Tampilkan di aplikasi

Suzuki Jimny JB33, Jimny rally raid

Majalah JIP - Edisi 209
12 September 2019

Majalah JIP - Edisi 209

Pelek Suzuki Escudo ukuran 7” jadi andalan saat balap nanti. Dalam sesi foto ini masih menggunakan pelek sementara. Pelek akan dibalut ban ukuran 195x85-R16 yang dirasa paling pas untuk bobot dan tenaga Jimny. / Foto : Bimo SS

JIP
Tidak pernah sangka kalau Suzuki Jimny generasi tiga ini adalah tunggangan Wijaya Kusuma. Pasalnya, off-roader senior yang satu ini sudah benar-benar meninggalkan dunia kompetisi off-road belasan tahun silam. Walaupun dunia off-road memang tidak lepas dari dirinya. Lima tahun lalu, Jaya panggilan akrabnya.

Mulai mengamati dunia reli. “Saya beberapa kali bantu tim Indonesia saat ikut balap Asia Cross Country Rally. Dan reli ini tidak hanya ber kompetisi, tapi tantangan trek dan kerja sama sangat kuat,” ucap Jaya yang terpancing untuk kembali turun di event off-road. Jaya pun terinspirasi dengan tiga kendaraan peserta yang selalu turun di event yang dikenal dengan singkatan AXCR ini.

“Kendaraan ini adalah Suzuki Jimny generasi ke tiga. Dan hebatnya tiga Jimny ini selalu ada diperingkat 10 besar tiap kali turun AXCR. Dan ini sangat menginspirasi saya buat ikut balap pakai Jimny,” jelas Jaya. Dan tahun lalu Suzuki Jimny generasi ke tiga pun dibeli Jaya. Mobil ini pun langsung dibangun untuk ikutan turun diajang AXCR 2019. Dengan konsep modifikasi yang meniru tunggangan milik pembalap asal Jepang.

Merupakan salah satu peserta menggunakan Jimny dari Jepang. Balap rally raid atau reli panjang seperti ini memang tidak hanya mengunggulkan ken daraan kencang. Karena balapnya akan me nempuh jarak diatas 1.000 km selama enam hari. Modifikasi yang dilakukan tentu mengutamakan ketahanan atau endurance dari mobil itu sendiri.

Untuk melahirkan Jimny yang siap balap reli panjang. Jaya mempercayakan tunggangannya ini pada workshop Quadra4x4 dan berkolaborasi dengan Art Engineering. Proses pengerjaan pun memakan waktu setahun, sampai akhirnya mobil diberangkatkan ke Thailand untuk bertanding.
Majalah JIP di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI