Tampilkan di aplikasi

Buku Media Sains Indonesia hanya dapat dibaca di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.

Pengantar Bisnis

1 Pembaca
Rp 90.000 28%
Rp 65.000

Patungan hingga 5 orang pembaca
Hemat beli buku bersama 2 atau dengan 4 teman lainnya. Pelajari pembelian patungan disini

3 Pembaca
Rp 195.000 13%
Rp 56.333 /orang
Rp 169.000

5 Pembaca
Rp 325.000 20%
Rp 52.000 /orang
Rp 260.000

Pembelian grup
Pembelian buku digital dilayani oleh penerbit untuk mendapatkan harga khusus.
Hubungi penerbit

Perpustakaan
Buku ini dapat dibeli sebagai koleksi perpustakaan digital. myedisi library

Pengantar Bisnis ini disusun oleh para akademisi dan praktisi dalam bentuk buku kolaborasi. Walaupun masih jauh dari kesempurnaan, tetapi kami mengharapkan buku ini dapat menjadi referensi atau bahan bacaan dalam menambah khasanah keilmuan khususnya mengenai ilmu Pengantar Bisnis. Sistematika penulisan buku ini diuraikan dalam sepuluh bab yang memuat tentang Tantangan Bisnis, Bentuk Kepemilikan Bisnis, Etika dan Tanggungjawab Sosial Bisnis, Lingkungan Ekonomi, Manajemen dalam Bisnis, Produksi dan Distribusi, Pemasaran, Manajemen Sumber Daya Manusia, Pemanfaatan Teknologi dalam Bisnis, serta bab terakhir yaitu mengenai Perencanaan Bisnis.

Ikhtisar Lengkap   
Penulis: Muhammad Hasan / Dessyta Gumanti / Amruddin / Reni Respita / Siska Febriyanti S. / Nugroho Djati Satmoko / Acai Sudirman / Muhammad Ricza Irhamni / Aditya Wardhana / Nurdin Mappa
Editor: Harini Fajar Ningrum

Penerbit: Media Sains Indonesia
ISBN: 9786233623636
Terbit: Februari 2022 , 189 Halaman

BUKU SERUPA










Ikhtisar

Pengantar Bisnis ini disusun oleh para akademisi dan praktisi dalam bentuk buku kolaborasi. Walaupun masih jauh dari kesempurnaan, tetapi kami mengharapkan buku ini dapat menjadi referensi atau bahan bacaan dalam menambah khasanah keilmuan khususnya mengenai ilmu Pengantar Bisnis. Sistematika penulisan buku ini diuraikan dalam sepuluh bab yang memuat tentang Tantangan Bisnis, Bentuk Kepemilikan Bisnis, Etika dan Tanggungjawab Sosial Bisnis, Lingkungan Ekonomi, Manajemen dalam Bisnis, Produksi dan Distribusi, Pemasaran, Manajemen Sumber Daya Manusia, Pemanfaatan Teknologi dalam Bisnis, serta bab terakhir yaitu mengenai Perencanaan Bisnis.

Pendahuluan / Prolog

Kata Pengantar
Puji syukur kehadirat Tuhan YME, karena atas limpahan ramah dan karunia-Nya, sehingga buku ini selesai disusun dan berhasil diterbitkan. Kehadiran Buku Pengantar Bisnis ini disusun oleh para akademisi dan praktisi dalam bentuk buku kolaborasi. Walaupun masih jauh dari kesempurnaan, tetapi kami mengharapkan buku ini dapat menjadi referensi atau bahan bacaan dalam menambah khasanah keilmuan khususnya mengenai ilmu Pengantar Bisnis.

Sistematika penulisan buku ini diuraikan dalam sepuluh bab yang memuat tentang Tantangan Bisnis, Bentuk Kepemilikan Bisnis, Etika dan Tanggungjawab Sosial Bisnis, Lingkungan Ekonomi, Manajemen dalam Bisnis, Produksi dan Distribusi, Pemasaran, Manajemen Sumber Daya Manusia, Pemanfaatan Teknologi dalam Bisnis, serta bab terakhir yaitu mengenai Perencanaan Bisnis.

Ucapan terima kasih yang tak terhingga kepada seluruh pihak yang telah memberikan kontribusi dalam seluruh rangkaian penyusunan sampai penerbitan buku ini.

Secara khusus, terima kasih kepada Media Sains Indonesia sebagai inisiator book chapter ini. Buku ini tentunya masih banyak kekurangan dan keterbatasan, saran dari pembaca sekalian sangat berarti demi perbaikan karya selanjutnya. Akhir kata, semoga buku ini bermanfaat bagi para pembaca.

Januari, 2022
Editor

Penulis

Muhammad Hasan - Lahir di Ujung Pandang, 6 September 1985. Merupakan dosen tetap dan peneliti di Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Makassar. Memperoleh gelar Sarjana Pendidikan Ekonomi dari Universitas Negeri makassar, Indonesia (2007), gelar magister Pendidikan Ekonomi dari Universitas Negeri Makassar, Indonesia (2009), dan gelar Dr. (Doktor) dalam bidang Pendidikan Ekonomi dari Universitas Negeri Makassar, Indonesia (2020). Tahun 2020 hingga tahun 2024 menjabat sebagai Ketua Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Negeri Makassar. Sebagai peneliti yang produktif, telah menghasilkan lebih dari 100 artikel penelitian, yang terbir pada jurnal dan prosiding, baik yang berskala nasional mapun internasional. Sebagai dosen yang produktif, telah menghasilkan ratusan buku, baik yang berupa buku ajar, buku referensi, dan buku monograf. Selain itu telah memiliki ratusan hak kekayaan intelektual berupa hak cipta. Muhammad Hasan merupakan editor maupun reviewer pada puluhan jurnal, baik jurnal nasional maupun jurnal internasional. Minat kajian utama riset Muhammad Hasan adalah bidang Pendidikan Ekonomi, Literasi Ekonomi, Pendidikan Informal, Transfer Pengetahuan, Bisnis dan Kewirausahaan. Disertasi Muhammad Hasan adalah tentang Literasi dan Perilaku Ekonomi, yang mengkaji transfer pengetahuan dalam perspektif pendidikan ekonomi informal yang terjadi pada rumah tangga keluarga pelaku Usaha...
Dessyta Gumanti - Ketertarikan penulis terhadap ekonomi dimulai disaat duduk di bangku Sekolah Menengah Atas di SMAN 1 Gunung Talang dan menamatkan Pendidikan tahun 2008. Penulis sangat tertarik dengan ekonomi saat itu karena dorongan dari guru ekonomi dan cakupan ilmu ekonomi yang luas yang meliputi segala aspek kehidupan. Akhirnya penulis melanjutkan Pendidikan ke Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Padang tahun 2008 dan masih melanjutkan lagi ke jenjang Magister dengan rumpun ilmu yang tetap sama yaitu Magister Pendidikan Ekonomi. Saat ini penulis merupakan dosen tetap di Universitas Eksakti pada Program Studi Pendidikan Ekonomi, dimana sebelumnya penulis juga merupakan dosen tetap di STKIP PGRI Sumatera Barat Selama 5 tahun. Keinginan untuk tetap mengembangkan pengetahuan ekonomi membuat penulis marampungkan tulisan ini. Penulis berharap tulisan ini mampu menambah kasanah pengetahuan pembaca mengenai bentuk kepemilikan bisnis dan mampu membedakan berbagai jenis kepemilikan bisnis saat ini.
Amruddin - Menyelesaikan pendidikan S1 di Fakultas Peternakan Unhas (1996) selanjutnya S2 di PPs UNM (2001) dan PPs UIM (2014) Program Studi Agribisnis, serta menyelesaikan S3 di Program Sosiologi UNM (April-2021). Aktif berorganisasi pada Perhimpunan Sarjana Pertanian Indonesia (PISPI), Asosiasi Agribisnis Indonesia (AAI), PERHEPI Komisariat Makassar serta ICMI Sulsel (2023-2028). Sejak (16/6/2022) penulis berhomebase di Pascasarjana Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar sebelumnya diamanahkan ketua prodi Agribisnis periode 2014-2018 di Fakultas Pertanian.

Alhamdulillah sejak akhir 2020 telah menulis lebih 60 buku kolaborasi yang diterbitkan 8 penerbit. Diterbitkan oleh Penerbit Media Sains Indonesia diantaranya adalah Manajemen Agribisnis, Dasar-Dasar Manajemen (Konsep dan Teori), Kewirausahaan, Bisnis Digital, Pengantar Manajemen, Manajemen Bisnis Kontemporer (Konsep Syariah), Manajemen Strategik (Konsep, Teori dan Praktik), Tatakelola Penelitian Era Society 4.0, serta Ekonomi Manajerial (Teori dan Analisis) dan Manajemen Pemasaran : Konsep dan Aplikasinya (Mei-2023) selain menjadi editor buku Pengantar Sosiologi Pertanian (Jan-2022). Sehari-hari sebagai dosen pada matakuliah; Sosiologi Pertanian, Modal Sosial Pertanian, Manajemen Agribisnis, Manajemen Strategi Agribisnis, Agribisnis Peternakan, Ekonomi Manajerial serta Manajemen Pemasaran dan Rantai Pasok Agribisnis.
Reni Respita - Ekonomi merupakan sebuah bidang ilmu yang penulis tuju dari masa masih menggunakan seragam putih abu-abu dulu. Berawal dari kekaguman pada sosok guru ekonomi yang begitu ahli dan lihai dalam menjelaskan materi-materi ekonomi hingga sekarang telah menjadi seorang pendidik yang mengajar di salah satu fakultas keguruan khususnya prodi pendidikan ekonomi. Semenjak lulus SMA prodi tersebut menjadi pilihan pertama dalam beberapa kali tes yang penulis ikuti, hingga akhirnya lulus di Universitas Negeri Padang Prodi Pendidikan Ekonomi pada tahun 2010. Menyelesaikan studi tepat selama empat tahun kemudian membuat penulis tidak berpuas diri terhadap ilmu ekonomi yang diperoleh. Penulis kemudian melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 di tahun 2014 dan selesai pada tahun 2016 dengan prodi yang sama yaitu Magister Pendidikan Ekonomi. Setelah wisuda hingga sekarang penulis telah mengabdi selama lima tahun di Universitas Ekasakti Padang. Penulis rutin melakukan penelitian dan pengabdian bersama rekan sejawat baik sesama prodi maupun di luar prodi demi menunjang Tridharma Perguruan Tinggi. Penulis akan terus memperkaya khasanah ilmu pengetahuan khususnya bidang ekonomi dan kependidikan hingga bisa terus menebar manfaat bagi sekitar karena We Learn When We Share.
Siska Febriyanti S. - Penulis mulai menekuni tentang ekonomi dimulai dengan mengambil jurusan IPS pada saat masih duduk di bangku SMA. Setelah lulus SMA tahun 2005 penulis melanjutkan pendidikan ke bangku kuliah dengan mengambil jurusan Pendidikan Ekonomi dengan konsentrasi Ekonomi Koperasi dan selesai pada tahun 2010. Walaupun di jurusan Pendidikan Ekonomi, tetapi penulis juga mempelajari tentang pengantar manajemen dan pengantar bisnis dalam mata kuliah yang dijalani. Kemudian pada tahun 2012 penulis kembali melanjutkan kuliah ke jenjang Strata 2 (S2) dan selesai pada tahun 2014. Dan mengajar di IAIN Batusangkar sejak tahun 2017 dengan memegang mata kuliah salah satunya mata kuliah Pengantar Bisnis.

Penulis juga pernah menulis artikel yang salah satunya diterbitkan pada jurnal Sinta 2. Penulis juga ingin mengembangkan kemampuan menulis selain menulis artikel juga ingin menulis buku. Dan dengan menulis book chapter ini merupakan pengalaman pertama penulis untuk mulai belajar dalam menulis buku. Penulis berharap akan bisa berkarya lebih banyak lagi melalui berbagai tulisan.
Nugroho Djati Satmoko - Kota Bandung dikenal sebagai Parijs van Java, dan juga lembur kuring. Di kota inilah penulis dilahirkan tepatnya 27 Februari 1959, hidup dan menetap sampai saat ini. Pendidikan yang telah ditempuhnya: SDN Ayudia III Bandung (1966-1971); SMPN 1 Bandung (1972-1974); Jurusan Ilmu Pasti dan Pengetahuan Alam SMAN 3 Bandung (1975-1977); Jurusan Ekonomi Perusahaan (sekarang Jurusan Manajemen) FE Unpad (1978-1983); pasca sarjana (magister) Jurusan Manajemen dan Teknik Industri Institut Teknologi Bandung (1986-1989). Bidang kepakarannya adalah Riset Operasi, Manajemen Operasi & Logistik.

Pada tahun 1984 diterima menjadi Pegawai Negeri Sipil Pusat yang ditempatkan di FE Unpad, dan sampai saat ini telah mengabdi (> 36 tahun), pada Departemen Manajemen dan Bisnis (Demabis) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjadjaran.
Acai Sudirman - Lahir di Lubuk Pakam, 15 Maret 1989, lulus dari Jurusan Sarjana Manajemen dari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung pada tahun 2016. Gelar Magister Manajemen diperoleh dari program Magister Manajemen Fakultas Pascasarjana Universitas HKBP Nommensen Medan dengan konsentrasi Manajemen Pemasaran dan lulus pada tahun 2018. Saat ini aktif mengajar pada Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung pada Program Studi Manajemen. Selain sebagai dosen, penulis mengisi waktu sehari-hari dengan menulis dan telah menulis buku lebih dari 70-an dengan topik manajemen dan bisnis. Selain aktif menulis buku, penulis juga mulai belajar menjadi editor buku. Penulis menargetkan di akhir tahun 2022 bisa menghasilkan sebanyak 100 buku, baik sebagai penulis maupun sebagai editor. Motto penulis “Jomblo 4.0: Talk Less Do More”.
Muhammad Ricza Irhamni - Ketertarikan penulis terhadap dunia penulisan sudah berawal sejak masih duduk di bangku SMP, ketertarikannya pada penulisan fiktif maupun non fiktif mulai digeluti sendiri. Singkatnya, penulis berkuliah pendidikan S1 Manajemen di Universitas Wahid Hasyim, Semarang pada tahun 2014, dengan jangka 3,5 tahun penulis menyelesaikan program Sarjananya dan wisuda pada April tahun 2018. Dan selanjutnya penulis melanjutkan studinya di Magister Manajemen Universitas Diponegoro, Semarang, penulis pun menyelesaikan program Magisternya dengan jangka 1,8 tahun, dan wisuda pada bulan Juli 2020. Setelah itu, penulis berkarir menjadi dosen di Universitas Wahid Hasyim sejak tahun 2020.

Penulis memiliki ketertarikan pada seni, seperti menggambar dan bermusik. Pada bidang keolahragaan, penulis senang melakukan hiking dan pendakian, berkemah dan penjelajahan alam yang lain. Selain itu, yang selaras pada penulisan, penulis juga beberapa menuliskan artikel di Suara Merdeka, menuliskan cerita-cerita fiktif dan puisi di Wattpad, dan juga menuliskan artikel ilmiah jurnal. Selain menjadi dosen, penulis juga berkarir sebagai asesor di PT Undip Citra Ciptaprima, dan juga sebagai Konsultan di PT Freemind Management Consulting.
Aditya Wardhana - Penulis merupakan dosen tetap Universitas Telkom. Penulis menyelesaikan studi Sarjana Ekonomi (SE) di Universitas Padjadjaran pada tahun 1997 sebagai wisudawan terbaik. Kemudian, menyelesaikan studi Magister Sains (MSi) di Universitas Padjadjaran tahun 2003 dan Magister Manajemen (MM) di Universitas Pasundan tahun 2012 sebagai wisudawan terbaik. Saat ini penulis sedang melanjutkan studi Doktor Ilmu Manajemen di prodi Manajemen Universitas Pasundan. Penulis memiliki kepakaran di bidang manajemen sumber daya manusia, manajemen pemasaran, dan manajemen strategik. Penulis memiliki pengalaman praktisi di Citibank dan di PT Perusahaan Gas Negara Tbk dan meraih predikat the best employee serta sebagai konsultan di beberapa BUMN seperti Surveyor Indonesia, Badan Klasifikasi Kapal Indonesia, Pertamina, BNI 46, PTPN VIII, Biofarma, Kementerian Koordinator Perekonomian RI dan Kementerian Perhubungan. Penulis juga aktif melakukan berbagai penelitian terindeks Scopus dan Sinta dan telah menulis lebih dari 250 buku dalam bidang bisnis. Penulis mendapatkan penghargaan sebagai dosen dengan kinerja penelitian terbaik tahun 2022 dari LLDIKTI Wilayah 4 Jawa Barat dan memiliki Sertifikasi Penulis Buku Non-Fiksi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) RI.
Nurdin Mappa - Lahir pada tanggal 8 April 1968 di Makassar, menyelesaikan studi pendidikan Sarjana (S1) di Universitas Hasanauddin Makassar, Jurusan produksi Ternak, kemudian menyelesaikan pendidikan Magister (S2) di Universitas Muhammadiyah Makassar, dengan konsentrasi Manajemen Agribisnis, dan terakhir menyelesaikan jenjang Doktoral (S3) di Sekolah Pasca Sarajana Universitas Hasanuddin Makassar, pada prodi Sosial Ekonomui (SOSEK) pertanian pada tahun 2018. Sekarang aktifi sebagai pengajar di Universitas Muhammadiyah Makassar di Fakultas Pertanian prodi Agribisnis.

Editor

Harini Fajar Ningrum - Penulis melanjutkan pendidikan tinggi S1 dan S2 pada Universitas Pendidikan Indonesia – Bandung yang keduanya berfokus pada spesialisasi Manajemen SDM. Penulis merupakan akademisi / dosen di Indonesia. Penulis aktif menjadi peneliti dan mempublikasikan berbagai karya tulis ilmiah dalam bidang kajian Ilmu Manajemen. Saat ini, penulis juga tersertifikasi oleh BNSP sebagai penyunting naskah, dan aktif menjadi editor pada berbagai jurnal dan buku.

Daftar Isi

Cover Depan
Kata Pengantar
Daftar Isi
Bab 1. Tantangan Bisnis
     Produktivitas
     Pemasaran
     E-Commerce
     Globalisasi
Bab 2. Bentuk Kepemilikan Bisnis
     Pendahuluan
     Bentuk-Bentuk Kepemilikan Bisnis
     Pengelompokan Bisnis
Bab 3. Etika dan Tanggungjawab Sosial Bisnis
     Etika dan Etika Bisnis
     Tanggungjawab Sosial Bisnis
     Implementasi CSR
Bab 4. Lingkungan Ekonomi
     Pendahuluan
     Pertumbuhan Ekonomi
     Inflasi
     Tingkat Suku Bunga
Bab 5. Manajemen dalam Bisnis
     Arti Manajemen
     Tingkatan Manajemen
     Keterampilan (Skill) dalam Manajemen
     Arti Bisnis
     Tujuan Bisnis
     Manajemen dalam Bisnis
     Fungsi Manajemen dalam Bisnis
     Pihak yang Terlibat dalam Manajemen Bisnis
Bab 6. Produksi dan Distribusi
     Pendahuluan
     Ruang Lingkup Produksi
     Ruang Lingkup Distribusi
Bab 7. Pemasaran
     Pendahuluan
     Proses Perencanaan Pemasaran
     Jenjang Perencanaan Pemasaran
     Analisis Lingkungan Pemasaran
     Strategi Perencanaan Pemasaran
     Panduan Menyusun Rencana Pemasaran
Bab 8. Manajemen Sumber Daya Manusia
     Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia
     Sejarah Perkembangan Manajemen Sumber Daya Manusia
     Fungsi-Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia
     Peran Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Organisasi
     Pendekatan Manajemen Sumber Daya Manusia
Bab 9. Pemanfaatan Teknologi dalam Bisnis
     Peran Teknologi dalam Bisnis
     Pentingnya Teknologi dalam Bisnis
     Manfaat Penggunaan Teknologi dalam Bisnis
     Jenis-jenis Teknologi dalam Bisnis
Bab 10. Perencanaan Bisnis
     Pengertian Perencanaan Bisnis
     Manfaat Perencanaan Bisnis
     Jenis Perencanaan Bisnis
     Aspek Pertimbangan dalam Perencanaan Bisnis
     Langkah Pembuatan Perencanaan Bisnis
Cover Belakang