Tampilkan di aplikasi

Buku bacaan bermutu tingkatkan minat membaca bagi anak

Majalah Jendela - Edisi 65/Juni 2023
17 Oktober 2023

Majalah Jendela - Edisi 65/Juni 2023

Anak-anak sekolah dasar

Jendela
Kebijakan Merdeka Belajar Episode 23: Buku Bacaan Bermutu untuk Literasi Indonesia, merupakan terobosan yang bertujuan meningkatkan kompetensi literasi peserta didik. Kebijakan ini diharapkan dapat menjawab tantangan rendahnya kemampuan literasi anak-anak Indonesia akibat rendahnya kebiasaan membaca sejak dini.

Untuk melengkapi berbagai program penguatan literasi, Kemendikbudristek meluncurkan kebijakan Merdeka Belajar Episode Ke-23: Buku Bacaan Bermutu untuk Literasi Indonesia, pada akhir Feburari 2023. Program tersebut berfokus pada pengiriman buku bacaan bermutu untuk jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Sekolah Dasar (SD) yang disertai dengan pelatihan bagi guru.

Kebijakan ini diluncurkan untuk menjawab tantangan rendahnya kemampuan literasi anak-anak Indonesia akibat rendahnya kebiasaan membaca sejak dini. Salah satu penyebab rendahnya kebiasaan membaca adalah masih kurang atau belum tersedianya buku bacaan yang menarik minat anak-anak.

Program pengiriman buku dirancang berdasarkan situasi di lapangan yang harus segera ditangani. Berdasarkan hasil Asesmen Nasional (AN) tahun 2021, Indonesia saat ini sedang mengalami darurat literasi, yakni satu dari dua peserta didik jenjang SD sampai SMA belum mencapai kompetensi minimum literasi.
Majalah Jendela di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI