Tampilkan di aplikasi

Amerika ancam tidak hadir G20 jika Rusia datang ke Bali

Majalah Matra - Edisi 0326
11 April 2022

Majalah Matra - Edisi 0326

Presiden Jokowi bertemu Presiden Biden

Matra
Berita ini menjadi trending, terkait negara Paman Sam yang menegaskan kepada Indonesia, bahwa mereka tak akan mengikuti rangkaian pertemuan G20 jika perwakilan Rusia turut hadir. Menteri Keuangan AS Janet Yellen menginformasi, negara AS akan memboikot “sejumlah pertemuan G20” jika pejabat Rusia muncul. Posisi Amrik bahkan demikian keras, menyatakan Moskow harus dikeluarkan dari forum Kelompok 20 ekonomi utama itu.

Sikap pemeritah AS seiring politik dalam negeri Amrik, yang anggota senat mempertanyakan masa depan G20 setelah invasi Rusia ke Ukraina. Bagaimana tidak, sejak 2008, G20 telah menjadi forum internasional utama untuk isu-isu mulai dari bantuan Covid-19 hingga utang lintas batas dengan anggota termasuk Cina, India, dan Arab Saudi, yang enggan mengutuk tindakan Rusia.

Yellen mengatakan kepada anggota parlemen, bahwa invasi Rusia ke Ukraina dan pembunuhan warga sipil di Bucha “tercela, merupakan penghinaan yang tidak dapat diterima terhadap tatanan global berbasis aturan, dan akan memiliki dampak ekonomi yang sangat besar di Ukraina dan sekitarnya.” Amerika Serikat dan sekutu utamanya telah menempatkan penekanan yang lebih besar dalam beberapa bulan terakhir pada G7 dari negara-negara demokrasi industri, yang kepentingannya lebih selaras, menggunakan pertemuan G7 untuk mengoordinasikan tanggapan mereka terhadap perang Rusia di Ukraina.

Yellen mengatakan pemerintahan Biden ingin mendorong Rusia keluar dari partisipasi aktif di lembagalembaga internasional utama, tetapi mengakui bahwa tidak mungkin Rusia dapat dikeluarkan dari Dana Moneter Internasional mengingat aturannya.

“Presiden Biden telah menjelaskan, dan saya tentu setuju dengannya, bahwa itu tidak bisa menjadi bisnis seperti biasa bagi Rusia di lembaga keuangan mana pun,” kata Yellen.
Majalah Matra di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

INTERAKTIF
Selengkapnya
DARI EDISI INI