Tampilkan di aplikasi

Buku Media Sains Indonesia hanya dapat dibaca di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.

Laik Fungsi Jalan

1 Pembaca
Rp 94.000 31%
Rp 65.000

Patungan hingga 5 orang pembaca
Hemat beli buku bersama 2 atau dengan 4 teman lainnya. Pelajari pembelian patungan disini

3 Pembaca
Rp 195.000 13%
Rp 56.333 /orang
Rp 169.000

5 Pembaca
Rp 325.000 20%
Rp 52.000 /orang
Rp 260.000

Pembelian grup
Pembelian buku digital dilayani oleh penerbit untuk mendapatkan harga khusus.
Hubungi penerbit

Perpustakaan
Buku ini dapat dibeli sebagai koleksi perpustakaan digital. myedisi library

Sistematika buku Laik Fungsi Jalan mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapan. Buku ini terdiri atas 12 bab yang terkait dengan kelaikan suatu jalan dan dibahas secara rinci, yaitu: Laik Fungsi Jalan, Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas, Geometrik Jalan, Jembatan, Perkerasan Jalan, Tembok Penahan Tanah, Drainase, Lokasi Rawan Kecelakaan, Pemanfaatan Bagian-bagian Jalan, Perlengkapan Jalan yang Terkait Langsung dengan Pengguna Jalan, Perlengkapan Jalan yang Tidak Terkait Langsung dengan Pengguna Jalan, dan Teknologi Penerapan Laik Fungsi Jalan.

Ikhtisar Lengkap   
Penulis: Herawati / Efendhi Prih Raharjo / Sumantri Widya Praja / Fadria Handayani / Ilyas Ichsan / Virginia Claudia Lao / Aisyah Salimah / Muhammad Ramdhan Olii / Novita Sari / Cut Nawalul Azka / Indah Handayasari / Intan Yuniarti
Editor: Louise Elizabeth Radjawane

Penerbit: Media Sains Indonesia
ISBN: 9786233626323
Terbit: Agustus 2022 , 221 Halaman

BUKU SERUPA










Ikhtisar

Sistematika buku Laik Fungsi Jalan mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapan. Buku ini terdiri atas 12 bab yang terkait dengan kelaikan suatu jalan dan dibahas secara rinci, yaitu: Laik Fungsi Jalan, Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas, Geometrik Jalan, Jembatan, Perkerasan Jalan, Tembok Penahan Tanah, Drainase, Lokasi Rawan Kecelakaan, Pemanfaatan Bagian-bagian Jalan, Perlengkapan Jalan yang Terkait Langsung dengan Pengguna Jalan, Perlengkapan Jalan yang Tidak Terkait Langsung dengan Pengguna Jalan, dan Teknologi Penerapan Laik Fungsi Jalan.

Pendahuluan / Prolog

Kata Pengantar
Puji syukur kami panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat rahmat dan karunia-Nya sehingga buku kolaborasi dalam bentuk book chapter dapat dipublikasikan dan dapat sampai di hadapan pembaca. Ucapan terima kasih juga kami berikan kepada segala pihak yang telah membantu dan mendukung dalam proses penerbitan book chapter ini. Book chapter ini disusun oleh sejumlah akademisi dan praktisi sesuai dengan kepakaran nya masing-masing, serta diharapkan dapat memberi kontribusi positif dalam ilmu pengetahuan dan khususnya terkait dengan Laik Fungsi Jalan. Sistematika buku Laik Fungsi Jalan mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapan. Buku ini terdiri atas 12 bab yang terkait dengan kelaikan suatu jalan dan dibahas secara rinci, yaitu: Laik Fungsi Jalan, Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas, Geometrik Jalan, Jembatan, Perkerasan Jalan, Tembok Penahan Tanah, Drainase, Lokasi Rawan Kecelakaan, Pemanfaatan Bagian-bagian Jalan, Perlengkapan Jalan yang Terkait Langsung dengan Pengguna Jalan, Perlengkapan Jalan yang Tidak Terkait Langsung dengan Pengguna Jalan, dan Teknologi Penerapan Laik Fungsi Jalan. Kami menyadari bahwa tulisan ini jauh dari kesempurnaan dan masih terdapat banyak kekurangan, sejatinya kesempurnaan itu hanya milik Yang Kuasa. Oleh sebab itu, kami tentu menerima masukan dan saran dari pembaca demi penyempurnaan lebih lanjut. Akhirnya kami mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada semua pihak yang telah mendukung dalam proses penyusunan dan penerbitan buku ini, secara khusus kepada Penerbit Media Sains Indonesia sebagai inisiator book chapter ini. Semoga buku ini dapat bermanfaat bagi pembaca sekalian.

Penulis

Herawati - Lahir di Jeneponto, Sulawesi Selatan, Tanggal 4 oktober 1982. Telah menyelesaikan studi S1 di Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada tahun 2007, dan S2 di Program Double Degree Program di Magister Sistem Teknik Transportasi (UGM) dan School of Engineering (Asian Institute of Technologi) Thailand. Saat ini penulis aktif sebagai peneliti madya Puslitbang Transportasi Antarmoda, Kementerian Perhubungan. Selain sebagai peneliti, penulis juga aktif sebagai dosen tidak tetap PTDI-STTD Bekasi, dengan mengampu matakuliah Manajemen Keselamatan Lalu Lintas.

Penulis memiliki kepakaran di bidang transportasi antarmoda dan logistik. Beberapa penelitian yang telah dilakukan didanai oleh internal Balitbang Kemenhub dan juga Kemenristek DIKTI. Selain peneliti, penulis juga aktif sebagai narasumber dan pembicara di beberapa acara yang dilakukan oleh internal dan eksternal instansi. Atas dedikasi dan kerja keras dalam melakukan fungsi dan tugas peneliti, Menteri Perhubungan RI memberikan penghargaan sebagai salah satu ASN Berprestasi Tahun 2019.
Efendhi Prih Raharjo - Lulus Sarjana Muda Ahli Madya LLAJ di BPL.ALLAJR Bekasi Tahun 1999, Sarjana Teknik Sipil di Universitas Mercu Buana Jakarta Tahun 2002, Sarjana Terapan (D4) Transportasi Darat STTD Bekasi Tahun 2003, Pasca Sarjana Sistem Teknik Jalan Raya (STJR) ITB Tahun 2006 dan Doktoral Teknik Sipil ITB Tahun 2014, serta Program Profesi Insiyur di UGM Tahun 2021. Menjadi Dosen Tetap Program Studi Transportasi Darat STTD Bekasi Tahun 2015 sampai sekarang. Menjabat sebagai Direktur Politeknik Transportasi Darat Bali tahun 2021 sampai sekarang. Mengajar Rekayasa dan Manjemen Lalu lintas termasuk Analisis Dampak Lalu lintas dan Dampak Lingkungan Transportasi. Sebagai Tenaga Ahli Transportasi Komisi Amdal Kabupaten Bekasi dari Tahun 2013 sampai sekarang.
Sumantri Widya Praja - Lahir di Pekalongan tanggal 19 Juni 1982. Lulus S-1 di Program Studi Teknik Sipil dan Lingkungan FT-UGM tahun 2007. Lulus Magister Sistem dan Teknik Transportasi, Pascasarjana UGM tahun 2009. Saat ini bekerja sebagai pengajar di Politeknik Transportasi Darat Indonesia-STTD di Bekasi mulai tahun 2009, sejak itu mulai mendalami dan mengajar mata kuliah keselamatan transportasi jalan. Telah mengikuti pendidikan dan pelatihan terkait inspeksi keselamatan jalan baik yang diselenggarakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum maupun Kementerian Perhubungan. Saat ini menjabat sebagai Kepala Program Studi Sarjana Terapan Teknologi Rekayasa Otomotif.
Fadria Handayani - Mulai menekuni dunia ilmu Teknik sipil dimulai pada tahun 2000 silam. Hal tersebut membuat penulis memilih untuk masuk ke Fakultas Teknik sipil Unhas Diploma tiga tahun 2000 dan berhasil lulus pada tahun 2004. Penulis lanjut menyelesaikan Strata satu (S1) di Kampus Universitas Muhamadiyah tahun 2006 dan berhasil lulus tahun 2008 di prodi TEKNIK PENGAIRAN MAKASSAR.

Penulis memiliki kepakaran di bidang Perkerasan Jalan, Soil investigation (Geoteknik) dan pengairan. Dan memulai karir di tahun 2004 di bidang Geoteknik selama 6 tahun. Tahun 2010 berkarir di bidang jalan dan jembatan bgitu juga di bidang pengairan. Profesi yang dijalani sebagai pengawasan dan perencanaan, sampai sekarang.
Ilyas Ichsan - Ketertarikan penulis terhadap ilmu teknik dimulai pada tahun 1985 silam. Pada saat itu penulis memilih untuk masuk ke Sekolah Teknik Menengah (STM Negeri Gorontalo) dengan jurusan Bangunan Gedung pada tahun 1985-1988. Kemudian mulai terjun proyek pada tahun 1989-2014. Penulis melanjutkan studi S1 pada tahun 2007 di Universitas Gorontalo dengan program studi sipil fakultas teknik mengambil konsentrasi transportasi dan lulus pada tahun 2011. Ditahun yang sama penulis mulai aktif menjadi dosen. Kemudian pada tahun 2012 penulis melanjutkan studi S2 di Pasca Sarjana Universitas Muslim Indonesia dengan konsentrasi rekayasa struktur dan tetap aktif menjadi dosen sampai dengan sekarang.
Virginia Claudia Lao - lahir di Kota Ujung Pandang tanggal 20 November 1982. Menempuh perkuliahan mulai dari tingkat Diploma 3 Fakultas Teknik Jurusan Teknik Sipil pada Universitas Hasanuddin Makassar tahun 2000 dan memperoleh gelar A.Md (Ahli Madya). Kemudian melanjutkan tingkat Strata 1 Fakultas Teknik Jurusan Teknik Sipil pada Universitas 45 Makassar tahun 2005 dan memperoleh gelar Sarjana Teknik. Pada tahun 2009 melanjutkan Pendidikan tingkat Strata 2 Fakultas Teknik Jurusan Teknik Sipil Program Studi Transportasi pada Universitas Hasanuddin Makassar dan memperoleh gelar MT (Magister Teknik). Pernah berkarir sebagai Konsultan Pengawasan Jalan dan Jembatan selama 3 (tiga) tahun mulai dari tahun 2006 - 2008 dengan posisi sebagai Material Technician. Pada tahun 2010 lulus seleksi CPNS pada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dan mendapat penempatan di Satuan Kerja Perencanaan dan Pengawasan Provinsi Sulawesi Selatan pada bulan September tahun 2017 sampai bulan Januari 2022. Dari bulan Februari 2022 sampai sekarang mendapat penugasan di Kota Makassar pada Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Sulawesi Selatan dan saat ini menjabat sebagai Jafung Teknik Jalan dan Jembatan Ahli Muda pada Bidang Keterpaduan Pembangunan Infrastruktrur Jalan.
Aisyah Salimah - Lahir di Bogor, 7 Februari 1990, penulis merupakan anak kedua dari 7 bersaudara. Menamatkan sekolah di SMA Negeri 38 Jakarta lalu melanjutkan pendidikan S1 pada tahun 2011 dan S2 pada tahun 2013 di Program Sarjana-Magister Universitas Gunadarma. Sejak 2016 penulis menjadi Dosen di Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Jakarta dan saat ini sedang menempuh Pendidikan Doktoral di Universitas Indonesia.

Penulis memiliki kepakaran di bidang Geoteknik, Pengukuran dan Jalan Raya. Untuk mewujudkan karir sebagai dosen profesional, penulis pun aktif sebagai peneliti di bidang kepakarannya tersebut. Beberapa penelitian yang telah dilakukan, didanai oleh internal Perguruan Tinggi. Penulis aktif menulis karya ilmiah, baik Nasional maupun Internasional. Selain itu, penulis juga aktif menulis buku, baik cetak maupun daring untuk dapat dimanfaatkan baik sebagai bahan pengajaran maupun bermanfaat di masyarakat secara luas. Atas dedikasi dan kerja kerasnya, penulis bersama tim modul daring Politeknik Negeri Jakarta mendapatkan penghargaan sebagai salah satu Modul Daring terbaik dalam Program Fasilitasi Inovasi Modul Pembelajaran Daring pada Pendidikan Tinggi Vokasi Tahun 2021. Sampai saat ini penulis aktif sebagai anggota Himpunan Ahli Teknik Tanah Indonesia (HATTI).
Muhammad Ramdhan Olii - Lahir di Ujung Pandang, 24 Mei 1987. Pendidikan dasar, SMP dan SMA diselesaikan di kota kelahirannya Makassar. Penulis melanjutkan pendidikan S-1 di Jurusan Teknik Sipil Universitas Muslim Indonesia Makassar pada tahun 2005, dan memperoleh gelar Sarjana Teknik (ST) pada tahun 2009. Beliau melanjutkan S-2 (M.Eng.) Pengelolaan Sumber Daya Air (MPSA) di Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan UGM tahun 2011-2013, dan langsung melanjutkan studi S3 (Dr) pada universitas yang sama pada tahun 2013-2018 menggunakan Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Dalam Negeri (BPPDN) Kemenristek-Dikti Republik Indonesia, Gelar Profesi Insinyur (Ir) diperoleh dari Universitas Tadulako. Penulis merupakan Dosen ASN LLDIKTI XVI Wilayah GoSulutTeng yang dipekerjakan di Universitas Gorontalo sejak tahun 2015 sampai sekarang. Kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi penulis terutama berkaitan erat dengan bidang rakayasa hidrologi, pengembangan sumber daya air, erosi dan konservasi lahan, dan mitigasi bencana. Kegiatan lain yang sering dilakukan secara rutin adalah berpartisipasi sebagai presenter dalam seminar skala nasional dan internasional dan menjadi tenaga ahli Kementerian/Dinas PUPR, Kepolisian Provinsi Gorontalo, Kejaksaan Tinggi Provinsi Gorontalo, dan BPDAS Bone Bolango.
Novita Sari - Penulis lahir di Kota Palembang, 20 November 1982, alumni S1 jurusan teknik sipil Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, dan melanjutkan kembali studi S2 di jurusan teknik sipil di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Dari tahun 2010 penulis menjadi salah satu dosen bidang keselamatan jalan di Politeknik Transportasi Darat-STTD yang merupakan salah satu sekolah matra darat dibawah Kementerian Perhubungan. Pada tahun 2015, selain menjadi dosen Penulis juga mulai aktif sebagai asesor kompetensi di bidang pengujian kendaraan bermotor, Lalu Lintas Angkutan Jalan dan logistik. Penulis juga aktif menulis artikel ilmiah di bidang teknik sipil transportasi yang dipublikasikan pada jurnal nasional maupun internasional. Dalam meningkatkan pengetahuan, Penulis juga pernah mengikuti pendidikan dan pelatihan tentang Road Safety Management di Korea. Pada tahun 2010 Penulis pernah mendapatkan beasiswa dari pemerintah Singapore untuk mengikuti diklat Urban traffic and Congestion Management di Singapura. Penulis juga merupakan salah satu pengajar Diklat Pemberdayaan Masyarakat yang diselenggarakan Kementerian Perhubungan di seluruh Indonesia.
Cut Nawalul Azka - Lahir di Kota Lhokseumawe, 30 Januari 1993. Telah menyelesaikan Program Studi Dploma IV di Politeknik Negeri Lhokseumawe dengan bidang studi Perancangan Jalan dan Jembatan (PJJ) Tahun 2015, kemudian menyelesaikan Program Studi Magister Teknik Sipil dengan Bidang Studi Manajemen Rekayasa Transportasi (MRT) Tahun 2018. Bekerja sebagai dosen Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Aceh (2019) mengampu matakuliah: Geometrik jalan raya, Sistem angkutan umum, Evaluasi pemeliharaan dan perkerasan jalan, dan Pengantar pemodelan transportasi. Sebelumnya sudah pernah menjadi dosen luar biasa disalah satu Universitas Al-Muslim, Kota Bieueun dan Universitas Ar-Raniry, Kota Banda Aceh. Saat ini sedang menduduki jabatan sebagai Sekretaris Program Studi Teknik Sipil pada Tahun 2019-Sekarang, selain daripada itu juga aktif di berbagai program kepanitian yang di selenggarakan oleh Fakultas maupun tingkat Universitas. Semasa berkerja penulis sudah aktif pada kegiatan penelitian maupun pengabdian, aktif pada kelompok diskusi bidang transportasi dan keseharian saat ini menulis buku-buku ajar yang nantinya di implementasikan ke mahasiswa yang mengambil matakuliah. Beberapa penelitian yang dibuat sudah pernah didanai oleh Universitas. Semoga dengan penulis ini mampu memberikan kontribusi positif bagi dunia pendidikan dan menambah khazanah ilmu pengetahuan serta bermanfaat dan berguna bagi sesama.
Indah Handayasari - Penulis lahir di Palembang 22 April 1977. Ketertarikan penulis terhadap ilmu Teknik Sipil dimulai pada tahun 1995 silam. Hal tersebut membuat penulis memilih untuk menyelesaikan studi S1 dengan masuk ke Universitas Sriwijaya pada Jurusan Teknik Sipil dan berhasil lulus pada tahun 2000. Penulis kemudian melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 dan berhasil menyelesaikan studi dua tahun kemudian di Program Studi Teknik Sipil dengan konsentrasi pada bidang Manajemen Transportasi Program Pascasarjana Institut Teknologi Bandung. Untuk mewujudkan karir sebagai dosen profesional, selain mengajar mata kuliah yang terkait pada geometrik dan perkerasan jalan serta manajemen transportasi di Institut Teknologi PLN, penulis pun aktif sebagai peneliti dibidang kepakarannya tersebut. Beberapa penelitian yang telah dilakukan didanai oleh internal perguruan tinggi dan juga Kemendikbudristek. Selain peneliti, penulis juga aktif menulis buku dan karya tulis hasil penelitian yang dipublikasikan di jurnal nasional maupun internasional bereputasi. Penulis menyadari masih banyak kekurangan dalam penulisan karya ini, oleh karena itu penulis mengharapkan saran dan kritik untuk perbaikan maupun kesempurnaan penulisan selanjutnya di kemudian hari.
Intan Yuniarti - Kelahiran Rembang (23-06-1987), bergabung di Direktorat Jendral Bina Marga, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat sejak tahun 2010 dan diangkat menjadi PNS pada tahun 2011. Sejak masuk ke Ditjen Bina Marga, Kementerian PU PR, pertama ditempatkan di Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional VI Makassar, kemudian di Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional VI Jakarta, dan sekarang Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Banten, dengan Jabatan Fungsional Teknik Jalan Jembatan Ahli Muda.

Ketertarikan penulis terhadap bidang Jalan dan Jembatan, membuat penulis memilih untuk masuk ke Universitas dengan memilih Jurusan Teknik Sipil dan Lingkungan di Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, pada tahun 2006 silam, dan berhasil lulus pada tahun 2010. Empat tahun kemudian, penulis kemudian melanjutkan pendidikan ke Program Pasca Sarjana pada tahun 2014, di prodi Magister Teknik Sarana Prasarana dan Bahan Bangunan Jurusan Teknik Sipil dan Lingkungan, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. Karya akademik (Thesis S2) di Fakultas Teknik Sipil UGM (Tahun 2016) yang dihasilkan adalah Analisis Penyebab Kerusakan Jalan pada Tanah Ekspansif dan Alternatif Penanganannya (Studi Kasus Jalan Padangan – Batas Ngawi). Pada tahun 2021, untuk membentuk kompetensi keinsinyuran dan sertifikasi profesi, penulis mengikuti Program Profesi Insinyur Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.

Editor

Louise Elizabeth Radjawane - Ketertarikan Editor akan ilmu teknik sipil dimulai pada tahun 2000, dengan memilih jurusan teknik sipil di Diploma 3 Universitas Hasanuddin, kemudian melanjutkan pendidikan S1 ke prodi teknik sipil di Universitas Gadjah Mada dan lulus pada tahun 2006. Konsentrasi Rekayasa Transportasi Program Pasca Sarjana prodi Teknik Sipil, Institut Teknologi Bandung menjadi pilihan Editor untuk melanjutkan studi S2.

Sebagai pengalaman praktisi, Editor pernah bekerja ±5 tahun sebagai transport/traffic engineer di beberapa perusahaan swasta. Saat ini Editor memilih untuk mengabdikan diri sebagai Dosen dan aktif mengajar di program studi S1 Teknik Sipil, Universitas Kristen Indonesia Paulus.

Editor memiliki kepakaran di bidang Traffic and Transport Engineering. Dan untuk mewujudkan karir sebagai dosen profesional, Editor pun aktif sebagai peneliti dibidang kepakarannya tersebut. Selain itu, Editor juga aktif menulis buku dengan harapan dapat memberikan kontribusi positif bagi masyarakat, bangsa dan negara yang sangat tercinta ini.

Daftar Isi

Cover Depan
Kata Pengantar
Daftar Isi
Bab 1 Laik Fungsi Jalan
     Keselamatan Jalan
     Peraturan Terkait Laik Fungsi Jalan
     Jenis Jalan dengan Uji Laik Fungsi Jalan
     Pelaksanaan Kelaikan Fungsi Jalan
     Waktu Pelaksanaan Kelaikan Fungsi Jalan
     Persyaratan Teknis Laik Fungsi Jalan
     Pelaksanaan Administrasi Laik Fungsi Jalan
     Kategori Laik Fungsi Jalan
Bab 2 Manajemen Rekayasa Lalu Lintas
     Hubungan Manajemen Rekayasa Lalu Lintas dengan Kemacetan, Serta Keselamatan
     Hubungan Manajemen Rekayasa Lalu Lintas dengan Laik Fungsi Jalan
     Evaluasi dan Uji Laik Fungsi Jalan
     Kategori Uji Laik Fungsi Jalan
     Implementasi Kegiatan Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas dalam Program Laik Jalan
     Penerapan MRLL dengan Sistem Ganjil Genap
     Dampak Pergerakan Arus Mudik terhadap Perubahan Kebijakan MRLL
     Keselamatan Lalu Lintas
Bab 3 Geometrik Jalan
     Geometrik Jalan Sebagai Penyebab Permasalahan Kecelakaan Lalu Lintas
     Laik Fungsi Jalan
     Parameter Perancangan Geometrik Jalan
Bab 4 Jembatan
     Pengertian Jembatan Laik Jalan
     Perencanaan Jembatan yang Laik
     Tahapan Perencanaan
     Pemilihan Lokasi Jembatan yang Laik
     Aspek Lalu Lintas
     Parameter Acuan
     Penyelidikan Tanah dan Lintasan Air
     Pelaksanaan Jembatan
     Koordinasi Pelaksanaan Pekerjaan
Bab 5 Perkerasan Jalan
     Pengantar
     Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kondisi Perkerasan Jalan
     Uji Laik Fungsi untuk Perkerasan Jalan
Bab 6 Tembok Penahan Tanah
     Kondisi Geografis Wilayah Indonesia
     Tembok Penahan Tanah, Fungsi dan Kelaikannya
     Tipe-Tipe Tembok Penahan Tanah
     Penilaian Tembok Penahan Tanah
Bab 7 Drainase
     Umum
     Drainase Permukaan (Surface Drainage)
     Drainase Bawah Permukaan (Sub Surface Drainage)
Bab 8 Lokasi Rawan Kecelakaan
     Definisi Lokasi Rawan Kecelakaan
     Identifikasi Lokasi Rawan Kecelakaan
     Pemeringkatan Lokasi Kecelakaan
     Karakteristik Data Kecelakaan Lalu Lintas Jalan
     Penanganan Lokasi Rawan Kecelakaan
Bab 9 Pemanfaatan Bagian-Bagian Jalan
     Penampang Melintang Jalan
     Jalur Lalu Lintas
     Bahu Jalan
     Trotoar (Jalur Pejalan Kaki/Side Walk)
     Saluran Samping
     Talud/Kemiringan Lereng
     Kereb
     Pengaman Tepi
     Lapisan Perkerasan Jalan
     Ruang Manfaat Jalan (Damaja)
     Ruang Milik Jalan (Damija)
     Ruang Pengawasan Jalan (Dawasja)
     Rangkuman
Bab 10 Pelengkapan Jalan yang Terkait Langsung dengan Pengguna Jalan
     Abstrak
     Pendahuluan
     Kajian Terdahulu
     Penutup
Bab 11 Perlengkapan Jalan yang Tidak Terkait Langsung dengan Pengguna Jalan
     Pendahuluan
     Bangunan Keselamatan Jalan
     Bangunan Informasi Pengguna Jalan
     Bangunan Kenyamanan dan Lingkungan
Bab 12 Pemanfaatan Teknologi untuk Kegiatan Uji Laik Fungsi Jalan
     Hawkeye 2000
     International Roughness Index (IRI)
     Mobile Laser Scanner
     Geographical Information System (GIS)
     Rolling Straight Edge Menggunakan Sensor Ultrasonik
Cover Belakang