Tampilkan di aplikasi

Steyr-Puch Haflinger, mungil & sakti

Majalah JIP - Edisi 182
14 Juni 2017

Majalah JIP - Edisi 182

Kendaraan 4x4 ringan ini identik dengan dunia militer. Bahkan kehadir annya menjadi salah satu bagian sejarah militer Indonesia di masa lampau. / Foto : Bimo ss

JIP
Beruntung sekali JIP menemukan sebuah kendaraan 4x4 super kompak. Namanya adalah Steyr-Puch Haflinger, yang merupakan kebanggaan produsen asal Austria, Steyr- Daimler-Puch atau kini dikenal dengan nama Magna Steyr. Kendaraan 4x4 ringan ini memang kurang populer di pasar Asia, Amerika dan Australia, lantaran Steyr-Daimler-Puch fokus untuk kebutuhan militer domestik dan Eropa.

Di Indonesia, Steyr-Puch Haflinger masuk sebagai pesanan khusus untuk kebutuhan militer dan perusahaan nasional. Konon, total populasi Haflinger yang terawat tak lebih dari 35 unit. Dan salah satu pemilik yang beruntung adalah Sony Wasono Nugroho, yang menyimpan Haflinger dengan kondisi yang sangat terjaga.

Sony sendiri merupakan penggemar dan kolektor jip dan kendaraan 4x4. Namun salah satu sahabatnya menawarkan Haflinger yang merupakan warisan dari sang ayah. “Syaratnya mobil enggak boleh diapaapain dan harus benar-benar dijaga,” terangnya sambil mengenang.

Hal paling menakjubkan adalah kondisinya yang masih sangat terjaga. Namun yang misterius adalah tahun pembuatannya. Sony sendiri tak terlalu yakin dengan tahun pembuatannya. Namun, jika melihat sejarahnya, Haflinger diproduksi pada 1959 hingga 1975.
Majalah JIP di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI