Tampilkan di aplikasi

Bemo tanpa telolet

Majalah Matra - Edisi 0321
12 Maret 2021

Majalah Matra - Edisi 0321

Bemo

Matra
Auto bemo itu produk teknologi otomotif terbaik dari Daihatsu dalam kerangka pembayaran paket pampasan perang Jepang atas Indonesia bersama dengan Sarinah Departemen Store di Jalan MH Thamrin dan Hotel Indonesia serta Wisma Nusantara yang menjadi salah satu landmark Jakarta pada paruh awal 1960an. Mengapa auto bemo yang berroda tiga itu yang dipesan khusus oleh Presiden Sukarno pada tahun 1962an?

Karena semasa itu Bung Karno tengah gandrung berkampanye untuk menghapus segala bentuk exploitation de lhome par lhome (penindasan manusia atas manusia) yang di Jakarta, antara lain tersimbolisasikan atas kendaraan roda tiga becak (rickshaw) yang dikayuh oleh seorang manusia.

Bagi Bung Karno ini pemandangan adanya seorang marhaen penat berpeluh menggenjot pedal becak demi sesuap nasi setelah tawar menawar ongkos untuk mengantarkan dua tiga orang penumpang yang berduit. Sungguh pedih di matanya.

Karena itu Bung Karno pun mengajukan gagasan modernisasi sarana trans portasi lokal BEcak dengan menggunakan tenaga MOtor sebagai pengganti tenags manusia. Itu sebabnya mengapa kendaraan bermotor roda tiga buatan Daihatsu ini lalu populer disebut BeMo alias becak bermotor.
Majalah Matra di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI