Tampilkan di aplikasi

Dukung gerakan sekolah sehat melalui permainan tradisional

Majalah Jendela - Edisi 65/Juni 2023
17 Oktober 2023

Majalah Jendela - Edisi 65/Juni 2023

Ibu Negara, Iriana Joko Widodo, bersama Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM)

Jendela
Ibu Negara, Iriana Joko Widodo, bersama Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM) dalam setiap kunjungan kerjanya kembali menggalakkan permainan tradisional. Upaya ini menjadi salah satu bentuk dukungan Ibu Negara dan OASE KIM terhadap impelmentasi Gerakan Sekolah Sehat yang mengusung Sehat Gizi, Sehat Fisik, dan Sehat Imunisasi.

Permainan tradisional merupakan permainan asli rakyat Indonesia sebagai aset budaya bangsa yang memiliki unsur olah fisik tradisional. Permainan rakyat yang berkembang cukup lama ini perlu dilestarikan, karena selain sebagai hiburan, kesenangan, dan kebutuhan interaksi sosial, permainan ini juga mempunyai potensi untuk meningkatkan kualitas jasmani yang sejalan dengan Gerakan Sekolah Sehat.

Menggalakkan kembali permainan tradisional dapat menjadi alternatif untuk mengalihkan anak dari penggunaan gawai yang berlebihan, dan sekaligus sebagai upaya melestarikan permainan tradisional.

Secara holistik, bermain permainan tradisional ini dapat melatih kebugaran, sportivitas, kemampuan berinteraksi, dan bekerja sama antarpelajar sehingga generasi sehat, cerdas, dan berkarakter dapat terwujud. Selain itu, permainan tradisional ini juga dapat membangun semangat kebersamaan dalam kebinekaan, bergembira bersama serta sebagai salah satu bentuk penguatan profil Pelajar Pancasila.
Majalah Jendela di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI