Tampilkan di aplikasi

Buku Media Sains Indonesia hanya dapat dibaca di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.

Analisis Laporan Keuangan

: Penilaian Kinerja Perusahaan Dengan Pendekatan Rasio Keuangan

1 Pembaca
Rp 95.000 32%
Rp 65.000

Patungan hingga 5 orang pembaca
Hemat beli buku bersama 2 atau dengan 4 teman lainnya. Pelajari pembelian patungan disini

3 Pembaca
Rp 195.000 13%
Rp 56.333 /orang
Rp 169.000

5 Pembaca
Rp 325.000 20%
Rp 52.000 /orang
Rp 260.000

Pembelian grup
Pembelian buku digital dilayani oleh penerbit untuk mendapatkan harga khusus.
Hubungi penerbit

Perpustakaan
Buku ini dapat dibeli sebagai koleksi perpustakaan digital. myedisi library

Dengan demikian, buku "Analisis Laporan Keuangan" tidak hanya menjadi sumber referensi yang berharga bagi para profesional keuangan dan akuntansi, tetapi juga dapat menjadi panduan yang bermanfaat bagi mahasiswa dan akademisi yang tertarik dalam memahami lebih dalam tentang laporan keuangan perusahaan. Kesadaran akan pentingnya perbaikan terus-menerus dan penerimaan terhadap masukan dari pembaca membuat buku ini tetap relevan dan berharga di tengah perubahan dinamis dalam dunia keuangan dan bisnis.

Buku Analisis Laporan Keuangan yang ada dihadapan pembaca ini tentu jauh dari kata sempurna, karena hakikatnya kesempurnaan hanya milik Allah swt. Untuk itu, selalu ada celah perbaikan-perbaikan selanjutnya. Sehingga demikian, kritik dan saran yang membangun dari para pembaca sangat kami harapkan untuk kesempurnaan buku ini di masa mendatang.

Ikhtisar Lengkap   
Penulis: Ruki Ambar Arum, S.E., M.M. / Yuyun Wahyuni, S.E., M.Si. / Rida Ristiyana / Umi Nadhiroh, S.E., M.M. / Dr. Iwan Wisandani, S.E.I., M.A. / Diana Widhi Rachmawati, S.Ip., M.M. / Hilda Salman Said, S.E., M.Si., Ak., CA., CPA. / Retno Ika Sundari, S.E., M.Si. / Dr. Sufyati HS., S.E., M.M. / Hartatik, S.Si., M.Si. / Agung Anggoro Seto, S.E., M.Si. / Bakri, S.E., M.Ak.
Editor: Suwandi

Penerbit: Media Sains Indonesia
ISBN: 9786233623131
Terbit: Januari 2022 , 233 Halaman










Ikhtisar

Dengan demikian, buku "Analisis Laporan Keuangan" tidak hanya menjadi sumber referensi yang berharga bagi para profesional keuangan dan akuntansi, tetapi juga dapat menjadi panduan yang bermanfaat bagi mahasiswa dan akademisi yang tertarik dalam memahami lebih dalam tentang laporan keuangan perusahaan. Kesadaran akan pentingnya perbaikan terus-menerus dan penerimaan terhadap masukan dari pembaca membuat buku ini tetap relevan dan berharga di tengah perubahan dinamis dalam dunia keuangan dan bisnis.

Buku Analisis Laporan Keuangan yang ada dihadapan pembaca ini tentu jauh dari kata sempurna, karena hakikatnya kesempurnaan hanya milik Allah swt. Untuk itu, selalu ada celah perbaikan-perbaikan selanjutnya. Sehingga demikian, kritik dan saran yang membangun dari para pembaca sangat kami harapkan untuk kesempurnaan buku ini di masa mendatang.

Pendahuluan / Prolog

Kata Pengantar
Puji syukur senantiasa selalu kami panjatkan kehadirat Allah swt. yang telah memberikan rahmat dan hidayah- Nya sehingga dapat menyelesaikan penyusunan buku kolaborasi dalam bentuk book chapter yang berjudul “Analisis Laporan Keuangan” ini dengan tepat waktu dan tanpa adanya hambatan yang berarti. Penulis dalam book chapter ini merupakan para akademisi dan praktisi yang memiliki kepakaran di bidangnya masing-masing.

Kehadiran buku ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pada ilmu pengetahuan terkhusus mengenai Analisis Laporan Keuangan. Shalawat dan salam kami ucapkan kepada junjungan Nabi Besar kita, Muhammad saw.

Buku Analisis Laporan Keuangan yang ada dihadapan pembaca ini tentu jauh dari kata sempurna, karena hakikatnya kesempurnaan hanya milik Allah swt. Untuk itu, selalu ada celah perbaikan-perbaikan selanjutnya.

Sehingga demikian, kritik dan saran yang membangun dari para pembaca sangat kami harapkan untuk kesempurnaan buku ini di masa mendatang.

Keberhasilan penyusunan dan penerbitan book chapter ini tentunya bukan atas usaha penulis semata, namun ada pihak-pihak yang ikut andil membantu dan mendukung untuk suksesnya penulisan buku ini. Untuk itu, kami haturkan terima kasih sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah mendukung proses penyusunan dan penerbitan buku ini, terkhusus kepada Penerbit Media Sains Indonesia. Semoga yang telah terlibat dalam penyusunan dan penerbitan buku ini menjadi amal jariyah di sisi Allah swt. Aamiin.

Penulis

Ruki Ambar Arum, S.E., M.M. - Adalah dosen Politeknik Informatika Nasional Makassar sejak tahun 2015. Menempuh Pendidikan S1 di Universitas Mercu Buana Yogyakarta (2006) dan S2 di Universitas Hasanuddin (2010). Penulis juga merupakan praktisi di perusahaan swasta serta aktif melakukan beberapa research mandiri dalam bidang akuntansi dan manajemen keuangan. Disela-sela kesibukannya, penulis juga aktif dalam kegiatan pengabdian masyarakat. Pengalaman akademis dimulai dari tahun 2008 di LP3I Makassar sebagai staf pengajar dan hingga saat ini aktif sebagai dosen pegajar mata kuliah, pembimbing dan penguji tugas akhir dalam bidang akuntansi dan keuangan.
Yuyun Wahyuni, S.E., M.Si. - Penulis merupakan dosen di STIE Isti Ekatana Upaweda Yogyakarta. Saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua II Bidang Keuangan, Administrasi dan Umum. Pendidikan S1 ditempuh di Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) lulus tahun 2000. Pendidikan S2 diselesaikan tahun 2006 di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta.

Hasil penulisan dalam bentuk buku ajar telah dihasilkan, di antaranya Metodologi Penelitian Bisnis Bidang Kesehatan, Dasar-dasar Statitik Deskriptif, Dasar-dasar Statistik Inferensial, dan Dasar-dasar Manajemen Keuangan. Selain itu, penulis juga aktif melakukan berbagai penelitian yang terbit di berbagai jurnal nasional maupun internasional. Kritik dan saran dapat disampaikan langsung ke penulis melalui email.
Rida Ristiyana - Adalah dosen yang telah tersertifikasi sebagai dosen profesional. Ia adalah dosen tetap pada Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Syekh-Yusuf (UNIS) Tangerang. Ia menyelesaikan Pendidikan S-1 Akuntansi di Universitas Stikubank (UNISBANK) Semarang pada tahun 2013 dan menyelesaikan Pendidikan S-2 Akuntansi di Universitas Mercu Buana (UMB) Jakarta pada tahun 2016. Pada dua pendidikan tersebut memperoleh predikat Cumlaude. Pada tahun 2021 telah menyelesaikan sertifikasi profesi peneliti.

Penulis memiliki kepakaran di bidang Akuntansi, Pajak, Keuangan dan untuk mewujudkan karir sebagai dosen profesional, penulis pun aktif sebagai peneliti dibidang kepakarannyadan hasil penelitian telah didanai oleh internal perguruan tinggi serta dipublikasikan pada jurnal-jurnal terakreditasi. Selain itu, penulis juga menjadi reviewerpada dewan redaksi di beberapa OJS. Penulis juga aktif menjadi pemakalah diberbagai kegiatan ilmiah dan menjadi narasumber pada workshop/seminar/lokakarya tertentu. Disisi lain, penulis juga aktif dalam menulis buku dengan harapan dapat memberikan kontribusi positif bagi bangsa dan negara yang nantinya dapat menjadi ilmu jariyah dan ladang pahala demi mencerdaskan anak bangsa.
Umi Nadhiroh, S.E., M.M. - Penulis adalah dosen tetap Fakultas Ekonomi Universitas Islam Kadiri Kediri sejak tahun 2015 sampai sekarang. Pangkat akademik yang dimiliki Asisten Ahli (AA) dengan mata kuliah yang diampu Pengantar Akuntansi, Akuntansi Biaya, Akuntansi Manajemen, Komunikasi dan Negosiasi Bisnis, Manajemen Operasional, Manajemen Rantai Pasok, dan Ekonomi dan Bisnis Syariah. Setelah menyelesaikan Sarjana Ekonomi di STIE Canda Bhirawa Kediri tahun 2009 kemudian melanjutkan Gelar Magister Manajemen di Universitas Islam Kadiri Kediri tahun 2012.

Sebagai seorang yang sepenuhnya mengabdikan dirinya sebagai dosen, selain pendidikan formal penulis juga mengikuti pelatihan untuk meningkatkan kinerja dosen, khususnya di bidang pengajaran, penelitian dan pengabdian, baik dari UNISKA sebagai tempat mengabdi, juga dari pemerintah (DIKTI dan L2DIKTI Wilayah VII). Beberapa penelitian yang telah dilakukan didanai oleh internal perguruan tinggi dan juga Kemenristek DIKTI. Selain peneliti, penulis juga aktif menulis buku dengan harapan dapat memberikan kontribusi positif bagi bangsa dan negara yang sangat tercinta ini. Sekarang penulis diberikan kepecayaan sebagai Kepala Laboratorium Olah Data di Universitas Islam Kadiri Kediri. Penulis juga aktif di beberapa organisasi kemasyarakatan dan organisasi profesi serta aktif mengikuti seminar yang diadakan di kampus maupun luar kampus untuk menambah pengetahuannya.
Dr. Iwan Wisandani, S.E.I., M.A. - Ketertarikan penulis terhadap ilmu Akuntansi dimulai pada tahun 1997 silam. Hal tersebut membuat penulis memilih untuk masuk Jurusan Ekonomi Islam Bidang Peminatan Akuntansi. Penulis kemudian melanjutkan pendidikan S2 ke Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung pada tahun 2006. Tahun 2019 penulis berhasil lulus pada Program Doktor Ilmu Ekonomi Islam di Universitas Airlangga Surabaya.

Penulis memiliki kepakaran di bidang Akuntansi Syariah dan Akuntansi Keuangan. Kemudian untuk mewujudkan karir sebagai dosen profesional, penulis pun aktif sebagai peneliti di bidang kepakarannya tersebut. Beberapa penelitian yang telah dilakukan didanai oleh internal perguruan tinggi dan juga Kemendikbudristek. Selain peneliti, penulis juga aktif menulis buku dengan harapan dapat memberikan kontribusi positif bagi bangsa dan negara yang sangat tercinta ini.
Diana Widhi Rachmawati, S.Ip., M.M. - Penulis telah menyelesaikan Pendidikan Sarjana di Program Studi Ilmu Administrasi Negara. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Sriwijaya (UNSRI). Palembang tahun 1998, setelah mengikuti Program Sarjana Pendamping dan Penyuluh Pedesaan di tahun 1998, Program Pasca Sarjana Magister Manajemen pada Konsentrasi Manajemen Keuangan di STIE IPWI Jakarta, merupakan keputusan penulis untuk melanjutkan pendidikan Master dan berhasil menyelesaikannya di tahun 2001.

Awal Perjalanan Karir Pernah terlibat langsung dalam team manajemen sebagai Section Head di PT Lottemart Wholesale Indonesia store 14 Palembang sejak tahun 2004 hingga 2018 sebagai Section Head untuk Divisi Check Out End Control, Divisi Non Food, Divisi Dry Food, Divisi Good Merchandise, Divisi Cashier dan Divisi Fresh Food. Semenjak tahun 2012 hingga sekarang, berkarir sebagai dosen tetap di Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Palembang dan mengampu Pemeriksaan Akuntansi, Manajemen Keuangan, Analisa Laporan Keuangan, Manajemen dan Kepemimpinan, Kewirausahaan, Akuntansi Perbankan dan Akuntansi Perbankan Syariah.
Hilda Salman Said, S.E., M.Si., Ak., CA., CPA. - Penulis adalah seorang Akuntan yang saat ini aktif sebagai akademisi maupun praktisi. Penulis menamatkan pendidikan S1 Akuntansi di Universitas Andalas Padang pada tahun 1997 dan jenjang S2 Magister Akuntansi di Universitas Indonesia pada tahun 2000. Saat ini, Penulis tengah menyelesaikan S3 di Program Doktor Ilmu Ekonomi Konsentrasi Akuntansi Universitas Diponegoro.

Sebagai akademisi saat ini, Penulis merupakan dosen di Universitas Telkom Bandung, serta pernah mengajar pada beberapa PTS di Jakarta. Sebagai seorang praktisi, penulis pernah aktif sebagai auditor eksternal dan bergabung dengan KAP Junaedi, Chairul dan Rekan. Saat ini, Penulis aktif sebagai internal auditor pada Lembaga Amil Zakat Infak dan Sedekah Pimpinan Pusat Muhammadiyah.
Retno Ika Sundari, S.E., M.Si. - Penulis tertarik pada bidang akuntansi yang unik. Hal ini dikarenakan akuntansi menyentuh pada semua bidang pekerjaan dan berada di semua organisasi. Mulai dari organisasi yang bersifat profit oriented, hingga organisasi nirlaba, semuanya membutuhkan akuntansi. Ketertarikan penulis terhadap akuntansi membawa langkah penulis untuk mengambil Program Studi Akuntansi di Universitas Sanata Dharma pada tahun 1997 dan lulus di tahun 2001. Kecintaan pada akuntansi menjadikan penulis meneruskan langkah ke Program Studi Magister Sains dan Doktor Ilmu Akuntansi Universitas Gadjah Mada pada tahun 2002 dan lulus pada tahun 2004 dengan berkonsentrasi pada Akuntansi Keuangan dan Pasar Modal. Kini penulis tengah melanjutkan studi menempuh jenjang Pendidikan Doktor di Universitas Diponegoro, Program Studi Doktor Ilmu Akuntansi pada tahun 2018. Kali ini penulis mengembangkan keilmuan dengan menggunakan paradigma non-positivsm di bidang akuntansi sektor publik.

Kendati mengambil studi kualitatif, hal ini tidak menjadikan penulis antipati pada paradigma yang lain. Hal ini dibuktikan dengan beberapa tulisan yang dimuat dalam jurnal terakditasi. Beberapa penelitian yang telah dilakukan didanai oleh internal perguruan tinggi dan juga Kemenristek DIKTI. Selain peneliti, penulis juga aktif menulis buku dengan harapan dapat memberikan kontribusi positif bagi bangsa dan negara yang sangat tercinta ini.
Dr. Sufyati HS., S.E., M.M. - Penulis menyelesaikan pendidikan terakhirnya di SPS UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Menjadi dosen sejak tahun 1991, saat ini sebagai dosen tetap Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta.Selain mengajar penulis juga aktif sebagai pengurus dibeberapa organisasi, telah mempublikasikan beberapa buku, jurnal dan beberapa penelitian yang telah dilakukan didanai oleh internal perguruan tinggi dan juga Kemenristek DIKTI.Bersertifikasi Certivied International Research Reviewer (CIRR), Kewirausahaan, Pendamping UMKM, Coach RSK.
Hartatik, S.Si., M.Si. - Lahir di desa yang indah,Desa Tunggur, Lembeyan, Jawa Timur Kota Magetan. Menempuh pendidikan S1 di Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) Jurusan Matematika dan S2 di Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS) Jurusan Statistika Keminatan Statistika Komputasi. Profesi sebagai dosen di Perguruan Tnggi di Surabaya tahun 2001-2005. Pengalaman praktis manajerial di antaranya pengalaman saat bekerja di perusahaan multinasional bidang multimedia dan TI di Surabaya sebagai manager operasional tahun 2004-2009, diamanti sebagai Pengelola Program Studi Teknik Informatika tahun 2018-sekarang, serta konsultan pengolahan dan analisa data sampai sekarang.

Saat ini penulis aktif mengajar di Universitas Sebelas Maret Surakarta Program Studi Teknik Informatika dari tahun 2009 hingga sekarang, juga aktif dalam komunitas bidang teknologi informasi sesuai dengan keminatan bidang riset yang ditekuni yaitu giat perempuan dan SDM, big data, artificial intellegence, business intellegence, Machine learning, data scientist.
Agung Anggoro Seto, S.E., M.Si. - Lahir di Palembang, 1 Juni 1989, mendapatkan gelar Sarjana Ekonomi Manajemen dari Universitas Muhammadiyah Palembang (2011), dan Magister Science di bidang manajemen dari Universitas Sriwijaya (2014). Karir sebagai dosen dimulai ketika menjadi dosen di STIE Lembah Dempo Pagaralam (2013-2015) dan dilanjutkan di Universitas Tridinanti Palembang (2015-Maret 2019) dan sekarang aktif sebagai tenaga pengajar di Politeknik Negeri Sriwijaya.

Penulis memiliki kepakaran dibidang manajemen keuangan, selain aktif mengajar penulis juga aktif melakukan penelitian sebagai salah satu darmanya sebagai dosen. Beberapa hibah penelitian tingkat internal dan kemenristekdikti pernah penulis dapatkan. Selain itu penulis juga aktif berkolaborasi dalam penulisan buku ajar diantaranya Buku Ajar Manajemen Risiko (2020) dan Manajemen Keuangan (2020).
Bakri, S.E., M.Ak. - Pendidikan penulis Sarjana Ekonomi Jurusan Akuntansi, setelah lulus sarjana langsung bekerja di lembaga perbankan selama 3 (tiga) tahun dan kemudian melanjutkan pendidikan pada program Pascasarjana Magister Akuntansi. Pada tahun 2017 penulis menjadi dosen yayasan yang berpangkat asisten ahli pada Peguruan Tinggi Swasta STIE-LPI Makassar Jurusan Akuntansi. Penulis menikah dan sudah memiliki 2 (dua) orang anak.

Daftar Isi

Cover Depan
Kata Pengantar
Daftar Isi
Bab 1. Tinjauan Umum Analisis Laporan Keuangan
     Pendahuluan
     Tujuan Melakukan Analisis Laporan Keuangan
     Kualitas dan Keterbatasan Laporan Keuangan
     Jenis Laporan Keuangan
     Teknik Analisis Laporan Keuangan
Bab 2. Analisis Likuiditas Terhadap Struktur Modal
     Konsep Struktur Modal
     Teori Struktur Modal
     Rasio Pengukuran Struktur Modal
     Konsep Likuiditas
     Rasio Pengukuran Likuiditas
     Hubungan Likuiditas dengan Struktur Modal
Bab 3. Analisis Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan
     Pendahuluan
     Konsep Nilai Perusahaan
     Pengertian Profitabilitas
     Tujuan Rasio Profitabilitas
     Fungsi Rasio Profitabilitas
     Jenis Rasio Profitabilitas
     Contoh Kasus
     Interpretasi:
     Hubungan Profitabilitas dengan Nilai Perusahaan
Bab 4. Analisis Leverage Terhadap Keputusan Pendanaan
     Pendahuluan
     Konsep Keputusan Pendanaan
     Teori-Teori Pendanaan
     Rasio Keputusan Pendanaan
     Konsep Leverage
     Rasio Leverage
     Hubungan Leverage dengan Keputusan Pendanaan
Bab 5. Analisis Aktivitas Terhadap Efisiensi Operasional
     Pendahuluan
     Konsep Efisiensi Operasional
     Pengukuran Efisiensi Operasional
     Konsep Aktivitas
     Rasio Aktivitas
     Hubungan Aktivitas dengan Efisiensi Operasional
bab 6. Analisis Modal Kerja Terhadap Pertumbuhan Laba
     Pengertian Modal Kerja
     Kecukupan Modal Kerja
     Faktor Berpengaruh terhadap Modal Kerja
     Jenis-Jenis Modal Kerja
     Sumber Modal Kerja
     Penggunaan Modal Kerja
     Konsep Modal Kerja
     Rasio Modal Kerja
     Pengertian Laba
     Pengertian Pertumbuhan Laba
     Rasio Pertumbuhan Laba
     Hubungan Modal Kerja dengan Pertumbuhan Laba
Bab 7. Analisis Kemampuan Arus Kas Terhadap Prediksi Arah Operasi
     Cash is King
     Tinjauan Laporan Arus Kas Menurut Standar Akuntansi
     Arus Kas dan Siklus Hidup Perusahaan
     Rasio Arus Kas
     Kemampuan Arus Kas terhadap Prediksi Arah Operasi
Bab 8. Analisis Investigasi Terhadap Kualitas Laba
     Pendahuluan
     Konsep Investasi
     NPV: Indikator dalam Analisis Investasi
     Penilaian Risk and Return dalam Investasi Sekuritas
     Konsep Kualitas Laba
     Hubungan Investasi dengan Kualitas Laba
Bab 9. Analisis Manajemen Aset Terhadap Tingkat Pengambilan Aset
     Pendahuluan
     Definisi Aset
     Jenis-jenis Aset
     Siklus Hidup Aset
     Karakteristik dan Penggunaan Aset
     Konsep Manajemen Aset
     Definisi Manajemen Aset
     Siklus Manajemen Aset
     Rasio Manajemen Aset
     Konsep Tingkat Pengembalian Aset
     Implikasi
Bab 10. Analisis Economic Value Added Terhadap Penentuan Investasi
     Pendahuluan
     Konsep Penentuan Investasi
     Konsep Economic Value Added
     Economic Value Added dalam Perhitungan
     Hubungan Economic Value Added dengan Investasi
Bab 11. Analisis Camel Terhadap Kinerja Perbankan
     Pengantar
     Tingkat Kesehatan Perbankan
     Penilaian Aspek Permodalan Perbankan di Indonesia
     Penilaian Aspek Kualitas Aset Perbankan di Indonesia
     Penilaian Aspek Manajemen Perbankan di Indonesia
     Penilaian Aspek Rentabilitas Perbankan di Indonesia
     Penilaian Aspek Likuiditas Perbankan di Indonesia
     Tingkat Kesehatan Perbankan di Indonesia Tahun2015-2020
     Kinerja Perbankan di Indonesia
     Analisis Camel Terhadap Kinerja Perbankan
Bab 12. Analisis Efektivitas Pengelolaan Keuangan Daerah
     Pendahuluan
     Tinjauan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah
     Konsep Efektivitas
     Konsep Pengelolaan Keuangan Daerah
Cover Belakang