Tampilkan di aplikasi

Menguak harta dunia maya buzzer, endorser, fotografer

Majalah Matra - Edisi 0120
9 Januari 2020

Majalah Matra - Edisi 0120

Buzzer, endorser terdaftar sebagai profesi yang diminati sekarang ini. Bahkan, ada seorang fotografer kondang pada masanya, sekarang “berpindah” profesi menjadi buzzer dan endorser.

Matra
Fotografer itu alih profesi menjadi buzzer digital karena situasi sulit order sekarang ini. Di lain sisi, ia memiliki kemampuan, bermain medsos dan memiliki banyak pengikut di akun yang dibangun lewat brand yang memang punya nama. Awalnya, menciptakan ruang baru sehingga keluarga, teman atau orang asing yang baru kenal bisa berinteraksi.

Di tahun politik, kerjaan sambilan ini mendapatkan klien, dimana politikus menjangkau rakyat. Tujuannya cuma satu, mendukung kubunya, menjatuhkan lawan beda kubu. Facebook, Instagram dan Youtube dipakai “tim sukses” untuk berkampanye, sekaligus mem-black campaign endoser politik. Buzzer atau sebutannya endorser. Ada juga yang menyebutnya sebagai influenser atau KOL (key opinion leader).

Akun di media sosial yang dikelola baik dan ikuti trend, bisa rutin mendapat order posting pesanan klien. Syaratnya, ia harus punya pengikut di media sosial. Harus memiliki di atas 10.000. Para influenser dunia maya ini direkrut atau disewa secara kongkrit. Hanya saja, transaksinya diam-diam, jauh dari pajak dan dalam waktu tertentu juga sangat personal.

Jika sekarang jaman politik, ya kliennya tak jauh dari itu. Per blast, bisa juga kontrak sebulan dengan syarat-syarat dan ketentuan tertentu. Hanya buzzer dan endorser serta klien yang paham. Biaya menyewa sangat relatif dari pengikut sang influenser. Fotografer yang kini pindah kuadran itu, adalah contoh saja. Ketika fotografi sebagai proses kreatif sedikit demi sedikit tergerus.

Sebagai seorang fotografer yang kini memasuki medsos, sebenarnya adalah mengembangkan talenta lain. Bakat video, men-syut atau sebagai pembuat trendsetter. Era beberapa dekade lalu, dimana seorang fotografer lapangan masih harus dibekali kemampuan cuci-cetak foto di kamar gelap. Saat ini, mungkin spesifikasi tersebut sudah tidak lagi menjadi prioritas.
Majalah Matra di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI