Tampilkan di aplikasi

Buku Media Cendekia Muslim hanya dapat dibaca di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.

Penakluk Cahaya

1 Pembaca
Rp 85.000 15%
Rp 72.250

Patungan hingga 5 orang pembaca
Hemat beli buku bersama 2 atau dengan 4 teman lainnya. Pelajari pembelian patungan disini

3 Pembaca
Rp 216.750 13%
Rp 62.617 /orang
Rp 187.850

5 Pembaca
Rp 361.250 20%
Rp 57.800 /orang
Rp 289.000

Pembelian grup
Pembelian buku digital dilayani oleh penerbit untuk mendapatkan harga khusus.
Hubungi penerbit

Perpustakaan
Buku ini dapat dibeli sebagai koleksi perpustakaan digital. myedisi library

Dhaval kerap meluncurkan bualan tersebut dari mulutnya. Siapa sangka, seekor merpati yang malang memaksanya untuk membuktikan hal tersebut. Sanggupkah Dhaval menahan serbuan sorot cahaya yang menusuk-nusuk kulit pucatnya? Bisakah ia menantang terik cahaya dengan kepala tegak? Mampukah ia menjadi penakluk cahaya, seperti dalam angan-angannya? Selain kisah Dhaval, terdapat 25 cerita apik lainnyayang bisa kalian baca dibuku ini. Kalian bisa berkenalan dengan para tokoh cerita yang unik dan istimewa.

Ikhtisar Lengkap   
Penulis: Tria Ayu K

Penerbit: Media Cendekia Muslim
ISBN: 9786026647979
Terbit: September 2023 , 224 Halaman

BUKU SERUPA










Ikhtisar

Dhaval kerap meluncurkan bualan tersebut dari mulutnya. Siapa sangka, seekor merpati yang malang memaksanya untuk membuktikan hal tersebut. Sanggupkah Dhaval menahan serbuan sorot cahaya yang menusuk-nusuk kulit pucatnya? Bisakah ia menantang terik cahaya dengan kepala tegak? Mampukah ia menjadi penakluk cahaya, seperti dalam angan-angannya? Selain kisah Dhaval, terdapat 25 cerita apik lainnyayang bisa kalian baca dibuku ini. Kalian bisa berkenalan dengan para tokoh cerita yang unik dan istimewa.

Pendahuluan / Prolog

Prakata Inklusifitas dan Keberagaman dalam Cerpen
Inklusif menurut KBBI berarti termasuk atau terhitung.

Kata inklusif berasal dari bahasa Inggris inclusion, yang berarti mengajak masuk atau mengikutsertakan. Inklusif saat ini menjadi salah satu cara pendekatan untuk membangun dan mengembangkan lingkungan yang lebih terbuka.

Berdasar pada buku Pengembangan Kurikulum dan Implementasi Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar, inklusif bertujuan untuk mengajak semua orang yang memiliki latar belakang berbeda supaya saling menghargai.

Sikap inklusif bermanfaat untuk memahami masalah serta membantu menjaga hubungan antarmanusia. Sikap ini perlu diterapkan agar kita bisa saling memahami dan menghormati adanya perbedaan antaretnis, budaya, latar belakang, status, hingga karakteristik.

Kumpulan Cerpen Penakluk Cahaya karya Tria Ayu K. dan kawan-kawan dari Forum Penulis Bacaan Anak PABERLAND ini menjadi salah satu bagian dari penerapan inklusif dan keberagaman dalam cerita.

Dalam buku berisi 26 cerpen yang ditulis para penulis baru dan moderator Paberland ini, ceritanya cukup beragam. Mulai dari cerita tentang perbedaan status sosial, perbedaan gender, etnis, suku, agama, dan perbedaan fisik.

Ada judul Bam! Crash! Karya Wylvera W. yang bercerita tentang seorang Fatur yang susah konsentrasi, Sekolah Tanpa Seragam karya Irma Dewi Fatmasari yang bercerita tentang sekolah di tengah daerah kumuh, Kaki Istimewa karya Hengki Lie yang bercerita tentang seorang anak yang harus kehilangan kakinya, dan cerita-cerita lainnya yang kadang membuat mata berkaca-kaca saat membacanya.

Penakluk Cahaya sendiri bercerita tentang seorang anak laki-laki yang menyukai hujan dan malam. Dua kondisi favorit si tokoh utama karena keduanya tidak akan menyakiti kulit dan matanya.

Seorang anak albinisme atau albino. Seorang anak dengan sekujur tubuh putih pucat karena kekurangan pigmen. Kulit dan matanya sangat sensitif pada cahaya matahari. Jika terlalu lama terpapar, kulitnya bisa meradang. Dia berisiko besar terkena kanker kulit. Makanya, harus benar-benar melindungi kulit, saat bermain di luar ruangan.

Tria Ayu K., sang penulis menggambarkan tokoh utama dalam cerpen tersebut sangat apik. Sepanjang cerita, pembaca dibuat bertanya-tanya kenapa tokoh utama harus mengenakan jaket dan tudung jaket ketika keluar rumah? Bahkan, menggunakan sarung tangan serta tabir surya di wajah dan bagian-bagian kulit yang akan terpapar sinar matahari.

Cerpen ini istimewa karena penulis menuliskannya khusus untuk buku Kumpulan Cerpen Penakluk Cahaya ini. Kumpulan cerpen ini makin istimewa karena diilustrasi para ilustrator hebat dari Paberland.

Terima Kasih
Tidak ada kata yang pantas saya layangkan, kecuali ucapan terima kasih yang sangat besar buat teman-teman Admin New Chapter yang telah bekerja keras mewujudkan kumpulan cerpen ini. Terutama, Tria Ayu K. dan Nunik Utami yang menjadi mentor selama penggarapan kumpulan cerpen ini.

Semoga, upaya kecil ini bermanfaat bagi siapa pun sehingga tujuan mengenalkan inklusi dan keberagaman kepada anak-anak tercapai.

Bandung, 17 Juli 2023

Ali Muakhir
Founder Forum Penulis Bacaan Anak PABERLAND

Daftar Isi

Cover Depan
Cover Dalam
Halaman Copyright
Pengantar
Prakata
Daftar Isi
Bam! Crash!
Sekolah Tanpa Seragam
Kaki Istimewa
Telinga Nia Bisa Menyala
Panggil Aku, Albi
Ayahku Tukang Sayur
The Flash
Semua Sayang Randi
Balas Budi Tirta
Tak Pernah Tersesat
Kembalinya Senyum Mutia
Rumah Ternyaman
Penakluk Cahaya
Sepatu Kuning Nuning
Sidiq Belajar Membidik
Indi dan Asa Mahardika
Sepeda Baru untuk Fajar
Sambutan Paling Meriah
Damar Pasti Kuat
Kacamata Neta
Si Jagoan Silat
Karikatur Pembawa Damai
Bukan Berarti Tidak Bisa
Mengubah Resep Ama
Gadis Piano
Profil Penulis
Cover Belakang