Tampilkan di aplikasi

Ini program prioritas Kemdikbud selama 2016

Majalah Jendela - Edisi I/02/2016
12 Januari 2018

Majalah Jendela - Edisi I/02/2016

Pada Direktorat Jenderal Kebudayaan, setidaknya ada 14 program prioritas yang ditetapkan.

Jendela
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memberikan prioritas utama pada dua komponen, yaitu pelaku dan ekosistem pendidikan dan kebudayaan. Hal ini dijalankan lewat tiga strategi, yaitu (1) penguatan pelaku pendidikan dan kebudayaan; (2) peningkatan mutu dan akses; serta (3) peningkatan efektivitas birokrasi melalui perbaikan tata kelola dan pelibatan publik.

Maka, program kerja yang disusun oleh delapan unit utama yang berada di bawah Kemendikbud juga mengacu pada tiga strategi itu. Direktorat Jenderal (Ditjen) Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (PAUD dan Dikmas), misalnya, pada strategi penguatan pelaku pendidikan dan kebudayaan, unit utama ini menargetkan lebih dari 85 ribu orang ditingkatkan kapasitasnya dalam menerapkan pendidikan keluarga.

Sementara itu untuk strategi kedua, Ditjen PAUD dan Dikmas menargetkan sebanyak 4 ribu lembaga PAUD diberikan bantuan dengan total anggaran senilai Rp 126,9 miliar. Di Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen), ada empat program prioritas yang dijalankan selama 2016 ini.

Program tersebut adalah Program Indonesia Pintar (PIP), Sekolah Garis Depan, Penumbuhan Budi Pekerti, dan pengembangan kurikulum nasional. Direktorat ini menargetkan sebanyak lebih dari 17 juta siswa menerima manfaat dari PIP dan sebanyak 225 sekolah yang berada di garis depan ditingkatkan kualitas pendidikannya.

Sementara itu untuk Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK), terdapat sembilan program prioritas yang akan dilaksanakan pada 2016 ini, di antaranya menguji kompetensi sekitar 3 juta GTK, memberi pelatihan peningkatan kompetensi kepada sekitar 1 juta lebih GTK, memberi tunjangan profesi kepada lebih dari 200 ribu guru non-PNS dan memberi tunjangan khusus bagi lebih dari 68 ribu guru di daerah perbatasan atau pedalaman.
Majalah Jendela di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI