Tampilkan di aplikasi

Monster jam series, sirkus tersukses di Amerika

Majalah JIP - Edisi 193
11 Mei 2018

Majalah JIP - Edisi 193

Dalam satu musim kompetisi, dibatasi hanya 96 monster truck. / Foto : Dok. JIP

JIP
Bayangkan melihat truk monster berbobot lebih dari 5 ton melayang di depan Anda diiringi deru mesin V8 bongsor yang mengalun indah. Inilah sirkus tersukses di Amerika. Atraksi truk dengan ban besar melayang di udara, buat sebagian orang, mungkin sudah menjadi tontonan super seru sejak kecil. Saat itu, parada sirkus truk atau pick-up ini sempat menyapa di TV nasional.

Acara super seru tersebut dinamakan sebagai Monster Jam. Nama tersebut lantaran memperlihatkan atraksi monster truck yang dengan piawainya melakukan gilas mobil hingga aksi freestyle yang sangat menantang. Konon, Monster Jam akan menyapa Indonesia dalam beberapa tahun mendatang. Sambil menunggu terealisasi, mari kita mengenal terlebih dahulu mengenai Monster Jam, yang sukses menjadi acara sportainment tersukses di Amerika.

Kelahiran Monster Jam dimulai pada 1974, ketika seorang kontraktor di St Louis, Missouri, Amerika, bernama Bob Chandler dan Marylin, istrinya, membeli sebuah pikap Ford F-250. Bob memodifikasi F-250 miliknya dengan kakikaki yang jangkung dan kekar serta penggunaan ban super besar.

Hingga suatu ketika di 1981, saat sedang off-road bersama Jim Kramer, dia menemukan beberapa rongsokan mobil. Penasaran dengan kemampuan F-250-nya yang kini besar dengan ban 48 inci, ia pun mencoba melindas mobil-mobil rongsokan itu. Beruntung, Bob memvideokan aksi itu, untuk akan digunakan sebagai alat promosi bisnisnya. F-250 milik Bob dengan tampilan sangar dan bongsor tersebut, akhirnya dikenal dengan istilah monster truck. Namun Bob lebih suka memanggil F-250 miliknya dengan sebutan ‘Bigfoot’.
Majalah JIP di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI