Tampilkan di aplikasi

Pertolongan pertama, atasi mobil matic yang kebanjiran

Majalah Matra - Edisi 0120
9 Januari 2020

Majalah Matra - Edisi 0120

Putuskan seluruh sistem kelistrikan. Silahkan membuka kap mesin, dan melepas seluruh sistem kelistrikan, dan (+) (-) baterai untuk menghindari korslet pada sistem kelistrikan. Jangan menyalakan mesin sampai kendaraan kering.

Matra
Ada beberapa hal yang mesti diperhatikan. Sebaiknya mobil matic tidak menerjang banjir, karena ini tindakan berisiko tinggi. Pindahkan mobil ke tempat yang lebih aman. Jika situasinya memungkinkan, segera pindahkan mobil ke tempat yang lebih aman atau lebih tinggi. Transmisi mobil matic bekerja secara komputerisasi dan menggunakan perangkat elektrikal dimana air adalah musuh utamanya Secara umum, asuransi akan mengganti bila terjadi kerusakan lebih dari 75 persen, pada kendaraan yang murni rusak karena bencana alam.

Ini berlaku bila kendaraan Anda secara tidak sengaja terendam banjir dan oleh karenanya mesin utama terendam hingga mati total, bukan karena kelalaian pengemudi yang memaksa menerobos banjir. Apabila ada unsur kesengajaan, maka asuransi berhak menolak klaim asuransi tersebut. Kerugian kedua, bila kendaraan Anda tidak diasuransikan atau klaim asuransi ditolak, Anda harus siap merogoh kocek yang tidak diduga, bahkan bisa merogoh kocek hingga puluhan juta rupiah untuk memperbaiki mobil Anda.

Para pemilik kendaraan harus memahami, hal-hal penting apa saja yang dapat mereka lakukan ketika mobilnya terlanjur terendam banjir. Ini pertolongan pertama yang bisa diberikan untuk mobil yang terendam banjir. Pertama, ketika mobil sudah terlanjur terendam banjir, segera perhatikan posisi rem tangan. Jika situasinya memungkinkan, sempatkan untuk mengambil gambar dari bagian dalam hingga ke bagian luar mobil kamu yang terendam banjir. Hal ini dilakukan untuk mengajukan klaim kepada pihak asuransi.

Segera non-aktifkan posisi rem tangan. Jaga transmisi pada gigi satu untuk mobil manual dan ā€˜Pā€™ untuk mobil bertransmisi otomatis. Hal ini harus dilakukan untuk menghindari kerusakan pada rem tangan kendaraan, jika ikut terendam air dalam waktu yang lama.
Majalah Matra di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI