Tampilkan di aplikasi

Masker kain pencegah Covid-19

Majalah Matra - Edisi 0322
4 Juni 2021

Majalah Matra - Edisi 0322

Para Peneliti Menguji Seberapa Baik Kinerja Setiap Kain

Matra
Sebuah tim peneliti dari Universitas Cambridge dan Universitas Northwestern telah melakukan penelitian masker dari sejumlah kain, mulai kaus sampai jeans. Hasilnya masker kain asalkan berlapis-lapis efektif mencegah Covid-19. Seperti apa?

Dikutip dari situs Universitas Cambridge, para peneliti menguji keefektifan kain yang berbeda dalam menyaring partikel antara 0,02 dan 0,1 mikrometer –seukuran dengan sebagian virus. Penelitian dilakukan dengan kecepatan partikel yang cukup tinggi, yakni sebanding dengan batuk atau napas berat. Mereka juga menguji N95 dan masker bedah, yang lebih umum digunakan dalam pengaturan perawatan kesehatan.

Hasilnya, dilaporkan dalam jurnal BMJ Open dikutip dari CNBC Indonesia, menunjukkan bahwa sebagian besar kain yang biasa digunakan untuk masker wajah non-klinis efektif menyaring partikel ultra halus. Peneliti juga menyatakan bahwa masker N95 sangat efektif. Namun ternyata kantong HEPA yang biasa digunakan dalam vacum cleaner memiliki kinerja melebihi masker N95 dalam beberapa hal.

Untuk masker kain yang biasa diproduksi oleh usaha rumahan, dinyatakan memiliki efektifitas lebih bila terdiri atas beberapa lapis kain. Efektivitas juga semakin meningkat beberapa lapis kain tersebut dijahit kuat dan diberikan bahan tambahan yang kaku seperti yang ada di kerah baju. Namun, hal ini juga membuat bernafas semakin sulit bila dibandingkan dengan masker N95.
Majalah Matra di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI