Tampilkan di aplikasi

Buku Media Sains Indonesia hanya dapat dibaca di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.

Dampak Perkembangan Transportasi di Berbagai Sektor

1 Pembaca
Rp 100.000 35%
Rp 65.000

Patungan hingga 5 orang pembaca
Hemat beli buku bersama 2 atau dengan 4 teman lainnya. Pelajari pembelian patungan disini

3 Pembaca
Rp 195.000 13%
Rp 56.333 /orang
Rp 169.000

5 Pembaca
Rp 325.000 20%
Rp 52.000 /orang
Rp 260.000

Pembelian grup
Pembelian buku digital dilayani oleh penerbit untuk mendapatkan harga khusus.
Hubungi penerbit

Perpustakaan
Buku ini dapat dibeli sebagai koleksi perpustakaan digital. myedisi library

Buku ini diharapkan dapat hadir memberi kontribusi positif dalam ilmu pengetahuan khususnya terkait dengan Dampak Perkembangan Transportasi. Sistematika buku Dampak Perkembangan Transportasi di Berbagai Sektor dalam Berbagai Aspek Kehidupan Masyarakat ini mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapan. Buku ini terdiri atas 12 bab yang dibahas secara rinci, diantaranya: Sektor Ekonomi, Sektor Lingkungan Hidup, Sektor Pariwisata, Sektor Pertanian, Sektor Pertahanan dan Keamanan Negara, Sektor Industri, Sektor Keselamatan Lalulintas, Sektor Komunikasi, Sektor Sosial dan Budaya, Sektor Pendidikan, Sektor Perdagangan, dan Sektor Kesehatan.

Ikhtisar Lengkap   
Penulis: Nurjanna Ladjin / Virginia Claudia Lao / Ajie Wicaksono / Boby Arya Putra / Yayat Suharyat / Novy Khusnul Khotimah / Novita Sari / Vivi Iswanti Nursyirwan / Budi Sarasati / Zainal Arifin / Sumantri Widya Praja / Lenny Erida Silalahi
Editor: Louise Elizabeth Radjawane

Penerbit: Media Sains Indonesia
ISBN: 9786233622141
Terbit: November 2021 , 232 Halaman

BUKU SERUPA










Ikhtisar

Buku ini diharapkan dapat hadir memberi kontribusi positif dalam ilmu pengetahuan khususnya terkait dengan Dampak Perkembangan Transportasi. Sistematika buku Dampak Perkembangan Transportasi di Berbagai Sektor dalam Berbagai Aspek Kehidupan Masyarakat ini mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapan. Buku ini terdiri atas 12 bab yang dibahas secara rinci, diantaranya: Sektor Ekonomi, Sektor Lingkungan Hidup, Sektor Pariwisata, Sektor Pertanian, Sektor Pertahanan dan Keamanan Negara, Sektor Industri, Sektor Keselamatan Lalulintas, Sektor Komunikasi, Sektor Sosial dan Budaya, Sektor Pendidikan, Sektor Perdagangan, dan Sektor Kesehatan.

Pendahuluan / Prolog

Kata Pengantar
Puji syukur kami panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat rahmat dan karunia-Nya sehingga buku kolaborasi dalam bentuk book chapter dapat dipublikasikan dan dapat sampai di hadapan pembaca.

Book chapter ini disusun oleh sejumlah akademisi dan praktisi sesuai dengan kepakaran nya masing-masing. Buku ini diharapkan dapat hadir memberi kontribusi positif dalam ilmu pengetahuan khususnya terkait dengan Dampak Perkembangan Transportasi.

Sistematika buku Dampak Perkembangan Transportasi di Berbagai Sektor dalam Berbagai Aspek Kehidupan Masyarakat ini mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapan. Buku ini terdiri atas 12 bab yang dibahas secara rinci, diantaranya: Sektor Ekonomi, Sektor Lingkungan Hidup, Sektor Pariwisata, Sektor Pertanian, Sektor Pertahanan dan Keamanan Negara, Sektor Industri, Sektor Keselamatan Lalulintas, Sektor Komunikasi, Sektor Sosial dan Budaya, Sektor Pendidikan, Sektor Perdagangan, dan Sektor Kesehatan.

Kami menyadari bahwa tulisan ini jauh dari kesempurnaan dan masih terdapat banyak kekurangan, sejatinya kesempurnaan itu hanya milik Yang Kuasa. Oleh sebab itu, kami tentu menerima masukan dan saran dari pembaca demi penyempurnaan lebih lanjut.

Akhirnya kami mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada semua pihak yang telah mendukung dalam proses penyusunan dan penerbitan buku ini, secara khusus kepada Penerbit Media Sains Indonesia sebagai inisiator book chapter ini. Semoga buku ini dapat bermanfaat bagi pembaca sekalian.

Penulis

Nurjanna Ladjin - Lahir di Luwuk, 17 Desember 1976 Dosen Universitas Muhammadiyah Luwuk Banggai. Tamat SD Muhammadiyah 1 Luwuk Tahun 1988, MTs Negeri Luwuk Tahun 1991, SMU Negeri 2 Luwuk tahun 1994, Fakultas Ekonomi Universitas Tadulako Palu Tahun 1999, Magister Ilmu Ekonomi Studi Pembangunan Universitas Diponegoro Semarang Tahun 2008, Program Doktor Ilmu Ekonomi Universitas Brawijaya Malang Tahun 2019. Aktif diberbagai organisasi dan mengikuti Seminar nasional dan internasional serta menulis beberapa Buku.


Virginia Claudia Lao - lahir di Kota Ujung Pandang tanggal 20 November 1982. Menempuh perkuliahan mulai dari tingkat Diploma 3 Fakultas Teknik Jurusan Teknik Sipil pada Universitas Hasanuddin Makassar tahun 2000 dan memperoleh gelar A.Md (Ahli Madya). Kemudian melanjutkan tingkat Strata 1 Fakultas Teknik Jurusan Teknik Sipil pada Universitas 45 Makassar tahun 2005 dan memperoleh gelar Sarjana Teknik. Pada tahun 2009 melanjutkan Pendidikan tingkat Strata 2 Fakultas Teknik Jurusan Teknik Sipil Program Studi Transportasi pada Universitas Hasanuddin Makassar dan memperoleh gelar MT (Magister Teknik). Pernah berkarir sebagai Konsultan Pengawasan Jalan dan Jembatan selama 3 (tiga) tahun mulai dari tahun 2006 - 2008 dengan posisi sebagai Material Technician. Pada tahun 2010 lulus seleksi CPNS pada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dan mendapat penempatan di Satuan Kerja Perencanaan dan Pengawasan Provinsi Sulawesi Selatan pada bulan September tahun 2017 sampai bulan Januari 2022. Dari bulan Februari 2022 sampai sekarang mendapat penugasan di Kota Makassar pada Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Sulawesi Selatan dan saat ini menjabat sebagai Jafung Teknik Jalan dan Jembatan Ahli Muda pada Bidang Keterpaduan Pembangunan Infrastruktrur Jalan.
Ajie Wicaksono - Ayah dari tiga orang anak Athifah A. Kanaya, Athallah A. Kalandra, dan Ayra A. Kamaishtara Lahir di Bantul pada tahun 1990. Selama menempuh S-1 Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, penulis sudah aktif menjadi Tutor Mata Pelajaran Bahasa Inggris pada Pendidikan Non Formal (Paket A,B,C), dan berhasil lulus tahun 2012 dan pada tahun yang sama menempuh D-2 Ilmu Perpustakaan di Universitas Terbuka, lulus tahun 2014. Melanjutkan pendidikan Program S-2 bidang Manajemen Pariwisata di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pariwisata Indonesia Semarang (STIEPARI Semarang) dan lulus pada tahun 2016.

Sejak 2017 sampai sekarang bekerja sebagai dosen tetap di Akademi Pariwisata STIPARY Yogyakarta. Selain menjadi dosen, akivitas lainnya yaitu mengikuti beberapa lomba Essay tingkat nasional, dan sekarang mulai menulis buku, dengan karya beberapa judul book chapter; Pariwisata di Masa dan Pasca Covid 19 (2021), Sosisologi Kepariwisataan (2021), Kebijakan dan Tata Kelola Pemerintahan Dalam Upaya Penanganan Covid-19 (2021), Generasi Millenial, Generasi Z, dan 76 Tahun Indonesia Merdeka: Sebuah Refleksi (2021), dan yang terbaru Harmoni Agama dan Sains (2021) kemudian dipercaya sebagai salah satu editor pada jurnal pengabdian masyarakat dan reviewer pada jurnal pariwisata.


Boby Arya Putra - Ketertarikan penulis terhadap ilmu pertanian dimulai pada tahun 2007 silam. Hal tersebut membuat penulis memilih untuk masuk ke Perguruan Tinggi dan berhasil menyelesaikan studi S1 di Prodi Ilmu Peternakan Fakultas Peternakan Universitas Andalas, Padang pada tahun 2013. Dua tahun kemudian, penulis menyelesaikan studi S--2 di Ilmu Peternakan khususnya bidang Pembangunan & Bisnis Fakultas Peternakan Universitas Andalas. Selama menempuh pendidikan sarjana, penulis aktif melakukan kegiatan organisasi kemahasiswaan seperti Himpunan Mahasiswa dan di bidang Karya Ilmiah. Penulis pernah mengikuti program PKM Mahasiswa dan Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional pada tahun 2009. Penulis memiliki kepakaran di bidang Perencanaan dan Manajemen. Untuk mewujudkan karir sebagai dosen profesional, penulis pun aktif sebagai peneliti di bidang kepakarannya tersebut. Beberapa penelitian yang telah dilakukan didanai oleh internal perguruan tinggi dan juga Kemenristek DIKTI. Selain peneliti, penulis juga menulis buku dengan harapan dapat memberikan kontribusi positif bagi bangsa dan negara Indonesia.


Yayat Suharyat - Lahir di Bekasi pada tanggal 12 Desember 1967 adalah anak pertama dari delapan putera-puteri Bapak Ahyar Kidjan (alm) dan Ibu Hadiyah (alm). Menyelesaikan pendidikan Sekolah Dasar pada tahun 1980, SLTP pada tahun 1983, SLTA pada tahun 1986. Tahun 1988, melanjutkan studi Strata Satu (S1) di Fakultas Tarbiyah, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam ”45” (UNISMA) Bekasi hingga tahun 1993. Mengajar di UNISMA Bekasi sejak tahun 1993 untuk bidang kajian Metodologi Penelitian, Teknik Analisis Data dan Bidang kajian Pendidkan Islam. Menyukai menulis dan meneliti pada bidang Pendidikan dan Manajemen Pendidikan. Alhamdulillah berkat keinginan untuk terus berkarya dalam meneliti dan menulis telah memiliki ID Sinta:6029542, ID Scopus:57213833112, dan ID Orcid: 0000-0002-0082-7046, Pangkat/Gol. Ruang: Lektor Kepala IV/A. Pada tahun 1999 melanjutkan studi di Program Magister Manajemen Pendidikan, Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Tahun 2000 mengikuti pendidikan S3 Program Pascasarjana jurusan Manajemen Pendidikan di Universitas Negeri Jakarta.


Novy Khusnul Khotimah - Novy Khusnul Khotimah memiliki pekerjaan utama sebagai Pegawai Negeri Sipil dalam bidang Penyuluhan dan Hubungan Masyarakat di Badan Narkotika Nasional. Selain sering menulis untuk kepentingan institusi, juga aktif sebagai penulis blog pribadi dan komersial. Mengenyam pendidikan sarjana di Ilmu Komunikasi Universitas Diponegoro dan menyelesaikan gelar masternya di Magister Ilmu Komunikasi UGM. Penulis memiliki hobi belajar, bernyanyi, olahraga, berkreasi dan berekreasi.

Selain buku ini, sebelumnya penulis telah menerbitkan buku berjudul Memoar Kabar Narkoba, Twinflame, Diary Pandemi, Kontemplasi Bagi Negeri, Ramadhan (with Covid-19) to Remember, Skenario Imaji, dan Islam is Lifestyle. Semua buku tersebut diterbitkan pada tahun 2021 dengan kurun waktu bulan yang berbeda.

Penulis dapat dihubungi melalui media-media sosialnya dengan nama @novykhayra. Untuk pemikiran random lain, dapat melihat portofolionya di linktr.ee/novykhayra.
Novita Sari - Penulis lahir di Kota Palembang, 20 November 1982, alumni S1 jurusan teknik sipil Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, dan melanjutkan kembali studi S2 di jurusan teknik sipil di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Dari tahun 2010 penulis menjadi salah satu dosen bidang keselamatan jalan di Politeknik Transportasi Darat-STTD yang merupakan salah satu sekolah matra darat dibawah Kementerian Perhubungan. Pada tahun 2015, selain menjadi dosen Penulis juga mulai aktif sebagai asesor kompetensi di bidang pengujian kendaraan bermotor, Lalu Lintas Angkutan Jalan dan logistik. Penulis juga aktif menulis artikel ilmiah di bidang teknik sipil transportasi yang dipublikasikan pada jurnal nasional maupun internasional. Dalam meningkatkan pengetahuan, Penulis juga pernah mengikuti pendidikan dan pelatihan tentang Road Safety Management di Korea. Pada tahun 2010 Penulis pernah mendapatkan beasiswa dari pemerintah Singapore untuk mengikuti diklat Urban traffic and Congestion Management di Singapura. Penulis juga merupakan salah satu pengajar Diklat Pemberdayaan Masyarakat yang diselenggarakan Kementerian Perhubungan di seluruh Indonesia.
Vivi Iswanti Nursyirwan - Penulis lahir di Jakarta pada 26 Agustus 1985. Penulis merupakan dosen tetap pada fakultas ekonomi dan bisnis prodi Akuntansi-S1 Universitas Pamulang. Penulis menempuh studi S-1 di Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Fakultas Ilmu Komunikasi Jurusan Public Relation. Penulis melanjutkan studi S2 di Universitas Trisakti dengan konsentrasi Manajemen Sumber Daya Manusia, dan lulus dengan predikat Cum-Laude. Saat buku ini di tulis, penulis sedang menempuh studi S3 di Universitas Negeri Jakarta dengan konsentrasi Manajemen Sumber Daya Manusia. Penulis merupakan dosen untuk mata kuliah: Perilaku Organisasi, Manajemen Pemasaran, Entrepreneurship, Komunikasi Bisnis, Sistem Informasi Manajemen, Metodologi Penelitian, dll. Selain menjalankan aktifitas Tri Dharma Perguruan Tinggi (pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan, serta pengabdian kepada masyarakat) penulis juga merupakan seorang assesor. Pengalaman professional penulis yakni menjadi seorang bankir di salah satu BUMN selama 7 ½ tahun, dan ex bankir di perbankan swasta selama 3 tahun. Sebagai seorang akademisi, penulis aktif terlibat pada berbagai forum ilmiah. Penulis juga kerap mempublikasikan karya tulis, baik berupa artikel ilmiah maupun artikel non ilmiah yang juga telah tersebar di berbagai surat kabar, maupun artikel jurnal bereputasi lainnya baik nasional maupun internasional.


Budi Sarasati - Berbasis Pendidikan di bidang Kesehatan dan Psikologi, penulis konsisten pada upaya promotif dan preventif kesehatan. Pengalaman kerja sebelumnya selain sebagai dosen juga sebagai penyuluh dan pendamping keluarga beresiko tinggi kesehatan. Sekarang sedang menempuh pendidikan Doktoral di UPI YAI Jakarta, dengan konsentrasi pada Identitas, Kesehatan dan Perempuan. Era sekarang Penulis mengembangkan bidang kajian tentang ketangguhan keluarga, perempuan, dan religiositas. Aktif di Lembaga Perlindungan Anak Indonesia dalam pendampingan anak korban kekerasan. Sebagai anggota masyarakat, penulis menjadi ketua Posyandu Edelweis untuk mengembangkan Posyandu Milenial. Sebagai wadah guna mewujudkan rangkaian cita-cita penulis, sejak tahun 2006 mendirikan yayasan Al Fatih Ibadurrohman yang bergerak di bidang social, khususnya woman empowering, beasiswa anak berprestasi dan community development.


Zainal Arifin - Lahir di Banjarmasin 12 April 1968, menamatkan S1 di Unlam Banjarmasin (1992), S2 di Unair Surabaya (2004), S3 di Unmer Malang (2019). Penulis adalah dosen STIE Indonesia Banjarmasin, sejak berpendidikan di S1 sampai S3, selalu diberi kepercayaan untuk memagang mata kuliah manajemen operasional baik untuk siswa strata satu maupun strata dua, dimana diantaranya menyampaikan manajemen operasional jasa dan dukungan transportasi terhadap kegiatan operasional.

Penulis pernah bekerja di perusahaan kontraktor sebagai kepala cabang, freelance sebagai motivator. Di dunia Pendidikan jabatan yang pernah dipegang sebagai sekretaris Program Studi S1 Manajemen (2011), ketua Program S1 Manajemen (2003-2007), Kepala Pusat Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (2008-2012), Wakil Ketua Bidang Kemahasiswaan (2018-2019), Sekretaris Program Magister Manajemen (2019 sampai sekarang.

Sumantri Widya Praja - Lahir di Pekalongan tanggal 19 Juni 1982. Lulus S-1 di Program Studi Teknik Sipil dan Lingkungan FT-UGM tahun 2007. Lulus Magister Sistem dan Teknik Transportasi, Pascasarjana UGM tahun 2009. Saat ini bekerja sebagai pengajar di Politeknik Transportasi Darat Indonesia-STTD di Bekasi mulai tahun 2009, sejak itu mulai mendalami dan mengajar mata kuliah keselamatan transportasi jalan. Telah mengikuti pendidikan dan pelatihan terkait inspeksi keselamatan jalan baik yang diselenggarakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum maupun Kementerian Perhubungan. Saat ini menjabat sebagai Kepala Program Studi Sarjana Terapan Teknologi Rekayasa Otomotif.
Lenny Erida Silalahi - Pengalaman bekerja di berbagai Rumah Sakit Negri (RSCM) dan Swasta (RSIA Bunda Menteng dan RS Hermina Group) Jakarta.Bekerja sebagai Staf pengajar AKKES RSYJ (2016-Sekarang) Fokus mengajar mata kuliah Medikal Bedah, dan berbagai mata kuliah yang berkaitan. Kegiatan yang lain dilakukan saat ini aktif di masyarakat sebagai Perawat RW 08 Sukapura, Jakarta dan Sebagai Penulis.


Editor

Louise Elizabeth Radjawane - Ketertarikan Editor akan ilmu teknik sipil dimulai pada tahun 2000, dengan memilih jurusan teknik sipil di Diploma 3 Universitas Hasanuddin, kemudian melanjutkan pendidikan S1 ke prodi teknik sipil di Universitas Gadjah Mada dan lulus pada tahun 2006. Konsentrasi Rekayasa Transportasi Program Pasca Sarjana prodi Teknik Sipil, Institut Teknologi Bandung menjadi pilihan Editor untuk melanjutkan studi S2.

Sebagai pengalaman praktisi, Editor pernah bekerja ±5 tahun sebagai transport/traffic engineer di beberapa perusahaan swasta. Saat ini Editor memilih untuk mengabdikan diri sebagai Dosen dan aktif mengajar di program studi S1 Teknik Sipil, Universitas Kristen Indonesia Paulus.

Editor memiliki kepakaran di bidang Traffic and Transport Engineering. Dan untuk mewujudkan karir sebagai dosen profesional, Editor pun aktif sebagai peneliti dibidang kepakarannya tersebut. Selain itu, Editor juga aktif menulis buku dengan harapan dapat memberikan kontribusi positif bagi masyarakat, bangsa dan negara yang sangat tercinta ini.

Daftar Isi

Cover Depan
Kata Pengantar
Daftar Isi
BAB 1. Sektor Ekonomi
     Pendahuluan
     Perkembangan Transportasi
     Transportasi dan Sektor Ekonomi
     Rekomendasi
     Daftar Pustaka
BAB 2. Sektor Lingkungan Hidup
     Pengantar
     Dampak Perkembangan Transportasi Terhadap
     Upaya Pengelolaan Lingkungan Hidup Terhadap
     Daftar Pustaka
BAB 3. Sektor Pariwisata
     Pendahuluan
     Pembahasan
     Penutup
     Daftar Pustaka
BAB 4. Sektor Pertanian
     Pengertian Transportasi
     Manfaat Transportasi
     Sektor Pertanian
     Sektor Tanaman Pangan
     Sektor Perkebunan
     Sektor Kehutanan
     Sektor Peternakan
     Sektor Perikanan
     Dampak Perkembangan Transportasi di Sektor
     Daftar Pustaka
BAB 5. Sektor Pertahanan dan Keamanan Negara
     Pengantar
     Mengenal Matra Transportasi: Darat, Laut, dan Udara
     Kajian Strategis Pertahanan dan Keamanan (Hankam)
     Kondisi Faktual Transportasi yang Mendukung
     Penyamaan Persepsi Urgensi Transportasi Dalam
     Daftar Pustaka
BAB 6. Sektor Industri
     Sisi Lain Transportasi di Sektor Industri
     Transportasi Pendukung Industri
     Sistem Transportasi Logistik Di Kawasan Industri
     Sistem Logistik yang Efisien
     Biaya Transportasi Logistik
     Teknologi Informasi dan Komunikasi Logistik (ICT)
     Konektifitas di Kawasan Industri
     Daftar Pustaka
BAB 7. Sektor Keselamatan Lalulintas
     Isu Keselamatan Lalu Lintas
     Keselamatan Dalam Sistem Transportasi Jalan
     Keselamatan Pengguna Jalan yang Rentan
     Keselamatan Berkendara di Jalan
     Peran Jalan dan Lingkungan
     Strategi Peningkatan Keselamatan Jalan
     Daftar Pustaka
BAB 8. Sektor Komunikasi Perubahan Teknologi Komunikasi pada Teknologi Tranrtasi
     Komunikasi
     Proses Komunikasi
     Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi
     Transportasi
     Utilitas Transportasi
     Perkembangan Teknologi Transportasi
     Korelasi Transportasi dan Komunikasi
     Transportasi, Sumber Daya Manusia dan Komunikasi
     Dampak Perkembangan Teknologi Komunikasi dan
     Kesimpulan
     Daftar Pustaka
BAB 9. Sektor Sosial dan Budaya Pengaruh Aksebilitas pada Perubahan Sosial Di Daerah Margial Kampung Sungai Labuh
     Pendahuluan
     Kajian Sosial Budaya Dalam Livelihood Pedesaan
     Analisa Pengaruh Transportasi-Aksesibilitas Terhadap
     Ucapan Terima Kasih
     Daftar Pustaka
BAB 10. Sektor Pendidikan
     Pendahuluan
     Kebutuhan Transportasi Bagi Dunia Pendidikan
     Daftar Pustaka
BAB 11. Sektor Perdagangan
     Distribusi Logistik di Indonesia
     Peran Sarana Angkutan Barang Dalam Perdagangan
     Peran Prasarana Sebagai Penunjang Perdagangan
     Kebijakan/Regulasi Dalam Transportasi
     Studi Kasus
     Permasalahan Angkutan Barang Terhadap Kebijakan
     Daftar Pustaka
BAB 12. Sektor Kesehatan
     Pendahuluan
     Kemacetan
     Stres
     Pencemaran Udara
     Kecelakaan
     Kondisi Pandemi
     Daftar Pustaka
Cover Belakang