Tampilkan di aplikasi

Hari Batik Nasional diperingati 2 Oktober, peran SBY ke UNESCO?

Majalah Matra - Edisi 0324
7 Oktober 2021

Majalah Matra - Edisi 0324

SBY dan Jokowi

Matra
Hari Batik Nasional bukan tanggal merah. Ini sesuai dengan Keppres 33/2009 yang diteken SBY pada 17 November 2009. Peringatan 2 Oktober sebagai Hari Batik Nasional, tak lepas dari penetapan batik sebagai warisan budaya oleh UNESCO. Kala ini, Presidennya SBY, yang memiliki istri demikian suka batik, yakni ibu Ani Yudhoyono.

Dikutip dari situs UNESCO, teknik, simbolisme, hingga budaya yang melingkupi batik ada di hidup masyarakat Indonesia sejak lahir hingga kematian. Hari Batik Nasional adalah hari perayaan nasional Indonesia untuk memperingati ditetapkannya batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Non bendawi pada 2 Oktober 2009 oleh UNESCO.

Hari Batik Nasional diperingati setelah batik diakui oleh United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) sebagai warisan budaya takbenda yang berasal dari Indonesia. United Nations Educational Scientific Cultural Organization (UNESCO) mengukuhkan batik Indonesia masuk ke dalam Daftar Representatif Budaya Tak benda warisan manusia yang merupakan pengakuan internasional terhadap mata budaya Indonesia.
Majalah Matra di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI