Tampilkan di aplikasi

Ini langkah menyikapi tragedi pada anak oleh orangtua dan guru

Majalah Jendela - Edisi 25/Juli 2018
9 Agustus 2018

Majalah Jendela - Edisi 25/Juli 2018

Ajak anak untuk mengapresiasi kinerja aparat keamanan (Polisi/Tentara Nasional Indonesia), petugas kesehatan, dan pihak lainnya yang telah melayani dan membantu saat tragedi terjadi.

Jendela
Baru-baru ini di berbagai media massa, kita akan menjumpai pemberitaan tentang aksi teror yang terjadi di beberapa kota di Indonesia. Tindakan yang dilakukan oleh sekelompok orang yang tidak bertanggung jawab itu memang telah mencoreng citra bangsa Indonesia yang dikenal dengan keramahan, kesantunan, kerukunan, toleransi, dan nilai budi pekerti lain dari masyarakatnya yang beragam.

Indonesia telah melewati banyak tragedi dan masalah sejak zaman penjajahan maupun setelah kemerdekaan. Namun, berbagai tragedi dan masalah tersebut dapat diatasi oleh masyarakat Indonesia dengan tegar serta semangat gotong royong dan saling menjaga kesatuan dan persatuan. Sikap inilah yang perlu ditumbuhkan pada anak oleh orangtua dan gurunya guna menciptakan Indonesia yang damai dan sejahtera.

Orangtua sebagai pendidik pertama dan utama bagi seorang anak sangat perlu memahami bagaimana cara menyikapi sebuah aksi teror atau tindakan merugikan bagi orang banyak lainnya.

Pertama, orangtua perlu mengetahui seberapa jauh sang anak paham tentang aksi teror tersebut. Hal itu dapat dijadikan bahan diskusi dengan sang anak dengan berdasarkan pada fakta-fakta yang sudah terkonfirmasi agar anak terhindar dari isu-isu spekulasi yang beredar.
Majalah Jendela di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI