Tampilkan di aplikasi

Pelaku kawin kontrak terimbas pandemi virus Corona

Majalah Matra - Edisi 0323
10 Agustus 2021

Majalah Matra - Edisi 0323

Fenomena kawin kontrak di Cipanas, Cianjur

Matra
Fenomena kawin kontrak di Cipanas, Cianjur bukan isapan jempol. Hanya saja, di masa pandemic sekarang, kampung itu kini sepi turis Arab. Rupanya, orang-orang yang suka ke sana, sebagai pelaku kawin kontrak, terimbas pandemi virus Corona.

Aksi turis Arab dalam melakukan kawin kontrak itu terselubung. Mereka berwisata di destinasi liburan, sekitaran Puncak Pass. Mereka yang ke Cipanas biasanya mengambil visa liburan, datang sebagai wisatawan asing. Menurut warga sekitar, turis dari Timur Tengah ini memilih plesiran ke Puncak untuk menikmati kawasan dengan udara sejuk.

Maka, di sekitar Cipanas, Cianjur beberapa waktu lalu, destinasi dataran tinggi ini memang kental di dengan nuansa Arab. Di beberapa lokasi, di dekat kompleks vila, begitu banyak pertokoan, restoran, hingga layanan jasa yang papan namanya ditulis dengan huruf Arab. Setahun yang lalu, vila di Cipanas, Cianjur yang sering dijadikan tempat tinggal oleh orang-orang Arab ini.

Lokasinya berada di komplek vila Kota Bunga. Tak ada yang mengira, kampung Arab terdampak pandemi Corona. Pandemi Corona juga menghajar Kampung Arab Cipanas, Ciajur. Tak ada lagi wisatawan Timur Tengah yang datang ke sana karena pembatasan perjalanan di negaranya.

Kalau pun masih ada turis Arab adalah yang punya surat izin tinggal jangka panjang. Ada lagi orang Arab yang masih tinggal di Cipanas, Cianjur adalah yang punya usaha di sana. Satu lagi, beberapa turis Arab yang datang ke Cipanas berasal dari Jakarta.
Majalah Matra di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI