Tampilkan di aplikasi

Peningkatan kompetensi guru dukung keberhasilannya

Majalah Jendela - Edisi 39/Oktober 2019
17 Desember 2019

Majalah Jendela - Edisi 39/Oktober 2019

Digitalisasi Sekolah Tak Hilangkan Pembelajaran Tatap Muka

Jendela
Dalam menunjang keberhasilan program digitalisasi sekolah, Kemendikbud melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) Kemendikbud akan melakukan pelatihan terhadap keterampilan digitalisasi bagi guru-guru, khususnya di wilayah 3T (tertinggal, terdepan, dan terluar).

Meskipun teknologi informasi berkembang demikian cepat dan sumber-sumber belajar begitu mudah diperoleh, peran guru sebagai pendidik tidak tergantikan oleh kemajuan teknologi tersebut.

Pembelajaran dengan tatap muka antara guru dan siswa di kelas tetap penting, namun akan diperkaya dengan konten-konten digital. Guru harus mampu memanfaatkan kemajuan teknologi informasi yang cepat untuk meningkatkan kualitas proses belajar mengajar di setiap jenjang pendidikan.

Dengan begitu, guru dapat mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) yang unggul dengan kompetensi global. Pembelajaran dengan tatap muka itu menjadi cara yang paling tepat, terutama dalam pembentukan karakter siswa.

Peran guru menjadi semakin penting dan vital karena sekarang mereka harus menguasai sumber-sumber di mana anak-anak bisa belajar, termasuk melalui perangkat digital. Dengan kata lain, guru berfungsi sebagai penghubung sumber belajar atau resource linker.
Majalah Jendela di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI