Tampilkan di aplikasi

Buku Media Sains Indonesia hanya dapat dibaca di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.

Asuhan Keperawatan Paliatif

1 Pembaca
Rp 70.000 43%
Rp 40.000

Patungan hingga 5 orang pembaca
Hemat beli buku bersama 2 atau dengan 4 teman lainnya. Pelajari pembelian patungan disini

3 Pembaca
Rp 120.000 13%
Rp 34.667 /orang
Rp 104.000

5 Pembaca
Rp 200.000 20%
Rp 32.000 /orang
Rp 160.000

Pembelian grup
Pembelian buku digital dilayani oleh penerbit untuk mendapatkan harga khusus.
Hubungi

Perpustakaan digital
Buku ini dapat dibeli sebagai koleksi perpustakaan digital. Perpustakaan

Perawat harus memiliki pengetahuan dan keterampilan sesuai prinsip-prinsip pengelolaan paliatif. Perawat paliatif bertanggung jawab dalam penilaian, pengawasan, dan pengelolaan asuhan keperawatan pasien paliatif.

Perawatan paliatif didefinisikan sebagai bentuk perawatan untuk mencegah, meringankan penderitaan dan untuk mendukung kualitas hidup terbaik bagi pasien dan keluarga mereka, terlepas dari tahap penyakit atau untuk terapi lain. Perawatan paliatif merupakan sebuah filosofi perawatan yang terorganisir, sistem yang sangat terstruktur untuk memberikan perawatan.

Ikhtisar Lengkap   

Penulis: Lestari / Adi Antoni / Haslinah
Editor: Rintho R. Rerung

Penerbit: Media Sains Indonesia
ISBN: 9786233623209
Terbit: Januari 2022 , 41 Halaman

BUKU SERUPA













Ikhtisar

Perawat harus memiliki pengetahuan dan keterampilan sesuai prinsip-prinsip pengelolaan paliatif. Perawat paliatif bertanggung jawab dalam penilaian, pengawasan, dan pengelolaan asuhan keperawatan pasien paliatif.

Perawatan paliatif didefinisikan sebagai bentuk perawatan untuk mencegah, meringankan penderitaan dan untuk mendukung kualitas hidup terbaik bagi pasien dan keluarga mereka, terlepas dari tahap penyakit atau untuk terapi lain. Perawatan paliatif merupakan sebuah filosofi perawatan yang terorganisir, sistem yang sangat terstruktur untuk memberikan perawatan.

Pendahuluan / Prolog

Kata Pengantar
Puji syukur kehadirat Allah Subhanahu wata’ala atas rahmat dan taufiqNya sehingga Buku Asuhan Keperawatan Paliatif ini dapat tersusun. Buku ini ditulis sebagai media berbagi penulis sekaligus panduan mudah melakukan asuhan. Keberhasilan buku ini tentu tidak akan terwujud tanpa adanya dukungan dan bantuan dari berbagai pihak.

Ucapan terima kasih penulis sampaikan kepada keluarga yang selalu mendukung dan memberikan do’a terbaik dalam setiap perjalanan yang penulis lakukan. Ucapan terima kasih juga penulis sampai kepada Penerbit yang bersedia mewujudkan catatan perjalanan sendiri penulis menjadi sebuah buku yang diharapkan bisa bermanfaat bagi para traveler lain. Dan beribu ucapan terima kasih pada semua pihak yang turut mendukung penulis yang tidak bisa penulis sebutkan satu per satu.

Buku ini tidak luput dari kekurangan dan kesalahan. Jika pembaca menemukan kesalahan apapun, penulis mohon maaf setulusnya. Selalu ada kesempatan untuk memperbaiki setiap kesalahan, karena itu, dukungan berupa kritik & saran akan selalu penulis terima dengan tangan terbuka.

Penulis

Lestari - Lahir di Tanjung Pinang Kepulauan Riau, menyelesaikan pendidikan Sarjana dan Ners di Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Gadjah Mada (2008), kemudian melanjutkan pendidikan Magister di Fakultas Keperawatan Universitas Sumatera Utara. Sejak Tahun 2016 hingga sekarang menjadi dosen di Jurusan Keperawatan Poltekkes Kemenkes Medan.
Adi Antoni - Lahir di Jambi, menyelesaikan pendidikan Sarjana dan Ners di Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Riau (2012), kemudian menyelesaikan pendidikan Magister di Fakultas Keperawatan Universitas Sumatera Utara (2015). Sekarang sedang menempuh Program Doktoral di Universitas Andalas. Sejak tahun 2015 menjadi dosen di Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Aufa Royhan Padangsidimpuan, Sumatera Utara.
Haslinah - Penulis berhasil menyelesaikan studi S1 pada prodi Kesehatan Masyarakat STIK Tamalatea Tahun 2000, Pada tahun 2008, penulis menyelesaikan studi S2 Departement Administrasi dan kebijakan Kesehatan Fakultas Kesehatan Masyarakat di Universitas Hasanuddin dan Pada tahu 2019 penulis menyelesaikan studi S3 Fakultas Kesehatan Masyarakat program Doktoral Universitas Hasanuddin. Penulis mengajar mata kuliah Administrasi dan Kebijakan Kesehatan di Universitas Aufa Royhan Kota padangsidempuang. Dan untuk mendukung efektivitas perkuliahan, maka penulis ikut serta dalam penyusunan buku ini. Selain itu, penulis pun aktif dalam penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Beberapa penelitian yang telah dilakukan didanai oleh Kemenristek DIKTI dan LPDP. Penulis juga aktif dalam kegiatan ilmiah prosiding, publikasi jurnal nasional terakreditasi dan internasional. Buku ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi mahasiswa dan pendidik.

Editor

Rintho R. Rerung - Ketertarikan editor terhadap ilmu komputer dimulai pada tahun 2006 silam. Hal tersebut membuat editor memilih untuk masuk ke Sekolah Menengah Kejuruan di SMK KR. TAGARI dengan memilih Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) dan berhasil lulus pada tahun 2009. Editor kemudian melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi dan berhasil menyelesaikan studi S1 di prodi TEKNIK INFORMATIKA UNIKOM BANDUNG pada tahun 2014. Dua tahun kemudian, penulis menyelesaikan studi S2 di prodi REKAYASA SISTEM INFORMASI PROGRAM PASCA SARJANA STMIK LIKMI BANDUNG.

Sebagai pengalaman praktisi, editor pernah bekerja ±3 tahun sebagai Programmer dibeberapa perusahaan swasta dengan jabatan terakhir Senior Developer. Namun saat ini editor memilih untuk mengabdikan diri sebagai Dosen dan aktif mengajar dibeberapa Perguruan Tinggi (Pradita University, Universitas Terbuka dan ITHB Bandung). Penulis juga pernah mengajar di Unikom, Poltek POS dan Polibisnis.

Editor memiliki kepakaran dibidang Web Technology dan Data Science. Dan untuk mewujudkan karir sebagai dosen profesional, editor pun aktif sebagai peneliti dibidang kepakarannya...

Daftar Isi

Cover Depan
Kata Pengantar
Daftar Isi
Bab 1. Pendahuluan
     Latar Belakang
Bab 2. Palliative Care
     Pengertian
     Peran Perawat
     Fokus Pada Kualitas Hidup
     Perawatan Rumah Sakit (Hospice Care) Sebagai Model Perawatan Paliatif
     Masalah Komunikasi
     Perawatan Oleh Pengasuh
     Dukungan Pada Keluarga
     Spiritual
Bab 3. Proses Keperawatan Paliatif
     Pengkajian
     Diagnosa keperawatan
     Intervensi
Bab 4. Pentup
Daftar Pustaka
Cover Belakang