Tampilkan di aplikasi

Digitalisasi sekolah, gunakan dana BOS afirmasi atau BOS kinerja?

Majalah Jendela - Edisi 39/Oktober 2019
17 Desember 2019

Majalah Jendela - Edisi 39/Oktober 2019

Digitalisasi Sekolah

Jendela
Program Digitalisasi Sekolah resmi diluncurkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy pada medio September 2019. Sumber dana yang dialokasikan untuk program ini berasal dari anggaran bantuan operasional sekolah (BOS) afirmasi dan BOS kinerja.

Ada syarat dan kriteria khusus bagi sekolah yang menerima bantuan ini, di antaranya lokasi sekolah dan jumlah siswanya. Sekolah - sekolah DI Natuna, Provinsi Kepulauan Riau adalah contoh implementasi program digitalisasi sekolah.

Sebanyak 1.142 siswa dari sekolah di daerah tersebut menerima komputer tablet yang telah diisi buku elektronik dan aplikasi rumah belajar. Pemberian bantuan itu adalah tahap awal dari total sasaran penerima sebanyak 1,7 juta siswa. Program tersebut selanjutnya berlanjut ke Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua.

Ada sebanyak 220 bantuan komputer tablet yang diberikan di sana.Pendanaan bantuan ini diambil dari anggaran BOS afirmasi dan BOS kinerja. Memang sejak 2019, terdapat perubahan sasaran dan anggaran BOS dari tahun sebelumnya.

Pada 2018 lalu, porsi anggaran BOS hanya diperuntukkan bagi BOS reguler senilai Rp46,69 triliun, sedangkan pada 2019 alokasi BOS diperluas. Selain untukBOS reguler, ada pula BOS kinerja, dan BOS afirmasi dengan total anggaran mencapai Rp51,23 triliun.
Majalah Jendela di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI