Tampilkan di aplikasi

Ujian Nasional di daerah terkena dampak asap/bencana tetap sesuai jadwal

Majalah Jendela - Edisi II/03/2016
12 Januari 2018

Majalah Jendela - Edisi II/03/2016

Disepakati bahwa semua daerah tetap menyelenggarakan UN sesuai jadwal nasional yang sudah ditetapkan.

Jendela
Pasca terjadinya bencana pada bulan Oktober 2015, Kemendikbud telah membuat skenario dalam menghadapi gangguan asap, mengikuti dileuarkannya Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nomor 90623/MPK/LL/2015 tentang Penanganan Pendidikan pada Daerah Terdampak Bencana Asap, yang ditujukan kepada gubernur, bupati, dan walikota seluruh Indonesia.

Skenario pertama, libur gangguan asap 1-14 hari. Pada skenario ini, masa liburan Desember 2015 digunakan untuk mengganti jam belajar yang hilang. Ujian Akhir Semester ganjil dilakukan pada Januari 2016. Jadwal Ujian Akhir Sekolah dan Ujian Nasional tetap. Skenario kedua, libur gangguan asap 15-28 hari.

Pada skenario ini, masa liburan dan Ujian Akhir Semester ganjil sama seperti skenario pertama. Namun, jadwal Ujian Akhir Sekolah dan Ujian Nasional diundur 2-3 minggu. Kemudian pada Skenario ketiga, libur gangguan asap di atas 29 hari. Skenario ini mengatur agar kalender akademik disesuaikan hingga ketuntasan belajar tercapai.

Penyesuaian juga dilakukan terhadap jadwal Ujian Nasional dan seleksi mahasiswa baru di perguruan tinggi negeri/swasta. Ketika kondisi daerah yang terdampak asap sudah mulai pulih, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengajak daerah-daerah tersebut untuk melaksanakan UN sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.

Kesepakatan bersama pun telah disampaikan pada pelaksanaan konferensi video jarak jauh antara Kemendikbud dengan daerah-daerah terkena dampak asap, yang dipimpin langsung oleh Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah (Dirjen Dikdasmen) Hamid Muhammad, Senin (30/11/2015).
Majalah Jendela di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI