Tampilkan di aplikasi

Buku Media Sains Indonesia hanya dapat dibaca di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.

Ilmu Keperawatan Maternitas

1 Pembaca
Rp 120.000 46%
Rp 65.000

Patungan hingga 5 orang pembaca
Hemat beli buku bersama 2 atau dengan 4 teman lainnya. Pelajari pembelian patungan disini

3 Pembaca
Rp 195.000 13%
Rp 56.333 /orang
Rp 169.000

5 Pembaca
Rp 325.000 20%
Rp 52.000 /orang
Rp 260.000

Pembelian grup
Pembelian buku digital dilayani oleh penerbit untuk mendapatkan harga khusus.
Hubungi penerbit

Perpustakaan
Buku ini dapat dibeli sebagai koleksi perpustakaan digital. myedisi library

Book chapter ini disusun oleh sejumlah akademisi dan praktisi sesuai dengan kepakarannya masing-masing. Buku ini diharapkan dapat hadir memberi kontribusi positif dalam ilmu pengetahuan khususnya terkait dengan Ilmu Keperawatan Maternitas. Sistematika buku Ilmu Keperawatan Maternitas ini mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapan. Oleh karena itu diharapkan book chapter ini dapat menjawab tantangan dan persoalan dalam sistem pengajaran baik di perguruan tinggi dan sejenis lainnya.

Ikhtisar Lengkap   
Penulis: Rini Anggeriani / Ria Andreinie / Marlinda / Eni Folendra Rosa / Sutrisari Sabrina Nainggolan / Yeti Septiasari / Indah Rahmadaniah / Rosnani / Sabrina Farani / Marchatus Soleha / Yenny Safitri / Desi Ari Madiyanti / Ade Marlisa Rahmnadayanti / Malisa Ariani / Sagita Darma Sari / Henny Kaseger / Riani
Editor: Arif Munandar

Penerbit: Media Sains Indonesia
ISBN: 9786233624374
Terbit: Maret 2022 , 334 Halaman

BUKU SERUPA










Ikhtisar

Book chapter ini disusun oleh sejumlah akademisi dan praktisi sesuai dengan kepakarannya masing-masing. Buku ini diharapkan dapat hadir memberi kontribusi positif dalam ilmu pengetahuan khususnya terkait dengan Ilmu Keperawatan Maternitas. Sistematika buku Ilmu Keperawatan Maternitas ini mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapan. Oleh karena itu diharapkan book chapter ini dapat menjawab tantangan dan persoalan dalam sistem pengajaran baik di perguruan tinggi dan sejenis lainnya.

Pendahuluan / Prolog

Kata Pengantar
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT, karena atas berkat, rahmat dan karunia-Nya sehingga buku kolaborasi dalam bentuk book chapter dapat dipublikasikan dan dapat sampai dihadapan pembaca.

Book chapter ini disusun oleh sejumlah akademisi dan praktisi sesuai dengan kepakarannya masing-masing.

Buku ini diharapkan dapat hadir memberi kontribusi positif dalam ilmu pengetahuan khususnya terkait dengan Ilmu Keperawatan Maternitas.

Sistematika buku Ilmu Keperawatan Maternitas ini mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapan. Oleh karena itu diharapkan book chapter ini dapat menjawab tantangan dan persoalan dalam sistem pengajaran baik di perguruan tinggi dan sejenis lainnya.

Kami menyadari bahwa tulisan ini jauh dari kesempurnaan dan masih terdapat banyak kekurangan, sejatinya kesempurnaan itu hanya milik Yang Kuasa. Oleh sebab itu, kami tentu menerima masukan dan saran dari pembaca demi penyempurnaan lebih lanjut.

Akhirnya kami mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada semua pihak yang telah mendukung dalam proses penyusunan dan penerbitan buku ini, secara khusus kepada Penerbit Media Sains Indonesia sebagai insiator book chapter ini. Semoga buku ini dapat bermanfaat bagi pembaca sekalian.

Bandung, 10 Desember 2021
Editor

Penulis

Rini Anggeriani - Adalah dosen kebidanan di STIKES Abdurahman Palembang. Penulis memulai Pendidikan D.III Kebidanan di Perdhaki Charitas Palembang lulus tahun 2012 dan melanjutkan Pendidikan D.IV Bidan Pendidik di STIKES Mitra Adiguna Palembang lulus tahun 2013 serta melanjutkan pendidikan program Magister Ilmu Biomedik di Universitas Sriwijaya lulus pada tahun 2016. Penulis aktif dalam melakukan beberapa penelitian dan juga dipublikasi dalam beberapa jurnal nasional terakreditasi maupun jurnal nasional tidak terakreditasi. Penelitian yang pernah dilakukan oleh penulis yaitu hasil penelitian atau hasil pemikiran yang dipublikasikan melalui seminar disajikan pada tahap internasional procidding The 6th International Conference on Public Health dengan judul Effect Of Curcuma Zedoaria Extract On Testis And Seminal Vesicle Weights In White Rats. Terlibat juga dalam melaksanakan penelitian Hibah dari Kemenristek DIKTI pada tahun 2018 dengan judul Efektifitas Pemberian Air Daun Sirih (piper betle l) Terhadap Kecepatan Penyembuhan Luka Perineum pada Ibu Post Partum. Penelitian lainnya yang pernah dilakukan oleh penulis yaitu hasil penelitian atau hasil pemikiran yang dipublikasikan pada jurnal nasional terakreditasi dengan judul Pijat Oksitosin dan Endorphine Massage Berpengaruh terhadap Jumlah Pengeluaran Darah pada Kala IV Persalinan Normal.
Ria Andreinie - Lahir di Pematang Panggang pada tanggal 9 Mei 1981. Pernah menempuh pendidikan D-III Kebidanan di Poltekkes Kemenkes Palembang, D-IV Kebidanan di Universitas Padjadjaran Bandung, S-2 di Universitas Sriwijaya Program Studi Ilmu Biomedik dan saat ini sedang melanjutkan studi S-3 di Universitas Indonesia Program Studi Ilmu Biomedik. Pengalaman di dunia pendidikan kebidanan telah dimulai sejak tahun 2004 pada beberapa institusi dan saat ini sebagai dosen tetap di STIKES Abdurahman Palembang. Berbagai pelatihan profesional dan pertemuan ilmiah telah diikuti, baik tingkat nasional maupun internasional. Penulis yang berdomisili di Palembang ini memiliki hobi menulis dan telah menghasilkan beberapa karya modul-modul kebidanan, panduan mata kuliah, antologi, buku ilmiah, karya bersama tentang cerita anak dan kesehatan. Diantara karyanya yang telah terbit adalah: antologi Jangan Dengarkan Mereka yang Cuma Bisa Meremehkan; antologi Berhentilah Membandingkan; monograf Manfaat Jahe Bagi Ibu Hamil; Wangsit Kompeten UKOM Bidan; Buku Pintar Menyusui; Buku Cerita Permainan Tradisional, Buku Ensklopedia Suku Unik di Dunia, book chapter Ilmu Keperawatan Maternitas. Dengan karyanya, penulis berharap setiap tulisannya bisa menjadi ladang amal jariyah, memberi manfaat dan kebaikan untuk manusia.
Marlinda - Penulis Lahir di Teluk Betung 45 tahun yang lalu, tepatnya tanggal 23 Maret 1978. Menikah Tahun 2010 dengan Fahrurrozi, S.Kom. dan Mempunyai Anak Faisal ArRasyid As-Sidiqi (12 Tahun) dan Sayid Alwi Al-Maliki (11 tahun). Riwayat Pendidikan yang pernah di tempuh D3 Keperawatan Di Akper Muhammadiyah Pringsewu lulus 1999, S 1 Keperawatan+Ners Tamat tahun 2008, dan S2 Keperawatan dan Spesialis Keperawatan Maternitas Tamat Tahun 2015 di FIK UI. Pengalaman Bekerja Di Akper Muhammadiyah Pringsewu sejak Tahun 2000-2008, 2009-2019 Di STIKes Muhammadiyah Pringsewu Lampung, dan sampai dengan sekarang mengabdikan Ilmu dalam bidang Ilmu Keperawatan Maternitas sebagai Dosen Di Fakultas Kesehatan Universitas Muhammadiyah Pringsewu Lampung. Melakukan Tri Dharma Perguruan Tinggi merupakan Tugas seorang Dosen agar dapat mewujudkan karir sebagai Dosen Profesional. Salah satu bentuk aktifitas yang selalu peneliti lakukan adalah melakukan pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat dibidang keperawatan maternitas serta mengikuti beberapa pelatihan dan seminar untuk dapat terus mengupdate ilmu khususnya dalam perkembangan keperawatan Maternitas. Sehingga penulis terus berkelanjutan menuangkan hasil berfikir dan memahami dalam bentuk buku ataupun artikel. Penulis juga sda tersertifikasi dosen nasional sejak tahun 2019 sampai sekarang.
Eni Folendra Rosa - Riwayat pendidikan kesehatan diawali di Akademi Keperawatan Departemen Kesehatan Palembang lulus pada tahun 1989, Akta mengajar III IKIP Bandung tahun 1991, Pendidikan Bidan Program B pada PAMK Pajajaran Bandung tahun 1994, D.III Kebidanan Universitas Kader Bangsa tahun 2009, Pendidikan Akta IV IKIP Malang tahun 1996, Pendidikan S.1 Kesehatan Masyarakat tahun 2003 dan Magister Kesehatan Ibu Anak dan Kesehatan Reproduksi Universitas Gadjah Mada, Jogyakarta lulus tahun 2008.

Ketertarikan pada asuhan keperawatan pada ibu dan anak sejak mengajar pada SPK Departemen Kesehatan Baturaja pada tahun 1990-2002, mengajar di Pendidikan Bidan program A pada tahun 1990-1997, pernah menjadi dosen tidak tetap pada D.III Kebidanan STIKES Al Ma’arif Baturaja sejak 2002 sampai 2017. Pengampu mata kuliah Maternitas sejak 2002 sampai sekarang dan aktif melakukan penelitian tentang kesehatan ibu dan anak yang didanai oleh DIPA Poltekkes Palembang dan juga Kemenristek DIKTI. Saat ini aktif sebagai dosen Politeknik Kesehatan Palembang dengan home based pada Program Studi Keperawatan Baturaja.
Sutrisari Sabrina Nainggolan - Lahir di Palembang, 24 Maret 1986. Penulis memulai pendidikan Sarjana Keperawatan Profesi Ners di STIK Bina Husada, lulus pada tahun 2009. Kemudian melanjutkan pendidikan Magister Kesehatan di STIK Bina Husada, lulus pada tahun 2014, dan pada tahun 2019 menyelesaikan pendidikan Magister Keperawatan di Fakultas Keperawatan Universitas Andalas. Penulis merupakan salah satu dosen keperawatan di departemen keperawatan maternitas di STIK Bina Husada, sejak tahun 2012 sampai dengan saat ini. Penulis pernah bekerja sebagai mentor mahasiswa profesi ners di Rumah Sakit Umum Daerah Kayuagung. Untuk mewujudkan karir sebagai dosen professional, penulis aktif dalam menjalankan Tri Dharma perguruan tinggi diantaranya pengajaran, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat. Beberapa karya ilmiah telah penulis hasilkan dan dipublikasikan baik pada prosiding nasional, jurnal nasional, dan jurnal nasional terakreditasi. Selain itu, penulis aktif dalam organisasi profesi seperti di Ikatan Perawat Maternitas Indonesia Sumatera Selatan dan pengurus DPK PPNI STIK Bina Husada. Penulis pernah mendapatkan juara utama lomba video pembelajaran di tingkat lokal serta dosen terfavorit Program Studi Ners pada tahun 2022.
Yeti Septiasari - Penulis lahir di Pajaresuk Kabupaten Pringsewu pada Tanggal 02 September 1985, anak ke dua dari tiga bersaudara. Penulis menyelesaikan Pendidikan S1 Keperawatan di STIKES Mitra Lampung Jurusan Keperawatan tahun 2004 sampai dengan 2008, melanjutkan Pendidikan Profesi di Perguruan Tinggi yang sama lulus tahun 2009 dan pada tahun 2014 melanjutkan Magister kesehatan Masyarakat dengan konsentrasi Kesehatan reproduksi di Universitas Malahayati Bandar Lampung dan lulus pada tahun 2016. Penulis menjadi dosen pada tahun 2011 sampai dengan sekarang di Fakultas Kesehatan Universitas Muhammadiyah Pringsewu Program Studi S1 Keperawatan, penulis mengampu mata kuliah Keperawatan Maternitas dan Keperawatan Dasar. Buku ini merupakan buku ketiga yang penulis buat pada tahun 2021 yang berjudul Modul Keperawatan Dasar dan buku kedua dengan judul Ilmu Keperawatan Maternitas tahun 2022, penulis berharap dengan karya buku ini dapat memberikan manfaat dan kontribusi di dunia kesehatan baik bagi mahasiswa maupun masyarakat pada umumnya.
Indah Rahmadaniah - Lahir di Muara Enim pada tanggal 02 Juni 1986. Penulis menyelesaikan Studi DIII Kebidanannya pada tahun 2007 di AKBID Mitra Adiguna Palembang dan melanjutkan Studi DIV Bidan Pendidik di STIKES Mitra Adiguna Palembang tahun 2010, pada tahun 2013 Penulis memulai studi S2 di Universitas Sriwijaya, Fakultas Kedokteran, Program Studi Ilmu Biomedik lulus pada tahun 2015.

Penulis mengabdikan diri sebagai dosen di STIKES Abdurahman Palembang pada Program Studi DIII Kebidanan dimulai sejak tahun 2011. Sebagai pengampu mata kuliah Dokeumentasi kebidanan, pengajar praktik pada Asuhan Persalinan Normal, penulis telah menerbitkan Buku Ajar Dokumentasi kebidanan, dan pernah mengikuti berbagai pelatihan professional serta pertemuan ilmiah dari tingkat nasional maupun internasional, penulis juga telah banyak menghasilkan karya ilmiah penelitian yang telah diterbitkan pada jurnal nasional, nasional terakreditasi dan jurnal internasional. Penulis akan terus berusaha dalam mengembangkan ilmu dengan banyak menulis dan semoga tulisan pada buku ini dapat bermanfaat dan dapat menjadi acuan dalam mengembangkan ilmu pengetahuan.
Rosnani - Penulis menyelesaikan pendidikan D III Keperawatan di Akper Depkes Bengkulu. Kemudian melanjutkan pendidikan S1 Keperawatan di PSIK UNPAD pada tahun 1999. Kemudian melanjutkan pendidikan S2 Keperawatan Maternitas di FIK – UI tahun 2006. Pendidikan Spesialis Keperawatan Maternitas diselesaikan di FIK- UI tahun 2007. Pendidikan program doktoral Keperawatan di selesaikan di FIK – UI tahun 2020. Saat ini penulis bertugas sebagai dosen Prodi D III Keperawatan Poltekkes Kemenkes Palembang.
Sabrina Farani - Penulis lahir di Singaraja pada tanggal 27 Februari 1988. Penulis adalah anak kedua dari dua bersaudara. Lulus tahun 2010 D-IV Bidan Pendidik Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang. Melanjutkan Studi di Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja Program Studi S2 Administrasi Pendidikan lulus tahun 2012.

Tahun 2010-2015 bekerja sebagai dosen di STIKes Majapahit Singaraja Program Studi D-III Kebidanan dan S1 Keperawatan. Tahun 2010 sampai sekarang bekerja di Praktik Mandiri Bidan Hj. Nurani, S.ST di Singaraja. Tahun 2012 sampai sekarang menjadi Anggota Organisasi Ikatan Bidan Indonesia Cabang Buleleng. Tahun 2016-2018 mengajar di SMK Kesehatan Bhaktiyasa Singaraja. Tahun 2019 sampai sekarang mengajar di Universitas Triatma Mulya Bali Program Studi D-III Kebidanan dan Program Studi S1 Keperawatan. Melanjutkan Pendidikan Profesi Bidan tahun 2020 dan lulus tahun 2022.Penulis menulis jurnal ilmiah tidak terakreditasi pada Pro Health Jurnal Ilmiah Kesehatan Vol. 2 No. 2 bulan Juli 2020. Penulis aktif menulis buku dengan harapan dapat memberikan kontribusi positif bagi bangsa dan negara semoga bermanfaat. Penulis juga aktif melakukan pengabdian kepada masyarakat di Bidang Kesehatan dengan harapan dapat mengimplementasikan bidang ilmu langsung kepada masyarakat.
Marchatus Soleha - Lahir di Musi Banyuasin Sumatra Selatan, 14 Agustus 1991. Penulis memulai Pendidikan Diploma III (DIII) Kebidanan di Akademi Kebidanan Abdurahman Palembang, lulus tahun 2012, pada tahun 2013 penulis melanjutkan Pendidikan Diploma IV dijurusan Bidan Pendidik di Universitas Respati Yogyakarta lulus tahun 2014. Penulis melantkan Pendidikan program Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat di Universitas Respati Indonesia Jakarta.

Dengan konsentrasi pengajaran Kesehatan Reproduksi, lulus pada tahun 2017. Penulis memiliki kesibukan lain sebagai Dosen Kebidanan di STIKES Adurahman Palembang, mulai bergabung di STIKES Abdurahman Pada tahun 2017 s/d sekarang. Untuk mewujudkan sebagai dosen yang professional dan mengikuti Tridarma Perguruan Tingi, Penulis aktif melakukan pengajaran, penelitian dan juga pengabdian pada masyarakat, beberapa karya ilmiah telah penulis hasilkan dan dipublikasikan dalam beberapa jurnal nasional terakreditasi maupun jurnal nasional tidak terakreditasi.
Yenny Safitri - Lahir di Ombilin, Danau Singkarak Sumatera Barat, pada tanggal 2 Agustus 1982, Anak dari Bapak H. Asril dan Ibu Yaslizar (Almh). Istri dari Bapak Kamaruzzaman, A.Md dan Mama dari Assyifa Qorina Faysa dan Arsy El Hamiza Faysa.

Ketertarikan penulis terhadap bidang kesehatan khususnya keperawatan diawali ketika penulis duduk di bangku SD, dimana pada tahun 1992 terdapat mahasiswa KKN dari Universitas Andalas Padang di sekolah saya yang salah satu jurusannya adalah keperawatan. Hal inilah yang membuat penulis melanjutkan pendidikan dibidang keperawatan.

Riwayat pendidikan penulis dimulai dari SDN 007 Ombilin, Perguruan Diniyyah Puteri Padang Panjang (1995), SMA Adabiah Padang (1998), D3 AKPER Mercubaktijaya Padang (2001) dan Program Magister Keperawatan di Universitas Andalas Padang (2011). Sejak tahun 2007, Penulis sudah tercatat sebagai dosen tetap di STIKes Tuanku Tambusai yang sekarang berubah menjadi Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai (2017). Selaku dosen saya mempunyai kewajiban untuk meningkatkan jenjang karir dosen, salah satunya dengan melakukan penelitian, PKM dan menulis buku. Penulis mulai menulis buku sejak tahun 2021, ini adalah buku ke 12 yang penulis buat. Salah satu hal yang membanggakan bagi saya, saya pernah memenangi hibah penelitian oleh Dirjen DIKTI di bidang manajemen.
Desi Ari Madiyanti - Penulis Berprofesi sebagai Dosen Keperawatan di Universitas Muhammadiyah Pringsewu Lampung, Penulis tertarik untuk

menjadi seorang perawat, dimana setelah menamatkan Sekolah Menengah atas penulis memilih untuk melanjutkan di D3 keperawatan Aisyiyah Jogjakarta dan lulus pada tahun 1998, kemudian melanjutkan S1 di Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Pdjajaran Bandung dan lulus pada tahun 2005 dan Alhamdulillah penulis dapat melanjutkan S2 keperawatan dengan bidang spesialisasi Maternitas di Fakultas Keperawatan Universitas Indonesia lulus tahun 2015. Penulis memiliki spsesialisasi di bidang maternitas, Penulis sangat menyenangi penelitian yang ada dilingkungan maternitas seperti dibidang kesehatan reproduksi pada wanita, ibu hamil, dan nifas. Penulis pernah mendapatkan dana penelitian hibah bersaing dari DIKTI pada tahun 2017, dimana penelitian tersebut berfokus pada anemia pada ibu hamil dan bersama tim membuat alat peraga media putar menghitung taksiran berat janin. Penulis mulai tertarik untuk membuat buku terutama yang berkaitan dengan kesehatan gangguan kesehatan reproduksi, hal ini penulis lakukan agar perempuan Indonesia mampu untuk menjaga kesehatan reproduksinya.
Ade Marlisa Rahmnadayanti - Penulis lahir di Palembang, 06 Maret 1992. Pada tahun 2012 penulis menyelesaikan pendidikan Diploma III Kebidanan di STIKES Mitra Adiguna Palembang dan pada tahun 2013 penulis kembali mendapatkan kesempatan menyelesaikan pendidikan Diploma IV Bidan Pendidik minat Klinik di Universitas Kadiri Jawa Timur. Setelah menamatkan pendidikan D IV penulis bekerja di Bidan Praktek Mandiri (BPM) dan POSKESKEL. Sejak tahun 2015 penulis dipercaya sebagai staf dan dosen pengajar Akbid Abdurahman Palembang yang kini telah berubah nama menjadi STIKES Abdurahman Palembang. Saat menjadi dosen penulis menyelsaikan pendidikan S2 Magister Biomedik di Universitas Sriwijaya pada tahun 2018. Selain itu, penulis juga aktif diberbagai seminar kebidanan maupun kesehatan, aktif melakukan kegiatan penelitian-penelitian dan pernah mengikuti kegiatan pendidikan non formal pelatihan Baby n Mom Treatment dan Wokshop Sirkumsisi Modern. Penulis selalu terbuka dan senang berbagi ilmu kepada sesama. Penulisan buku ini dipersembahkan untuk para pembaca, khususnya yang sedang menggeluti dunia Keperawatan dan Kebidanan. Serta, dengan karyanya, penulis berharap setiap tulisannya bisa menjadi ladang amal jariyah, memberi manfaat dan kebaikan untuk manusia.
Malisa Ariani - Penulis kelahiran Banjarmasin, 06 Mei 1991. Menyelesaikan Pendidikan S-1 Keperawatan dan Profesi Ners di STIKES Muhammadiyah Banjarmasin Tahun 2013 dan 2014 serta Magister Keperawatan di STIKES Jenderal Achmad Yani Cimahi Tahun 2017. Tahun 2015 sudah mulai mengajar di Program Studi Sarjana Keperawatan dan Profesi Ners di Universitas Sari Mulia Banjarmasin. Demi mewujudkan karir sebagai dosen professional, penulis pun aktif melakukan pengabdian kepada masyarakat dan penelitian selain di bidang pengajaran. Disamping itu penulis juga tertarik untuk menulis buku. Menulis book chapter ini merupakan pengalaman keempat bagi penulis yang harapannya dapat memberikan sumbangsih informasi ilmu pengetahuan terutama di bidang Keperawatan. Semoga kedepannya bisa lebih aktif dalam menulis dan berkarya sehingga bisa dijadikan sumber referensi untuk para pembaca.
Sagita Darma Sari - Penulis merupakan seorang dosen Kebidanan di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Abdurahman sejak tahun 2015, tidak hanya sebagai seorang akademisi namun penulis juga seorang praktisi dengan membuka Praktik Mandiri Bidan (PMB). Dimulai dari lulusan Diploma III pada Akademi kebidanan Budi Mulia Palembang, lalu Diploma IV bidan Klinik yang ditempuh di Poltekkes Kemenkes Yogyakarta yang kemudian melanjutkan pendidikan S2 prodi Ilmu Biomedik dengan BKU biologi Kedokteran di Universitas Sriwijaya. Untuk mewujudkan sebagai dosen yang professional dan mnegikuti Tridharma Perguruan Tinggi, penulis aktif melakukan pengajaran, penelitian dan juga pengabdian pada masyarakat. Beberapa karya ilmiah telah penulis hasilkan dan dipublis di jurnal nasional, nasional terakreditasi, jurnal internasional terindeks serta berbagai conference internasional. Penulis juga aktif menulis buku dengan harapan dapat memberikan kontribusi bagi mahasiswi kebidanan di seluruh Indonesia. Tidak hanya itu penulis juga sebagai seorang praktisi bidan dengan sepenuh hati melayani masyarakat langsung. Atas dedikasinya penulis mendaptkan penghargaan bidan Praktek Mandiri terbaik III pada tahun 2016 yang diselenggarakan oleh organisasi profesi IBI cabang Kota Palembang.
Henny Kaseger - Dilahirkan di Kota Kotamobagu Provinsi Sulawesi Utara pada Tanggal 22 April 1967. Penulis menikah dengan seorang suami bernama Hubain dan Memiliki 2 Anak yaitu Ridwan Hubain, S.Kom dan Yunita pingkan Hubain, S.H. Penulis menyelesaikan program S1 di Program studi Keperawatan Fakultas Kedokteran di Universitas Hasanuddin Lulus Tahun 2004 dan menyelesaikan program profesi Ners di Fakultas Kedokteran Universitas Hasanudin Lulus tahun 2005, Menyelesaikan program S2 di program studi ilmu kesehatan Masyarakat program Pascasarjana Univeritas Sam Ratulangi lulus tahun 2012. Kemudian penulis Menyelesaikan program S3 di program studi ilmu Lingkungan program Pascasarjana Universitas Brawijaya Lulus tahun 2019. Penulis pernah menjabat sebagai Direktur Akademi Keperawatan Totabuan Kotamobagu, penulis juga pernah menjabat sebagai KABID Keperawatan RSUD Datoe Binangkang Kabupaten Bolaang Mongondow, KABID Penunjang medik RSUD Datoe Binangkang Kabupaten Bolaang Mongondow, Ketua Himpunan Perawat Manajer Kabupaten Bolaang Mongondow, dan Ketua Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kabupaten Bolaang Mongondow sampai dengan sekarang. Penulis juga aktif sebagai dosen pengajar di program studi Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Institut Kesehatan dan Teknologi Graha Medika Kotamobagu.
Riani - Merupakan anak pertama dari 2 bersaudara. Lahir dan besar hingga bersekolah sampai jenjang pendidikan SMA berdomisili di tempat kelahiran yaitu desa Ledong Barat, Kab. Asahan Sumatera Utara. Sekitar tahun 1999. meninggalkan kampung halaman sebab kuat cita-cita ingin menjadi tenaga kesehatan khususnya perawat, penulis melanjutkan kuliah DIII Keperawatan di Ibu Kota Kabupaten Kampar yaitu Bangkinang, setelah menyelesaikan pendidikan DIII tahun 2003 penulis melanjutkan pendidikan S1 Keperawatan dan Ners di Universitas Prima Indonesia di kota Medan selesai tahun 2005. Sejak tahun 2007 hingga sekarang penulis tercatat sebagai dosen tetap di Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Sejak awal mengajar hingga sekarang mendapat amanah mengajar Keperawatan Gawat Darurat dan Epidemiologi. Tahun 2012-2014 penulis menyelesaikan pendidikan S2 Magister Kesehatan di STIKes Hang Tuah Pekanbaru dengan peminatan epid Manajerial.

Editor

Arif Munandar - Ketertarikan Editor terhadap ilmu keperawatan dimulai pada tahun 2009 silam. Hal tersebut membuat Editor memilih untuk masuk Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Mataram dengan memilih Jurusan Keperawatan dan berhasil lulus pada tahun 2013. Editor kemudian melanjutkan pendidikan Ners Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Mataram dan lulus pada tahun 2014. Lima tahun kemudian, Editor menyelesaikan studi S2 di prodi Keperawatan Program Pasca Ssrjanan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Sebagai pengalaman praktisi, Editor pernah bekerja ±1 tahun sebagai Staf Perawat di Klinik Royal Medikal Kabupaten Lombok Utara dan ±2 tahun sebagai Staf Perawat di Dinas Kesehatan Kabupaten Bima. Namun saat ini Editor memilih untuk mengabdikan diri sebagai Dosen dan aktif mengajar di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Bima. Editor juga pernah mengajar di Universitas Muhammadiyah Cirebon dari tahun 2019 s/d 2021.

Editor memiliki kepakaran dibidang Keperawatan Jiwa, Kesastraan, Riset Kualitatif, Kegawatdaruratan dan Kebencanaan, Manajemen Keperawatan dan Psikologi. Dan untuk mewujudkan karir sebagai dosen profesional, Editor pun aktif sebagai peneliti dibidang kepakarannya tersebut. Beberapa penelitian yang telah dilakukan didanai oleh internal perguruan tinggi. Selain peneliti, Editor juga aktif menulis buku dengan harapan dapat memberikan kontribusi positif bagi bangsa dan negara yang sangat tercinta ini. Atas dedikasi dan kerja keras dalam menulis buku puisi,...

Daftar Isi

Cover Depan
Kata Pengantar
Daftar Isi
Bab 1. Anatomi Fisiologi Sistem Reproduksi Pria dan Wanita
     Anatomi Sistem Reproduksi pada Pria
     Genitalia Eksternal
     Genitalia Internal
     Kelenjar Aksesoris
     Hormon Seks Pria
     Anatomi Sistem Reproduksi pada Wanita
     Genitalia Eksternal
     Genitalia Internal
     Hormon pada Wanita
     Ovulasi
Bab 2. Perawatan Tali Pusat
     Tali Pusat
     Pelepasan Tali Pusat
     Perawatan Tali Pusat
     Macam-Macam Aplikasi Perawatan Tali Pusat
     Macam – Macam Kelainan di Tali Pusat
Bab 3. Periode Kehamilan dan Perubahan Fisiologi pada Masa Kehamilan
     Periode Kehamilan
     Perubahan Fisiologi Kehamilan
Bab 4. Pemeriksaan Fisik pada Ibu Hamil dan Pemeriksaan Fisik pada Bayi Baru Lahir
     Pemeriksaan Fisik Ibu Hamil
     Pemeriksaan Fisik pada Bayi Baru Lahir
Bab 5. Pelayanan Antenatal Care (ANC) dan Senam Hamil
     Pelayanan Antenatal Care (ANC)
     Senam Hamil
Bab 6. Pola Gizi Iby Hamil dam Promosi Kesehatan Pada Ibu Hamil
     Pola Gizi Ibu Hamil
     Promosi Kesehatan Ibu Hamil
Bab 7. Asuhan Keperawatan pada Kehamilan Normal dan Pertolongan Persalinan Normal
     Pendahuluan
     Pemeriksaan Kehamilan (Antenatal Care/ANC)
     Pengkajian Data
     Menetapkan Dianogsa
     Penatalaksanaan Kehamilan
     Pertolongan Persalinan Normal
     Mekanisme Persalinan Normal
     Tahapan Dalam Persalinan
Bab 8. Asuhan Keperawatan pada masa Intranatal dan Intranatal dengan Komplikasi
     Asuhan Keperawatan Intranatal
     Asuhan Keperawatan Intranatal dengan Komplikasi
Bab 9. Asuhan Keperawatan pada Masa Postpartum dan Postpartum dengan Komplikasi
     Asuhan Keperawatan pada Masa Postpartum
     Asuhan Keperawatan
     Asuhan Keperawatan Masa Postpartum dengan Komplikasi
Bab 10. Asuhan Keperawatan Antenatal Normal: Trimester I,II, III dan Antenatal Abnormal
     Konsep Dasar Kehamilan
     Asuhan Keperawatan Pada Ibu hamil Trimester I, II dan III
Bab 11. Asuhan Keperawatan Bayi Resiko Tinggi
     Konsep Bayi Resiko Tinggi
     Konsep Dasar Berat Badan Lahir Rendah (BBLR)
Bab 12. Asuhan Keperawatan Pada Wanita dengan Gangguan Reproduksi
     Disminore
Bab 13. Asuhan Keperawatan pada Bayi Baru Lahir
     Definisi
     Tanda-Tanda Bayi Baru Lahir Normal
     Ciri – Ciri Bayi Normal
     Perubahan-Perubahan yang Terjadi pada  Bayi Baru Lahir
     Rencana Asuhan Bayi Baru Lahir
     Pengkajian Fisik Bayi Baru Lahir
     Penatalaksanaan
     Diagnosa Keperawatan dan Intervensi Pada  Bayi Baru Lahir
Bab 14. Metode Kangaroo Mother Care (KMC) dan Nesting
     Metode Kangaroo Mother Care (KMC)
     Metode Nesting
Bab 15. Prosedur Pemasangan Alat Kontrasepsi dalam Rahim
     Pengertian AKDR
     Mekanisme AKDR
     Kelebihan dan Kekurangan AKDR
     Jenis – Jenis AKDR
     Prosedur Pemasangan AKDR
Bab 16. Proses Kehamilan
     Definisi Kehamilan
     Masa Kehamilan
     Proses Terjadinya Kehamilan
     Proses Pertumbuhan dan Perkembangan Janin
     Mengenal Aktivitas Janin dalam Kandungan
     Tindakan Mempengaruhi Perkembangan Janin
Bab 17. Perubahan Fisiologis dan Psikologis Ibu Nifas
     Perubahan Fisiologis pada Ibu Nifas
     Perubahan Psikologis Ibu Nifas
Cover Belakang