Tampilkan di aplikasi

Resensi buku Mosaic of Indonesian Batik

Majalah Jendela - Edisi I/02/2016
12 Januari 2018

Majalah Jendela - Edisi I/02/2016

Sejarah dan kekhasan batik di masing-masing daerah tersebut diceritakan penulis dalam 13 bab yang mampu mengedukasi pembacanya untuk mengenal kekayaan batik nusantara.

Jendela
Batik merupakan salah satu kekayaan budaya dari Indonesia yang ditetapkan sebagai warisan budaya non-benda (intangible cultural heritage) oleh UNESCO pada tahun 2009. Ragam hias batik Indonesia terpengaruh oleh asimilasi ras dan akulturasi budaya berbagai rumpun bangsa yang pernah tinggal di Indonesia.

Seni batik, sesuai sejarah pertumbuhannya, awalnya memiliki fungsi sebagai salah satu sarana ritual dan bentuk pelestarian budaya masyarakat. Pada masa ini, corak batik memiliki nilai seni dan filosofi yang merupakan ikon budaya lingkungannya.

Pada abad ke 19, batik tumbuh menjadi komoditas ekonomi dan berkembang ke daerah pesisir pantai di Jawa. Bermacam corak dan ragam hias batik bermunculan dari pelaku industri batik, hingga saat ini batik berkembang menjadi tidak hanya sekedar kain, melainkan dapat digunakan dalam bentuk kemeja dan gaun yang dapat digunakan sehari-hari.

Dalam buku Mosaic of Indonesian Batik ini, Prof. Kusnin Asa memberikan gambaran umum perkembangan batik di Indonesia, mulai dari munculnya seni hias pra-sejarah di dinding gua, masuknya seniman pemahat dari India, pencampuran budaya Yunani dan Cina pada seni lukis di Indonesia, hingga munculnya nama ‘batik’ pada abad ke 10-14 M dari Bahasa Sunda Kuno yang dibawa Kerajaan Galuh dan Pakuan-Padjajaran.

Di dalam bukunya, arkeolog pada Universitas Diponegoro Semarang ini menampilkan foto aneka corak batik nusantara. Mulai dari batik Yogyakarta berwarna cokelat yang gagah, rumit dan indahnya corak batik Banyumas, cerianya corak batik Jakarta, dan kayanya keragaman corak batik Cirebon.
Majalah Jendela di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI