Tampilkan di aplikasi

Buku Media Sains Indonesia hanya dapat dibaca di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.

Keperawatan Anak

1 Pembaca
Rp 108.000 40%
Rp 65.000

Patungan hingga 5 orang pembaca
Hemat beli buku bersama 2 atau dengan 4 teman lainnya. Pelajari pembelian patungan disini

3 Pembaca
Rp 195.000 13%
Rp 56.333 /orang
Rp 169.000

5 Pembaca
Rp 325.000 20%
Rp 52.000 /orang
Rp 260.000

Pembelian grup
Pembelian buku digital dilayani oleh penerbit untuk mendapatkan harga khusus.
Hubungi

Perpustakaan digital
Buku ini dapat dibeli sebagai koleksi perpustakaan digital. Perpustakaan

Buku ini diharapkan dapat hadir memberi kontribusi positif dalam ilmu pengetahuan khususnya terkait dengan Keperawatan Anak. Sistematika buku Keperawatan Anak ini mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapan. Buku ini terdiri atas 16 BAB yang dibahas secara rinci, diantaranya: klasifikasi usia anak, perlindungan terhadap anak, kesehatan anak secara umum, perawatan anak-anak dalam kondisi tertentu (misalnya anak-anak di panti asuhan, anak korban kekerasan, anak dengan penyakit keganasan, anak dengan penyakit metabolik, dan anak dengan malnutrisi), perkembangan anak, pertumbuhan anak, dan imunasi wajib bagi anak.

Ikhtisar Lengkap   

Penulis: Mahardika Putri Kaonang / Maulana Arif Murtadho / Nurul Armalia / Sri Wilujeng / Miranti Dea Dora / Wardatus Sholihah / Esti Nur Janah / Siti Kusnul Khotimah / Tri Ratnaningsih / Herlina / Veronika Nitsae / Imas Mulyani / Munqidz Zahrawaani / Risyda Zakiyah Hanim / Zuhrotul Eka Yulis Anggraeni / Siti Nur Ngaisah
Editor: Agustiawan

Penerbit: Media Sains Indonesia
ISBN: 9786233629621
Terbit: Januari 2023 , 287 Halaman

BUKU SERUPA













Ikhtisar

Buku ini diharapkan dapat hadir memberi kontribusi positif dalam ilmu pengetahuan khususnya terkait dengan Keperawatan Anak. Sistematika buku Keperawatan Anak ini mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapan. Buku ini terdiri atas 16 BAB yang dibahas secara rinci, diantaranya: klasifikasi usia anak, perlindungan terhadap anak, kesehatan anak secara umum, perawatan anak-anak dalam kondisi tertentu (misalnya anak-anak di panti asuhan, anak korban kekerasan, anak dengan penyakit keganasan, anak dengan penyakit metabolik, dan anak dengan malnutrisi), perkembangan anak, pertumbuhan anak, dan imunasi wajib bagi anak.

Pendahuluan / Prolog

Kata Pengantar
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat rahmat dan karunia-Nya sehingga buku kolaborasi dalam bentuk Buku ini dapat dipublikasikan dan dapat sampai di hadapan pembaca.

Buku kolaborasi ini disusun oleh sejumlah akademisi dan praktisi sesuai dengan kepakarannya masing-masing. Buku ini diharapkan dapat hadir memberi kontribusi positif dalam ilmu pengetahuan khususnya terkait dengan Keperawatan Anak. Sistematika buku Keperawatan Anak ini mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapan.

Buku ini terdiri atas 16 BAB yang dibahas secara rinci, diantaranya: klasifikasi usia anak, perlindungan terhadap anak, kesehatan anak secara umum, perawatan anakanak dalam kondisi tertentu (misalnya anak-anak di panti asuhan, anak korban kekerasan, anak dengan penyakit keganasan, anak dengan penyakit metabolik, dan anak dengan malnutrisi), perkembangan anak, pertumbuhan anak, dan imunasi wajib bagi anak. Kami menyadari bahwa tulisan ini jauh dari kesempurnaan dan masih terdapat banyak kekurangan, sejatinya kesempurnaan itu hanya milik Yang Kuasa. Oleh sebab itu, kami tentu menerima masukan dan saran dari pembaca demi penyempurnaan lebih lanjut.

Akhirnya kami mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada semua pihak yang telah mendukung dalam proses penyusunan dan penerbitan buku ini, secara khusus kepada Penerbit Media Sains Indonesia sebagai inisiator buku kolaborasi ini. Semoga buku ini dapat bermanfaat bagi pembaca sekalian.

Penulis

Mahardika Putri Kaonang - Penulis telah menyelesaikan pendidikan di TK Idhata Ngetal 2, SDN II Ngetal, SMPN I Pogalan, dan SMAN I Trenggalek. Penulis melanjutkan studi S1 Program Studi Ilmu Keperawatan di STIKes Surya Mitra Husada Kediri pada tahun 2011 sampai 2015, kemudian lulus Profesi Ners pada tahun 2016 di STIKes Surya Mitra Husada Kediri. Penulis kemudian melanjutkan pendidikan S2 di Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga pada tahun 2017. Dua tahun kemudian, penulis meraih gelar Magister Keperawatan (M.Kep.) pada tahun 2019.

Mulai tahun 2019, penulis menjadi dosen Program Studi S1 Keperawatan di STIKes Artha Bodhi Iswara Surabaya. Buku ini merupakan hasil jerih payah penulis sebagai partisispasi dalam meningkatkan mutu pendidikan. Ini merupakan karya pertama penulis, semoga buku ini dapat bermanfaat.
Maulana Arif Murtadho - Ketertarikan penulis terhadap ilmu keperawatan dimulai pada tahun 2010 silam, Hal tersebut membuat penulis memilih untuk masuk ke Akademi keperawatan “YKY” Yogyakarta dan berhasil lulus pada tahun 2013. Penulis kemudian melanjutkan pendidikan dan berhasil menyelesaikan studi ilmu keperawatan dan profesi ners di fakultas keperawatan Universitas Airlangga pada tahun 2017. Dua tahun kemudian, penulis menyelesaikan studi Magister Keperawatan di Universitas Airlangga Surabaya. Penulis saat ini merupakan pengajar di Institut Teknologi, Sains, dan Kesehatan RS DR. SOEPRAOEN KESDAM V/Brawijaya Malang. Penulis telah menulis modul dan jurnal baik jurnal nasional maupun internasional.
Nurul Armalia - Ketertarikan penulis terhadap keperawatan anak dimulai dari 2020 dimana kasus Kesehatan pada anak semakin tinggi mulai dari kelalaian sampai dengan kekerasan. Perlindungan anak snagat perlu diperhatikan dalam segala lini memiliki tanggung jawab akan hal tersebut

Penulis menempuh pendidikan S1 Ilmu Keperawatan DI Universitas Jambi dan Profesi Ners di Universitas Fort De Kock. Kemudian penulis menyelesaikan Magister Keperawatan di Universitas Indonesia.

Penulis bekerja sebagai perawat di Rumah Sakit Pusat Otak Nasional Prof. DR. dr. Mahar Mardjono Jakarta. Penulis telah menulis jurnal nasional dan mengikuti kegiatan ilmiah keperawatan sebagai bentuk profesionalitas profesi perawat.
Sri Wilujeng - Lahir di Mojokerto pada 11 April 1976 lulus Diploma Tiga Keperawatan dari Pendidikan Ahli Madya Keperawatan Soetomo Surabaya pada tahun 1997, kemudian melanjutkan S1 Keperawatan lulus pada tahun 2002 di Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Airlangga dan S2 Kesehatan Masyarakat (Minat Kesehatan Ibu dan Anak) Universitas Airlangga lulus tahun 2009 Penulis tertarik untuk menulis karena sesuai dengan bidang ilmu yang diperoleh. Penulis juga mendapat tugas mengajarkan materi Pendidikan dan Promosi Kesehatan sehingga ini menjadi salah satu motivasi untuk ikut serta dalam penulisan buku ini.

Selain itu sebagai tuntutan sebagai dosen untuk menulis dalam mengembangkan kemampuan dalam menulis buku ajar. Sebelumnya penulis juga telah ikut serta dalam penulisan Buku Ajar Kebutuhan Dasar Manusia, Keperawatan Anak, Jenis-jenis Bimbingan Konseling Berdasarkan Masalah. Penulis memiliki kepakaran di bidang Kesehatan anak. Semoga apa yang telah penulis sajikan mengenai Sejarah PKRS bermanfat bagi yang membutuhkan.
Miranti Dea Dora - Ketertarikan penulis terhadap keperawatan gerontik dimulai pada tahun 2014 pada saat penulisan skripsi sampai tahun 2019 pada saat thesis. Penulis menempuh pendidikan S1 Ilmu Keperawatan dan Profesi Ners di Universitas Sriwijaya. Kemudian penulis menyelesaikan S2 Keperawatan di Universitas Airlangga.

Selain sebagai perawat di Puskesmas Rawat Inap Simpur Bandar Lampung, penulis juga merupakan pengajar di Universitas Mitra Indonesia Bandar Lampung. Penulis telah menulis modul dan jurnal baik jurnal nasional maupun internasional. Penulis juga aktif sebagai Entreprenurse dan kegiatan sosial dengan membentuk komunitas Perawat Berbagi.
Wardatus Sholihah - Lahir di Kabupaten Jember Provinsi Jawa Timur. Penulis menempuh pendidikan S1 Keperawatan dan Ners di Universitas Muhammadiyah Jember dan berhasil menyelasaikan pendidikan S1 tahun 2017 dan Ners 2018. Penulis mempunyai pengalaman bekerja di klinik dr. M. Suherman, yang kemudian penulis berkesempatan melanjutkan studi Magister di Universitas Indonesia dengan peminatan Keperawatan anak dan lulus pada tahun 2022. Penulis saat ini aktif sebagai peneliti di bidang keperawatan anak.
Esti Nur Janah - Lahir di Brebes, 13 Januari 1991. Lulus Sarjana Keperawatan di Universitas Jenderal Soedirman tahun 2012 kemudian melanjutkan Profesi Ners lulus tahun 2013 di kampus yang sama. Pada tahun 2017 melanjutkan Magister Keperawatan di Universitas Diponegoro Semarang yang ditempuh selama dua tahun. Pengalaman mengajar dimulai sejak tahun 2013 dalam berbagai bidang keperawatan. Penulis saat ini masih terdaftar sebagai Dosen di Akademi Keperawatan Al hikmah 2. Penulis juga aktif dalam Kepengurusan Organisasi PPNI. Penulis juga turut mengembangkan ilmu pengetahuan melalui kegiatan ilmiah, penelitian dan pengabdian masyarakat di bidang kesehatan dan keperawatan. Penulis memiliki ketertarikan di bidang keperawatan komunitas dan agregat lansia.
Siti Kusnul Khotimah - Penulis telah menyelesaikan pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah 11 Palembang, SLTP 29 Palembang dan SLTA 7 Palembang, Penulis melanjutkan studi D3 Ilmu Keperawatan di Islamic Village Tangerang pada tahun 2004 – 2007, kemudian melanjutkan S1 Keperawatan di STIKES Awal Bros Batam pada tahun 2015-2017 lulus Profesi Ners pada tahun 2018 di STIKes Awal Bros Batam,Penulis kemudian melanjutkan pendidikan S2 di Fakultas Keperawatan Universitas Indonesia pada tahun 2020 selam Dua dan meraih gelar Magister Keperawatan (M.Kep.) pada tahun 2022.Saat ini penulis sedang Melanjutkan pendidikan Spesialis Anak di Universitas Indonesia tahun 2022 dan sedang mempersiapkan ujian KIAS.

Mulai tahun 2008 , penulis menjadi Staf Perina dan NICU di RS Awal Bros Tangerang selama 10 tahun dan untuk saat penulis menjadi Supervisi On Duty di Primaya Hospital Tangerang dari 2018 – sampai saat ini, penulis juga aktif pernah mengajar di SMK kesehatan dan aktif menjadi narasumber webinar maupun workshop dan aktif dalam organisasi di profiesi maupun kampus. Buku ini merupakan hasil jerih payah penulis sebagai partisispasi dalam meningkatkan mutu pendidikan. Ini merupakan karya pertama penulis, semoga buku ini dapat bermanfaat.
Tri Ratnaningsih - Penulis dilahirkan di Jombang, pada tanggal 29 September 1971. Penulis adalah dosen tetap di S2 Keperawatan, Stikes Bina Sehat PPNI Kabupaten Mojokerto. Menyelesaikan pendidikan D-III Keperawatan Adi Husada Surabaya Luulus Tahun 1994, dan melanjutkan pendidikan D-IV Perawat Pendidik di Universitas Airlangga Surabaya Lulus Tahun 1997. Pada tahun 1999 penulis lulus S1 Keperawatan di Universitas Airlangga Surabaya, melanjutkan pendidikan S2 pada Program Studi Ilmu Kesehatan Reproduksi di Universitas Airlangga Surabaya. Pada Tahun 2018 Lulus S3 Kesehatan Masyarakat di Universitas Airlangga Surabaya . Beberapa mata kuliah yang diampu yakni Keperawatan anak sehat dan sakit. Sebelumnya penulis juga telah menghasilkan buku yang berjudul Tumbuh Kembang anak, Toilet Training pada anak Toodle dan buku-buku anak lainnya. Penulis juga menghasilkan beberapa publikasi pada jurnal nasional terakreditasi dan jurnal Internasional. Penulis juga aktif dalam berorganisasi profesi Keperawatan (Persatuan Perawat Nasional Indonesia) DPD PPNI Kabupaten Mojokerto sebagai Wakil Ketua Bidang Hubungan antar Lembaga dan juga sebagai bendahara pada DPK PPNI Bina Sehat PPNI Kabupaten Mojokerto Periode tahun 2022-2027.
Herlina - Ketertarikan penulis terhadap ilmu kesehatan dimulai pada tahun 2005 silam. Hal tersebut membuat penulis memilih untuk masuk ke Akademi Keperawatan Bethesda Serukam yang hanya memiliki Jurusan DIII Keperawatan saja dan berhasil lulus pada tahun 2008. Penulis kemudian melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi yaitu S1 Keperawatan dan berhasil menyelesaikan studi S1 di prodi

Keperawatan di STIK Muhammadiyah Pontianak pada tahun 2010 dan tahun 2011 telah menyelesaikan program profesi di Peguruan Tinggi yang sama. Pada tahun 2017 penulis melanjutkan studi S2 di prodi Ilmu Keperawatan dan berhasil menyelesaikan studi pada tahun 2019 pada PROGRAM PASCA SARJANA Universitas Diponegoro.

Penulis memiliki kepakaran dibidang keperawatan komunitas. Dan untuk mewujudkan karir sebagai dosen profesional, penulis pun aktif sebagai peneliti dibidang kepakarannya tersebut. Beberapa penelitian yang telah dilakukan didanai oleh internal perguruan tinggi dan akan terus mencoba mengejar hibah yang diadakan dari pihak eksternal seperti Kemenristek DIKTI. Selain peneliti, penulis juga aktif menulis buku dengan harapan dapat memberikan kontribusi positif bagi bangsa dan negara yang sangat tercinta ini.
Veronika Nitsae - Lulus S1 di Program Studi S1 Keperawatan Stikes Ganesha Husada Kediri tahun 2013 dan Pendidikan Profesi Ners pada tahun 2015. Dua tahun kemudian penulis memutuskan untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan Magister dan lulus di Program Magister Keperawatan Universitas Diponegoro pada tahun 2019. Saat ini sebagai dosen tetap di Program Studi Keperawatan Universitas Timor. Penulis mengajar sesuai bidang keilmuannya yaitu Keperawatan Komunitas. Sebagai dosen profesional, penulis pun aktif sebagai peneliti dan melakukan pengabdian kepada masyarakat dibidang keilmuannya tersebut. Selain peneliti, penulis juga suka menulis puisi.
Imas Mulyani - Penulis mengawali pendidikan Sarjana Keperawatan di Universitas Muhammadiyah Jakarta lulus tahun 2005, kemudian dilanjutkan Program Profesi Ners di Universitas Muhammadiyah Jakarta lulus tahun 2006. Karir keperawatan penulis awali sebagai perawat pelaksana dan kepala ruang di Rumah Sakit Meilia Depok pada tahun 2007-2010. Penulis juga berkesempatan bekerja di Kolej University Islam Melaka Malaysia sebagai Clinical Instructor penempatan di Hospital Sultan Haji Ahmad Shah Temerloh Pahang Malaysia pada tahun 2010-2012. Selanjutnya penulis kembali bekerja di Rumah Sakit Meilia Depok sebagai staf Diklat pada tahun 2013-2020. Kemudian tahun 2020 sampai saat ini penulis sebagai staf dosen Keperawatan Anak dan Keperawatan Gawat Darurat Maternal dan Pediatrik di STIKes Abdi Nusantara Jakarta.

Pada awal tahun 2022 penulis telah menyelesaikan Pendidikan Magister Keperawatan peminatan Keperawatan Anak di Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, dan saat ini tengah menjalani residensi Program Spesialis Keperawatan Anak Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia.

Penulis memiliki kompetensi di bidang asuhan keperawatan anak, dalam meningkatkan kompetensi yang berkelanjutan penulis aktif menulis artikel sesuai keilmuan yang dimiliki dan telah menerbitkan artikel dibeberapa journal salah satunya JITek pada tahun 2020 dan JOTING pada tahun 2021.
Munqidz Zahrawaani - Ketertarikan penulis terhadap dunia anak dimulai pada tahun 2018 saat memutuskan untuk mengambil magister keperawatan anak. Hal tersebut dikuatkan penulis dengan mengambil penelitian yang membahas fenomena kekerasan yang dilakukan anak usia remaja. Penulis kemudian melanjutkan penelitian di dunia spesialis anak khususnya anak dengan kanker sehingga berhasil menyelesaikan studi S2 spesialis anak di prodi Ilmu keperawatan FIK Universitas Indonesia pada tahun 2021.

Penulis memiliki kepakaran zona therapy khususnya pada anak anak. Dan untuk mewujudkan karir sebagai dosen profesional, penulis pun aktif sebagai peneliti dibidang kepakarannya tersebut. Beberapa penelitian yang telah dilakukan didanai oleh internal perguruan tinggi dan juga terbit di Jurnal Internasional. Selain peneliti, penulis juga aktif menulis buku dengan harapan dapat memberikan kontribusi positif bagi bangsa dan negara yang sangat tercinta ini. Serta menjalankan beberapa pengabdian kepada masyarakat khususnya di Kota Cantik Palangkaraya.
Risyda Zakiyah Hanim - Perkenalkan saya Risyda Zakiyah Hanim biasa di panggil Risyda merupakan anak pertama dari dua bersaudara dengann kota asal lahir di Sidoarjo, Jawa Timur. Saya lulusan S1 + Ners keperawatan Univerversitas Jember, kemudian melanjutkan Pendidikan S2 + spesialis keperawatan di Universitas Indonesia.

Ketertarikan saya untuk menulis sudah diawali sejak berada di bangku Pendidikan S1 diawali dengan menulis karya ilmiah tingkat perlombaan nasioanl. Kemudian selama tahun 2020 – 2021 ini saya telah menuliskan 2 buku yang berjudul “meraih bintang” yang merupakan kumpulan cerita penerima beasiswa LPDP dari kementerian keuangan. Buku kedua berjudul “Nakes pahlawan covid-19” yang ditulis oleh berbagai petugas kesehatan dalam masa pandemi dan merawat pasien covid-19. Dilanjutkan buku ketiga ini terkait kesehatan pada anak.
Zuhrotul Eka Yulis Anggraeni - Penulis merupakan salah satu dosen pengampu mata kuliah keperawatan anak di Universitas Muhammadiyah jember. Ketertarikan penulis pada bidang keperawatan dimulai sejak mengenyam Pendidikan vokasi tahun 2003 di Poltekes Majapahit Mojokerto. Melanjukan studi sarjana keperawatan dan profesi pada tahu 2007 sampai dengan 2010 di Universitas Brawijaya Malang. Pada tahun 2011 penulis melanjutkan studi pada jenjang magister di Universitas Airlangga Surabaya pada Fak. Ilmu Kesehatan Masyarakat dengan minat Kesehatan ibu dan anak.
Siti Nur Ngaisah - Penulis berkecimpung dalam dunia keperawatan sejak 2001 silam. Diawali dari Sekolah Perawat Kesehatan Depkes Balikpapan pada tahun 1997 dan lulus pada tahun 2000. Setelah lulus kemudian penulis bekerja pada Rumah Sakit Abdul Wahab Sjahranie Samarinda. Dalam kesehariannya melakukan asuhan keperawatan di perawatan dewasa penulis melanjutkan studinya ke jenjang Diploma III Poltekkes Samarinda yang kemudian lulus pada tahun 2007. Setahun kemudian penulis di percaya memegang instalasi Neonatus Intensive Care Unit sampai dengan sekarang. Adapun pendidikan S1 penulis tempuh di Stikes Muhammadiyah Samarinda dan berhasil lulus pada 2016, Untuk gelar Ners di selesaikan di tahun 2018. Dua tahun kemudian penulis melanjutkan kembali studinya di UNIVERSITAS INDONESIA pada FAKULTAS KEPERAWATAN dengan program studi kepeminatan SPESIALIS ANAK.

Penulis memiliki kepakaran di bidang asuhan pelayanan keperawatan anak. Dan untuk memajukan keilmuan di bidang keperawatan penulis aktif sebagai peneliti di bidangnya. Selain itu peneliti juga memiliki beberapa artikel yang telah terbit di beberapa jurnal keperawatan salah satunya di JNKI pada tahun 2021.

Editor

Agustiawan - Merupakan Dokter di Rumah Sakit Islam (RSI) Ibnu Sina Pekanbaru dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arifin Achmad Pekanbaru, Riau. Penulis menyelesaikan pendidikan di Fakultas Kedokteran Universitas Malikussaleh pada tahun 2018 dan Magister Kesehatan Masyarakat (Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku) di Institut Kesehatan Helvetia Medan. Agustiawan juga sedang menjalani Pendidikan Sarjana Hukum di Universitas Terbuka.

Agustiawan tergabung dalam organisasi Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI), Perkumpulan Promotor dan Pendidik Kesehatan Masyarakat Indonesia (PPPKMI), Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Persatuan Ahli Kesehatan dan Keselamatan Kerja Indonesia (PAKKI), dan mendirikan Perkumpulan Health Education and Promotion (HEP) Indonesia.

Editor menyelesaikan program kursus Ahli Ilmu Faal Olahraga Klinis (AIFO-K) dan mendapatkan sertifikasi tersebut dari BNSP RI. Editor juga aktif menulis beberapa jurnal dengan bahasan yang fokus pada Ilmu Kesehatan Masyarakat dan Kedokteran. Agustiawan juga merupakan Fellor dari Royal Society for Public Health (FRSPH) yang berpusat di London, UK. Agustiawan juga menyelesaikan Diploma dalam Sustainable Management dari IBMI Berlin.

Daftar Isi

Cover
Kata Pengantar
Daftar Isi
Bab 1. KkalsifikasiI Usia Anak
     Neonatus dan Bayi
     Balita (Toddler)
     Anak Pra Sekolah
     Anak Usia Sekolah
     Remaja
Bab 2. Keperawatan Aanak
     Konsep Dasar Keperawatan Anak
Bab 3. Perlindungan Aanak
     Pengertian Perlindungan Anak
     Dasar-Dasar Perlindungan Anak
     Prinsip-Prinsip Perlindungan Anak
     Hukum Perlindungan Anak
     Tanggungjawab Perlindungan Anak
     Hak dan Kewajiban Anak
     Hak Perlindungan Anak
     Perlindungan Hak Anak dalam Memperoleh Pelayanan
Bab 4. Konsep Pertumbuhan  Dan Perkembangan
     Prinsip-prinsip Pertumbuhan dan Perkembangan
     Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan dan
     Teori Pertumbuhan dan Perkembangan
Bab 5. Imunisasi Wajib Pada Anak
     Pengertian Imunisasi
     Pengertian Vaksin
     Tujuan Pemberian Imunisasi
     Risiko Jika Anak tidak Mendapatkan Imunisasi
     Jenis Imunisasi
     Jadwal Pemberian Imunisasi Wajib pada Anak
     Catatan Imunisasi Wajib pada Anak
     Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN)
     Kejadian Ikutan-Pasca Imunisasi (KIPI)
Bab 6. Antipasi Dan Pencegahan  Kecelakaan Pada Anak
     Latar Belakang Kecelakaan Anak
     Pencegahan Risiko Cedera/Injury Prevention Pada
     Undang-Undang RI No.35 tahun 2014 tentang Perubahan
     Peran perawat anak
Bab 7. Bermain Dengan Anak
     Pendahuluan
     Definisi Bermain
     Arti dan Nilai Permainan Bagi Anak
     Fungsi Bermain pada Anak
     Jenis Permainan
     Bermain Saat Hospitalisasi
     Alat Permainan Edukatif (APE)
     Stimulasi Tumbuh Kembang Anak dan Aktivitas
     Ciri Alat Permainan untuk Anak Dibawah Usia Sekolah
Bab 8. Penyakit Infeksi Pada Anak
     Definisi Penyakit Infeksi
     Jenis penyakit Infeksi
     Penyakit Infeksi yang sering terjadi pada Anak
     Penanganan dan Isolasi Mandiri untuk Anak-Anak
     Tips Menjaga Anak-Anak dari Paparan Virus Korona
Bab 9. Penyakit Non Infeksi  Pada Anak
     Latar Belakang
     Penyakit Non Infeksius /tidak Menular
     Batasan Penyakit Non Infeksius/tidak Menular
     Karakteristik Penyakit Non Infeksius/tidak Menular
     Faktor Risiko Penyakit Non Infeksius/tidak Menular
     Jenis Penyakit tidak Menular; Berdasarkan Sistem dan
     Jenis PTM (Penyakit tidak Menular) berdasarkan
     Penyakit Non Infeksius/Penyakit tidak Menular pada
     Kelainan Kulit Bayi Bersifat Non Infeksi
     Kanker pada Anak
     Deteksi Dini
     Pencegahan Penyakit Non Infeksius/tidak Menular
Bab 10. Manajemen Terpadu Balita  Sakit (MTBS) Untuk Anak  Umur 2 Bulan Sampai 5 Tahun
     Manajemen Terpadu Balita Sakit (MTBS)
     Manfaat dari Manajemen Terpadu Balita Sakit (MTBS)
     Sasaran MTBS
     Penilaian, Klasifikasi dan Tindakan/Pengobatan
     Pengobatan
     Konseling bagi Ibu
     Kapan harus Kembali
     Pemberian Pelayanan Tindak Lanjut
Bab 11. Manajemen Terpadu Balita  Sakit (MTBS) Untuk Anak  Kurang Dari 2 Bulan
     Pengertian MTBS
     Tujuan MTBS
     Langkah-Langkah Kegiatan MTBS
     Manajemen Terpadu Anak Umur Kurang dari 2 Bulan
Bab 12. Manajemen Keperawataan  Anak Di Panti Asuhan Dan  Penitipan Anak
     Pengertian
     Teori Keperawatan
     Manajemen Asuhan Keperawatan
Bab 13. Manajemen  Keperawatan Anak  Korban Kekerasan
     Pengertian Manajemen Keperawatan dan Kekerasan
     Fungsi-Fungsi Manajemen Keperawatan
     Prinsip-Prinsip Manajemen Keperawatan
     Proses Manajemen Keperawatan
     Tipe- Tipe Manajemen Keperawatan
     Bentuk- Bentuk Evaluasi Manajemen Keperawatan
     Manajemen Keperawatan Anak Korban Kekerasan
     Menerapkan Manajemen Keperawatan pada Anak
Bab 14. Manajemen  Keperawatan Anak  Dengan Penyakit Keganasan
     Leukemia
Bab 15. Manajemen Keperawatan Anak Dengan  Penyakit Metabolik
     Pengertian
     Epidemologi
     Tanda dan Gejala
     Diagnosis
     Patogenesis
     Komplikasi
     Managemen Tata Laksana
     Peran dan Fungsi Perawat
Bab 16. Manajemen Gizi Buruk
     Pengertian
     Penyebab
     Tanda dan Gejala
     Penanggulangan Gizi Buruk
     Pencegahan Gizi Buruk pada Bayi < 6 Bulan
     Pencegahan Gizi Buruk pada Balita 6 - 59 Bulan
     Komplikasi
     Peran dan Fungsi Perawat
     Perbedaan Kebijakan Penanganan Gizi Buruk dengan