Tampilkan di aplikasi

Buku Media Sains Indonesia hanya dapat dibaca di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.

Studi Kelayakan Bisnis

Konsep dan Aplikasi

1 Pembaca
Rp 108.000 40%
Rp 65.000

Patungan hingga 5 orang pembaca
Hemat beli buku bersama 2 atau dengan 4 teman lainnya. Pelajari pembelian patungan disini

3 Pembaca
Rp 195.000 13%
Rp 56.333 /orang
Rp 169.000

5 Pembaca
Rp 325.000 20%
Rp 52.000 /orang
Rp 260.000

Pembelian grup
Pembelian buku digital dilayani oleh penerbit untuk mendapatkan harga khusus.
Hubungi penerbit

Perpustakaan
Buku ini dapat dibeli sebagai koleksi perpustakaan digital. myedisi library

Sistematika buku Studi Kelayakan Bisnis: Konsep dan Aplikasi ini mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapan. Buku ini terdiri atas 15 bab yang dibahas secara rinci, diantaranya: Bab 1 Pengantar Studi Kelayakan Bisnis, Bab 2 Strategi Memilih Bisnis dan Membangun Bisnis Baru, Bab 3 Menyusun Rencana dan Ide Bisnis yang Unggul, Bab 4 Studi Aspek Hukum dan Legalitas Usaha, Bab 5 Studi Aspek Modal Kerja Bab 6 Studi Aspek Manajemen dan Organisasi, Bab 7 Studi Aspek Pasar dan Pemasaran, Bab 8 Studi Aspek Manajemen Operasi, Bab 9 Studi Aspek Manajemen Sumber Daya Manusia, Bab 10 Studi Aspek Keuangan, Bab 11 Studi Aspek Ekonomi dan Sosial, Bab 12 Studi Aspek Teknis dan Teknologi, Bab 13 Studi Aspek Kriteria Investasi, Bab 14 Studi Aspek Risiko dalam Bisnis, dan Bab 15 Etika dan Tanggung Jawab Sosial dalam Bisnis.

Ikhtisar Lengkap   
Penulis: Hastin Umi Anisah / Kevin Indajang / Reni Febrina / Christina Bagenda / Rahmat Rudiyanto / Budi Rustandi Kartawinata / Eny Endah Pujiastuti / Rosali Sembiring Colia / Marisi Butarbutar / Christine Loist / Juhari / Rosharita / Sita Deliyana Firmialy / Budi Wahyu Mahardhika / Heni Nastiti / Hastin Umi Anisah / Kevin Indajang / Reni Febrina / Christina Bagenda / Rahmat Rudiyanto / Budi Rustandi Kartawinata / Eny Endah Pujiastuti / Rosali Sembiring Colia / Marisi Butarbutar / Christine Loist / Juhari / Rosharita / Sita Deliyana Firmialy / Budi Wahyu Mahardhika / Heni Nastiti
Editor: Acai Sudirman

Penerbit: Media Sains Indonesia
ISBN: 9786233629713
Terbit: Januari 2023 , 287 Halaman

BUKU SERUPA










Ikhtisar

Sistematika buku Studi Kelayakan Bisnis: Konsep dan Aplikasi ini mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapan. Buku ini terdiri atas 15 bab yang dibahas secara rinci, diantaranya: Bab 1 Pengantar Studi Kelayakan Bisnis, Bab 2 Strategi Memilih Bisnis dan Membangun Bisnis Baru, Bab 3 Menyusun Rencana dan Ide Bisnis yang Unggul, Bab 4 Studi Aspek Hukum dan Legalitas Usaha, Bab 5 Studi Aspek Modal Kerja Bab 6 Studi Aspek Manajemen dan Organisasi, Bab 7 Studi Aspek Pasar dan Pemasaran, Bab 8 Studi Aspek Manajemen Operasi, Bab 9 Studi Aspek Manajemen Sumber Daya Manusia, Bab 10 Studi Aspek Keuangan, Bab 11 Studi Aspek Ekonomi dan Sosial, Bab 12 Studi Aspek Teknis dan Teknologi, Bab 13 Studi Aspek Kriteria Investasi, Bab 14 Studi Aspek Risiko dalam Bisnis, dan Bab 15 Etika dan Tanggung Jawab Sosial dalam Bisnis.

Pendahuluan / Prolog

Kata Pengantar
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat rahmat dan karunia-Nya sehingga buku kolaborasi dalam bentuk book chapter dapat dipublikasikan dan dapat sampai di hadapan pembaca.

Berada di era disrupsi ini, kewaspadaan dan kepekaan terhadap perubahan-perubahan tertentu akan menjadi hal yang harus dimiliki para pelaku usaha. Perkembangan teknologi, informasi, dan internet berkembang sangat pesat dan masif pada berbagai sektor kehidupan manusia telah menciptakan perubahan baru. Istilah disrupsi menjadi populer menggambarkan lonjakan perubahan yang terjadi dan sulit diprediksi. Keadaan ini tentunya memberikan peluang dan tantangan tersendiri bagi setiap pelaku usaha agar berani merintis usaha baru. Kami mengharapkan buku ini dapat menjadi referensi dan bahan bacaan untuk menambah pengetahun para pembaca khususnya yang berkaitan dengan studi kelayakan bisnis.

Sistematika buku Studi Kelayakan Bisnis: Konsep dan Aplikasi ini mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapan. Buku ini terdiri atas 15 bab yang dibahas secara rinci, diantaranya: Bab 1 Pengantar Studi Kelayakan Bisnis, Bab 2 Strategi Memilih Bisnis dan Membangun Bisnis Baru, Bab 3 Menyusun Rencana dan Ide Bisnis yang Unggul, Bab 4 Studi Aspek Hukum dan Legalitas Usaha, Bab 5 Studi Aspek Modal Kerja Bab 6 Studi Aspek Manajemen dan Organisasi, Bab 7 Studi Aspek Pasar dan Pemasaran, Bab 8 Studi Aspek Manajemen Operasi, Bab 9 Studi Aspek Manajemen Sumber Daya Manusia, Bab 10 Studi Aspek Keuangan, Bab 11 Studi Aspek Ekonomi dan Sosial, Bab 12 Studi Aspek Teknis dan Teknologi, Bab 13 Studi Aspek Kriteria Investasi, Bab 14 Studi Aspek Risiko dalam Bisnis, dan Bab 15 Etika dan Tanggung Jawab Sosial dalam Bisnis.ii Akhir kata penulis mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam proses penulisan buku ini hingga dapat selesai dengan baik, secara khusus kepada Penerbit Media Sains Indonesia sebagai inisiator book chapter ini. Penulis berharap buku ini dapat bermanfaat bagi kita semua dan dapat memberi kontribusi yang positif demi kemajuan nusa dan bangsa Indonesia yang tercinta.

Penulis

Hastin Umi Anisah - Ketertarikan penulis terhadap ilmu Manajemen dimulai tahun 1998 ketika penulis kuliah di S1 FE Universitas Lambung Mangkurat. Kemudian setelah diterima sebagai dosen di Universitas Lambung Mangkurat pada tahun 2003, penulis selanjutnya kuliah S2 pada tahun 2005 Program Magister Manajemen di FEB Universitas Brawijaya dengan predikat Cum Laude di Tahun 2007 dengan masa kuliah 1,5 tahun. Dengan penuh semangat, penulis melanjutkan pendidikan ke jenjang S3 Ilmu Manajemen pada Program Doktor Ilmu Manajemen di Universitas Brawijaya pada tahun 2007 dan berhasil menyelesaikannya pada tahun 2010 dengan predikat kelulsan Cum Laude. Selain itu, selama pendidikan S3, penuli juga menerima beasiswa untuk melakukan Sandwich Programe dari Kemenristekdikti ke La Trobe University pada tahun 2009. Penulis memiliki kepakaran dibidang Manajemen strategi dan kewirausahaan. Dan untuk mewujudkan karir sebagai dosen profesional, penulis pun aktif sebagai peneliti dibidang kepakarannya tersebut. Beberapa penelitian yang telah dilakukan didanai oleh internal perguruan tinggi, pemerintah daerah, lembaga penelitian dan juga Kemenristek DIKTI. Selain peneliti, penulis juga aktif menulis buku dengan harapan dapat memberikan kontribusi positif bagi bangsa dan negara yang sangat tercinta ini. Beberapa buku telah dihasilkan oleh penulis dengan kolaborasi sehingga penulis mendapatkan penghargaan sebagai penulis paling produktif tahun 2021 yang dikeluarkan oleh IDRI (Ikatan Dosen Republik Indonesia).
Kevin Indajang - Lahir di Pematangsiantar, pada tanggal 25 April 1995. Lulus S-1 di Program Studi Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Sultan Agung Pematangsiantar pada tahun 2017 dan S-2 di Program Studi Magister Manajemen Fakultas Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara pada tahun 2019. Saat ini sedang bekerja sebagai Dosen pada program studi Manajemen di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Sultan Agung serta aktif menulis buku dibidang Manajemen.
Reni Febrina - Lahir di Bukittinggi pada tahun 1980 dan sekarang berprofesi sebagai dosen tetap di Jurusan Ekonomi Syariah, Sekolah Tinggi Ekonomi Syariah Manna Wa Salwa- Tanah Datar Sumatera Barat. Menyelesaikan S1 bidang Ilmu Ekonomi Manajemen dan memperoleh gelar kesarjanaan di Universitas Bung Hatta Padang, Sumatera Barat pada tahun 2005. Pada tahun 2011 meraih gelar Master dalam bidang ilmu Ekonomi Manajemen pada Universitas Negeri Padang (UNP).

Selain sebagai dosen tetap pada saat ini juga aktif mengajar di beberapa perguruan tinggi di Sumatera Barat sebagai Dosen Luar Biasa dan tulisannya pernah dimuat di beberapa media, dan jurnal. Juga aktif sebagai penulis di website Ekonomi dan bisnis (www.azhabibisnis.com) dengan berbagai tema, mulai dari tema mengenai ekonomi, bisnis, manajemen, dan umum sebagai wadah untuk penulis berbagi ilmu dan pengetahuan.

Memiliki kepribadian yang baik dan mempunyai semangat untuk terus mengembangkan diri dengan terus belajar mengenai hal-hal baru yang bersifat membangun dan Motto dalam pendidikan adalah ”Jangan berhenti untuk terus menggali ilmu lebih dalam, dan berbagilah dengan orang lain supaya ilmu tersebut lebih bermanfaat untuk diri kita dan diri orang lain”.
Christina Bagenda - Lahir di Bandung 23 Maret 1968, menyelesaikan pendidikan formal SD, SMP di Magelang Jawa Tengah, SMA di Pinrang Sulawesi Selatan, dan memperoleh gelar Sarjana Hukum (S.H) di Universitas Kristen Indonesia Paulus Makassar pada tahun 1992. Gelar Magister Hukum (M.H) diperoleh di Universitas Hasanuddin Makassar tahun 2010, pada tahun 2019 mengikuti pendidkan Ahli Hukum Kontrak ; tahun 2003 mulai mengajar di Prodi Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Flores sampai dengan sekarang. Saat ini menjabat sebaai Ketua Program Studi Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Flores. Selain aktif menulis Book Chapter, penulis juga aktif menulis aritikel di beberapa jurnal terakreditasi Sinta 2, 3, 4 dan jurnal Internasional. Melakukan penelitian mandiri dan juga penelitian yang didanai Pemkab serta melakukan pengabdian (sebagai saksi ahli ditingkat penyidikan dan pengadilan, melakukan penyuluhan-penyuluhan).
Rahmat Rudiyanto - Penulis merupakan Dosen tetap dan pengampu mata kuliah Bank dan Lembaga Keuangan Non Bank dan 2 tahun terakhir ini di amanahi sebagai Ketua Program Studi Manajemen pada Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesi Malang (STIE Indonesia Malang). Pernah menjadi Dosen luar biasa pada STIEM Bongaya Makassar selama 2 tahun ketika bertugas di Makassar. Beberapa kali menjadi pembicara pada kegiatan akademis di beberapa Perguruan Tinggi di Makassar dengan materi Bank dan lembaga keuangan Non Bank atau Strategy akses permodalan bagi UMKM ke Perbankan. Latar belakang penulis adalah praktisi Perbankan yang telah berkarir di salah satu Bank BUMN selama kurang lebih 30 tahun dengan lebih banyak berkiprah di bidang perkreditan (Performing Loan dan Non Performing Loan) selama berkarir di Perbankan penulis pernah bertugas di Jawa Timur, Sulawesi, Ambon, Papua dan sekitarnya. Pendidikan penulis S1 Manajemen Keuangan diselesaikan di STIE ABI Surabaya pada tahun 1991 dan S2 Manajemen Keuangan di Universitas Gajayana Malang lulus tahun 1999

Penulis memiliki ketertarikan kuat dalam kegiatan menulis yang telah diterapkan dalam penulisan beberapa jurnal akademik dan saat ini penulis tengah menyusun buku ajar di bidang Perbankan. Semoga tulisan ini bermanfaat, terima kasih
Budi Rustandi Kartawinata - Penulis dilahirkan di Rangkasbtung. Masa kecilnya dihabiskan di 3 kota berbeda yaitu Cirebon, Serang, dan Bandung dengan mengikuti tempat tugas ayahanda sebagai pegawai negeri sipil. Penulis menempuh masa Sekolah Dasar di SD Negeri 2 Kota Serang, kemudian menjalani sekolah menengah pertama di SMPN 16 Kota Bandung, lalu menempuh sekolah menengah atas di SMAN 20 Bandung. Pendidikan Tinggi S1 penulis di tempun di Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM) di Kota Bandung. Pendidikan S2 dilanjutkan di Program Pasca Sarjana Universitas Padjadjaran Bandung Program Magister Manajemen dengan konsentrasi Manajemen Keuangan. Dan sekarang penulis sedang menempuh pendidikan S3 di Program Doktor Ilmu Manajemen Pasca Sarjana Universitas Pasundan Bandung. Sekarang menulis mengabdi sebagai dosen tetap di Program Studi Adminsitrasi Bisnis Fakultas Komunikasi dan Bisnis Universitas Telkom.
Eny Endah Pujiastuti - Ketertarikan penulis terhadap ilmu pariwisata (tourism) dimulai pada tahun 2014 silam dengan melakukan kegiatan KKM PPM - Pemberdayaan Masyarakat Desa Sumberarum Kec. Moyudan, Kab. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta melalui Integrated Rural Tourism (IRT) pada tahun 2014.. Hal tersebut membuat penulis memilih untuk mendalami mengenai tourism pada saat studi S3 di Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis, Universitas Brawijaya pada tahun 2017. Sebelumnya penulis menyelesaikan studi S1 jurusan Ilmu Administrasi BIsnis, Universitas Diponegoro tahun 1997 dan studi S2 jurusan Ilmu Administrasi Bisnis, Universitas Brawijaya pada tahun 2010.

