Tampilkan di aplikasi

Anda mulai pelupa? ada cara mengatasinya

Majalah Matra - Edisi 0337
10 Januari 2024

Majalah Matra - Edisi 0337

Cara mengatasi lupa

Matra
Karena itu, bagaimana Anda dapat membedakan apakah kehilangan daya ingat itu disebabkan oleh muatan daya ingat yang melewati batas atau karena rintangan emosional? Inilah beberapa isyarat sebelum Anda pergi ke dokter:
• Anda lupa akan semua pengalaman Anda, termasuk yang penting, jadi bukan hanya rinciannya
• Kelalaian Anda membatasi kemampuan Anda untuk berfungsi akibatnya keluarga Anda, keuangan Anda, tangung jawab sosial dan bisnis Anda menjadi kacau balau.
• Kadang-kadang Anda bertingkah laku dengan cara tidak biasa dan tidak menyenangkan, tetapi Anda tidak tahu apa sebabnya
• Kelalaian Anda membuat Anda menderita.

Kira-kira separuh dari jumlah orang tua yang mengalami kebingungan dan kelupaan luar biasa berpenyakit Alzheimer. Hingga saat ini, tidak seorang pun tahu bagaimana menyembuhkannya atau apa penyebabnya.

Penyakit itu sendiri kini diteliti dengan cermat. Para sarjana menyadari, penyakit tersebut menimbulkan beberapa perubahan fisik dan kimia dalam otak, dan mereka sedang menyelidiki apakah memperbaiki atau membalikkan perubahan itu agar keadaan kembali seperti semula, akan dapat menyembuhkan penyakit tersebut.

Mungkin penyakit ini disebabkan faktor keturunan, atau virus yang aktivitasnya lambat. Penyakit SDAT yang cepat menyebar, yang menimpa orang-orang muda, cenderung melanda semua anggota keluarga, sedangkan jenis yang lebih umum yang biasanya menghinggapi orangorang tua tidak demikian halnya.

Penyakit yang ditemukan pada 1906 oleh Alois Alzheimer, pada seorang pasien berusia 51 tahun, itu biasanya berkembang lambat. Kehilangan daya ingat dalam usia mungkin karena sebab-sebab yang biasa. Misalnya karena infeksi, demam panas, kondisi metabolis, sakit jantung dan urat-urat darah, atau karena reaksi racun terhadap obat.
Majalah Matra di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI