Tampilkan di aplikasi

Buku Media Sains Indonesia hanya dapat dibaca di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.

Kebijakan Kesehatan Masyarakat di Indonesia

1 Pembaca
Rp 95.000 32%
Rp 65.000

Patungan hingga 5 orang pembaca
Hemat beli buku bersama 2 atau dengan 4 teman lainnya. Pelajari pembelian patungan disini

3 Pembaca
Rp 195.000 13%
Rp 56.333 /orang
Rp 169.000

5 Pembaca
Rp 325.000 20%
Rp 52.000 /orang
Rp 260.000

Pembelian grup
Pembelian buku digital dilayani oleh penerbit untuk mendapatkan harga khusus.
Hubungi penerbit

Perpustakaan
Buku ini dapat dibeli sebagai koleksi perpustakaan digital. myedisi library

Buku kolaborasi dengan judul Kebijakan Kesehatan Masyarakat di Indonesia ini disusun oleh para akademisi dan praktisi yang berasal dari berbagai institusi dan wilayah di Indonesia. Kami menyadari bahwa buku ini jauh dari sempurna, namun kami berharap buku ini dapat memperkaya referensi baik untuk masyarakat umum maupun kalangan tenaga kesehatan.

Secara struktur buku ini terdiri dari 12 bab yang membahas tentang Konsep Kebijakan Kesehatan Masyarakat, Mengenal dan Memahami Sistem Kesehatan Nasional, Kebijakan Bidang Pelayanan Kesehatan, Kebijakan Bidang Kefarmasian, Kebijakan Kesehatan Lingkungan, Kebijakan Kesehatan Bidang Gizi Masyarakat, Kebijakan Bidang Kesehatan Tradisional, Kebijakan Kesehatan Jiwa di Indonesia, Kebijakan Bidang Penelitian Kesehatan, Mempelajari Kebijakan Bidang Pendidikan Tenaga Kesehatan untuk Kemaslahatan, Kebijakan Bidang Telemedicine, Kebijakan dan Kewenangan Bidang Kesehatan Pemerintahan Daerah.

Ikhtisar Lengkap   
Penulis: Hilda Taurina / Yusransyah / Lala Foresta Valentine Gunasari / Desy Fadilah Adina Putri / Noor Diah Erlinawati / Hamidah Sri Supriati / Asep Rustandi Gozali / Elvira Yunita / Sofi Nurmay Stiani / Fajrin Noviyanto / Irwandy
Editor: Zeni Zaenal Mutaqin

Penerbit: Media Sains Indonesia
ISBN: 9786233623759
Terbit: Februari 2022 , 223 Halaman










Ikhtisar

Buku kolaborasi dengan judul Kebijakan Kesehatan Masyarakat di Indonesia ini disusun oleh para akademisi dan praktisi yang berasal dari berbagai institusi dan wilayah di Indonesia. Kami menyadari bahwa buku ini jauh dari sempurna, namun kami berharap buku ini dapat memperkaya referensi baik untuk masyarakat umum maupun kalangan tenaga kesehatan.

Secara struktur buku ini terdiri dari 12 bab yang membahas tentang Konsep Kebijakan Kesehatan Masyarakat, Mengenal dan Memahami Sistem Kesehatan Nasional, Kebijakan Bidang Pelayanan Kesehatan, Kebijakan Bidang Kefarmasian, Kebijakan Kesehatan Lingkungan, Kebijakan Kesehatan Bidang Gizi Masyarakat, Kebijakan Bidang Kesehatan Tradisional, Kebijakan Kesehatan Jiwa di Indonesia, Kebijakan Bidang Penelitian Kesehatan, Mempelajari Kebijakan Bidang Pendidikan Tenaga Kesehatan untuk Kemaslahatan, Kebijakan Bidang Telemedicine, Kebijakan dan Kewenangan Bidang Kesehatan Pemerintahan Daerah.

Pendahuluan / Prolog

Kata Pengantar
Alhamdulillahirabbli’alamiin. Puji dan syukur kehadirat Allah SWT, berkat izin dan karunia-Nya buku ini dapat disusun dan berhasil diterbitkan. Buku kolaborasi dengan judul Kebijakan Kesehatan Masyarakat di Indonesia ini disusun oleh para akademisi dan praktisi yang berasal dari berbagai institusi dan wilayah di Indonesia. Kami menyadari bahwa buku ini jauh dari sempurna, namun kami berharap buku ini dapat memperkaya referensi baik untuk masyarakat umum maupun kalangan tenaga kesehatan.

Secara struktur buku ini terdiri dari 11 bab yang membahas tentang Konsep Kebijakan Kesehatan Masyarakat, Mengenal dan Memahami Sistem Kesehatan Nasional, Kebijakan Bidang Pelayanan Kesehatan, Kebijakan Kesehatan Lingkungan, Kebijakan Kesehatan Bidang Gizi Masyarakat, Kebijakan Bidang Kesehatan Tradisional, Kebijakan Kesehatan Jiwa di Indonesia, Kebijakan Bidang Penelitian Kesehatan, Mempelajari Kebijakan Bidang Pendidikan Tenaga Kesehatan untuk Kemaslahatan, Kebijakan Bidang Telemedicine, Kebijakan dan Kewenangan Bidang Kesehatan Pemerintahan Daerah Terima kasih yang tak terhingga kami haturkan kepada seluruh pihak yang telah membantu dan berkontribusi pada penyusunan buku ini baik secara langsung maupun tidak langsung. Secara khusus kami ucapkan terima kasih kepada penerbit Media Sains Indonesia yang telah menginisiasi penyusunan buku ini. Untuk peningkatan kualitas pada penyusunan buku selanjutnya kami sangat mengharapkan saran dan kritik dari para pembaca.

Harapan besar kami selain buku ini dapat bermanfaat di dunia semoga dapat menjadi amal jariyah yang pahalanya terus mengalir abadi bagi seluruh pihak yang terlibat khususnya para penulis. Aamiin yaa Rabbal ‘alamiin.

Desember, 2021
Editor

Penulis

Hilda Taurina - Puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT serta tak lupa sholawat dan salam kepada junjungan Nabi besar Muhammad SAW karena masih diberikan kesehatan sehingga penulis masih bisa berkontribusi dalam penulisan pada buku ini. Penulis merupakan anak ketiga dari empat bersaudara, orang tua penulis bersuku Bengkulu dan Palembang. Penulis tertarik di bidang sains sehingga masuk di kelas IPA pada saat SMA. Pada tahun 2002 setelah tamat sekolah, penulis merantau ke Yogyakarta dan diterima di Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Pada tahun 2011 penulis melanjutkan S2 di Universitas Gadjah Mada dan mengambil jurusan ilmu kedokteran dasar dan biomedik. Saat ini penulis bekerja di Universitas Bengkulu sebagai dosen di Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan. Penulis mengajar di departemen histologi. Selain sebagai dosen, saat ini penulis juga menggeluti bisnis di bidang makanan rumahan dan sebagai konten creator. Penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh pihak karena masih diberikan kesempatan dalam pembuatan buku ini. Terakhir, semoga tulisan serta buku ini dapat bermanfaat bagi masyarakat luas.
Yusransyah - Saat ini menjalankan amanah sebagai Kepala Lembaga Penjaminan Mutu Internal Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Salsabila Serang, Penanggung Jawab UKOT As-Shohwah Herbal Pandeglang dan Pengurus Pusat serta Daerah Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Provinsi Banten.Penulis juga merupakan asesor BKD di Wilayah LLDIKTI-4 (Jawa Barat-Banten) dan juga sebagai asesor LAMPTKes. Penulis memiliki kepakaran dibidang Farmasi Klinis dan Farmakoekonomi. Buku ini adalah bukunya yang ke-11, berkolaborasi dengan lintas profesi.
Lala Foresta Valentine Gunasari - Penulis lahir pada tahun 1987 silam di Banyuwangi, sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Timur. Namun karena mengikuti kepindahan orang tua, akhirnya Penulis menghabiskan masa kecil hingga remajanya di Kota Bengkulu. Penulis lulus sebagai dokter umum dari Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya pada tahun 2010. Pendidikan S2-nya ia tempuh di Program Studi Magister Ilmu Biomedik Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan Universitas Gadjah Mada. Penulis menyelesaikan pendidikan Magisternya tersebut pada tahun 2020 yang lalu. Sejak tahun 2010 hingga saat ini, Penulis menjadi salah satu staf pengajar di Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Bengkulu, tepatnya di Departemen Parasitologi. Selain menjadi akademisi, Penulis juga aktif melakukan praktik klinis sebagai dokter umum dan konselor menyusui di Klinik Biyubi dan Rumah Sakit Ummi Kota Bengkulu.
Desy Fadilah Adina Putri - Lahir di Banyuwangi, 09 Desember 1987 dan berdomisili di Kota Malang sejak Sekolah Dasar sampai Magister. Memulai pendidikan dasar pada tahun 1994 di SDN 02 Merjosari Kota Malang dan SMPN 13 Kota Malang. Menempuh sekolah menengah di SMUN 07 Kota Malang dan lulus pada tahun 2015, melanjutkan pendidikan Sarjana Biologi di Universitas Negeri Malang (lulus 2009), dan menyelesaikan Magister Biologi di Universitas Brawijaya Kota Malang (lulus 2012). Bidang Minat pendidikan tinggi yang ditempuh adalah lingkungan/biokonservasi. Ketertarikan dalam bidang lingkungan awalnya dikarenakan pada saat menempuh pendidikan sarjana hanya peminatan tersebut yang dianggap tidak sulit dibandingkan peminatan lainnya. Akan tetapi semakin ditekuni semakin terlihat jelas pentingnya keseimbangan lingkungan dalam kehidupan manusia. Sejak lulus pendidikan sarjana, sudah menjadi asisten dosen sampai lulus menempuh pendidikan magister. Pada tahun 2016, sudah menekuni karir menjadi dosen yayasan di STIKES Griya Husada Sumbawa. Berbagai riset dilakukan dalam hal kearifan lokal dan lingkungan, antara lain penelitian dosen pemula tentang minyak repelen antiyamuk tahun 2019 dan analisis potensi hutan mangrove sebagai ekowisata di tahun 2020. Selain itu penelitian sanitasi lingkungan dan stunting tahun 2020 yang sudah dipublikasikan pada jurnal ilmiah.
Noor Diah Erlinawati - Lahir di Banyuwangi, 1 Juli 1985. Penulis memiliki telah menyelesaikan pendidikan sejak S1 kedokteran, S2 Ilmu Gizi dan Pendidikan Spesialis-1 Ilmu Gizi Klinik di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Penulis bergabung dan saat ini masih aktif sebagai dosen pegawai negeri sipil di Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Bengkulu sejak tahun 2009. Penulis memiliki kepakaran di bidang gizi klinik dan gizi masyarakat. Saat ini masih terlibat aktif dalam pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Selain aktif sebagai dosen saat ini juga aktif menjadi tenaga kesehatan dokter spesialis di RSUD Dr M Yunus Provinsi Bengkulu dan RS Bhayangkara Tk III Bengkulu. Penulis juga sering menjadi pembicara atau narasumber dalam kegiatan nasional, regional dan lokal yang membahas topik gizi dan kesehatan masyarakat. Penulis juga aktif melaksanakan pengabdian masyarakat terutama adalah terkait permasalahan gizi ibu, anak dan usia lanjut. Pengalaman menulis buku menjadi salah satu kontribusi penulis menuangkan pengalaman dan teori secara komprehensif.
Hamidah Sri Supriati - Sebagai tenaga kefarmasian yang bergelut sebagai praktisi pelayanan kefarmasian di Apotek dan bidang pendidikan/akademisi, penulis memiliki ketertarikan pada Ilmu Farmasi, Farmakologi dan Kimia sejak tahun 1996. Penulis menempuh Pendidikan di Program Studi Farmasi di Universitas Setia Budi Surakarta pada tahun 1999 dan melanjutkan profesi Apoteker di Universitas yang sama. Pada tahun 2013 melanjutkan studi S2 di jurusan Ilmu Kimia di Universitas Negeri Manado dan selesai pada tahun 2015. Penulis mengabdikan diri di Prodi D3 Farmasi STIKES Muhammadiyah Manado sejak tahun 2008, pernah menjabat sebagai Kaprodi D3 Farmasi selama 2 periode mulai tahun 2009-2017, pada tahun 2017-2018 mendapat tugas di unit pengabdian masyarakat yang dibawahi oleh Bidang Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (BPPM) sekaligus sebagai sekretaris Lembaga Penjaminan Mutu (LPM). Pada tahun 2019 sampai sekarang menjabat sebagai Ketua LPM Universitas Muhammadiyah Manado. Penulis memiliki peminatan di bidang Teknologi Farmasi, Farmakologi dan Ilmu Kimia. Pada tahun 2008-2018 penulis pernah menjadi Dosen Tidak Tetap di Program Studi S1 Farmasi Universitas Sam Ratulangi Manado. Sejak tahun 2020 hingga saat ini penulis juga mengajar Farmakologi Keperawatan di Akper Rumkit III Teling, Manado.
Asep Rustandi Gozali - Penulis lebih dikenal sebagai Asep Gozali, lahir di Sukabumi tahun 1979 lalu. Pendidikan dasar dan menengah ditempuh di Kota Sukabumi, Provinsi Jawa Barat. Menekuni keperawatan dengan sekolah di Akper dr. Otten Bandung (2001), melanjutkan studi di Fakultas Keperawatan UNPAD (lulus tahun 2012). Mendapatkan pendidikan S2 di Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Idonesia (lulus tahun 2018). Penulis saat ini masih tercatat sebagai Pegawai Negeri Sipil sebagai tenaga analis Kesehatan di Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung. Mempunyai riwayat pekerjaan di tatanan klinis dan komunitas serta menjadi dosen tamu keperawatan di bebrapa Instansi Pendidikan Keperawatan di wilayah Bandung Raya. Pengalaman kerja dari 8 tahun bekerja di RS Al-Ihsan Baleendah, Kabupaten Bandung. Melanjutkan pekerjaan sebagai perawat komunitas di Puskesmas Banjaran DTP Kabupaten Bandung. Sampai saat ini penulis aktif di berbagai organisasi profesi dan kemasyarakatan. Penulis masih tercatat sebagai pengurus aktif di DPW IPKKI (Ikatan Perawat Kesehatan Komunitas) Provinsi Jawa Barat, Pengurus DPD PPNI (Persatuan Perawat Nasional Indonesia) Kabupaten Bandung, Pengurus DPW IPKHI (Ikatan Perawat Kesehatan Haji) Provinsi Jawa Barat, Pengurus FIAN (Forum Indonesia Anti Narkoba) Provinsi Jawa Barat.
Elvira Yunita - Penulis merupakan lulusan Program Magister Ilmu Biomedik di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia pada tahun 2017. Penulis masih menekuni bidang yang sama yaitu Biokimia dan Biologi Molekuler. Penulis sekarang bekerja sebagai dosen di Departemen Biokimia dan Biologi Molekuler Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Bengkulu. Penulis menekuni bidang Biokimia dan Biologi Molekuler sejak duduk di bangku sarjana hingga sekarang. Penelitian yang telah dilakukan oleh penulis berkaitan dengan herbal medicine dan non-communicable disease. Buku ajar yang penulis tuliskan ini berkaitan dengan modul Metabolik Endokrin khususnya mengenai metabolisme biomakromolekul. Hal ini diharapkan dapat membantu mahasiswa, praktisi, peneliti maupun pihak-pihak lainnya yang tertarik untuk memperdalam topik ini. Semoga Bermanfaat.
Sofi Nurmay Stiani - Penulis adalah Dosen tetap di STIKes Salsabila Serang, memiliki 2 orang anak, dan insya Allah bertambah 1 orang anak lagi masih dalam kandungan. Amanah yang beliau emban sekarang ini adalah sebagai Sekretaris Program Studi S-1 Farmasi STIKes Salsabila Serang, menjadi Apoteker penanggung jawab di Apotek milik sendiri yaitu Apotek PharmaCare di Pandeglang dan aktif berorganisasi di Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) PD Banten dan IAI PC Pandenglang bidang Pendidikan (2018-sekarang). Dr. apt. Sofi Nurmay Stiani, S.Far., M.Sc. lahir di Pandeglang pada tanggal 24 Mei 1986. Gelar Strata 1 (S1) diraih di Fakultas Farmasi Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta lulus tahun 2007. Pada tahun 2009 penulis meraih gelar Apoteker dan gelar Strata 2 (S-2) Master of Science in Pharmacy di Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada. Penulis menyelesaikan program doktoralnya di Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran tanggal 20 Januari 2021, sebagai lulusan pertama di angkatannya, dan meraih predikat pujian dengan waktu penyelesaian 3 tahun. Buku ini merupakan bukunya yang ke-4 berkolaborasi lintas profesi.
Fajrin Noviyanto - Dosen Farmasi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Salsabila Serang sejak 2018. Aktif meneliti dan menulis baik jurnal dan buku. Jurnal yang telah dipublikasikan yaitu jurnal Nasional dan Internasional. Di Kampus saat ini sebagai kepala Humas dan Kerjasama. Organisasi yang diikuti ialah sebagai pengurus Daerah Ikatan Apoteker Indonesia provinsi Banten, sebagai pengurus FPRB Kabupaten Pandeglang yang di SK-kan oleh Bupati Pandeglang, sebagai pengurus PAPRA (Aksi Pengendalian Resistensi Antimikroba), sebagai Pengurus Cabang Ikatan Apoteker Indonesia Pengurus Cabang Kabupaten Pandeglang.
Irwandy - Penulis menyelesaikan Pendidikan Sarjana pada Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin di tahun 2005 kemudian melanjutkan Pendidikan Magister Administrasi Rumah Sakit di Universitas Hasanuddin dan Master Science in Public Health di Griffith University Australia. Pendidikan Doktor diraih pada tahun 2019 di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia.

Sejak tahun 2010 penulis menjadi Dosen Pengajar di Departemen Manajemen Rumah Sakit, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin. Selain sebagai pengajar, penulis hingga saat ini aktif menjadi peneliti. Beberapa penelitian yang telah dilakukan didanai oleh internal perguruan tinggi dan juga Kemenristek DIKTI. Selain peneliti, penulis juga aktif sebagai konsultan di berbagai Dinas Kesehatan dan Rumah Sakit.

Saat ini penulis juga aktif menulis buku referensi bidang kesehatan masyarakat dan manajemen rumah sakit serta menulis artikel sains popular di berbagai media massa digital baik skala lokal dan nasional. Atas dedikasi dalam menulis artikel sains popular khusunya dibidang kesehatan, theconversation Indonesia memberikan penghargaan sebagai author of the year bidang science and health di Tahun 2020.

Editor

Zeni Zaenal Mutaqin - Editor lahir di Garut tanggal 12 Januari 1983. Ketertarikan editor pada dunia menulis mulai tumbuh saat duduk di bangku SMA. Beberapa tulisan editor dalam bentuk opini pernah dimuat di koran lokal Garut saat editor menjadi mahasiswa S-1 Kesehatan Masyarakat di STIKes Garut. Pada tahun 2011 editor menjadi PNS di Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Jakarta I. Tahun 2015 editor mendapatkan beasiswa tugas belajar S-2 di FKM Universitas Indonesia Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat peminatan Kebijakan dan Hukum Kesehatan lulus tahun 2017. Saat menjadi mahasiswa S-2 editor pernah diamanahi sebagai ketua Himpunan Mahasiswa Pascasarjana FKM UI tahun 2016-2017.

Selain memiliki keilmuan di bidang Kesehatan Masyarakat editorpun memiliki kompetensi di bidang Pendidikan Antikorupsi. Pada tahun 2020 editor mendapatkan sertifikat dari Lembaga Sertifikasi Profesi Komisi Pemberantasan Korupsi (LSP-KPK) sebagai penyuluh antikorupsi. Pada tahun 2021 editor mendapatkan sertifikat sebagai fasilitator diklat calon penyuluh antikorupsi dari LSP-KPK. Editor aktif melakukan penelitian dan menulis buku bidang Kesehatan Masyarakat dan Pendidikan Antikorupsi. Juga aktif memberikan penyuluhan baik di bidang Kesehatan Masyarakat maupun Pendidikan Antikorupsi. Selain sebagai dosen editor mendapatkan amanah sebagai ketua Satuan Pengawas Internal di Poltekkes Kemenkes Jakarta I.

Daftar Isi

Cover Depan
Kata Pengantar
Daftar Isi
Bab 1. Konsep Kebijakan Kesehatan Masyarakat
     Kesehatan Masyarakat
     Kebijakan Kesehatan
     Kebijakan Kesehatan di Indonesia
     Kebijakan Kesehatan di Indonesia Selama Pandemi
     Konsep Kebijakan Kesehatan di Masyarakat
Bab 2. Mengenal dan Memahami Sistem Kesehatan Nasional
     Sistem Kesehatan Nasional
     Mengenal Sistem Kesehatan Nasional
     Tujuan Sistem Kesehatan Nasional
     Fungsi Sistem Kesehatan Nasional
     Dasar dari Sistem Kesehatan Nasional
     Prinsip Sistem Kesehatan Nasional
     Unsur-Unsur dalam Sistem Kesehatan Nasional
     Proses dari Penyelenggaraan SKN
     Tantangan di Dalam Sistem Kesehatan Nasional
     Contoh Program SKN dan Implementasinya (Hasil Penelitian di Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, Tahun 2016-2019)
Bab 3. Kebijakan Bidang Pelayanan Kesehatan
     Latar Belakang
     Arah Kebijakan dan Strategi Nasional
     Arah Kebijakan dan Strategi Kementerian Kesehatan
     Target Kinerja
     Kerangka Pendanaan
Bab 4. Kebijakan Kesehatan Lingkungan
     Pendahuluan
     Kebijakan Kesehatan Indonesia
     Kesehatan Lingkungan
     Kebijakan Kesehatan Lingkungan
Bab 5. Kebijakan Kesehatan Bidang Gizi Masyarakat
     Peran Pemerintah dalam Kebijakan Gizi Masyarakat
     Masalah Gizi di Indonesia
     Program Perbaikan Gizi Masyarakat
     Pendidikan Gizi Masyarakat
     Konseling dan Konselor Gizi
Bab 6. Kebijakan Bidang Kesehatan Tradisional
     Pendahuluan
     Pembahasan
     Penutup
Bab 7. Kebijakan Kesehatan Jiwa di Indonesia (Analisa Kebijakan Kesehatan Jiwa di Indonesia)
     Latar Belakang
     Kebijakan Kesehatan
     Kerangka Regulasi
     Rencana Strategis dan Upaya Kesehatan
     Upaya Pengembangan Program
     Simpulan
Bab 8. Kebijakan Bidang Penelitian Kesehatan
     Pengertian Penelitian Kesehatan
     Ruang Lingkup Penelitian Kesehatan
     Tujuan Penelitian Kesehatan
     Tahapan Dasar Penelitian Kesehatan
     Urgensi Kebijakan Penelitian Kesehatan
     Tantangan Kebijakan Penelitian Kesehatan
     Balitbangkes sebagai Pihak yang Berperan pada Perumusan maupun Implementasi Kebijakan Penelitian Kesehatan
     Analisis Perkembangan Kebijakan Penelitian Kesehatan pada Era Pandemi
Bab 9. Mempelajari Kebijakan Bidang Pendidikan Tenaga Kesehatan untuk Kemaslahatan
     Pendahuluan
     Maksud dari Kebijakan Kesehatan
     Memahami Makna dan Fungsi kebijakan
     Ruang Lingkup Tenaga Kesehatan
     Pengelompokan Tenaga Kesehatan
     Kriteria Perizinan Tenaga Kesehatan
     Permasalahan Bidang Kesehatan pada Pembangunan Nasional
     Menganalisis Kebijakan Kesehatan
     Krisis Ekonomi yang Berpengaruh terhadap Kesehatan Masyarakat
     Implikasi Kebijakan Pada Masa yang Akan Datang
     Perencanaan Bidang Pendidikan Tenaga Kesehatan
     Pengadaan Kebijakan Bidang Pendidikan Tenaga Kesehatan
Bab 10. Kebijakan Bidang Telemedicine
     Definisi
     Mengapa harus Telemedicine
     Home Blood Pressure Telemonitoring (HBPT)
     Pelayanan Telefarmasi
     Penggunaan Telehealth
     Aspek Hukum Telemedicine di Indonesia
     Risiko Layanan dari Telemedicine
     Perlindungan Pasien Dalam Layanan Kesehatan Online
Bab 11. Kebijakan dan Kewenangan Bidang Kesehatan Pemerintahan Daerah
     Desentralisasi Bidang Kesehatan
     Pembagian Urusan Bidang Kesehatan
     Standar Pelayanan Minimal Bidang Kesehatan Pemerintah Daerah
     Rencana Pembangunan Daerah Bidang Kesehatan
Cover Belakang