Tampilkan di aplikasi

Cara atasi aviophobia atau ketakutan terbang

Majalah Matra - Edisi 0330
8 Desember 2022

Majalah Matra - Edisi 0330

Pesawat terbang

Matra
Pesawat terbang adalah pesawat udara yang lebih berat dari udara, bersayap tetap, dan dapat terbang dengan tenaga sendiri. Istilah pesawat terbang secara umum biasa disebut juga dengan kapal terbang atau pesawat udara atau hanya pesawat dengan tujuan pendefinisian sebagai kendaraan yang dapat terbang di udara atau atmosfer.Nah, kita biasanya memakai pesawat penumpang sipil. Jenis yang memang dibuat dengan tujuan untuk mengangkut penumpang. Pesawat ini memiliki kapasitas yang berbeda-beda tergantung kebutuhannya.

Rebecca Hoffenberg, seorang psikolog mengatakan rasa takut naik pesawat adalah hal yang wajar. “Ketika orang ingin mengatasi rasa takut terbang, mereka akan sering mengatakan bahwa mereka tahu terbang adalah bentuk perjalanan yang aman. Masalahnya adalah tubuh mereka telah membentuk pola respons di mana pesawat terbang dikaitkan dengan kecemasan,” kata dia.

Sementara diagnosis klinis aviophobia atau ketakutan terbang itu cukup langka dan hanya mempengaruhi 2,5 persen populasi. Kecemasan umum tentang terbang jauh lebih umum.

Beberapa penumpang pesawat khawatir berada di ruang tertutup terlalu lama, yang lain tidak menyukai ketinggian dan kelompok tertentu takut mereka mungkin secara tidak sengaja membuka pintu pesawat di tengah penerbangan. Lebih jauh lagi, beberapa penumpang khawatir tentang kuman dan virus.Apa pun pemicunya, ada banyak cara untuk meredakan kecemasan. Simak tips berikut ini: Cara Atasi Aviophobia atau Ketakutan Terbang

1. Memahami turbulensi Turbulensi tidak lebih dari arus angin miring yang menyebabkan pesawat bergoyang sedikit, tidak seperti mengemudi di jalan bergelombang atau berlayar di laut berombak. Tapi itu tidak perlu dikhawatirkan sama sekali, sebab pesawat dirancang khusus untuk menangani dan meminimalkan turbulensi. Selain itu, saat ini, teknologi digunakan untuk memprediksi area turbulensi sehingga pilot dapat menghindarinya dan memberikan pengendaraan yang sehalus mungkin.
Majalah Matra di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI