Tampilkan di aplikasi

Buku Media Sains Indonesia hanya dapat dibaca di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.

Konsep Sistem Informasi

Dalam Berbagai Aspek Kehidupan Masyarakat

1 Pembaca
Rp 100.000 35%
Rp 65.000

Patungan hingga 5 orang pembaca
Hemat beli buku bersama 2 atau dengan 4 teman lainnya. Pelajari pembelian patungan disini

3 Pembaca
Rp 195.000 13%
Rp 56.333 /orang
Rp 169.000

5 Pembaca
Rp 325.000 20%
Rp 52.000 /orang
Rp 260.000

Pembelian grup
Pembelian buku digital dilayani oleh penerbit untuk mendapatkan harga khusus.
Hubungi penerbit

Perpustakaan
Buku ini dapat dibeli sebagai koleksi perpustakaan digital. myedisi library

Buku ini diharapkan dapat hadir memberi kontribusi positif dalam ilmu pengetahuan khususnya terkait dengan Sistem Informasi. Sistematika buku Konsep Sistem Informasi dalam Berbagai Aspek Kehidupan Masyarakat ini mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapan. Buku ini terdiri atas 11 bab yang dibahas secara rinci, diantaranya: Pengertian Konsep Sistem Informasi, Kebutuhan Membangun Sistem Informasi Korporasi, ERP, Arsitektur ERP, SCM, Teknologi Dalam SCM, E-Business Dan SCM, Pemahaman CRM, Kegagalan Proyek CRM, Mengkombinasikan CRM Dengan Survei, Membangun Aturan Sistem Informasi, Teknologi Pada Organisasi Dan Analisis Strategi IS/IT.

Ikhtisar Lengkap   
Penulis: I Kadek Dwi Gandika Supartha / Bambang Agus H / Cecep Kurnia Sastradipraja / Afif Zuhri Arfianto / Muhamad Muslih / Ayu Manik Dirgayusari / Jefonses Yarsian Pote / Seliwati / Hamdan Firmansyah / Retno Anggoro / Abyasa / Rismayani
Editor: Dudih Gustian

Penerbit: Media Sains Indonesia
ISBN: 9786233622967
Terbit: Januari 2022 , 222 Halaman










Ikhtisar

Buku ini diharapkan dapat hadir memberi kontribusi positif dalam ilmu pengetahuan khususnya terkait dengan Sistem Informasi. Sistematika buku Konsep Sistem Informasi dalam Berbagai Aspek Kehidupan Masyarakat ini mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapan. Buku ini terdiri atas 11 bab yang dibahas secara rinci, diantaranya: Pengertian Konsep Sistem Informasi, Kebutuhan Membangun Sistem Informasi Korporasi, ERP, Arsitektur ERP, SCM, Teknologi Dalam SCM, E-Business Dan SCM, Pemahaman CRM, Kegagalan Proyek CRM, Mengkombinasikan CRM Dengan Survei, Membangun Aturan Sistem Informasi, Teknologi Pada Organisasi Dan Analisis Strategi IS/IT.

Pendahuluan / Prolog

Kata Pengantar
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat rahmat dan karunia-Nya sehingga buku kolaborasi dalam bentuk book chapter konsep Sistem Informasi dapat dipublikasikan dan dapat sampai di hadapan pembaca. Book cahpter ini disusun oleh sejumlah akademisi dan praktisi sesuai dengan kepakarannya masing-masing. Buku ini diharapkan dapat hadir memberi kontribusi positif dalam ilmu pengetahuan khususnya terkait dengan Sistem Informasi.

Sistematika buku Konsep Sistem Informasi dalam Berbagai Aspek Kehidupan Masyarakat ini mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapan. Buku ini terdiri atas 11 bab yang dibahas secara rinci, diantaranya: Pengertian Konsep Sistem Informasi, Kebutuhan Membangun Sistem Informasi Korporasi, ERP, Arsitektur ERP, SCM, Teknologi Dalam SCM, E-Business Dan SCM, Pemahaman CRM, Kegagalan Proyek CRM, Mengkombinasikan CRM Dengan Survei, Membangun Aturan Sistem Informasi, Teknologi Pada Organisasi Dan Analisis Strategi IS/IT.

Kami menyadari bahwa tulisan ini jauh dari kesempurnaan dan masih terdapat banyak kekurangan, sejatinya kesempurnaan itu hanya milik Yang Kuasa. Oleh sebab itu, kami tentu menerima masukan dan saran dari pembaca demi penyempurnaan lebih lanjut.

Akhirnya kami mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada semua pihak yang telah mendukung dalam proses penyusunan dan penerbitan buku ini, secara khusus kepada Penerbit Media Sains Indonesia sebagai inisiator book chapter ini. Semoga buku ini dapat bermanfaat bagi pembaca sekalian.


Penulis

I Kadek Dwi Gandika Supartha - Lulus S1 di Fakultas Teknik Elektro Universitas Udayana (FTE Udayana). Lulus S2 di Magister Teknik Elektro Universitas Udayana. Mulai aktif mengajar tahun 2010 di Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI) sampai saat ini masih terus berbagi ilmu dibidang komputer. Mengampu matakuliah Algoritma dan Pemrograman, Mobile Programming, Artificial Intelegence. Memiliki ketertarikan untuk meneliti dibidang sistem pakar, sistem informasi dan data science. Penulis memiliki kepakaran dibidang Data science, Sistem Informasi dan Jaringan dan untuk mendukung karir sebagai dosen professional penulis aktif melakukan penelitian, pengabdian dan juga menulis buku sesuai dengan kepakaran penulis.
Bambang Agus H - Adalah Dosen Teknik Elektro pada Institut Teknologi Budi Utomo Jakarta, selain sebagai dosen juga duduk pada JAbatan Wakil Dekan Fakultas Teknologi Industri ITBU. Sebelumnya sampai tahun 2010 sebaga Pegawai PT.Telekomunikasi Indonesia (Tbk) terakhir sebagai Off. Markting and Sales, Sambil bekrja melanjutkan kuliah lagi di S-1 Teknik Elektro ITBU (ST) dan S-2 mengambil Manajemen Marketing (MM). Selama ini Mata Kuliah yang diampu adalah Kewirausahaan, Bahan-bahan Listrik, Perencanaan Sistem Tenaga Listrik, Dasar Teknik Telekomunikasi 1 dan 2.
Cecep Kurnia Sastradipraja - Adalah Dosen Teknik Elektro pada Institut Teknologi Budi Utomo Jakarta, selain sebagai dosen juga duduk pada JAbatan Wakil Dekan Fakultas Teknologi Industri ITBU. Sebelumnya sampai tahun 2010 sebaga Pegawai PT.Telekomunikasi Indonesia (Tbk) terakhir sebagai Off. Markting and Sales, Sambil bekrja melanjutkan kuliah lagi di S-1 Teknik Elektro ITBU (ST) dan S-2 mengambil Manajemen Marketing (MM). Selama ini Mata Kuliah yang diampu adalah Kewirausahaan, Bahan-bahan Listrik, Perencanaan Sistem Tenaga Listrik, Dasar Teknik Telekomunikasi 1 dan 2.
Afif Zuhri Arfianto - Lahir di Mojokerto. Menempuh pendidikan di SMAN 1 Sooko, kemudian melanjutkan ke Teknik Elektro ITS. Pada tahun 2011 mendapat beasiswa dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk melanjutkan S2 di jurusan yang sama yaitu Teknik Elektro ITS. Pada tahun 2015 penulis memilih berkaris sebagai Dosen PNS di Politeknik

Perkapalan Negeri Surabaya. Penulis aktif dalam berbgai penelitian sejak menjadi mahasiswa. Beberapa penelitian yang dilakukan dalam 2018-2020 adalah Pengembangan Autopilot Unmanned Smartboat Vehicle (AUSV) Berbasis Data Persebaran Ikan Untuk Nelayan TradisionalKomunikasi Data Nirkabel Bluetooth Low Energi (BLE) dan LoRaWAN pada Perangkat Informasi Persebaran Ikan (Portable Virtual Assistant) di Kapal Nelayan Tradisional. Selain itu juga aktif dalam kegiatan pengabdian masyarakat diantaranya : Pemberdayaan Masyarakat Desa Sundul Magetan Melalui Pengembangan Desa Terpadu Menuju Masyarakat Mandiri Energi Berbasis Green Energy dan Pengolahan Pupuk Organik, Peningkatan Kemampuan Teknik Pengrajin Perahu Nelayan Untuk Pembuatan Perahu Nelayan Berbahan Fiberglass.

Saat ini penulis aktif mengajar mata kuliah : Pemrograman Komputer, Sistem Telemetri, JAriangan Komunikasi Multimedia dan Sistem Informasi
Muhamad Muslih - Setelah menamatkan Pendidikan menengah di Sukabumi, diterima di salah satu perguruan tinggi di Bandung pada tahun 2007 pada program studi Teknik Informatika Strata Satu. Setelah selesai kuliah strata satu tahun 2012 kemudian mulai meniti karir menjadi staf Tenaga Kependidikan di Universitas Nusa Putra yang pada waktu itu masih berdiri sebagai Sekolah Tinggi Teknologi Nusa Putra sambil belajar menjadi Asisten Dosen hingga tahun 2013. Tahun 2013 melanjutkan kuliah kesalah satu perguruan tinggi di Jakarta yaitu Universitas Budi Luhur pada program pasca sarjana Ilmu Komputer dan alhamdullah lulus pada tahun 2015. Setelah lulus dari program pasca kemudian saya melanjutkan karir di Universitas Nusa Putra sebagai dosen tetap di salah satu program studi strata satu sistem Informasi dan terlibat aktif dalam pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi. Tahun 2017 saya berhasil lulus dari seleksi sertifikasi dosen dengan jabatan fungsional sampai saat ini sebagai lektor 300 golongan III/d. Pada program studi sistem informasi mengampu beberapa mata kuliah seperti Sistem Informasi Manajemen, Analisa dan Desain Sistem, Testing dan Implementasi Sistem. Alhamdullah beberapa karya ilmiah sudah saya miliki sesuai dengan bidang yang saya tekuni yang dapat dikunjungi melalui link google scholer: https://scholar.google.com/citations?user=fVkoDJ4AAAAJ&hl=id
Ayu Manik Dirgayusari - Lahir dan besar di Denpasar, Bali. Pendidikan Taman Kanak-kanak hingga Sekolah Menengah Atas diselesaikan di Kota Denpasar. Setelah menamatkan sekolah menengah atas, penulis merantau untuk melanjutkan Pendidikan S1 di STIKOM Surabaya yang sekarang berganti nama menjadi Universitas Dinamika dan S2 Manajemen Teknologi di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) di Surabaya. Sejak SMP sudah senang dengan dunia komputer, sehingga pada saat kuliah mengambil jurusan Sistem Komputer konsentrasi Rekayasa Perangkat Lunak dan mendalami bidang Manajemen Teknologi dengan bidang keahlian Manajemen Teknologi Informasi pada saat mengambil S2. Saat ini penulis aktif sebagai Dosen di salah satu kampus swasta di kota Denpasar yaitu di STMIK STIKOM Indonesia atau biasa disebut STIKI Indonesia. Penulis sebagai dosen pengampu mata kuliah Algoritma dan Pemrograman, Human Computer Interaction serta Database. Sebagai seorang dosen, selain aktif melakukan penelitian, penulis juga aktif menulis buku dengan harapan ilmu dan pengalaman yang dimilikinya dapat dibagikan kepada khalayak ramai.
Jefonses Yarsian Pote - Penulis memiliki latar belakang Pendidikan S2 Teknik Informatika. Bidang ilmu yang ditekuni adalah Sistem Informasi. Penulis telah memiliki beberapa penelitian dan HKI yang sumber pendanaannya berasal dari internal perguruan tinggi dan eksternal Kemenristek DIKTI serta sesuai dengan bidang ilmu. Saat ini penulis sebagai Dosen disalah satu PTS.
Seliwati - Lahir di Bandung, 23 November 1988. Lulusan Teknik Komputer Fakultas FTIK Universitas Komputer Indonesia berhasil lulus pada tahun 2012, kemudian beberapa tahun kemudian melanjutnya Program Pascasarjana Magister Sistem Informasi Universitas Komputer Indonesia dan lulus pada tahun 2018. Sehari-hari menjadi Pengajar pada Program Studi Manajemen Informatika D3 Politeknik Piksi Ganesha. Saat ini menjabat Sekretaris Program Studi Manajemen Informatika D3. Mengampu mata kuliah Algoritma, Pemrograman Web, dan Elektronika. Dari beberapa penelitian yang dilakukan banyak yang dijadikan artikel dan dimuat pada jurnal yang teraktreditas nasional maupun konferensi nasional dan internasional. Selama studi S1 pernah menerima dana dari Kemenristek DIKTI pada Pprogram Kreatifitas Masyarakat untuk penelitian yang dilakukan. Selain itu pernah mengikuti Kompetisi yang di selenggarakan oleh Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (KOMINFO) dalam program INAICTA. Salah satu peneriman beasiswa Provinsi Jawa Barat tahun 2016 saat menempuh Pendidikan S2. Sampai sekarang ikut serta dalam perusahaan yang bergerak dalam bidang pembuatan dan pengembangan perangkat lunak atau aplikasi di daerah Bandung.
Hamdan Firmansyah - Lahir di Sukabumi tanggal 02 Agustus 1981 dari pasangan Ibu Suaebah seorang pendidik dan Bapak Fajar Hidayat seorang jurnalis. Penulis menikahi wanita yang lahir dari pasangan Ibu Emi Ratnawati dan Bapak Mardjuki bernama Putri Ema Swandayani, S.Kep dan Alhamdulillah baru dikaruniai lima orang anak: Hizqil Hilqiya, Yusya Alyasa, Asmatuha Fariha Yaumia, Muhammad Arasya Muntaha dan Muhammad Irsyad Rasyid. Sekarang penulis bersama keluarga merintis Lembaga Pendidikan dan Dakwah Pesantren Cendekia di Kota Sukabumi. Pendidikan yang ditempuh pada Institut Studi Islam Darussalam Pondok Modern Gontor Jurusan Manajemen Lembaga Keuangan Islam tamat tahun 2004. Institut Agama Islam Riyadlotul Mujahidin Pondok Pesantren Wali Songo Ponorogo Jurusan Mu’amalat (Hukum Ekonomi Syariah) tamat tahun 2004 dan Program Akta IV Tarbiyah Jurusan Pendidikan Agama Islam di tempat yang sama. Pada tahun 2005-2006 mendapat beasiswa dari Zakariyya Islamic University Lenasia South Africa untuk Program Studi Islam. Pada tahun 2006, penulis melanjutkan studi di Program Pascasarjana Magister Manajemen Pendidikan Sekolah Tinggi Manajemen IMNI Jakarta hingga selesai tahun 2007. Kemudian melanjutkan studi pada Program Pascasarjana Magister Hukum Ekonomi Syariah Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung dengan berhasil meraih predikat Cum Laude. Dan saat ini telah menyelesaikan Program Pascasarjana Doktor Hukum Islam Konsentrasi Hukum Ekonomi Syariah di almamater yang sama yaitu...
Retno Anggoro - Dilahirkan di Kabupaten Banyumas pada 16 Oktober 1984. Pendidikan yang telah didapat adalah D-IV Ketatalaksanaan Angkutan Laut dan Keplabuhanan (KALK) di Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang dan menyelesaikan pendidkan pada tahun 2007, selanjutnya melanjutkan pendidikan Strata Dua (S2) di Sekolah Tinggi Manajemen Transpor (STMT) Trisakti jurusan Manajemen Transportasi Laut dan menyelesaikan pendidikan pada tahun 2013. Saat ini penulis merupakan dosen pada Prodi Ketatalaksnaan Pelayaran Njiaga dan Kepelabuhan (KPN) di Politeknik Maritim Negeri Indonesia Semarang. Penulis juga memiliki pengalaman mengajar di berbagai perguruan tinggi maritime, anatar lain pada tahun 2012-1013 Menjadi dosen Prodi KPN di Akamdemi Maritim Nusantara Cilacap, 2013 menjadi dosen luar biasa di Akademi Pelayaran Niaga Semarang, 2013- saat ini menjadi dosen tetap di Politeknik Maritim Negeri Indonesia emarangSebelum menjadi dosen penulis merupakan professional dibidang bisnis pelayaran dan memiliki pengalaman bekerja antara lain di perusahaan keagenan kapal, perusahan bongkar muat, perusahaan freight forwarding dan ship crew management. Dan untuk mewujudkan karir sebagai dosen profesional, penulis pun aktif sebagai peneliti dibidang kepakarannya tersebut. Beberapa penelitian yang telah dilakukan didanai oleh internal perguruan tinggi dan juga Kemenristek DIKTI.
Abyasa - Penulis lahir di Jakarta 20 November 1988. Meraih gelar S1 dari Universitas Nusa Putra program studi Sistem Informasi pada tahun 2019, kemudian melanjutkan studi S2 pada program Pascasarjana Magister Ilmu Administrasi Universitas Muhammadiyah Sukabumi dengan konsentrasi studi tentang kebijakan bisnis dan lulus pada tahun 2021. Selain pendidikan formal, penulis juga meraih gelar sertifikasi Certified Risk Associate (CRA) untuk manajemen risiko level madya dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Selain itu penulis juga telah menulis beberapa jurnal yang telah dipublish baik nasional maupun internasional. Ketertarikan penulis terhadap ilmu komputer dimulai saat masih duduk di bangku sekolah menengah atas, dengan mulai mempelajari programming. Saat ini penulis mendalami kajian bidang Software Engineering, Sistem Informasi Manajemen (SIM), Business Process Management, serta Risk Management.
Rismayani - Lahir di Maros 8 April 1987. Karir Dosen dimulai sejak tahun 2010 sampai sekarang di Universitas Dipa Makassar pada program studi Rekayasa Perangkat Lunak. Tahun 2018 sampai sekarang menjadi Tutor PJJ Pascasarjana Universitas AMIKOM Yogyakarta. Semenjak tahun 2014 sampai sekarang telah memperoleh hibah penelitian SIMLITABMAS dan melakukan publikasi di jurnal Nasional Terakreditasi dan publikasi International Bereputasi. Semenjak tahun 2018 sampai sekarang telah menjadi reviewer dibeberapa jurnal nasional terakreditasi dibeberapa penyelenggara perguruan tinggi di Indonesia. Kemudian menjadi Reviewer di Jurnal International Bereputasi (Terindeks Scopus) pada Science Publication di United States dan konferensi international. Buku yang telah dihasilkan adalah Sistem Game Edukasi Penanggulangan Bencana Banjir Menggunakan Teknologi Virtual Reality. Saat ini telah memiliki satu paten dan satu paten sederhana dalam status terdaftar, kemudian Enam hak cipta status granted, Lima diantaranya berupa program komputer dan satu artikel ilmiah.

Editor

Dudih Gustian - Dudih Gustian lahir di Sukabumi, Jawa Barat, 05 Agustus 1980. Setelah menamatkan Pendidikan menengah di Sukabumi, diterima di Institut Pertanian Bogor pada tahun 2002 pada program studi Diploma 3 Teknik Instrumentasi dan Kontrol. Mulai tahun 2006 menjadi pengajar di beberapa sekolah menengah atas dan kejuruan di Kota Sukabumi sampai saat ini.

Meniti karir sebagai Guru dibeberapa sekolah baik negeri maupun swasta di kota Sukabumi. Selain itu juga menjadi Dosen di beberapa perguruan tinggi di Sukabumi dalam kurun waktu 2010 – 2016. Tahun 2005 melanjutkan studi Sarjana di Univeristas Muhammadiyah Sukabumi pada program Studi Teknik Informatika. Pendidikan Akta 4 mengajar di Universitas Djuanda Bogor pada tahun 2010. Magister Ilmu Komputer STMIK Nusa Mandiri pada tahun 2010.

Menjadi anggota Aptikom Jabar pada tahun 2016 sampai saat ini, aktif sebagai pengasuh Data Mining grup disalah satu jejaring sosial. Menjadi Kepala Program Studi Sistem Informasi Universitas Nusa Putra Sukabumi pada tahun 2016 - 2020 dan saat ini menjadi Divisi Penelitian dan Publikasi LPPM di Universitas yang sama.

Bidang kajian yang diminati ialah kajian Data Mining, Kecerdasan Buatan, Statistik, Riset Operasi. Selain aktif sebagai penulis dan Dosen, juga aktif sebagai peneliti khususnya dalam bidang Data Mining sampai saat ini. Beberapa penelitian yang telah dilakukan didanai oleh internal perguruan tinggi dan juga Kemenristek DIKTI....

Daftar Isi

Sampul
Kata Pengantar
Daftar Isi
1. Pengertian Konsep Sistem Informasi
     Pengertian Sistem Informasi
     Tujuan Sistem Informasi
     Jenis Sistem Informasi
     Komponen Sistem Informasi
     Daftar Pustaka
     Profil Penulis
2. Kebutuhan Untuk Membangun Sistem Informasi Korporasi
     Pengertian Kebutuhan
     Kebutuhan Sistem Informasi
     Membangun Kebutuhan Sistem Informasi
     Kebutuhan Sistem Informasi Pada Korporasi
     Daftar Pustaka
     Profil Penulis
3. Enterprise Resource Planning
     Apa itu ERP?
     Sejarah Perkembangan ERP
     Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Sistem ERP
     Modul-Modul ERP
     Implementasi ERP
     Software ERP
     Sistem ERP Masa Depan
     Daftar Pustaka
     Profil Penulis
4. Arsitektur Pengembangan ERP
     Pendahuluan
     Arsitektur 2-Tier ERP
     Arsitektur 3-Tier ERP
     Daftar Pustaka
     Profil Penulis
5. Supply Chain Management
     Pengertian Supply Chain Management
     Komponen dan Permasalahan Supply Chain Management
     Manfaat Supply Chain Management
     Prinsip-Prinsip Supply Chain Management
     Area Cakupan Supply Chain Management
     Studi Kasus SCM
     Daftar Pustaka
     Profil Penulis
6. Teknologi Informasi Dalam Suatu Supply Chain
     Informasi
     Teknologi Informasi
     Supply Chain
     Peran TI dalam Supply Chain
     Penerapan TI dalam Supply Chain
     Electronic Data Interchange (EDI)
     Daftar Pustaka
     Profil Penulis
7. E-business Dan Supply Chain
     Electronic Business (E-Business)
     Supply Chain Management (Scm)
     Daftar Pustaka
     Profil Penulis
8. Customer Relationship Management (CRM)
     Pengantar CRM
     Definisi
     Manfaat Pelaksanaan CRM
     Tataran CRM
     Tahapan Membangun CRM
     Implementasi Program CRM
     Ukuran Keberhasilan CRM
     Daftar Pustaka
     Profil Penulis
9. Kegagalan Proyek CRM
     Pengertian Customer Relationship Management
     Tujuan Customer Relationship Management
     Faktor-Faktor Customer Relationship Management
     Tataran Customer Relationship Management
     Teknologi Pendukung Customer Relationship Management
     Karakteristik Customer Relationship Management
     Kegagalan Dalam Penerapan Tools Customer Relationship Management
     Kegagalan Dalam Proyek Customer Relationship Management
     Daftar Pustaka
     Profil Penulis
10. Mengkombinasikan Kekuatan CRM Dengan Survey
     Pendahuluan
     Pengertian Customers Relationship Management (CRM) dan Survei
     Tantangan Dalam Penerapan Kombinasi Kekuatan CRM dan Survei
     Kombinasi Kekuatan CRM dengan Survei
     Simpulan
     Daftar Pustaka
     Profil Penulis
11. Mengembangkan Aturan Sistem Informasi Dan Teknologi Informasi Pada Organisasi
     Penerapan Sistem & Teknologi Informasi Dalam Sebuah Organisasi
     Arsitektur Sistem dan Teknologi Informasi dalam Sebuah Organisasi
     Integrasi Sistem dan Teknologi Informasi dalam Organisasi
     Aturan Tata Kelola Sistem dan Teknologi Informasi (IT Governance)
     Daftar Pustaka
     Profil Penulis
12. Analisis Strategi IS/IT
     Strategi Bisnis SI/TI
     Strategi Sistem Informasi
     Strategi Teknologi Informasi
     Pendekatan Strategi SI/TI
     Metode Analisis SWOT
     Klasifikasi Data dan Pra Analisis
     Framework Zachman
     IT Governance
     Daftar Pustaka
     Profil Penulis