Tampilkan di aplikasi

Anti slip tape, bye-bye licin

Majalah JIP - Edisi 214
13 Februari 2020

Majalah JIP - Edisi 214

Pijakan kaki yang licin jelas bikin bahaya, ada cara jitu mengantisipasinya.

JIP
Pemilik jip kerap sekali mema- sang footstep tambahan di sisi. Alasannya selain fungsi utamanya sebagai pijakan kaki, sekaligus melindungi bodi benturan samping. Beberapa footstep aftermarket pun banyak dijual di pasaran, sehingga para pemilik jip bisa langsung mengaplikasikan. Berbagai bentuk model footstep pun banyak ditemui. Dari yang sekadar bentuk pipa besi saja sampai ke bentuk yang macammacam menyesuaikan model mobil. Pun ada pula yang sudah dilengkapi dengan aneka aksesori seperti karet anti selip dan sebagainya.

Pastinya semakin mahal harga, maka bentuk dan kelengkapan footstepnya juga berbeda. Ada kalanya foostep juga berbentuk sederhana. Seperti cukup pipa besi berdiameter lebih kurang 1,5’. Sayangnya, pipa besi ini punya kelemahan yakni licin. Apalagi jika habis terkena air ataupun barang liquid lainnya. Namun kondisi ini usah dikhawatirkan. Banyak solusi praktis untuk mengkondisikan footstep jenis ini menjadi anti selip. Bahkan tak jarang solusi ini justru menambah penampilan jip makin ciamik. Bengkel D2 Motor di bilangan Depok mempunyai salah satu trik praktisnya.

Modalnya hanya dengan Anti Slip Tape yang banyak ditemui di pasaran. Alat ini biasa dipakai pada tempat yang notabene berpotensi licin. Seperti anak tangga, eskalator dan berbagai pijakan kaki. Sayang penggunaannya kebanyakan dipakai pada bangunan. Oleh Yusuf Ramadhan—pemilik bengkel D2 Motor, anti slip tape ini diaplikasikan untuk melapisi footstep.

Permukaan yang kasar pada anti slip tape membantu mengurangi licin. Bahan ini gampang sekali dipasang karena sudah dilengkapi dengan lem perekat di sisi sebaliknya. Biasanya anti slip tape berupa gulungan. Tersedia dalam berbagai warna, meski kebanyakan dipasaran banyak ditemui warna-warna gelap. Cara belinya pun bisa disesuaikan kebutuhan (bisa beli/ meter-red). Harganya bervariasi tergantung jenis dan merk nya. Tertarik? Simak cara pasangnya.
Majalah JIP di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI