Tampilkan di aplikasi

Drama sang 'monster'

Majalah JIP - Edisi 214
13 Februari 2020

Majalah JIP - Edisi 214

Pertarungan dua monster merebut tahta padang pasir.

JIP
Tahun 2020 jadi kali pertama bagi Dakar Rally digelar di Arab Saudi. Dari 12 etape yang ber- langsung, persaingan kemudian mengerucut ke dua nama saat memasuki etape 7. Mereka adalah Carlo Sainz dari Bahrain JCW X-Raid Team dan Nasser Al-Attiyah dari tim Toyota Gazoo Racing. Kedua penguasa padang pasir ini bersaing ketat diajang reli paling ekstrem pada 5-17 Januari, demi meraih posisi terbaik. Sampai akhirnya drama terjadi memasuki etape ketiga saat mengitari daerah Neom.

Ketika melintasi rute Neom dengan jarak 504 km, Nasser Al-Attiyah mengalami masalah pada mobilnya. Ban belakang kanan Toyota Hiluxnya pecah meski masih bisa melaju untuk beberapa puluh kilometer terakhir. Karena itu lajunya pun terhambat. Membuat Sainz dengan Mini X-Raidnya kian mendekat di belakang.

Namun Nasser tidak langsung memberi jalan kepada Sainz, sehingga kecepatan mantan juara dunia WRC itu terhambat menjelang garis akhir. “Mobil saya memang bermasalah, tetapi saya tidak ada niatan untuk mengganggu jalan peserta lain,” tutur juara umum Reli Dakar 2019 itu. Meski begitu, apa yang dilakukan Nasser memang melanggar peraturan.

Dalam buku peraturan Reli Dakar tentang kerusakan mobil di halaman 26 pasal 3 mengatakan, kalau mobil yang rusak harus memberi jalan sesegera mungkin kepada peserta di belakang yang mendekat dan akan mendahului. Atas kesalahan itu, Nasser dipenalti waktu tambahan tiga menit.

Kesempatan menang kian sulit bagi Nasser dan Toyota, sebab sampai etape ke-7, Toyota Gazoo Racing hanya menang pada etape ke-2. Sisanya, pereli Bahrain Mini X-Raid Team menguasai puncak catatan waktu, terkadang lewat Stephane Peterhansel ataupun Carlos Sainz. Pimpinan tim Toyota Gazoo Racing, Glyn Hall pun menganalisa secara teknis kenapa Toyota Hilux kalah dengan Mini JCW Boogie.
Majalah JIP di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI