Tampilkan di aplikasi

Siapkan generasi Indonesia berdaya saing di era industri 4.0

Majalah Jendela - Edisi 39/Oktober 2019
17 Desember 2019

Majalah Jendela - Edisi 39/Oktober 2019

Revolusi industri 4.0 menuntut sumber daya manusia (SDM) dengan kemampuan tertentu untuk mampu bersaing di dunia global.

Jendela
Revolusi industri 4.0 menuntut sumber daya manusia (SDM) dengan kemampuan tertentu untuk mampu bersaing di dunia global. Sejumlah pakar menyebutkan kemampuan yang harus dimiliki untuk mampu bersaing, yaitu kemampuan berkomunikasi, kemampuan berkolaborasi, kemampuan berpikir kritis dan menyelesaikan masalah, serta memiliki kreativitas dan berinovasi.

Generasi unggul yang memiliki keterampilan tersebut, perlu dipersiapkan melalui proses pembelajaran sehari-hari di sekolah. Awal Oktober 2019 lalu, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) meluncurkan program digitalisasi sekolah sebagai upaya untuk mempersiapkan SDM menghadapi revolusi industri 4.0.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy menyebut program digitalisasi sekolah merupakan terobosan baru di dunia pendidikan dengan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam berbagai aspek pembelajaran.

Program digitalisasi sekolah diluncurkan pertama kali di Kepulauan Natuna, Kepulauan Riau, Rabu 18 September 2019. Pada acara tersebut Kemendikbud juga memberikan bantuan kepada daerah-daerah yang termasuk ketegori terdepan, terluar, dan tertinggal (3T). Hal itu merupakan langkah afirmasi untuk memperkecil kesenjangan dengan daerah-daerah lain yang lebih maju.
Majalah Jendela di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI