Tampilkan di aplikasi

Europalia berpeluang tingkatkan karir seniman Indonesia

Majalah Jendela - Edisi XX/12/2017
15 Februari 2018

Majalah Jendela - Edisi XX/12/2017

Kebudayaan Nasional Indonesia menjadi bintang dalam festival seni budaya Europalia 2017. Selama empat bulan, sebanyak 486 seniman dan budayawan Indonesia unjuk kebolehan di tujuh negara Eropa dalam festival tersebut.

Jendela
Setidaknya ada tiga manfaat yang dapat diambil dari ikutsertaan Indonesia dalam ajang bergengsi festival seni budaya Europalia 2017. Pertama, memperkenalkan dan menunjukkan Indonesia melalui sisi yang berbeda, yaitu melalui seni dan budaya.

Direktur Jenderal Kebudayaan, Hilmar Faridl menuturkan, mengenalkan suatu negara dapat lebih efektif melalui media seni dan budaya. Masyarakat internasional dapat menilai, Indonesia dengan penduduk mayoritas beragama Islam, namun dapat menampilkan ekspresi seni dan budaya yang sangat beragam.

Kedua, kehadiran Indonesia dalam festival seni Europalia juga sebenarnya turut berkontribusi terhadap upaya penanganan masalah-masalah global. Seperti diketahui, sepanjang 2017 terjadi sejumlah konflik antarnegara dan adanya gelombang imigrasi ke Benua Eropa yang akibatnya terjadi ketegangan dan ketakutan berlebih di antara penduduk Eropa.

“Kehadiran Indonesia menjadi perbincangan di kalangan masyarakat Eropa, di mana Indonesia dengan masyarakat yang begitu beragam, namun dapat hidup berdampingan dengan damai. Sementara di belahan dunia lain, masalah terkait keberagaman itu muncul dan menimbulkan persoalan. Hal ini yang bisa dipelajari juga oleh masyarakat dunia,” ungkap Hilmar.

Ketiga, meningkatkan peluang karir seniman Indonesia yang berkelanjutan, sehingga meningkatkan kesejahteraan seniman Indonesia. Karena selama ini pemerintah sebenarnya telah banyak mengirimkan seniman ke luar negeri secara sporadis. Namun dampak pengiriman seniman ke luar negeri secara sporadis ini tidak memberikan dampak seperti yang diinginkan.

Artinya, setelah kembali ke tanah air, tidak ada tawaran berkelanjutan, sehingga karir seniman tidak juga berkembang. Selain itu, kondisi seniman masih belum banyak dikenal di dunia. Dengan kehadiran mereka di ajang ini, akan menunjukkan tingkat prestasi mereka.
Majalah Jendela di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI