. UNBK tahun ini merupakan perluasan UNBK tahun 2016 yang saat itu mencapai 4.382 sekolah dan meningkat sekitar 300% pada tahun ini.

Tahun lalu 72 persen sekolah mengalami peningkatan nilai IIUN, maka dengan peningkatan partisipasi penyelenggara UNBK tahun ini, kemungkinan besar nilai IIUN pun meningkat kembali. “UNBK efektif untuk menghentikan praktik ketidakjujuran di sekolah. Sekolah yang selama ini tidak jujur, meskipun capaian nilai UN-nya tidak turun, telah terkoreksi dengan adanya UNBK.

Oleh karena itu, selama dua tahun terakhir ini kita tidak memberikan apresiasi atas capaian nilai UN, tetapi kita lebih mengapresiasi capaian kejujuran atau indeks integritas,” ujar Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kemendikbud, Totok Suprayitno, di Kantor Kemendikbud, Jakarta.
Majalah Jendela di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI