Tampilkan di aplikasi

Buku Media Sains Indonesia hanya dapat dibaca di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.

Analisa Laporan Keuangan

1 Pembaca
Rp 100.000 35%
Rp 65.000

Patungan hingga 5 orang pembaca
Hemat beli buku bersama 2 atau dengan 4 teman lainnya. Pelajari pembelian patungan disini

3 Pembaca
Rp 195.000 13%
Rp 56.333 /orang
Rp 169.000

5 Pembaca
Rp 325.000 20%
Rp 52.000 /orang
Rp 260.000

Pembelian grup
Pembelian buku digital dilayani oleh penerbit untuk mendapatkan harga khusus.
Hubungi penerbit

Perpustakaan
Buku ini dapat dibeli sebagai koleksi perpustakaan digital. myedisi library

Book chapter ini disusun oleh sejumlah akademisi dan praktisi sesuai dengan kepakarannya masing-masing. Buku ini diharapkan dapat hadir memberi kontribusi positif dalam ilmu pengetahuan khususnya terkait dengan Analisa Laporan Keuangan. Sistematika buku Analisa Laporan Keuangan ini mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapan. Buku ini terdiri atas 15 bab yang dibahas secara rinci, diantaranya: Pengantar analisis laporan keuangan, Laporan keuangan, Konsep analisis laporan keuangan, Teknik dan tahapan ALK, Analisis horisontal, Analisis vertikal, Analisis trend, Analisis rasio, Analisis arus kas, Analisis modal kerja, Analisis break even point, Analisis kredit, Analisis du-pont, Analisis economic value added (EVA), dan Analisis laba.

Ikhtisar Lengkap   
Penulis: Desak Nyoman Sri Werastuti / Hantono / Muhammad Yusran / Ivana Nina Esterlin Barus / Baso R. / Surianto / Salmiyah Thaha / Justita Dura / Sitti Murniati / Ernie Soedarwati / Clara Neltje Meini Rotinsulu / Irwan Moridu / Dede Sopian / Wulan Ayuandiani. / St. Salmah Sharon
Editor: Syaiful Bahri

Penerbit: Media Sains Indonesia
ISBN: 9786233624237
Terbit: Februari 2022 , 241 Halaman










Ikhtisar

Book chapter ini disusun oleh sejumlah akademisi dan praktisi sesuai dengan kepakarannya masing-masing. Buku ini diharapkan dapat hadir memberi kontribusi positif dalam ilmu pengetahuan khususnya terkait dengan Analisa Laporan Keuangan. Sistematika buku Analisa Laporan Keuangan ini mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapan. Buku ini terdiri atas 15 bab yang dibahas secara rinci, diantaranya: Pengantar analisis laporan keuangan, Laporan keuangan, Konsep analisis laporan keuangan, Teknik dan tahapan ALK, Analisis horisontal, Analisis vertikal, Analisis trend, Analisis rasio, Analisis arus kas, Analisis modal kerja, Analisis break even point, Analisis kredit, Analisis du-pont, Analisis economic value added (EVA), dan Analisis laba.

Pendahuluan / Prolog

Kata Pengantar
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat rahmat dan karunia-Nya sehingga buku kolaborasi dalam bentuk book chapter dapat dipublikasikan dan dapat sampai di hadapan pembaca.

Book chapter ini disusun oleh sejumlah akademisi dan praktisi sesuai dengan kepakarannya masing-masing.

Buku ini diharapkan dapat hadir memberi kontribusi positif dalam ilmu pengetahuan khususnya terkait dengan Analisa Laporan Keuangan.

Sistematika buku Analisa Laporan Keuangan ini mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapan.

Buku ini terdiri atas 15 bab yang dibahas secara rinci, diantaranya: Pengantar analisis laporan keuangan, Laporan keuangan, Konsep analisis laporan keuangan, Teknik dan tahapan ALK, Analisis horisontal, Analisis vertikal, Analisis trend, Analisis rasio, Analisis arus kas, Analisis modal kerja, Analisis break even point, Analisis kredit, Analisis du-pont, Analisis economic value added (EVA), dan Analisis laba.

Kami menyadari bahwa tulisan ini jauh dari kesempurnaan dan masih terdapat banyak kekurangan, sejatinya kesempurnaan itu hanya milik Yang Kuasa. Oleh sebab itu, kami tentu menerima masukan dan saran dari pembaca demi penyempurnaan lebih lanjut.

Akhirnya kami mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada semua pihak yang telah mendukung dalam proses penyusunan dan penerbitan buku ini, secara khusus kepada Penerbit Media Sains Indonesia sebagai inisiator book chapter ini. Semoga buku ini dapat bermanfaat bagi pembaca sekalian.

Bandung, 12 Januari 2022
Editor

Penulis

Desak Nyoman Sri Werastuti - Ketertarikan penulis terhadap ilmu akuntansi dimulai pada tahun 1994 silam. Hal tersebut membuat penulis memilih untuk memilih jurusan IPS yang didalamnya dipelajarai mengenai Akuntansi dan berhasil lulus pada tahun 1997. Penulis kemudian melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi dan berhasil menyelesaikan studi S1 di prodi Akuntansi pada tahun 2002. Penulis menyelesaikan studi S2 di prodi Akuntansi Universitas Udayana dan pada tahun 2015 melanjutkan studi di prodi Ilmu Akuntansi, Universitas Brawijaya.

Penulis memiliki kepakaran dibidang Akuntansi. Dan untuk mewujudkan karir sebagai dosen profesional, penulis pun aktif sebagai peneliti dibidang kepakarannya tersebut. Beberapa penelitian yang telah dilakukan didanai oleh internal perguruan tinggi dan juga Kemenristek DIKTI. Selain peneliti, penulis juga aktif menulis buku dengan harapan dapat memberikan kontribusi positif bagi bangsa dan negara yang sangat tercinta ini.
Hantono - Dilahirkan di Medan, 27 Agustus 1978 lulusan Fakultas Ekonomi Jurusan Akuntansi Universitas Methodist Indonesia, Medan, pada tahun 2002 lalu melanjutkan pendidikan S-2 program Pascasarjana Magister Sains Program Studi Ilmu Ekonomi di Universitas Negeri Medan dan menyelesaikannya pada tahun 2011 dan pada tahun 2015 mengikuti perkuliahan di PPAK USU dan telah menyelesaikan pada tahun 2016. Bahkan Pada tahun 2009, Beliau juga pernah menjadi Instruktur Perpajakan di Lembaga Pendidikan dan Pelatihan ”Bakti Wijaya” Medan, mengajar dengan materi Pengenalan Perpajakan, Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan, Pajak Penghasilan Orang Pribadi, Akuntansi Dasar serta Akuntansi Pajak. Beliau Sekarang dosen tetap Fakultas Ekonomi Universitas Pelita Harapan (UPH) Kampus Medan dengan mata kuliah Research Methodology, Corporate Finance, Issue in Financial Accounting and Reporting, Business Statistics, Managerial Accounting. Penulis pernah menjadi pemakalah di Fakultas Bisnis - Unika Widya Mandala Surabaya pada kegiatan The 9th NCFB 2016 and Doctoral Colloquium 2016, Pemakalah di Faculty of Economics and Business, Universitas Indonesia (FEB UI) tanggal 2 – 3 Agustus 2017 pada kegiatan International Conference And Doctoral Colloquium In Finance 2017 (The 3rd IFA Annual Conference), Pemakalah di The 4th Sebelas Maret International Conference on Business, Economics and Social Sciences...
Muhammad Yusran - Penulis adalah seorang Dosen Tetap pada Program Studi Akuntansi di Universitas Sulawesi Barat. Riwayat pendidikan Sekolah Dasar di SDN 043 Ongkoe Kecamatan Belawa Kabupaten Wajo, Pendidikan Sekolah Menengah Pertama di SMP 1 Wonomulyo Kecamatan Wonomulyo Kabupaten Polewali Mamasa, Pendidikan Sekolah Menengah Atas di SMA 1 Belawa Kabupaten Wajo, sedangkan Riwayat pendidikan S1 di Universitas Negeri Makassar Tahun 2005, Tingkat Pascasarjana (S2) Prodi Manajemen Pendidikan di Universitas Negeri Makassar Tahun 2014. Pasca Sarjana (S2) Prodi Ilmu Akuntansi Universitas Muslim Indonesia Tahun 2017. Penulis telah berkarir dalam dunia pendidikan dan Pengajaran sejak 2006. Bidang Ilmu yang penulis tekuni sekarang ini yakni auditing. Tugas Tambahan sebagai Tim Satuan Pengawas Internal (SPI) di Universitas Sulawesi Barat (2018-2022). Penulis juga aktif mengajar sebagai Tutor Tuweb di UPBJJ Majene di Provinsi Sulawesi Barat dan Tutor Online Universitas Terbuka di Jakarta.
Ivana Nina Esterlin Barus - Ketertarikan penulis terhadap ilmu akuntansi dimulai pada tahun 2002 silam. Hal tersebut membuat penulis memilih untuk masuk ke Perguruan Tinggi dan berhasil menyelesaikan studi S1 di prodi AKUNTANSI UNIVERSITAS HKBP NOMMENSEN MEDAN pada tahun 2006. Tiga tahun kemudian, penulis menyelesaikan studi Pendidikan Profesi Akuntansi di PPAk UNIVERSITAS GADJAH MADA YOGYAKARTA dan pada tahun 2010, penulis menyelesaikan studi S2 di prodi MAGISTER AKUNTANSI UNIVERSITAS GADJAH MADA YOGYAKARTA.

Penulis memiliki kepakaran dibidang Akuntansi Keuangan. Perwujudan karir sebagai dosen professional dilakukan penulis dengan tetap aktif sebagai peneliti dibidang Akuntansi Keuangan. Dosen Profesional juga harus senantiasa menjalankan Tridharma Perguruan Tinggi. Kegiatan mengajar dilaksanakan oleh penulis untuk dapat menghasilkan lulusan akuntansi yang berkualitas. Penulis juga telah melakukan penelitian dan pengabdian masyarakat yang didanai oleh internal perguruan tinggi dan juga Kemenristek DIKTI. Selain peneliti, penulis juga aktif menulis buku dengan harapan dapat memberikan kontribusi positif bagi bangsa dan negara yang sangat tercinta ini.
Baso R. - Lahir di Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan, Putra Pertama dari H. Ranung (alm.) dan Hj. Rampe. Anak pertama dari 5 bersaudara. Menyelesaikan Sekolah Dasar (SD) Neg. 124 di Batuasang, Sekolah Menengah Pertama Negeri Batuasang (SMP), di Kec. Herlang Kab Bulukumba, Sekolah Menengah Ekonomi Atas (SMEA) Negeri di Kab. Bulukumba, Diploma Tiga (D3) Universitas Hasanuddin Fakultas Ekonomi, Strata Satu (S1) Universitas Hasanuddin Program Studi Akuntansi, Strata Dua (S2) STIM – LPI Makassar. Saat ini sebagai Dosen Tetap pada Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Wira Bhakti Makassar dengan mengampuh beberapa mata kuliah Pengantar Akuntansi, Akuntansi Biaya, Perpajakan, Auditing, Analisa Laporan Keuangan dan Akuntansi Keuangan Menengah. Sebagai Dosen Luar Biasa Pada Universitas Muhammadiyah Kupang dan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi – LPI Makassar. Sebelumnya penulis bekerja pada PT. Okishin Flores (Penanaman Modal Asing (PMA Jepang) sebagai General Manager Keuangan & Akuntansi, Eksport/Import. Mengikuti Training Fisheries Business Management Course di Negara di Jepang. Aktif menulis artikel di beberapa jurnal nasional.
Surianto - Ketertarikan penulis terhadap ilmu ekonomi Akuntansi dimulai pada tahun 2006. Hal tersebut membuat penulis memilih untuk masuk kuliah di perguruan tinggi swasta yaitu Universitas Muhammadiyah Makassar dengan memilih Jurusan Akuntansi dan berhasil lulus pada tahun 2010. Penulis kemudian melanjutkan pendidikan S2 di prodi Manajemen dengan konsentrasi Manajemen keuangan pada Program Pasca Sarjana Muhammadiyah Makassar. Penulis memiliki minat di bidang Akuntansi dan untuk mewujudkan karir sebagai dosen profesional, penulis pun aktif sebagai peneliti di bidang kepakarannya tersebut. Beberapa penelitian yang telah dilakukan didanai oleh internal perguruan tinggi dan juga Kemenristek DIKTI. Selain peneliti, penulis juga aktif menulis buku dengan harapan dapat memberikan kontribusi positif bagi bangsa dan negara yang sangat tercinta ini.
Salmiyah Thaha - Saat ini bekerja sebagai dosen tetap yayasan di STlE Tri Dharma Nusantara Makassar Mata kuliah yang diampu adalah manajemen keuangan dan ekonomi manajerial, aktif melakukan penelitian terutama kajian yang berkaitan dengan usaha kecil dan menengah.Penulis juga aktif menulis buku dengan harapan dapat memberi kontribusi dalam dunia pendidikan di negara kita tercinta. Setelah lulus di tahun 2021 pada program Doktor Pendidikan Ekonomi di Universitas Negeri Makassar penulis fokus mengajar di STIE Tri Dharma Nusantara.
Justita Dura - Ketertarikan penulis terhadap ilmu akuntansi dimulai pada tahun 2005 silam. Hal tersebut membuat penulis memilih untuk masuk ke Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dengan memilih Jurusan Akuntansi dan berhasil lulus tahun 2009. Tiga tahun kemudian penulis melanjutkan studi S2 di Prodi Magister Akuntansi Universitas Trisakti Jakarta. Tahun 2017 penulis melanjutkan study S3 di Universitas Merdeka Malang.

Penulis memiliki kepakaran di bidang Akuntansi dan Keuangan. Dan untuk mewujudkan karir sebagai dosen profesional, penulis pun aktif sebagai peneliti dibidang kepakarannya tersebut. Beberapa penelitian yang telah dilakukan didanai oleh internal perguruan tinggi dan juga Kemenristek DIKTI. Selain peneliti, penulis juga aktif dalam kegiatan pengabdian masyarakat dengan harapan dapat memberikan kontribusi positif bagi masyarakat.
Sitti Murniati - Penulis adalah alumni S1 Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Wira Bhakti Makassar pada Program Studi Akuntansi Tahun 2004 dan merupakan salah satu mahasiswa penerima Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik. Pada tahun 2006. penulis melanjutkan studi ke tingkat Program Pascasarjana

Universitas Hasanuddin dan memperoleh beasiswa pendidikan dari Departemen Pendidikan Nasional serta memilih konsentrasi Manajemen Keuangan dan menyelesaikan studi pada tahun 2008. Selanjutnya pada tahun 2011, penulis mengikuti pendidikan Profesi Akuntansi di Universitas Hasanuddin. Penulis kemudian melanjutkan pendidikan ke tingkat Doktoral pada Program Pascasarjana, Program Studi Doktor Ilmu Manajemen di Universitas Muslim Indonesia pada Tahun 2015 dengan konsentrasi Manajemen Keuangan dan merupakan salah satu mahasiswa yang berhasil lolos sebagai penerima Beasiswa Pascasarjana Dalam Negeri (BPDN) serta berhasil lolos seleksi sebagai penerima Hibah Disertasi dan menyelesaikan studi pada Tahun 2019. Dan untuk mewujudkan karir sebagai dosen profesional, penulis aktif sebagai peneliti dibidang Akuntansi dan Manajemen Keuangan.
Ernie Soedarwati - Lahir pada tanggal 20 Desember 1981 di Bandung. Penulis menempuh pendidikan di bidang akuntansi pada tahun 2000 di Universitas Widyatama lulus tahun 2004. Menggeluti bidang akuntansi (auditing) bermula dari menjadi junior auditor selama 3 tahun di KAP Joseph Munthe. Kemudian berkarir menjadi dosen pada Perguruan Tinggi STIEB Perdana Mandiri Purwakarta mulai tahun 2009 sampai dengan saat ini. Mata kuliah yang diampu yaitu di bidang akuntansi (pengantar akuntansi, akuntansi keuangan menengah dan akuntansi keuangan lanjtan), akuntansi biaya, auditing, lab audit dan internal audit Penulis kemudian melanjutkan studi S2 di program studi magister ilmu ekonomi – akuntansi Universitas Padjadjaran.

Beberapa penelitian dilakukan dengan mengambil berbagai bidang seperti anggaran, perilaku akuntansi, dan akuntansi keuangan. Penulis membuat beberapa modul untuk bahan pengajaran. Untuk menambah wawasan dan pengetahuan terbaru di bidang akuntansi maka diikuti berbagai seminar atau webinar yang diselenggarakan oleh berbagai Perguruan Tinggi dan organisasi profesi yang terkait dengan bidang ilmu akuntansi terbaru. Penulis mengikuti berbagai forum dosen di bidang akuntasi dan audit.
Clara Neltje Meini Rotinsulu - Penulis tertarik ilmu manajemen keuangan sejak kuliah pertama tahun 1988. dan membuat penulis memilih konsentrasi manajemen keuangan saat menyelesaikan studi di S1, S2 hingga S3. Penulis menyelesaikan studi S1 tahun 1993 di Fakultas Ekonomi Universitas Sam Ratulangi dan melanjutkan ke S2 tahun 2007 juga pada Pasca Sarjana fakultas yang sama. Penulis menyelesaikan studi S3 pada Pasca Sarjana Universitas Muslim Indonesia.

Profesi penulis adalah dosen yang dipekerjakan pada salah satu perguruan tinggi swasta. Dan untuk mewujudkan karir sebagai dosen profesional, penulis pun aktif sebagai peneliti dibidang kepakaran tersebut. Beberapa penelitian yang telah dilakukan didanai oleh internal perguruan tinggi dan juga Kemenristek DIKTI. Selain peneliti, penulis juga aktif menulis buku dengan harapan dapat memberikan kontribusi positif bagi bangsa dan negara yang sangat tercinta ini. Atas dedikasi dan kerja keras dalam menulis buku.
Irwan Moridu - Lahir pada tahun 1987 di Luwuk, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah adalah dosen tetap di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Program Studi Manajemen Universitas Muhammadiyah Luwuk. Menamatkan Pendidikan Sarjana Pada Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Luwuk tahun 2012 dan Program Magister Dalam Bidang Ilmu Manajemen di Universitas Muslim Indonesia Makassar pada tahun 2015.

Penulis pernah 2 kali mendapatkan hibah dari penelitian dosen pemula yang didanai oleh Kemenristek Dikti yaitu tahun 2017 dan 2018, serta hibah Pengabdian Kepada Masyarakat pada tahun 2019. Penulis memiliki kepakaran dalam bidang manajemen khususnya keuangan dan fokus dalam penulisan buku serta artikel ilmiah baik nasional maupun internasional.
Wulan Ayuandiani. - Wulan Ayuandiani. Penulis me-miliki latar belakang Pendidikan di keuangan. Awalnya penulis sangat tertarik dengan ilmu exact terutama hitung menghitung, sehingga dari kegemaran ini penulis berusaha mencari tahu rasanya belajar ilmu sosial itu seperti apa, me-manage keuangan itu bagaimana sehingga dari sikap kaingin-tahuan ini penulis memilih jurusan manajemen, baik pendidikan sarjana maupun pasca-sarjana. Penulis menempuh Pendidikan S1 jurusan Manajemen di STIE Muhammadiyah Mamuju Tahun 2011 dengan gelar Cumlaude. Selanjutnya penulis melanjutkan pen-didikan pascasarjana, Magister Manajemen, Konsen-trasi Keuangan di Universitas Hasanuddin Tahun 2016 dengan memiliki IPK tertinggi pada Kelas Konsentrasi Keuangan.

Penulis memiliki kepakaran dibidang Keuangan. Sebagai dosen profesional dan telah memiliki serti-fikasi dosen, penulis pun aktif dalam menulis pene-litian dan melaksanakan pengabdian sesuai dengan bidang konsentrasi manajemen keuangan. Beberapa penelitian dan pengabdian, penulis telah didanai oleh internal perguruan tinggi dan Kemenristek DIKTI serta adapun beberapa penelitian penulis dilakukan secara mandiri. Selain penelitian dan pengabdian, penulis juga aktif sebagai MC (Master of Ceremony) di berbagai acara eksternal dan internal Fakultas Eko-nomi Universitas Sulawesi Barat. Prinsip penulis adalah jadilah manusia yang serba bisa, bukan hanya fakum dan menguasai satu ilmu saja, melainkan jadi-lah manusia yang multitalent dan dapat berguna dimanapun Anda berada.
St. Salmah Sharon - Penulis merupakan profesional di Bidang Akuntansi yang saat ini menjadi dosen tetap Yayasan UC Makassar – Ciputra School of Business. Sejak Tahun 2005 - skrng, penulis bergabung menjadi Dosen di beberapa Perguruan Tinggi Swasta di Sulawesi Selatan dan juga aktif di NGO dan terlibat dalam beberapa projeck yang bekerjasama dengan Workbank, Europen Union, Partnership. Penulis juga menjadi salah satu Tim Auditor Kantor Akuntan Publik dan Tenaga Ahli di DPRD Kota Makassar. Beberapa karya tulis yang telah di publikasikan yakni Petuah Pancasila untuk Akuntabilitas Partai Politik, Refleksi Rumah Adat Ammatoa dalam Akuntabilitas Organisasi (Best Paper).

Editor

Syaiful Bahri - Menyelesaikan pendidikan S1 Jurusan Akuntansi di Universitas Muhammadiyah Malang, S2 Sains Akuntansi di Univesitas Brawijaya Malang, Program Pendidikan Profesi Akuntan di STIE Malangkucecwara Malang dan S3 Ilmu Ekonomi Akuntansi di Universitas Merdeka Malang.

Pada saat proses penyelesaian Strata-1, pernah menjadi Asisten Dosen Laboratorium Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Malang. Sejak tahun Januari 2002 telah tercatat sebagai staf pengajar di Unit kerja Wilayah Kopertis VII. Penulis pernah mengajar di beberapa perguruan tinggi swasta, seperti Universitas Islam Madura Pamekasan, Universitas Madura Pamekasan. Sekarang sebagai dosen tetap Fakultas Ekonomi Dan Bisnis di Institut Teknologi Dan Bisnis Asia Malang.

Buku yang telah dihasilkan adalah Buku Pengantar Akuntansi, Pengantar Akuntansi Berdasarkan SAK ETAP dan IFRS (Edisi III), Praktek Kerja Akuntansi Entitas Jasa dan Entitas Dagang (Berdasarkan SAK ETAP), Metodologi Penelitian Bisnis; Lengkap dengan Teknik Pengolahan Data SPSS, Akuntansi Manajemen; Teori dan Aplikasi, Akuntansi Keuangan Menengah (Berdasarkan SAK), Akuntansi Biaya, dan Akuntansi UMKM (Pendekatan Praktis Berdasarkan SAK EMKM).

Daftar Isi

Cover Depan
Kata Pengantar
Daftar Isi
Bab 1. Pengantar Analisa Laporan Keuangan
     Pendahuluan
     Pengantar Analisis Laporan Keuangan
     Analisis Bisnis
     Laporan Keuangan – Dasar Analisis
Bab 2. Laporan Keuangan
     Pendahuluan
     Pengertian Laporan Keuangan
     Manfaat, Fungsi Serta Sifat dan Ciri – Ciri dari Laporan Keuangan
     Cara Menyusun Laporan Keuangan Sesuai PSAK
     Pembagian Laporan Keuangan
     Pengguna Laporan Keuangan
Bab 3. Konsep Analisis Laporan Keuangan
     Pendahuluan
     Pengertian
     Analisis Laporan Keuangan
     Karakteristik Penting Laporan Keuangan
     Konsep-Konsep Dasar dalam Laporan Keuangan
     Keterbatasan Laporan Keuangan
     Tujuan Laporan Keuangan
     Jenis Analisis Laporan Keuangan
     Teknik - Teknik Analisis Laporan Keuangan
     Obyek Analisis Laporan Keuangan
     Proses Analisis Laporan Keuangan
     Tujuan Analisis Laporan Keuangan
     Manfaat Analisis Laporan Keuangan
Bab 4. Teknik dan Tahapan Anallisis Laporan Keuangan
     Pendahuluan
     Teknik Analisis Laporan Keuangan
     Analisis Khusus
     Analisis Break Even Point
     Analisis Du-Pont
Bab 5. Analisis Horizontal
     Pendahuluan
     Analisis Horizontal Mengukur Kinerja Keuangan
     Tujuan dan Prinsip Analisis Horizontal
     Teknik Analisa Laporan Keuangan
     Prosedur Metode Analisis Horizontal
     Studi Kasus Perusahaan menggunakan Analisis Horizontal
Bab 6. Analisis Vertikal
     Pendahuluan
     Analisis Vertikal
     Tujuan Analisis Vertikal
     Interpretasi Terhadap Laporan Posisi Keuangan PT Mahoni 2019
     Interpretasi Terhadap Laporan Posisi Keuangan PT Mahoni 2020
     Interpretasi Terhadap Laporan Laba Rugi
Bab 7. Analisis Trend
     Pendahuluan
     Analisis Trend Atau Tendensi
     Misleading dalam Analisis Trend
     Cara Perhitungan Analisis Trend
Bab 8. Analisis Rasio
     Pendahuluan
     Pengertian Pengungkapan Laporan Keuangan
Bab 9. Analisis Arus Kas
     Pendahuluan
     Penyusunan Laporan Arus Kas
     Metode Penyusunan Laporan Arus Kas
     Rasio Laporan Arus Kas
Bab 10. Analisis Modal Kerja
     Pengertian
     Pentingnya Modal Kerja
     Jenis-Jenis Modal Kerja
     Analisis Modal Kerja
     Sumber dan Penggunaan Modal Kerja
     Analisis Kebutuhan Modal Kerja
Bab 11. Anallisis Break Even Point
     Pengertian
     Asumsi-Asumsi Dasar Analisis Break Even Point
     Metode Grafik
     Metode Aljabar
     Faktor yang Mempengaruhi Analisis Break Even Point
Bab 12. Analisis Kredit
     Pendahuluan
     Pengertian Kredit dan Analisa Kredit
     Tujuan dan Fungsi Kredit
     Unsur – Unsur Kredit
     Jenis – Jenis Kredit
     Prinsip - Prinsip dalam Pemberian Kredit
     Kredit Macet
Bab 13. Analisis Du Pont
     Pengertian
     Keunggulan dan Kelemahan Analisis Du Pont System
     Rasio Profitabilitas
     Rasio Aktivitas
     Bagan Du Pont
Bab 14. Analisis Economic Value Added (EVA)
     Pengertian Analisis Laporan Keuangan
     Tujuan Analisis Laporan Keuangan
     Objek Analisis Laporan Keuangan
     Definisi Kinerja Keuangan
     Manfaat Kinerja Keuangan
     Definisi Economic Value Added (EVA)
     Tujuan Economic Value Added (EVA)
     Manfaat Economic Value Added (EVA)
     Keunggulan dan Kelemahan Economic Value Added (EVA)
     Perhitungan Metode Economic Value Added (EVA)
     Pengukuran Economic Value Added (EVA
     Hubungan Kinerja Keuangan dengan Metode EVA
     Strategi Menaikkan Economic Value Added (EVA)
Bab 15. Analisis Laba
     Konsep Laba Akuntansi
     Komponen Laba Rugi
     Analisis Laba
     Kualitas Laba
     Manajemen Laba
Cover Belakang