Tampilkan di aplikasi

70% anggaran Kemdikbud untuk program rakyat

Majalah Jendela - Edisi I/02/2016
12 Januari 2018

Majalah Jendela - Edisi I/02/2016

Mendikbud mengungkapkan, tahun ini pihaknya menginginkan kinerja kementeriannya lebih ditingkatkan.

Jendela
Program-program rakyat yang dimaksud misalnya beasiswa, tunjangan profesi guru, rehabilitasi sekolah, layanan bidang kebudayaan dan bahasa, bantuan pendidikan, serta sarana dan prasarana.

Seluruh program itu akan dipastikan digunakan sebaik-baiknya untuk para pelaku pendidikan dan kebudayaan. Mendikbud, Anies Baswedan memastikan kepada seluruh jajarannya agar komitmen melaksanakan program-program rakyat itu terus dijaga.

Anggaran fungsi pendidikan di Kemendikbud sebesar Rp 49,23 triliun dialokasikan untuk untuk belanja mengikat sebesar Rp 28,62 triliun dan belanja tidak mengikat atau kegiatan-kegiatan lainnya sebesar Rp 13,75 triliun.

Anggaran mengikat Kemendikbud, misalnya, Kartu Indonesia Pintar (KIP), gaji dan operasional, tunjangan guru, ujian nasional (UN) dan akreditasi, beasiswa prestasi, sertifikasi, peningkatan mutu PTK, dan lainnya.

Sementara anggaran belanja tidak mengikat dalam kegiatan meliputi sarana prasarana wajib belajar 12 tahun, perencanaan pelaksanakan kurikulum di sekolah, penelitian, budaya dan bahasa, kursus dan pelatihan, pendidikan masyarakat, kompetisi dan lomba.

Anggaran belanja tidak mengikat juga dialokasikan untuk beasiswa guru, uji kompetensi guru, guru berkualifikasi S1/D4, PAUDISASI, beasiswa darmasiswa, pengembangan profesi tenaga didik, hingga sistem informasi pendidikan.
Majalah Jendela di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI