Tampilkan di aplikasi

Buku Media Sains Indonesia hanya dapat dibaca di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.

Ilmu Keperawatan

Jiwa dan Komunitas

1 Pembaca
Rp 112.000 42%
Rp 65.000

Patungan hingga 5 orang pembaca
Hemat beli buku bersama 2 atau dengan 4 teman lainnya. Pelajari pembelian patungan disini

3 Pembaca
Rp 195.000 13%
Rp 56.333 /orang
Rp 169.000

5 Pembaca
Rp 325.000 20%
Rp 52.000 /orang
Rp 260.000

Pembelian grup
Pembelian buku digital dilayani oleh penerbit untuk mendapatkan harga khusus.
Hubungi penerbit

Perpustakaan
Buku ini dapat dibeli sebagai koleksi perpustakaan digital. myedisi library

Buku ini disusun oleh sejumlah akademisi dan praktisi sesuai dengan kepakarannya masing-masing. Buku ini diharapkan dapat hadir memberi kontribusi positif dalam ilmu pengetahuan khususnya terkait dengan Ilmu Keperawatan Jiwa dan Komunitas.

Sistematika buku Ilmu Keperawatan Jiwa dan Komunitas ini mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapan. Oleh karena itu diharapkan book chapter ini dapat menjawab tantangan dan persoalan dalam sistem pengajaran baik di perguruan tinggi dan sejenis lainnya.

Ikhtisar Lengkap   
Penulis: Yosef Andrian Beo / Zulfa Zahra / I Dewa Gede Candra Dharma / Ahmad Guntur Alfianto / Ira Kusumawaty / Yunike / Angelina Roida Eka / Sri Endriyani / Leya Indah Permatasari / Kornelia Romana Iwa / Any Zahrotul Widniah / Claudia Fariday Dewi / Elmi Nuryati / Nurul Faidah / Ni Wayan Suniyadewi / Sri Martini / Debby Sinthania
Editor: Arif Munandar

Penerbit: Media Sains Indonesia
ISBN: 9786233623322
Terbit: Januari 2022 , 299 Halaman










Ikhtisar

Buku ini disusun oleh sejumlah akademisi dan praktisi sesuai dengan kepakarannya masing-masing. Buku ini diharapkan dapat hadir memberi kontribusi positif dalam ilmu pengetahuan khususnya terkait dengan Ilmu Keperawatan Jiwa dan Komunitas.

Sistematika buku Ilmu Keperawatan Jiwa dan Komunitas ini mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapan. Oleh karena itu diharapkan book chapter ini dapat menjawab tantangan dan persoalan dalam sistem pengajaran baik di perguruan tinggi dan sejenis lainnya.

Pendahuluan / Prolog

Kata Pengantar
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT, karena atas berkat, rahmat dan karunia-Nya sehingga buku kolaborasi dalam bentuk book chapter dapat dipublikasikan dan dapat sampai dihadapan pembaca.

Book cahpter ini disusun oleh sejumlah akademisi dan praktisi sesuai dengan kepakarannya masing-masing.

Buku ini diharapkan dapat hadir memberi kontribusi positif dalam ilmu pengetahuan khususnya terkait dengan Ilmu Keperawatan Jiwa dan Komunitas.

Sistematika buku Ilmu Keperawatan Jiwa dan Komunitas ini mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapan. Oleh karena itu diharapkan book chapter ini dapat menjawab tantangan dan persoalan dalam sistem pengajaran baik di perguruan tinggi dan sejenis lainnya.

Kami menyadari bahwa tulisan ini jauh dari kesempurnaan dan masih terdapat banyak kekurangan, sejatinya kesempurnaan itu hanya milik Yang Kuasa. Oleh sebab itu, kami tentu menerima masukan dan saran dari pembaca demi penyempurnaan lebih lanjut.

Akhirnya kami mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada semua pihak yang telah mendukung dalam proses penyusunan dan penerbitan buku ini, secara khusus kepada Penerbit Media Sains Indonesia sebagai insiator book chapter ini. Semoga buku ini dapat bermanfaat bagi pembaca sekalian.

Penulis

Yosef Andrian Beo - Lahir di Ruteng, 19 Maret 1993. Anak kedua dari Bapak Yohanes Banker Beo dan Ibu Silviana Avelina Jaiman. Lulus TKK Inviolata Tahun 1999, lulus SDK Ruteng II Tahun 2005, lulus SMPK St. Fransiskus Xaverius Ruteng Tahun 2008, dan lulus SMAN 1 Langke Rembong Tahun 2010 (Program Akselerasi). Tahun 2010 – 2014 menempuh pendidikan S1 Keperawatan di Stikes Bethesda Yakkum Yogyakarta. Tahun 2015 melanjutkan pendidikan profesi Ners di kampus yang sama. Pada Tahun 2019 melanjutkan pendidikan magister keperawatan di Universitas Brawijaya Malang. Tahun 2017 sampai sekarang penulis bekerja sebagai dosen di Unika Santu Paulus Ruteng.
Zulfa Zahra - Penulis merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala pada tahun 2007. Pada tahun 2008, penulis diterima sebagai staf pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala. Karena ketertarikan penulis pada ilmu jiwa, penulis pun pada tahun 2011 melanjutkan pendidikan spesialis di Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga pada bagian Ilmu Kedokteran Jiwa dan menyelesaikan pendidikan pada tahun 2016. Sejak itu penulis tidak hanya aktif sebagai seorang dosen namun juga sebagai seorang tenaga spesialis di bidang ilmu kejiwaan.

Sebagai seorang staf pengajar, penulis dituntut untuk dapat terus menghasilkan tulisan-tulisan baik dalam bentuk jurnal artikel, penelitian maupun buku. Penulis juga beberapa kali mengikuti seminar-seminar internasional untuk mempublikasikan tulisan ilmiah, antara lain pada Seminar Internasional DAAD dan Seminar Internasional Syiah Kuala 1 pada tahun 2017. Dan untuk mewujudkan karir sebagai dosen profesional, penulis pun aktif sebagai peneliti dibidang kepakarannya tersebut. Beberapa penelitian yang telah dilakukan didanai oleh internal perguruan tinggi. Penulis juga telah mengikuti beberapa pelatihan khusus sesuai bidangnya, antara lain pelatihan hipnoterapi, psikoterapi, pemeriksaan kesehatan jiwa, dan pembuatan Visum Psychiatricum. Penulis selama ini juga aktif sebagai narasumber baik yang dilakukan untuk masyarakat awam maupun untuk tenaga kesehatan.
I Dewa Gede Candra Dharma - Lahir di Tampaksiring, Gianyar, Bali pada tahun 1985. Ketertarikan penulis terhadap ilmu kesehatan jiwa dimulai pada tahun 2002 silam ketika penulis menginjak di bangku SMA yang merasa ada keunikan dan membutuhkan cara yang berbeda ketika mendalami ilmu jiwa. Hal tersebut membuat penulis memilih untuk masuk ke Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta dengan memilih jurusan Program Studi Ilmu Keperawatan pada Tahun 2004. Tahun 2013 penulis melanjutkan pendidikan Profesi Ners di STIKes Wira Medika Bali. Pada tahun 2019 mengambil program Magsiter Keperawatan Peminatan Keperawatan Jiwa di Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya Malang. Tahun 2008 sampai 2010 Bekerja di Rumah Sakit Surya Husada Denpasar di Ruang Rawat Inap dan Operator ESWL. Tahun 2011 sampai sekarang bekerja di STIKes Wira Medika Bali

Penulis memiliki kepakaran dibidang Keperawatan Jiwa. Dan untuk mewujudkan karir sebagai dosen profesional, penulis pun aktif sebagai peneliti dibidang kepakarannya tersebut. Selain peneliti, penulis juga mulai aktif menulis buku dengan harapan dapat memberikan kontribusi positif bagi bangsa dan negara yang sangat tercinta ini.
Ahmad Guntur Alfianto - Adalah anak pertama dari 2 bersaudara. Beliau lahir di Kota Malang pada tanggal 15 Mei 1989. Pendidikan tinggi dimulai dari sarjana keperawatan dan profesi Ners di Program Studi Ilmu Keperawatan atau sekarang lebih di kenal dengan Fakultas Keperawatan Universitas Jember. Sedangkan Program Magister Keperawatan di peroleh dari Program Studi Magister Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya. Saat ini menjadi dosen di salah satu perguruan tinggi swasta di kota Malang yaitu STIKES Widyagama Husada Malang.

Program yang di kembangkan saat ini adalah bidang keperawatan jiwa dengan kelompok usia sekolah. Saat ini juga menggagas dan mengembangkan promosi kesehatan jiwa di sekolah dengan program School Mental Health in Rural (SMAIL). Selain itu juga beliau fokus pada kajian riset yang di dirikan dengan team dosen keperawatan jiwa, komunitas dan gerontik dengan kelompok riset jamu gendong. Pengalaman riset sudah dimulai sejak tahun 2018 hingga sekarang. Karya buku yang sudah di terbitkan juga saat ini berjumlah 12 buku yang berfokus di kesehatan jiwa, komunitas dan gerontik.
Ira Kusumawaty - Penulis kelahiran Surabaya ini menekuni bidang keperawatan jiwa, psikologi dan komunikasi. Pendidikan yang telah diikuti mulai dari sarjana keperawatan dan magister kesehatan di Universitas Indonesia, Master of Public Health di Koninklijk Instituut voor de Tropen di Amsterdam dan Pendidikan doktor Ilmu Kedokteran dan Ilmu Kesehatan di Universitas Gadjah Mada. Berbagai kegiatan penelitian, pengabdian kepada masyarakat, mempublikasikan karya ilmiah dan kegiatan organisasi profesi telah memberikan banyak pengalaman yang semakin memperkokoh dan menguatkan akar keilmuan yang digelutinya. Mengikuti pertemuan ilmiah tingkat nasional maupun internasional telah memperluas wawasan dan perspektif terhadap dunia kesehatan khususnya keperawatan kesehatan jiwa. Perspektif luar biasa dalam memandang manusia sebagai makhluk ciptaan Allah yang harus dihormati, dihargai dan dijunjung tinggi harkat dan martabatnya, mengarahkan pola pikir dan interaksi terhadap sosok manusia. Ketertarikan penulis untuk memahami keunikan mind, body and soul menjadi dimensi yang sangat penting sebagai fondasi pengembangan interaksi yang terapeutik. Torehan pemikiran maupun cuplikan kata sederhana dalam buku ini, memberikan bukti kecintaannya untuk selalu mengembangkan diri dalam dunia kesehatan dan keperawatan.
Yunike - Lahir di Palembang 19 Juni 1980. Ibu dari empat putri cantik yang super aktif dan suami yang penuh cinta. Mengenal dan akhirnya mencintai dunia keperawatan pertama kami di Akper Depkes Palembang, kemudian melanjutkan kembali pendidikan di Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia. Saat ini menekuni profesi sebagai Dosen Poltekkes Kemenkes Palembang sejak tahun 2009 hingga sekarang. Beberapa hasil penelitian saya di publish di Jurnal International bertema tentang Keperawatan Anak, diantaranya “Having Children with Mental Retardation” di publish di UPHS Vol. 6 Tahun 2017. “Setiap hari selalu ada yang ingin saya buat untuk kemajuan keperawatan dan masyarakat, beruntungnya saya dikelilingi oleh guru dan teman-teman yang selalu bersemangan untuk belajar bersama, bermetafosis bersama dari ulat menjadi kepompong dan kelak menjadi kupu-kupu”. Motto hidup saya “Hidup Sekali, Hidup Berarti”.
Angelina Roida Eka - Penulis lahir dan menetap di Ruteng Manggarai Flores NTT. Penulis bekerja sebagai dosen keperawatan jiwa di Prodi ilmu keperawatan Unika Santu Paulus Ruteng. Penulis tertarik dengan dunia keperawatan dan pada tahun 2008 hingga 2013 menempuh pendidikan sarjana keperawatan dan ners di FIK Universitas Indonesia. Kemudian penulis melanjutkan studi Magister keperawatan dan ners spesialis keperawatan jiwa di FIK Universitas Indonesia.

Penulis memiliki kopetensi keperawatan terutama di bidang keperawatan jiwa khususnya asuhan keperawatan jiwa pada klien gangguan jiwa di komunitas. Untuk mewujudkan karir sebagai dosen profesional, penulis pun aktif sebagai peneliti di bidang kepakarannya tersebut dan melakukan pengabdian kepada masyarakat dan penelitian berfokus kepada jiwa. Selain itu, penulis belajar menulis buku yang berfokus pada bidang keperawatan jiwa untuk mengembangkan hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis.
Sri Endriyani - Lahir di Palembang pad 19 januari 1976 . Penulis memulai jenjang pendidikannya di SD Muhammadiyah I Palembang, SMP negeri I Palembang dan SMA Muhammadiyah I Palembang. Penulis melanjutkan ke jenjang DIII Keperawatan di Akper Depkes Palembang. Setelah menyelesaikan pendidikan di Akademi Keperawatan Depkes Palembang tahun 1997, penulis bekerja di Rumah Sakit Umum Daerah Kayu Agung dan mendapatkan banyak sekali selam bertugas, yaitu di bangsal Anak, Penyakit Dalam, Bedah dan Instalasi Gawat Darurat hingga penulis mendapatkan kesempatanuntuk mengikuti tugas belajar profesi Ners ke Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Sriwijaya tahun 2003 hingga tahun 2006. Pada tahun 2009 penulis pindah tugas ke instansi pendidikan Poltekkes Kemenkes Palembang dan melanjutkan pendidikan Magister Keperawatan pada tahun 2011 hingga 2013 di Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia dengan peminatan keperawatan jiwa .Saat ini penulis aktif sebagai dosen di Jurusan Keperawatan Program Studi Diploma Tiga Keperawatan Palembang dengan mengajar mata kuliah Keperawatan Jiwa, Psikologi dan Komunikasi.
Leya Indah Permatasari - Ketertarikan penulis terhadap ilmu keperawatan dimulai pada tahun 2004. Hal tersebut membuat penulis melanjutkan pendidikan dan menyelesaikan studi di Ilmu Keperawatan (S1 dan Profesi ) di Fakultas Keperawatan UNPAD pada tahun 2010. Dua tahun kemudian, ditahun 2012 penulis mendapat kesempatan untuk melanjutkan studi S2 Magister Keperawatan di PROGRAM PASCASARJANA KEPERAWATAN UNPAD dengan memilih konsentrasi Keperawatan Komunitas.

Karir penulis sebagai dosen dimulai pada tahun 2010 hingga saat ini. Dari tahun 2010 penulis aktif mengajar dibidang Keperawatan Komunitas, Keperawatan Keluarga, Keperawatan Gerontik. Untuk mewujudkan karir sebagai dosen yang profesional, penulis tidak hanya aktif sebagai peneliti sesuai bidang penulis, namun juga melaksanakan pengabdian pada masyarakat yang berfokus pada keperawatan komunitas sesuai bidang penulis. Selain sebagai peneliti dan pengadian pada masyarakat, penulis memulai menulis buku yang berfokus pada bidang keperawatan komunitas. Selain untuk mengembangkan hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis, dengan menulis buku yang berfokus pada bidang keperawatan komunitas ini merupakan bentuk eksistensi penulis sebagai pendidik.
Kornelia Romana Iwa - Ketertarikan penulis terhadap ilmu keperawatan dimulai pada tahun 2006 hal tersebut membuat penulis memilih untuk masuk ke Sekolah Tinggi Ilmu Keperawatan Fani Mitra Karya Makassar pada tahun 2006. Ns. Kornelia Romaa Iwa, M.Kep lahir di Manggarai Provinsi NTT tepatnya di Mbaumuku, 29 April 1987. Penulis merupakan lulusan Sarjana Keperawatan Sekolah Tinggi Ilmu Keperawatan Fani Mitra Karya Makassar pada tahun 2011 dan kemudian melanjutkan Pendidikan S2 di Universitas Diponegoro pada tahun 2015 dan lulus pada tahun 2017. Sejak tahun 2017 penulis menjadi Dosen di Program Studi Sarjana Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Katolik Santu Paulus Ruteng hingga saat ini. Penulis memiliki kepakaran dibidang Keperawatan Komunitas, Tri Darma mata kuliah yang dibawahkan penulis Keperawatan Komunitas, Keperawatan Keluarga, Keperawatan Gerontik, dan Keperawatan Dasar II.
Any Zahrotul Widniah - Penulis lahir di Kotabaru, pada tanggal 27 Januari 1991. Merupakan anak ke-2 dari tiga bersaudara. Penulis lulus di Diploma Tiga Keperwatan Intan Martapura pada tahun 2012, lulus S1 di Program Studi Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat pada tahun 2017, dan lulus S2 di program Studi Magister Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga pada tahun 2019. Saat ini penulis sebagai dosen tetap di Program Studi Diploma Tiga Keperawatan STIKES Intan Martapura. Penulis menyadari masih banyak kekurangan dan keterbatasan dalam penulisan buku ini karena ini merupakan karya pertama dalam penulisan buku. Penulis juga melakukan beberapa penelitian di bidang keperawatan, dan aktif dalam pengabdian masyarakat. Kegiatan penulisan buku, penelitian dan pengabdian masyarakat yang di lakukan merupakan langkah pertama penulis untuk menjadi seorang dosen professional. Besar harapan penulis agar buku ini dapat bermanfaat bagi teman sejawat perawat maupun mahasiswa(i) dalam melakukan asuhan keperawatan atau sebagai bahan tambahan sebagai referensi dalam melakukan penelitian dan pengabdian masyarakat.
Claudia Fariday Dewi - Penulis lahir di kabupaten Manggarai - Flores, pada tanggal 07 Juli 1990. Penulis memiliki ketertarikan terhadap ilmu keperawatan sejak tahun 2008. Hal tersebut membuat penulis memilih untuk masuk ke Universitas Respati Yogyakarta dengan memilih jurusan pada Program Studi Sarjana Ilmu Keperawatan dan berhasil lulus pada tahun 2012.

Penulis kemudian melanjutkan pendidikan magister pada Program Studi Magister Keperawatan di Universitas Diponegoro Semarang dan berhasil menyelesaikan studi S2 pada tahun 2017. Penulis memulai karir pada tahun 2014 dengan bekerja sebagai tenaga pengajar di Program Studi Keperawatan Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng. Saat ini penulis adalah dosen tetap di Program Studi Sarjana Keperawatan Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng. Penulis memiliki kepakaran dibidang keperawatan komunitas. Untuk mewujudkan karir sebagai dosen profesional, penulis aktif sebagai peneliti di bidang kepakarannya tersebut. Beberapa penelitian yang telah dilakukan didanai oleh internal perguruan tinggi dan juga Kemenristek DIKTI. Penulis juga aktif menulis buku dengan harapan dapat memberikan kontribusi yang positif bagi nusa dan bangsa ini.
Elmi Nuryati - Lahir di Banjar Manis Tanggamus Lampung pada tanggal 15 November 1975. Tahun 1996 penulis menyelesaikan pendidikan D III Keperawatan di STIKes Bani Saleh Bekasi dan setelah lulus bekerja di Rumah Sakit Mitra Keluarga Bekasi. Kemudian pada tahun 2000 penulis mendapatkan kesempatan untuk melanjutkan pendidikan S1 Kesehatan Masyarakat dengan Peminatan Epidemiologi pada Universitas Diponegoro Semarang. Ketertarikan menulis dan meneliti di mulai sejak penulis menyelesaikan pendidikan S1.

Untuk memperdalam bidang penelitian maka pada tahun 2010 peneliti melanjutkan pendidikan S2 Epidemiologi di Universitas Indonesia lulus tahun 2012 dan tahun 2023 ini penulis telah menyelesaikan Program Doktor (Phd) Nursing pada Mahsa University of Malaysia. Karir sebagai dosen dimulai tahun 1998 pada Akper Muhammadiyah Pringsewu, tahun 2008-2019 di Stikes Muhammadiyah Pringsewu dan tahun 2019 sampai dengan sekarang di Universitas Muhammadiyah Pringsewu. Beberapa buku yang telah ditulis adalah Asuhan Keperawatan Keluarga, Teori dan Aplikasi Epidemiologi Kesehatan, Hipertensi pada Wanita, Penulisan Ilmiah. Penulis mengampu mata kuliah keperawatan dasar, penulisan ilmiah, metodologi penelitian, biostatistik, keperawatan komunitas dan keperawatan keluarga.
Nurul Faidah - Ketertarikan penulis dalam bidang Kesehatan khususnya keperawatan sejak tahun 2004. Hal tersebut membuat penulis memilih untuk masuk dan menempuh Pendidikan keperawatan selama 5 tahun dikampus Universitas Kadiri. Penulis kemudian melanjutkan pendidikan program pasca sarjana di Universitas Udayana Jurusan Kesehatan Masyarakat.

Penulis memiliki kopetensi keperawatan terutama dibidang keperawatan komunitas khususnya keperawatan gerontic dan keperawatan komplementer. Dan untuk mewujudkan karir sebagai dosen profesional, penulis pun aktif sebagai peneliti dibidang kepakarannya tersebut. Dan melakukan pengabdian kepada masyarakat berfokus kepada keperawatan gerontic serta Beberapa penelitian yang telah dilakukan didanai oleh internal perguruan tinggi dan juga Kemenristek DIKTI. Selain peneliti, penulis belajar menulis buku yang berfokus pada bidang keperawatan gerontic dalam bidang keperawatan komplementer. Untuk mengembangkan hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis. adapun buku yang sudah ditulis oleh Penulis adalah buku Keparawatan Jiwa dan komunitas, keperawatan komunitas dan komlementer.
Ni Wayan Suniyadewi - Lahir di Gianyar, Bali pada tanggal 19 Pebruari 1985. Penulis menyelesaikan pendidikan D III Keperawatan di AKPER Karya Husada Yogyakarta, lulus tahun 2006, pendidikan S1 Keperawatan dan Ners di Universitas Udayana Denpasar, lulus tahun 2010.

Peneliti melanjutkan pendidikan S2 Kesehatan Masyarakat di Universitas Udayana lulus tahun 2015 dan saat ini sedang menyelesaikan Progrom Doktor Keperawatan di Universitas Airlangga Surabaya. Riwayat pekerjaan penulis; pernah bekerja di RS. Puri Raharja Denpasar dan Rumah Sakit Balimed Denpasar. Karir sebagai dosen dimulai sejak tahun 2010 hingga sekarang di STIKes Wira Medika Bali. Penulis sejak awal berkarir menjadi dosen telah tertarik untuk mendalami keperawatan keluarga dan komunitas. Penulis mengampu mata kuliah keperawatan komunitas dan keperawatan keluarga, sebagai clinical teacher dan melakukan penelitian serta pengabdian masyarakat di bidang mata kuliah keperawatan komunitas dan keluarga serta mata kuliah keperawatan transkultural sejak tahun 2010 sampai dengan saat ini. Beberapa penelitian dan pengabdian masyarakat yang dilakukan penulis didanai oleh internal perguruan tinggi dan juga Kemenristek DIKTI. Disertasi yang sedang dikerjakan penulis saat ini juga berkonsentrasi pada keperawatan komunitas dengan topik pengembangan keperawatan holistik berbasis transcultural nursing.
Sri Martini - Penulis lahir di Pendopo P.T.S.I Pendopo Pali pada tanggal 13 Maret 1964. Penulis adalah anak ketiga dari tujuh bersaudara. Lulus tahun 2000 dari PSIK Unpad program B, melanjutkan pendidikan di Pascasarjana Universitas Sriwijaya Program studi Biomedik lulus tahun 2014. Penulis bekerja di Politehnik Kesehatan Jurusan Keperawatan Palembang dari tahun 1988 hingga sekarang.

Penulis mengajar pada mata kuliah Biomedik dan Keperawatan jiwa.Penulis Penulis aktif sebagai anggota PPNI Palembang,sebagai anggota kepengurusan IKA Akper Dep.Kes Palembang,sebagai anggota APJI Propinsi Sumatera Selatan.Penulis menulis bahan ajar praktek keperawatan jiwa,Biomedik,Komunikasi keperawatan. Penulis baru pertama kali menulis book chapter dengan harapan dapat bermanfaat.
Debby Sinthania - Lahir di Padang, Sumatera Barat pada tanggal 25 Agustus 1990. Ketertarikan penulis terhadap Ilmu Keperawatan dimulai pada tahun 2007 silam. Hal tersebut membuat penulis memilih untuk masuk ke Poltekkes Kemenkes Padang dan lulus tahun 2010. Penulis kemudian melanjutkan pendidikan di Universitas Andalas dan berhasil menyelesaikan studi Sarjana Keperawatan (S1) dan Profesi Keperawatan (Ners) pada tahun 2013. Dua tahun kemudian, penulis juga menyelesaikan studi Magister Keperawatan (S2) Peminatan Keperawatan Jiwa di kampus yang sama. Penulis merupakan Staf Pengajar di Jurusan Keperawatan Fakultas Psikologi dan Kesehatan Universitas Negeri Padang. Penulis memiliki kompetensi di bidang Keperawatan khususnya Keperawatan Jiwa, Keperawatan Keluarga & Komunitas dan Keperawatan Gerontik. Untuk mewujudkan karir sebagai Dosen Profesional, penulis aktif sebagai peneliti dibidang kepakarannya tersebut. Beberapa penelitian yang telah dilakukan didanai oleh internal perguruan tinggi dan juga Kemdikbudristek DIKTI. Selain peneliti, penulis juga aktif menulis buku dengan harapan dapat memberikan kontribusi positif bagi bangsa dan negara yang sanga tercinta ini.

Editor

Arif Munandar - Ketertarikan Editor terhadap ilmu keperawatan dimulai pada tahun 2009 silam. Hal tersebut membuat Editor memilih untuk masuk Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Mataram dengan memilih Jurusan Keperawatan dan berhasil lulus pada tahun 2013. Editor kemudian melanjutkan pendidikan Ners Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Mataram dan lulus pada tahun 2014. Lima tahun kemudian, Editor menyelesaikan studi S2 di prodi Keperawatan Program Pasca Ssrjanan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Sebagai pengalaman praktisi, Editor pernah bekerja ±1 tahun sebagai Staf Perawat di Klinik Royal Medikal Kabupaten Lombok Utara dan ±2 tahun sebagai Staf Perawat di Dinas Kesehatan Kabupaten Bima. Namun saat ini Editor memilih untuk mengabdikan diri sebagai Dosen dan aktif mengajar di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Bima. Editor juga pernah mengajar di Universitas Muhammadiyah Cirebon dari tahun 2019 s/d 2021.

Editor memiliki kepakaran dibidang Keperawatan Jiwa, Kesastraan, Riset Kualitatif, Kegawatdaruratan dan Kebencanaan, Manajemen Keperawatan dan Psikologi. Dan untuk mewujudkan karir sebagai dosen profesional, Editor pun aktif sebagai peneliti dibidang kepakarannya tersebut. Beberapa penelitian yang telah dilakukan didanai oleh internal perguruan tinggi. Selain peneliti, Editor juga aktif menulis buku dengan harapan dapat memberikan kontribusi positif bagi bangsa dan negara yang sangat tercinta ini. Atas dedikasi dan kerja keras dalam menulis buku puisi,...

Daftar Isi

Cover Depan
Kata Pengantar
Daftar Isi
Bab 1. Tren Isu dan Konsep Keperawatan Jiwa
     Tren dan Isu Keperawatan Jiwa
     Konsep Keperawatan Jiwa
Bab 2. Penggolongan Gangguan Jiwa Di Indonesia
     Pendahuluan
     Klasifikasi Gangguan Jiwa
     Penggolongan Diagnosis Gangguan Jiwa
Bab 3. Program Pelayanan Kesehatan Jiwa Di Indonesia
     Perkembangan Pelayanan Kesehatan Jiwa di Dunia
     Perkembangan Pelayanan Kesehatan Jiwa di Indonesia
     Pelayanan Kesehatan Jiwa di Indonesia
     CLMHN (Consultation Liasion Mental Health Nursing)
     CMHN (Community Mental Health Nursing)
     DKJPS (Dukungan Kesehatan Jiwa dan Psikososial)
Bab 4. Terapi Modalitas dan Terapi Jiwa
     Pengertian Terapi Modalitas
     Tujuan Terapi Modalitas
     Peran Perawat dalam Memberikan Terapi Modalitas
     Jenis Terapi Modalitas dalam Keperawatan Jiwa
Bab 5. Komunikasi Terapeutik pada Orang dengan Gangguan Jiwa
     Pendahuluan
     Pentingnya Komunikasi Terapeutik dalam Keperawatan Jiwa
     Implementasi Komunikasi Terapeutik Bagi ODGJ dan Strategi Peningkatan Pelaksanaannya
     Kesimpulan
Bab 6. Asuhan Keperawatan pada Klien dengan Kelompok Khusus : Autisme pada Anak
     Pendahuluan
     Metode
     Hasil dan Pembahasan
     Kesimpulan
Bab 7. Asuhan Keperawatan pada Klien dengan Masalah Psikososial
     Pendahuluan
     Karateristik Klien dengan Masalah Psikososial
     Pengkajian Klien dengan Masalah Psikososial
     Diagnosa
     Intervensi
Bab 8. Asuhan Keperawatan pada Klien dengan Berbagai Gangguan Jiwa
     Harga Diri Rendah
     Isolasi Sosial
     Risiko Perilaku Kekerasan
     Halusinasi
     Defisit Perawatan Diri
Bab 9. Trend, Issue dan Konsep Keperawatan Komunitas
     Trend dan Issue Keperawatan Komunitas
     Konsep Komunitas
     Konsep Keperawatan Komunitas
     Falsafah Keperawatan Komunitas
     Tujuan Keperawatan Komunitas
     Area Praktik Keperawatan Komunitas
     Sasaran Keperawatan Komunitas
     Prinsip Pemberian Pelayanan Keperawatan Kesehatan Komunitas
Bab 10. Etika, Nilai dan Paradigma Keperawatan Komunitas
     Etika dalam Keperawatan Komunitas
     Macam-Macam Etika
     Prinsip Etika Keperawatan Komunitas
     Kode Etik Keperawatan, Prinsip dan Fungsi Kode Etik
     Nilai dalam Keperawatan
     Paradigma Keperawatan Komunitas
Bab 11. Konseptual Model Keperawatan Komunitas dan Promosi Kesehatan
     Konsep Model Keperawatan Komunitas
     Konsep Model Promosi Kesehatan Nola J. Pender
Bab 12. Peran dan Fungsi Perawat dalam Keperawatan Komunitas
     Peran Perawat Komunitas
     Fungsi Perawat Komunitas
Bab 13. Trend Issu, Konsep Keperawatan Keluarga dan Asuhan Keperawatan Keluarga
     Pengertian Trend dan Issue
     Konsep Keperawatan Keluarga
     Asuhan Keperawatan Keluarga
Bab 14. Tren Isu Keperawatan Gerontik dan Konsep Asuhan Keperawatan Gerontik
     Tren Isu Gangguan Kualitas Tidur Lansia
     Parameter Pengukuran Kualitas Tidur
     Penyebab Gangguan Kualitas Tidur
     Tanda dan Gejala Penurunan Kualiltas Tidur
     Penatalaksanaan dalam Meningkatkan Kualitas Tidur Lansia
     Trend dan Isu Penatalaksanaan Kualitas Tidur Dengan Tehnik Pijat Tengkuk Menggunakan Virgin Coconut Oil
     Konsep Dasar Asuhan Keperawatan Gerontik Pada Gangguan Kualitas Tidur Dengan Intervensi Terapi Komplementer Pijat Tengkuk Menggunakan Virgin Coconut Oil (VCO)
Bab 15. Proses Penerapan Asuhan Komunitas dalam Pembalajaran Lapangan
     Konsep dan Tujuan Keperawatan Komunitas
     Teori Model Keperawatan Komunitas
     Proses Asuhan Keperawatan Komunitas di Lapangan Berdasarkan MODEL COMMUNITY AS PARTNER
     Contoh Penerapan Kasus Asuhan Keperawatan Komunitas di Lapangan Berdasarkan SDKI, SIKI dan SLKI
Bab 16. Dukungan Kesehatan Jiwa dan Psikososial
     Pengertian
     Tatakelola Penyelenggaraan Layanan Dukungan Kesehatan Jiwa dan Psikosial
     Pengorganisasian Dukungan Kesehatan Jiwa dan Psikososial (DKJPS)
     Dukungan Kesehatan Jiwa dan Psikososial pada Masa Pendemi Covid
     Dukungan Kesehatan Jiwa dan Psikososial pada Orang Sehat Masa Pendemi Covid
     Dukungan Kesehatan Jiwa dan Psikososial Pada Orang dalam Pemantauan (ODP)
     Dukungan Kesehatan Jiwa dan Psikososial Pada Anak dan Remaja
Bab 17. Dokumentasi Keperawatan Jiwa dan UU Kesehatan Jiwa
     Dokumentasi Keperawatan Jiwa
     Undang - Undang Kesehatan Jiwa
Cover Belakang