Tampilkan di aplikasi

Buku Media Sains Indonesia hanya dapat dibaca di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.

Pemograman Berorientasi Obyek dengan Java

1 Pembaca
Rp 94.000 31%
Rp 65.000

Patungan hingga 5 orang pembaca
Hemat beli buku bersama 2 atau dengan 4 teman lainnya. Pelajari pembelian patungan disini

3 Pembaca
Rp 195.000 13%
Rp 56.333 /orang
Rp 169.000

5 Pembaca
Rp 325.000 20%
Rp 52.000 /orang
Rp 260.000

Pembelian grup
Pembelian buku digital dilayani oleh penerbit untuk mendapatkan harga khusus.
Hubungi penerbit

Perpustakaan
Buku ini dapat dibeli sebagai koleksi perpustakaan digital. myedisi library

Sistematika buku Basis Data ini mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapan. Buku ini terdiri atas 11 bab yang dibahas secara rinci, diantaranya: Pengenalan Java, Aplikasi Java dan java Applets, Array Deklarasi array Array 1,2 dan multidimensi, Penanganan string Sintaks string khusus Pembuatan, penggabungan dan Modifikasi, Class, Object, dan Dasar Method Dasar (CRUD), Encapsulation, Polymorphism, Inheritance, Package & Interface Penulisan package, Dasar- dasar penanganan tipe eksepsi dan catch Nested block try, throw, throws, finally Subclass eksepsi, Multithreaded Programming dan Konsep dasar multithreading, Metode sinkronisasi, File Stream Byte class Character dan stream class Predefined Stream.

Ikhtisar Lengkap   
Penulis: Rizaldi / Isa Albanna / Febie Elfaladonna / Budanis Dwi Meilani / Sihabudin / Farida / Alun Sujjada / Muhamad Muslih / I Nyoman Tri Anindia Putra / Ira Zulfa / Erfan Hasmin
Editor: Dudih Gustian

Penerbit: Media Sains Indonesia
ISBN: 9786233629607
Terbit: Januari 2023 , 218 Halaman










Ikhtisar

Sistematika buku Basis Data ini mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapan. Buku ini terdiri atas 11 bab yang dibahas secara rinci, diantaranya: Pengenalan Java, Aplikasi Java dan java Applets, Array Deklarasi array Array 1,2 dan multidimensi, Penanganan string Sintaks string khusus Pembuatan, penggabungan dan Modifikasi, Class, Object, dan Dasar Method Dasar (CRUD), Encapsulation, Polymorphism, Inheritance, Package & Interface Penulisan package, Dasar- dasar penanganan tipe eksepsi dan catch Nested block try, throw, throws, finally Subclass eksepsi, Multithreaded Programming dan Konsep dasar multithreading, Metode sinkronisasi, File Stream Byte class Character dan stream class Predefined Stream.

Pendahuluan / Prolog

Kata Pengantar
R Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat rahmat dan karunia-Nya sehingga buku kolaborasi dalam bentuk buku Pemograman Berorientasi Obyek dapat dipublikasikan dan dapat sampai di hadapan pembaca. Buku ini disusun oleh sejumlah akademisi dan praktisi sesuai dengan kepakarannya masing-masing. Buku ini diharapkan dapat hadir memberi kontribusi positif dalam ilmu pengetahuan khususnya terkait dengan Pemograman Berorientasi Obyek.

Sistematika buku Basis Data ini mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapan. Buku ini terdiri atas 11 bab yang dibahas secara rinci, diantaranya: Pengenalan Pemrograman Java, Aplikasi Java dan java Applets, Array Deklarasi array Array 1,2 dan multidimensi, Penanganan string Sintaks string khusus Pembuatan, penggabungan dan Modifikasi, Class, Object, dan Dasar Method Dasar (CRUD), Encapsulation, Polymorphism, Inheritance, Package & Interface Penulisan package, Dasar- dasar penanganan tipe eksepsi dan catch Nested block try, throw, throws, finally Subclass eksepsi, Multithreaded Programming dan Konsep dasar multithreading, Metode sinkronisasi, File Stream Byte class Character dan stream class Predefined Stream.

Kami menyadari bahwa tulisan ini jauh dari kesempurnaan dan masih terdapat banyak kekurangan, sejatinya kesempurnaan itu hanya milik yang kuasa.

Oleh sebab itu, kami tentu menerima masukan dan saran dari pembaca demi penyempurnaan lebih lanjut.ii Akhirnya kami mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada semua pihak yang telah mendukung dalam proses penyusunan dan penerbitan buku ini, secara khusus kepada Penerbit Media Sains Indonesia sebagai inisiator buku ini. Semoga buku ini dapat bermanfaat bagi pembaca sekalian

Penulis

Rizaldi - Lahir di Sigiran 29 Mei 1984, Penulis merupakan Lulusan dari SMU N 1 Tanjung Raya Agam pada tahun 2002. Penulis menyelesaiakan Program Studi Sistem Informasi Jenjang S1 di STMIK Indonesia Padang pada tahun 2011. Melanjutkan Jenjang S2 pada program Studi Sistem Informasi di UPI “YPTK” Padang pada tahun 2014. Sejak tahun 2015 sampai saat ini tahun 2022 penulis penulis bekerja sebagai dosen tetap di Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Royal Kisaran.
Isa Albanna - Komputasi merupakan hal yang selalu melekat dalam rutinitas penulis untuk membuktikan fakta-fakta empirik sains. Penulis memiliki latar bidang keilmuan Fisika yang didapatkan dari S1-Fisika ITS dan Program Magister Fisika ITS. Riset yang dikembangkan oleh penulis adalah pada lingkup bidang sensor, Embedded System, Internet of Things dan komputasi model fisis. Kesibukan sekarang adalah sebagai dosen tetap Program Studi Sistem Informasi, Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya.

Selain mengajar penulis juga aktif dalam kegiatan penelitian yang terkait dengan Internet of things yang mana memiliki relevansi penting dalam pengembangan teknologi informasi. Selain kegiatan tridarma pendidikan tinggi, penulis juga aktif sebagai praktisi pengembangan teknologi tepat guna yang mampu diadobsi oleh masyarakat dan industri. Beberapa karya yang telah direalisasikan adalah teknologi sensor untuk monitoring kegagalan fungsi kerja kendaraan listrik, robot UV untuk sterilisasi ruang dalam rangka pemutusan rantai covid-19 dan rekayasa sensor pada implementasi peraga fisika.
Febie Elfaladonna - Penulis mulai tertarik dengan ilmu komputer sejak awal masuk perkuliahan di tahun 2011 silam. Saat itu penulis memilih program studi teknik infomatika dan lulus sarjana komputer pada tahun 2015. Tak berhenti disitu penulis kembali melanjutkan study hingga jenjang S2 Teknologi Informasi dan kembali menamatkannya di tahun 2017. Seluruh jenjang pendidikaan S1 dan S2 penulis di tempuh di Universitas Putra Indonesia “YPTK” Padang. Penulis pernah bekerja pada salah satu Politeknik Swasta yang berada di Cikarang sebelum akhirnya pindah ke Palembang menjadi dosen di Jurusan Manajemen Informatika Politeknik Negeri Sriwijaya. Selama menjadi dosen penulis melakukan kegiatan pengajaran, penelitian serta pengabdian. Menulis buku adalah sesuatu yang baru dikerjakan oleh penulis. Mudah-mudahan beberapa buku dan jurnal penulis akan terbit di tahun 2022 dan di tahun seterusnya ????. Penulis pernah mengikuti sertifikasi Animasi, Bahasa Pemrograman Phyton, dan Junior Web Developer. Kepakaran penulis dibidang Artificial Intelligence, Data Mining dan Junior Web. Semoga kontribusi penulis dalam membuat buku ini dapat menjadi jalan untuk mengabdi kepada bangsa dan negara, bermanfaat bagi masyarakat luas khususnya siswa atau mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan di bidang ilmu Komputer
Budanis Dwi Meilani - Ketertarikan penulis pada bidang ilmu komputer terutama Informatika dimulai pada tahun 1998 silam. Penulis menyelesaikan Pendidikan S1 Teknik Informatika di Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya (ITATS) dan berhasil lulus tahun 1998. Penulis kemudian melanjutkan Pendidikan S2 Teknik Informatika di Institut Teknologi 10 Nopember Surabaya (ITS) dan berhasil lulus tahun 2008.

Penulis memiliki kepakaran dibidang Algorithma & Pemrograman, Pemrograman Berorientasi Obyek, Struktur Data, Data Mining dan Sistem Pendukung Keputusan. Saat ini penulis berkarir sebagai dosen tetap di Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya (ITATS) pada program studi Sistem Informasi. Untuk mewujudkan karir menjadi dosen maka penulis juga aktif dalam penelitian penelitian yang berhubungan dengan bidang kepakaran. Penelitian yang dilakukan penulis mendapatkan dana dari berbagai sumber diantaranya dana yang didapat dari mandiri, institusi swasta, institusi tempat bekerja dan Kemenristek DIKTI. Hasil dari penelitian sudah banyak yang penulis publikasikan berupa jurnal dan prosiding. Semoga kedepannya penulis bisa memberikan kontribusi poitif bagi bangsa dan negara.
Sihabudin - Lahir di Sukabumi, 16 September 1985, Hobi saya badminton, baca buku, observasi medsos Alamat saya kampung Karadenan RT 55 RW 04 Cimahi Cicantayan Pendidikan Formal saya tahun ( 2017 - 2019) S2 di Universitas Budi Luhur, Jakarta Selatan. Jurusan Ilmu Komputer (Teknologi Sistem Informasi) tahun (2015 s.d 2017) S2 Universitas Attahiriyah Jakarta. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam tahun (2011 - 2015) S1 STMIK Jabar Bandung. Jurusan Teknologi Informatika (2008 - 2011) D3 Politeknik Sukabumi. Jurusan Teknik Komputer (Program Besiswa Unggulan) tahun (2001 - 2004) SMK Teknika Cisaat, Jurusan Otomotif tahun (1998 - 2001) MTs.
Farida - Ketertarikan penulis terhadap ilmu komputer dimulai pada tahun 2003 silam. Hal tersebut membuat penulis memilih untuk kuliah S1 Teknik Informatika kampus ITATS dengan memilih Jurusan Kecerdasan Buatan dan berhasil lulus pada tahun 2009. Penulis pada Tahun 2013 melanjutkan pendidikan S2 di STTS di Surabaya dan berhasil menyelesaikan studi nya di prodi Teknologi Informasi pada tahun 2016. Selain itu penulis juga aktif di komunitas Data Science Indonesia sebagai pengurus pusat dan Sebagai Founder Data Science Indonesia Regional Jawa Timur. Penulis juga sebagai narasumber terkait Data Science di goverment Indonesia serta Tenaga Ahli DS di provinsi Jawa Timur tahun 2021. Penulis memiliki kepakaran dibidang Image Processing dan Data Science. Dan untuk mewujudkan karir sebagai dosen profesional, penulis pun aktif sebagai peneliti dibidang kepakarannya tersebut. Beberapa penelitian yang telah dilakukan didanai oleh internal perguruan tinggi dan juga Kemenristek DIKTI. Selain peneliti, penulis juga aktif menulis buku dengan harapan dapat memberikan kontribusi positif bagi bangsa dan negara yang sangat tercinta ini.
Alun Sujjada - Lahir di Kota Malang pada tanggal 18 Oktober 1980. Penulis merupakan anak bungsu dari 4 bersaudara dari Bapak Asykur Rozaq dan Ibu Sumini. Saat ini telah menyelesaikan studi Magister di Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya pada jurusan Teknologi Game. Beberapa karya buku yang pernah ditulis adalah Mengimplementasikan Pemrograman Terstruktur Rekayasa Perangkat Lunak, Menggunakan Basis Data dan Pemrograman Web. Penulis tertarik pada bidang web programming, mobile programming dan hal-hal baru seputar internet of things dan artificial intelligence. Pada bidang akademik, penulis pernah mendapatkan beasiswa unggulan dari SEAMEO (Southeast Asian Ministers of Education Organization) dan juga beberapa hibah penelitian dosen muda. Pada tahun 2019, penulis menjadi instruktur Full Stack JavaScript di bootcamp Hacktiv8 Jakarta Selatan. Saat ini Penulis bekerja sebagai dosen tetap yayasan di Universitas Nusa Putra Sukabumi
Muhamad Muslih - Setelah menamatkan Pendidikan menengah di Sukabumi, diterima di salah satu perguruan tinggi di Bandung pada tahun 2007 pada program studi Teknik Informatika Strata Satu. Setelah selesai kuliah strata satu tahun 2012 kemudian mulai meniti karir menjadi staf Tenaga Kependidikan di Universitas Nusa Putra yang pada waktu itu masih berdiri sebagai Sekolah Tinggi Teknologi Nusa Putra sambil belajar menjadi Asisten Dosen hingga tahun 2013. Tahun 2013 melanjutkan kuliah kesalah satu perguruan tinggi di Jakarta yaitu Universitas Budi Luhur pada program pasca sarjana Ilmu Komputer dan alhamdullah lulus pada tahun 2015. Setelah lulus dari program pasca kemudian saya melanjutkan karir di Universitas Nusa Putra sebagai dosen tetap di salah satu program studi strata satu sistem Informasi dan terlibat aktif dalam pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi. Tahun 2017 saya berhasil lulus dari seleksi sertifikasi dosen dengan jabatan fungsional sampai saat ini sebagai lektor 300 golongan III/d. Pada program studi sistem informasi mengampu beberapa mata kuliah seperti Sistem Informasi Manajemen, Analisa dan Desain Sistem, Testing dan Implementasi Sistem. Alhamdullah beberapa karya ilmiah sudah saya miliki sesuai dengan bidang yang saya tekuni yang dapat dikunjungi melalui link google scholer: https://scholar.google.com/citations?user=fVkoDJ4AAAAJ&hl=id
I Nyoman Tri Anindia Putra - Lulus S1 di Program Studi Teknik Informatika Fakultas MIPA Universitas Udayana (Ilkom UNUD) Tahun 2014. Lulus S2 di Program Magister Computer Science Fakultas MIPA Universitas Gadjah Mada (Ilkom UGM) Tahun 2016. Saat ini adalah Dosen tetap Program Studi Teknik Informatika Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI). Mengampu berbagai mata kuliah terkait perancangan dan pengembangan perangkat lunak. Aktif menulis di berbagai artikel ilmiah terkait Computer Science baik terindeks nasional Sinta maupun Scopus. Sering ikut serta sebagai author I dalam Conference Internasional dalam bidang Software Engineering organized by IEEE. Telah menerbitkan buku ber-isbn dengan judul “Kupas Tuntas Pemrograman Web I” Pernah menjabat sebagai Kepala Bidang Sarana dan Prasarana STMIK STIKOM Indonesia (2017-2020), Kepala Bidang Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) STMIK STIKOM Indonesia (2020-2022), (2022-Sekarang) menjabat sebagai Kepala Departemen Pengelolaan Proyek Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI).
Ira Zulfa - Penulis lahir pada tanggal 24 juni 1990 di Banda Aceh.Saat ini penulis terdata sebagai dosen tetap pada Fakultas Teknik di Universitas Gajah Putih Takengon. Selain Sebagai dosen penulis juga merangkap sebagai wakil dekan akademik pada fakultas teknik, akan tetapi hal tersebut tidak menghalanggi keinginan penulis untuk tetap produktif dalam membuat buku chapter, monograft maupun modul ajar dan penelitian lainnya. Kesukaan penulis dengan komputer dimulai pada tahun 2008 silam. Hal tersebut membuat penulis memilih untuk melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi dan berhasil menyelesaikan studi S1 di prodi TEKNIK INFORMATIKA STT-PLN pada tahun 2013. Satu tahun kemudian, penulis melanjutkan studi S2 di prodi ILMU KOMPUTER PROGRAM PASCA SARJANA UNIVERSITAS GAJAH MADA DI YOGYAKARTA dan selesai pada tahun 2017 Awal. Penulis memiliki kepakaran dibidang Ilmu Komputer dan kosentrasi pada Rekayasa Perangkat Lunak. Dan untuk mewujudkan karir sebagai dosen profesional, penulis pun aktif sebagai peneliti dibidang kepakarannya tersebut. Selain peneliti, penulis juga aktif menulis 4 buku lainnya yang berjenis monograft dan chapter dengan topik yang sesuai dengan kepakaran penulis dan berharap dapat memberikan kontribusi positif bagi para peserta didik dari segi semagat menulis dan berinovasi dengan tujuan memajukan anak bangsa, khususnya dalam bidang Informatika.
Erfan Hasmin - lahir di Balikpapan pada bulan April tahun 1987. Dengan pendidikan S1 ditempuh pada program studi Sistem Informasi STMIK Dipanegara Makassar dan S2 ditempuh pada program studi Teknik Informatika Universitas Hasanuddin. Sejak 2009 menjadi pengajar di Universitas Dipa Makassar pada program studi Teknik Informatika, dan sejak 2018 dipercayakan menjadi Kepala Unit ICT Universitas Dipa Makassar. Selain aktif sebagai dosen penulis juga aktif sebagai konsultan Teknologi Digital di berbagai instansi Pemerintah dan Swasta.

Editor

Dudih Gustian - Dudih Gustian lahir di Sukabumi, Jawa Barat, 05 Agustus 1980. Setelah menamatkan Pendidikan menengah di Sukabumi, diterima di Institut Pertanian Bogor pada tahun 2002 pada program studi Diploma 3 Teknik Instrumentasi dan Kontrol. Mulai tahun 2006 menjadi pengajar di beberapa sekolah menengah atas dan kejuruan di Kota Sukabumi sampai saat ini.

Meniti karir sebagai Guru dibeberapa sekolah baik negeri maupun swasta di kota Sukabumi. Selain itu juga menjadi Dosen di beberapa perguruan tinggi di Sukabumi dalam kurun waktu 2010 – 2016. Tahun 2005 melanjutkan studi Sarjana di Univeristas Muhammadiyah Sukabumi pada program Studi Teknik Informatika. Pendidikan Akta 4 mengajar di Universitas Djuanda Bogor pada tahun 2010. Magister Ilmu Komputer STMIK Nusa Mandiri pada tahun 2010.

Menjadi anggota Aptikom Jabar pada tahun 2016 sampai saat ini, aktif sebagai pengasuh Data Mining grup disalah satu jejaring sosial. Menjadi Kepala Program Studi Sistem Informasi Universitas Nusa Putra Sukabumi pada tahun 2016 - 2020 dan saat ini menjadi Divisi Penelitian dan Publikasi LPPM di Universitas yang sama.

Bidang kajian yang diminati ialah kajian Data Mining, Kecerdasan Buatan, Statistik, Riset Operasi. Selain aktif sebagai penulis dan Dosen, juga aktif sebagai peneliti khususnya dalam bidang Data Mining sampai saat ini. Beberapa penelitian yang telah dilakukan didanai oleh internal perguruan tinggi dan juga Kemenristek DIKTI....

Daftar Isi

Cover Depan
Kata Pengantar
Daftar Isi
Bab 1. Pengenalan Pemrograman Java
     Apa Itu Java?
     Sejarah Java
     Green Project
     Makna Logo Java
     Produk Pertama Java
     Hubungan Sun Microsystem, Java, dan Oracle
     Teknologi Java
     Kelebihan dan Kekurangan Java
     Fase Pemrograman Java
Bab 2. Aplikasi Java dan Java Applet
     Sifat Hybrid Pemrograman Java
     Lingkungan Kerja Java dan Pengembagan Aplikasi
     Java Applet
Bab 3. Array, Deklarasi Array, dan Jenis Array
     Definisi Array
     Deklarasi Array
     Mengakses Variabel Array
     Panjang Array
     Keuntungan dan Kerugian Menggunakan Array
     Contoh Sederhana Program Array Pada Java
     Array Satu Dimensi
     Contoh Sederhana Program Array Satu Dimensi
     Array Dua Dimensi
     Contoh Sederhana Program Array Dua Dimensi
     Array Multidimensi
     Contoh Sederhana Program Array Multidimensi
Bab 4.  Penanganan String Sintaks Khusus Pembuatan, Penggabungan dan Modifikasi
     Kelas String
     Operasi String
     Kelas StringBuffer
     Operasi StringBuffer
Bab 5. Class, Object,  dan Dasar Method Dasar (CRUD)
     Mengenal CRUD
     Class
     Object
     Attribute
     Method
     Kesimpulan
Bab 6. Encapsulation, Polymorhism, Inheritance
     Encapsulation
     Access Modifier
     Polymorphism
     Overloading
     Overriding
     Inheritance
     Kesimpulan
Bab 7. Package, Abstract dan Interface
     Package
     Membuat Package dari Awal
     Membuat Package di Akhir
     Mengimport Packages
     Abstract
     Interface
     Perbedaan Abstract dan Interface
Bab 8. Dasar-Dasar Penanganan Ekspesi
     Pengertian eksepsi
     Tipe eksepsi
     Eksepsi yang tidak dapat ditangkap
     Try Block dalam Java
     Tangkap Blok di Java
     Try-Catch Java
     Contoh Try Block
     Throws Clause
Bab 9.  Multithreaded Programming dan Konsep Dasar Mutithreading
     Mengenal MultiThreading
     Keunggulan MultiThreading pada Java
     MultiTasking dalam Java
     Thread
     Kelas Thread dalam Java
     Metode Thread dalam Java
     Siklus Hidup Thread
     Thread Priority
     Membangun Thread pada Java
     Mengimplementasikan Runnable Interfaces
Bab 10. Sinkronisasi
     Pendahuluan
     Komunikasi Antar TREAD
     Status Thread
     Pembentukan TREAD pada Java
     Prioritas Thread
     Komunikasi antar Thread: metode
     Jenis Sinkronisasi
Bab 11. File Stream Byte Class Character dan Serilisasi
     Stream Input Output
     Class File
     Class InputStream
     Class-Class OutputStream
     Serialisasi
Cover Belakang