Tampilkan di aplikasi

Sentuhan pola pikir

Majalah Matra - Edisi 0717
14 Desember 2017

Majalah Matra - Edisi 0717

Cara kita memandang terhadap segala sesuatu, memandang terhadap kehidupan, tentang pikiran itu seperti dua mata pedang, bisa dibuat buruk ataupun baik.

Matra
Dalam perkembangan sekarang, perlu kita rubah mindset di masyakakat. Pemberdayaan Peran serta Masyarat, dengan membentuk cara berpikir dan kepribadiannya. Seseorang bisa mengembangkan kemampuannya menjadi seorang pemarah atau yang luwes bergaul, faktor kuncinya adalah mindset. Maka, birokrasi yang terdiri manusia pun, kunci sukses reformasi birokrasi adalah reformasi mindset.

Bagaimana yang awalnya terkotak-kotak, menjadi sinergis. Mulanya hanya mau memerintah, kini menjadi melayani. Tak hanya berpikir sesaat, namun berpikir strategis. Kemudian, dari menjalankan wewenang menjadi menjalankan peran.Tak hanya berpikir reaktif, tapi berpikir proaktif. Terbuka dan mengantisipasi perubahan. Kemudian membangun jalan keluar secara sistemik dengan membagi visi.

Pencegahan, pemberantasan dan pemberdayaan masyarakat adalah komitmen dari seluruh unit kerja BNN. Khususnya, untuk pemberdayaan masyarakat, terobosan strategis, serta memetakan sasaran yang jelas dan terukur menjadi bagian grand strategy yang inovatif. Secara garis besar, bidang pemberdayaan perlu diterima masyarakat.

Kalau sudah menyelaraskan strategi antar unit, efesien dan efektivitas program dan kegiatan, peran-peran dari bidang lain pasti ikut memberi dukungan. Mengintegrasikan perencanaan antar unit, menjadikan masyarakat terpacu untuk berkontribusi. Pada saatnya nanti, mereka bisa berbuat positif. Masyarakat jadi mampu memberdayakan diri dan lingkungannnya. Maka, perlahan dan terukur peran pemerintah sebagai fasilitator dapat berkurang. Di sini pentingnya, key perfomace indicator.
Majalah Matra di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI