Tampilkan di aplikasi

Buku Media Sains Indonesia hanya dapat dibaca di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.

Teori Portofolio dan Analsis Investasi

1 Pembaca
Rp 100.000 35%
Rp 65.000

Patungan hingga 5 orang pembaca
Hemat beli buku bersama 2 atau dengan 4 teman lainnya. Pelajari pembelian patungan disini

3 Pembaca
Rp 195.000 13%
Rp 56.333 /orang
Rp 169.000

5 Pembaca
Rp 325.000 20%
Rp 52.000 /orang
Rp 260.000

Pembelian grup
Pembelian buku digital dilayani oleh penerbit untuk mendapatkan harga khusus.
Hubungi penerbit

Perpustakaan
Buku ini dapat dibeli sebagai koleksi perpustakaan digital. myedisi library

Book chapter ini disusun oleh sejumlah akademisi dan praktisi sesuai dengan kepakarannya masing-masing. Buku ini diharapkan dapat hadir memberi kontribusi positif dalam ilmu pengetahuan khususnya terkait dengan Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Sistematika buku Teori Portofolio dan Analisis Investasi ini mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapan. Buku ini terdiri atas 12 bab yang dibahas secara rinci, diantaranya: Konsumsi dan Alternatif Investasi Serta Proses Keputusan Investasi, Pasar Modal Indonesia, Return dan Risiko Aset Tunggal, Return dan Risiko Portofolio, Pemilihan Portofolio, Model Index Tunggal, Capital Asset Pricing Model (CAPM) dan Arbitrage Pricing Theory, Efisiensi Pasar, Pengujian Efisiensi Pasar, Analisis Teknikal Saham, Analisis Fundamental, Suku Bunga dan Penilaian Obligasi.

Ikhtisar Lengkap   
Penulis: Sri Mulyono / Desak Nyoman Sri Werastuti / Siswadi Sululing / Iryani / Aditya Wardhana / Wahidahwati / Lusianus Heronimus Sinyo Kelen / Hermaya Ompusunggu / Widaryanti / Putu Ayu Anggya Agustina / Layly Dwi Rohmatunnisa’ / Tyara Dwi Putri
Editor: Syaiful Bahri

Penerbit: Media Sains Indonesia
ISBN: 9786233624398
Terbit: Maret 2022 , 209 Halaman










Ikhtisar

Book chapter ini disusun oleh sejumlah akademisi dan praktisi sesuai dengan kepakarannya masing-masing. Buku ini diharapkan dapat hadir memberi kontribusi positif dalam ilmu pengetahuan khususnya terkait dengan Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Sistematika buku Teori Portofolio dan Analisis Investasi ini mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapan. Buku ini terdiri atas 12 bab yang dibahas secara rinci, diantaranya: Konsumsi dan Alternatif Investasi Serta Proses Keputusan Investasi, Pasar Modal Indonesia, Return dan Risiko Aset Tunggal, Return dan Risiko Portofolio, Pemilihan Portofolio, Model Index Tunggal, Capital Asset Pricing Model (CAPM) dan Arbitrage Pricing Theory, Efisiensi Pasar, Pengujian Efisiensi Pasar, Analisis Teknikal Saham, Analisis Fundamental, Suku Bunga dan Penilaian Obligasi.

Pendahuluan / Prolog

Kata Pengantar
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat rahmat dan karunia-Nya sehingga buku kolaborasi dalam bentuk book chapter dapat dipublikasikan dan dapat sampai di hadapan pembaca. Book chapter ini disusun oleh sejumlah akademisi dan praktisi sesuai dengan kepakarannya masing-masing. Buku ini diharapkan dapat hadir memberi kontribusi positif dalam ilmu pengetahuan khususnya terkait dengan Teori Portofolio dan Analisis Investasi.

Sistematika buku Teori Portofolio dan Analisis Investasi ini mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapan. Buku ini terdiri atas 12 bab yang dibahas secara rinci, diantaranya: Konsumsi dan Alternatif Investasi Serta Proses Keputusan Investasi, Pasar Modal Indonesia, Return dan Risiko Aset Tunggal, Return dan Risiko Portofolio, Pemilihan Portofolio, Model Index Tunggal, Capital Asset Pricing Model (CAPM) dan Arbitrage Pricing Theory, Efisiensi Pasar, Pengujian Efisiensi Pasar, Analisis Teknikal Saham, Analisis Fundamental, Suku Bunga dan Penilaian Obligasi.

Kami menyadari bahwa tulisan ini jauh dari kesempurnaan dan masih terdapat banyak kekurangan, sejatinya kesempurnaan itu hanya milik Yang Kuasa. Oleh sebab itu, kami tentu menerima masukan dan saran dari pembaca demi penyempurnaan lebih lanjut.

Akhirnya kami mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada semua pihak yang telah mendukung dalam proses penyusunan dan penerbitan buku ini, secara khusus kepada Penerbit Media Sains Indonesia sebagai inisiator book chapter ini. Semoga buku ini dapat bermanfaat bagi pembaca sekalian

Bandung, 29 Januari 2021
Editor

Penulis

Sri Mulyono - Lahir 24 September di Jakarta. Menempuh pendidikan formal di SDN Karya Satria 2 Bekasi, dan lulus tahun 1992. Selanjutnya meneruskan sekolah di SMP Negeri 1 Bekasi, tamat tahun 1995, dan di SMA Bani Saleh, tamat tahun 1998. Selepas SMA melanjutkan pendidikan di Universitas Darma Persada Jurusan Ekonomi lulus tahun 2002, kemudian melanjutkan pendidikan pascasarjana di STIE Indonesia Banking School dengan mengambil jurusan yang sama dan lulus tahun 2017.

Pengalaman menulis pernah bekerja di PT. Buana Alexander Trada tahun 2004-2011, di PT. Voksel Electric Tbk tahun 2011-2012, PT. Supellex tahun 2012-2013, sebagai Branch Manager di LP3I Course Center tahun 2013-2016, di Mentari Intercultural School sebagai Assiten Teacher dan Library tahun 2016-2019 berkiprah di dunia pendidikan sebagai Dosen di Institut Daarul Qur’an dan Institut STIAMI saat ini dan mengajar di SMK Muhammadiyah 5 Jakarta sebagai Guru Ekonomi Bisnis dan Sejarah Indonesia.

Penulis ini dapat dihubungi pada alamat berikut, Alamat kantor: Institut Daarul Qur’an, Jl. Cipondoh Makmur Raya, RT.003/RW.009, Cipondoh Makmur, Kec. Cipondoh, Kota Tangerang, Banten 15148 Telepon 081291801748 HP. 081519929830.
Desak Nyoman Sri Werastuti - Ketertarikan penulis terhadap ilmu akuntansi dimulai pada tahun 1994 silam. Hal tersebut membuat penulis memilih untuk memilih jurusan IPS yang didalamnya dipelajarai mengenai Akuntansi dan berhasil lulus pada tahun 1997. Penulis kemudian melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi dan berhasil menyelesaikan studi S1 di prodi Akuntansi pada tahun 2002. Penulis menyelesaikan studi S2 di prodi Akuntansi Universitas Udayana dan pada tahun 2015 melanjutkan studi di prodi Ilmu Akuntansi, Universitas Brawijaya.

Penulis memiliki kepakaran dibidang Akuntansi. Dan untuk mewujudkan karir sebagai dosen profesional, penulis pun aktif sebagai peneliti dibidang kepakarannya tersebut. Beberapa penelitian yang telah dilakukan didanai oleh internal perguruan tinggi dan juga Kemenristek DIKTI. Selain peneliti, penulis juga aktif menulis buku dengan harapan dapat memberikan kontribusi positif bagi bangsa dan negara yang sangat tercinta ini.
Siswadi Sululing - Pendidikan S1 Akuntansi STIE YPUP Makassar, selesai tahun 1999, Pendidikan Magister Akuntansi (Maksi) Universitas Padjadjaran Bandung, selesai tahun 2012 dan Pendidikan Profesi Akuntan (PPAk) Universitas Widyatama Bandung, selesai tahun 2012.
Saat ini aktif bekerja sebagai Dosen Tetap pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Luwuk Banggai Sulawesi Tengah dengan mengajar mata kuliah Auditing, Teori Akuntansi, Metode Penelitian Akuntansi, Teori Portofolio dan Analisa Investasi, Sistem Pengendalian Manajemen dan Kewirausahaan serta Seminar Akuntansi Keuangan. Telah lulus sertifikasi profesional dosen tahun 2015, jabatan fungsional Lektor, berhasil menerima hibah riset PDP, Stranas, Riset Terapan dan Hibah PKM dari Kementrian Ristek/Brin. Telah menulis beberapa buku antara lain: Akuntansi Desa: Teori dan Praktek, Manajemen Distruption, Manajemen Sumber Daya Manusia (Manusia, Data dan Analysis), dan Sistem Informasi Akuntansi
Menjadi anggota utama Ikatan Akuntan Indonesia dan Sekretaris Forum Dosen Indonesia, DPD Sulawesi Tengah Tahun 2020-2024. Aktif sampai sekarang. Selain dosen juga melakukan jasa assurance di bidang audit, akuntansi dan pelaporan keuangan, pernah mengaudit beberapa perusahaan yang ada di Kabupanten Banggai. Saat ini sedang menempuh Pendidikan Doktor Ilmu Akuntansi (PDIA) pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanuddin Makassar.
Iryani - Menempuh pendidikan Strata Satu (S-1) di Fakultas Ekonomi Universitas Hasanuddin pada Program Studi Manajemen dan lulus tahun 2001. Penulis melanjutkan jenjang pendidikan Strata Dua (S-2), pada Program Magister Sains Universitas Gadjah Mada dengan konsentrasi Manajemen Keuangan dan lulus tahun 2004. Saat ini penulis berprofesi sebagai dosen di Program Studi Manajemen, Institut Bisnis dan Keuangan Nitro di Makassar. Penulis juga aktif di berbagai asosiasi profesi dosen dan komunitas peneliti, reviewer jurnal nasional, editor buku maupun artikel ilmiah. Penulis telah menghasilkan beberapa karya ilmiah yang telah dipublikasikan pada berbagai jurnal ilmiah nasional.
Aditya Wardhana - Penulis merupakan dosen tetap Universitas Telkom. Penulis menyelesaikan studi Sarjana Ekonomi (SE) di Universitas Padjadjaran pada tahun 1997 sebagai wisudawan terbaik. Kemudian, menyelesaikan studi Magister Sains (MSi) di Universitas Padjadjaran tahun 2003 dan Magister Manajemen (MM) di Universitas Pasundan tahun 2012 sebagai wisudawan terbaik. Saat ini penulis sedang melanjutkan studi Doktor Ilmu Manajemen di prodi Manajemen Universitas Pasundan. Penulis memiliki kepakaran di bidang manajemen sumber daya manusia, manajemen pemasaran, dan manajemen strategik. Penulis memiliki pengalaman praktisi di Citibank dan di PT Perusahaan Gas Negara Tbk dan meraih predikat the best employee serta sebagai konsultan di beberapa BUMN seperti Surveyor Indonesia, Badan Klasifikasi Kapal Indonesia, Pertamina, BNI 46, PTPN VIII, Biofarma, Kementerian Koordinator Perekonomian RI dan Kementerian Perhubungan. Penulis juga aktif melakukan berbagai penelitian terindeks Scopus dan Sinta dan telah menulis lebih dari 250 buku dalam bidang bisnis. Penulis mendapatkan penghargaan sebagai dosen dengan kinerja penelitian terbaik tahun 2022 dari LLDIKTI Wilayah 4 Jawa Barat dan memiliki Sertifikasi Penulis Buku Non-Fiksi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) RI.
Wahidahwati - Penulis lahir di kota Surabaya dan menjadi dosen tetap di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya. Penulis telah menyelesaikan pendidikan S1 di Jurusan Akuntansi pada Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia pada tahun 1995, S2 jurusan Akuntansi di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, lulus pada tahun 2002, dan telah menyelesaikan S3 Program Studi Akuntansi di Universitas Brawijaya, Malang pada tahun 2010. Penulis juga telah lulus Ujian Sertifikasi Asesor BNSP tahun 2018 dan lulus ujian sertifikasi CSRS pada tahun 2018. Selain sebagai pengajar, penulis juga pernah menjadi komisioner pada Komisi Pelayanan Publik Provinsi Jawa Timur pada tahun 2014-2016. Selain aktif melakukan penelitian dibidang akuntansi keuangan, penulis juga aktif menulis buku diantaranya Akuntansi keuangan Menengah Edisi 1 dan 2.
Lusianus Heronimus Sinyo Kelen - Ia adalah seorang dosen pada Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Bisnis dan Humaniora (FEBH), Universitas Kristen Wira Wacana Sumba. Ia menyelesaikan pendidikan Sarjana Ekonomi (S.E.) pada almamaternya yaitu program studi Manajemen, STIE Kriswina Sumba, Waingapu pada tahun 2010, yang kemudian pada 2016 resmi menjadi Universitas Kristen Wira Wacana Sumba. Kemudian melanjutkan pendidikan Master of Science (M.Sc) diselesaikan pada tahun 2014 di Program Magister Sains Manajemen, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. Hasil penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakatnya dipublikasikan pada beberapa jurnal terindeks di Sinta terkait manajemen keuangan.
Hermaya Ompusunggu - Lahir di Pansur, 24 April 1986. Menyelesaikan Pendidikan S1 di Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (2008) dan S2 di Fakultas Ekonomi Universitas Batam (2014). Saat ini sebagai dosen tetap pada program studi akuntansi, Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora, Universitas Putera Batam.

Penulis memiliki kepakaran dibidang Akuntansi Keuangan dan Manajemen Keuangan. Dan untuk mewujudkan karir sebagai dosen profesional, penulis pun aktif sebagai peneliti dibidang kepakaran tersebut. Beberapa penelitian yang telah dilakukan didanai oleh internal perguruan tinggi dan juga Kemenristek DIKTI. Selain peneliti, penulis juga aktif menulis buku dengan harapan dapat memberikan kontribusi positif bagi bangsa dan negara yang sangat tercinta ini.
Widaryanti - Ketertarikan penulis terhadap ilmu Akuntansi dimulai pada tahun 1999 silam. Hal tersebut membuat penulis memilih untuk masuk ke bangku kuliah S-1 Akuntansi Universitas Diponegoro dan berhasil menyelesaikan studinya di tahun 2004. Penulis kemudian melanjutkan pendidikan Pascasarjana ke Magister Akuntansi Universitas Diponegoro dan berhasil menyelesaikan studi S-2 pada tahun 2010. Penulis memiliki kepakaran dibidang Akuntansi Keuangan dan Auditing. Untuk mewujudkan karir sebagai dosen profesional, penulis pun aktif sebagai peneliti dibidang kepakarannya tersebut. Beberapa penelitian yang telah dilakukan didanai oleh internal perguruan tinggi dan juga Kemenristek DIKTI. Selain peneliti, penulis juga aktif menulis buku dengan harapan dapat memberikan kontribusi positif bagi bangsa dan negara yang sangat tercinta ini. Penulis juga telah berhasil mempublikasikan karya ilmiah dalam jurnal nasional maupun jurnal internasional. Banyak karya penulis yang sudah diseminarkan dalam seminar nasional maupun seminar internasional.
Putu Ayu Anggya Agustina - Ketertarikan penulis terhadap Akuntansi Manajemen dimulai pada tahun 2013. Hal tersebut membuat penulis memilih untuk kuliah ke Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana selama tiga setengah tahun dan melanjutkan studi S2 di kampus yang sama dengan memilih Jurusan Akuntansi dan berhasil lulus pada tahun 2019. Penulis kemudian melanjutkan karir pada Kantor Akuntan Publik (KAP) I Gede Oka (2019 - sekarang) dan sebagai dosen Universitas Mahasaraswati Denpasar (2020 - sekarang) yang merupakan salah satu universitas swasta di Bali. Sebelum meniti karir di KAP I Gede Oka, penulis pernah bekerja di KAP Drs. Sri Marmo Djogosarkoro. Sedangkan karir utama menjadi dosen sebelum di Universitas Mahasaraswati Denpasar juga pernah bekerja sebagai dosen di Kampus Alfa Prima pada tahun 2020.

Penulis memiliki kepakaran dibidang Akuntansi. Dan untuk mewujudkan karir sebagai dosen profesional, penulis pun aktif sebagai peneliti dibidang kepakarannya tersebut. Beberapa penelitian yang telah dilakukan didanai oleh internal perguruan tinggi. Selain peneliti, penulis juga aktif menulis buku dengan harapan dapat memberikan kontribusi positif bagi bangsa dan negara yang sangat tercinta ini.
Layly Dwi Rohmatunnisa’ - Penulis mulai menekuni bidang akuntansi dan manajemen sejak tahun 2009. Hal tersebut saat penulis memutuskan untuk masuk ke Sekolah Menengah Kejuruan di SMK Negeri 2 Blitar dengan juruan akuntansi dan berhasil lulus pada tahun 2012. Penulis kemudian melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi jurusan Pendidikan Akuntansi di Universitas Negeri Malang dan berhasil menyelesaikan studi tahun 2016. Kemudian, tahun 2018 penulis berhasil menyelesain studi S2 di prodi Akuntansi konsentrasi Akuntansi Manajemen di Universitas Negeri Malang. Mulai saat itu penulis mulai terjun ke dunia pendidikan dan mulai serius melakukan penelitian dan menulis artikel di bidang akuntansi dan atau manajemen. Peneliti mulai aktif menulis sebagai penunjang untuk menjadi dosen professional dan memberikan kontribusi positif untuk perkembangan dunia pendidikan di Indonesia.
Tyara Dwi Putri - Penulis mendapatkan gelar Sarjana Ekonomi dari Jurusan Manajemen universitas Andalas tahun 2013 dan Master of Science dari Universitas Gadjah Mada tahun 2015. Saat ini juga beraktivitas sebagai dosen tetap di Program Studi Manajemen FEB Universitas Bung Hatta dan membina beberapa mata kuliah: Matematika Finansial, Manajemen Keuangan I, Manajemen Keuangan II, dan Ekonomi Manajerial. Penulis aktif melakukan penelitian dalam bidang kajian Manajemen Keuangan yang dipublikasikandi beberapa Jurnal Nasional. Penulis juga telah menghasilkan karya tulis berupa sebuah buku yang berjudul “Matematika Finansial (Konsep Teknis dan Aplikasi) pada tahun 2021.

Editor

Syaiful Bahri - Menyelesaikan pendidikan S1 Jurusan Akuntansi di Universitas Muhammadiyah Malang, S2 Sains Akuntansi di Univesitas Brawijaya Malang, Program Pendidikan Profesi Akuntan di STIE Malangkucecwara Malang dan S3 Ilmu Ekonomi Akuntansi di Universitas Merdeka Malang.

Pada saat proses penyelesaian Strata-1, pernah menjadi Asisten Dosen Laboratorium Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Malang. Sejak tahun Januari 2002 telah tercatat sebagai staf pengajar di Unit kerja Wilayah Kopertis VII. Penulis pernah mengajar di beberapa perguruan tinggi swasta, seperti Universitas Islam Madura Pamekasan, Universitas Madura Pamekasan. Sekarang sebagai dosen tetap Fakultas Ekonomi Dan Bisnis di Institut Teknologi Dan Bisnis Asia Malang.

Buku yang telah dihasilkan adalah Buku Pengantar Akuntansi, Pengantar Akuntansi Berdasarkan SAK ETAP dan IFRS (Edisi III), Praktek Kerja Akuntansi Entitas Jasa dan Entitas Dagang (Berdasarkan SAK ETAP), Metodologi Penelitian Bisnis; Lengkap dengan Teknik Pengolahan Data SPSS, Akuntansi Manajemen; Teori dan Aplikasi, Akuntansi Keuangan Menengah (Berdasarkan SAK), Akuntansi Biaya, dan Akuntansi UMKM (Pendekatan Praktis Berdasarkan SAK EMKM).

Daftar Isi

Cover Depan
Kata Pengantar
Daftar Isi
Bab 1. Konsumsi dan Alternatif Investasi Serta Proses Keputusan Investasi
     Pengertian Investasi
     Alternatif Investasi
     Dasar Keputusan Investasi
     Proses Keputusan Investasi
     Manfaat Investasi
     Konsumsi dan Proses Investasi
Bab 2. Pasar Modal Indonesia
     Deregulasi Pasar Modal
     Merger Bursa Efek Jakarta dan Bursa Efek Surabaya
     Pengalihan Pengawasan dari Kementerian Keuangan ke Otoritas Jasa Keuangan
     Mengenal Para Pelaku Pasar Modal Indonesia
     Perusahaan Efek
     Lembaga Penunjang Pasar Modal
     Profesi Penunjang Pasar Modal
     Perusahaan Pemeringkat Efek
     Penyelenggara Program Perlindungan Investor Efek Indonesia (P3IEI)/Indonesia Securities Investor Protection Fund (Indonesia SIPF)
     Badan Arbitrase Pasar Modal Indonesia (BAPMI)
Bab 3. Return Risiko Tunggal Aset
     Pendahuluan
     Pengertian Return dan Risk
     Pengukuran Return Realisasi
     Return Ekspektasi (Expected Return)
     Risiko
     Koefisien Variasi
     Kesimpulan
Bab 4. Return dan Risisko Portofolio
     Menghitung Return Portofolio
     Menghitung Risiko Portofolio
     Koefisien Korelasi
     Risiko Portofolio Dengan n-Sekuritas
     Diversifikasi
Bab 5. Pemilihan Portofolio
     Pengertian Portofolio Efisien dan Portofolio Optimal
     Pengertian Pemilihan Portofolio
     Teori-Teori Pemilihan Portofolio
Bab 6. Model Index Tunggal
     Model Indeks Tunggal
     Model Indeks Tunggal Pada Aktiva Tunggal
     Model Indeks Tunggal Untuk Portofolio
     Menaksir Beta
Bab 7. Capital Asset Pricing Model (CAPM) dan Arbitrage Pricing Theory
     Pendahuluan
     Capital Asset Pricing Model
     Arbitrage Pricing Theory
     CAPM vs APT
     Penilaian Investasi Berdasarkan Capm dan Apt
     Penutup
Bab 8. Efisiensi Pasar
     Konsep Pasar Efisien
     Efisiensi Pasar Secara Informasi (External Efficiency)
     Efisiensi Pasar Secara Operasional (Internal Efficiency)
     Efisiensi Pasar Secara Keputusan
     Implikasi Konsep Pasar Efisien
     Syarat dan Situasi Pasar Efisien
Bab 9. Pengujian Efisiensi Pasar
     Pendahuluan
     Definisi dan Konsep Efficent Market Hypothesis (Emh)
     Pengujian Efisiensi Pasar
     Pengujian Efisiensi Pasar Bentuk Lemah
     Kesimpulan
Bab 10. Analisis Teknikal Saham
     Pendahuluan
     Pengertian
     Jenis-Jenis Grafik
     Pola-Pola Trend Grafik
     Analisis Teknikal Modern
Bab 11. Analisis Fundamental
     Pendahuluan
     Definisi Analisis Fundamental
     Laporan Keuangan
     Stock Valuation (Penilaian Saham)
     Kriteria Perusahaan Memiliki Fundamental yang Baik
Bab 12. Suku Bunga dan Penilaian Obligasi
     Suku Bunga
     Pengertian Obligasi
     Istilah Dalam Obligasi
     Jenis-Jenis Obligasi
     Risiko Obligasi
     Penilaian Obligasi
     Yield To Maturity (YTM), Yield To Call (YTC)
Cover Belakang