Penulis memiliki kepakaran dibidang pemasaran dan tourism. Dan untuk mewujudkan karir sebagai dosen profesional, penulis pun aktif sebagai peneliti dibidang kepakarannya tersebut. Beberapa penelitian yang telah dilakukan didanai oleh internal perguruan tinggi dan juga Kemendikbud. Selain peneliti, penulis juga aktif menulis artikel dijurnal dan buku dengan harapan dapat memberikan kontribusi positif bagi bangsa dan negara yang sangat tercinta ini. Untuk mengimplemtasikan ilmu sesuai kepakarannya, penulis melakukan kegiatan pengabdian masyarakat seperti kegiatan pendampingan di desa wisata.
Rosali Sembiring Colia - merupakan dosen tetap Program Studi Manajemen Program Sarjana Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPN Veteran Jakarta. Penulis mengampu mata kuliah Manajemen Operasional, Manajemen Rantai Pasok, Manajemen Kualitas dan Kewirausahaan. Penulis juga mengajar di PTS dan aktif melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat bersama dosen lain yang menghasilkan tulisan karya ilmiah antara lain adalah (1) Pengaruh Jiwa Kewirausahaan dan Budaya Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi PTS di Jakarta Selatan, (2) Strategi Pengembangan Pemasaran Beras Pada Gapoktan Tani Mulya, (3) Strategi Pemasaran Kerajinan Kulit Dengan Metode QSPM di Kecamatan Rangkasbitung Kabupaten Lebak-Banten, (4) Marketing Supply Chain UMKM Di Kabupaten Pandeglang, (6) Analisis Pengendalian Kualitas Produk Tahu Di Pondok Labu Jakarta (7) Rantai Pasok Pemasaran Produk Kelompok Tani Di Era Pandemic Covid-19. Buku yang sudah diterbitkan yaitu monograf supply Chain: Upaya Meningkatkan Keunggulan Kompetitif UMKM dan book chapter Keunggulan Kompetitif UMKM Naik Kelas, Strategi Pemasaran UMKM dan Pandemi Covid – 19 Penulis menyelesaikan Pendidikan di SMA Kristen 1 Medan, S1 Jurusan Manajemen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis di Universitas Jambi dan S2 Magister Manajemen di Fakultas Ekonomi Bisnis di UPN Veteran Jakarta.
Marisi Butarbutar - Dosen tetap pada Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung Pematangsiantar, sekaligus praktisi riset dibidang manajemen dan bisnis, juga sebagai Dewan Redaksi dan Reviewer di Jurnal Ilmiah Perguruan Tinggi dan Pemerintah Kota Pematangsiantar – Sumatera Utara. Berkolaborasi dalam menulis beberapa buku yang berhubungan dengan Manajemen. Pendidikan terakhir dari Program Doktor Ilmu Manajemen Universitas Pasundan Bandung.
Christine Loist - Lahir di Pematangsiantar tanggal 24 Februari 1995. Lulus dari Jurusan Sarjana Ilmu Ekonomi dari Universitas Sumatera Utara pada tahun 2016. Gelar Magister Sains diperoleh pada tahun 2018 dari Universitas Sumatera Utara. Saat ini aktif mengajar pada Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung pada Program Studi Akuntansi.
Juhari - Penulis lahir di Petaling (Bangka), 20 Juni 1983. Pendidikan di SD Negeri 315 Petaling dan SMP Negeri 1 Mendo Barat serta SMA Negeri 3 Kota Pangkalpinang. Penulis menyelesaikan S1 di Program Studi Manajemen STIE Pertiba Pangkalpinang Jurusan Manajemen Pemasaran pada Tahun 2006. Sembari menjadi asisten dosen di STIE Pertiba, Penulis melanjutkan program S2 Magister Manajemen Jurusan Manajemen Pemasaran di STIE Pertiba yang lulus pada Tahun 2011. Setelah itu penulis aktif mengajar di Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Pertiba, penulis juga aktif aktif menjadi tenaga ahli, narasumber, trainer dan motivator dalam berbagai seminar dan pelatihan di Pemerintah Daerah Kabupaten/ Kota dan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan instansi lainnya. Mulai tahun 2009 penulis aktif melakukan kajian dan pendampingan UMKM di Kota Pangkalpinang dan memiliki sertifikasi kompetensi pendamping KUMKM. Tahun 2016 penulis lulus sertifikasi dosen pendidik profesional dan melakukan penelitian serta pengabdian masyarakat baik pendanaan mandiri dan lembaga. Pada tahun 2019 Penulis melanjutkan S3 pada Program Studi Doktor Ilmu Manajemen Universitas Persada Indonesia YAI Jakarta dan lulus pada Bulan Mei Tahun 2022 dengan bidang keahlian Manajemen Pemasaran dengan Predikat Cumlaudge. Jabatan sekarang, penulis diamanahkan sebagai Ketua Program Magister Manajemen Universitas Pertiba.
Rosharita - Lahir di Tebing Tinggi, 19 November 1977, lulus dari Jurusan Sarjana Ekonomi dari Universitas Narotama, Surabaya pada tahun 2011. Gelar S-2 diperoleh dari program Studi Magister Ilmu Manajemen di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung Pada tahun 2022. Saat ini menjabat sebagai Kepala Sekolah di salah satu Sekolah swasta, aktifitas keseharian berkolaborasi dengan teman sejawat dengan mulai menekuni menulis buku dan jurnal.
Sita Deliyana Firmialy - Ketertarikan penulis terhadap ilmu manajemen keuangan dimulai pada tahun 2006 silam ketika penulis mulai bekerja di industri perbankan. Penulis bekerja di industri perbankan dan asuransi sampai dengan tahun 2014 hingga pada akhirnya penulis memutuskan untuk melanjutkan studi S-2 dan S-3 di School of Business and Management – Institut Teknologi Bandung (SBM-ITB). Penulis berhasil lulus dari program S-2 Master in Science of Management (MSM) Program pada tahun 2016 dan lulus dari program S-3 Doctor of Science in Management (DSM) Program pada tahun 2020. Semenjak tahun 2020, penulis mengajar di Telkom University dengan konsentrasi bidang pengajaran pada mata kuliah Financial Management, Financial Planning, Risk Management dan Financial Institutions and Technology.

Penulis memiliki kepakaran dibidang Sustainable Finance, Corporate Finance, Business Ethics in Finance, Investment Management dan Risk Management in Banking and Finance. Dan untuk mewujudkan karir sebagai dosen profesional, penulis pun aktif sebagai peneliti dibidang kepakarannya tersebut. Beberapa penelitian yang telah dilakukan didanai oleh internal perguruan tinggi dan juga Kemenristek DIKTI. Penulis merupakan penerima research grants dari Erasmus++ OptBank untuk Program Summer School for Doctoral Students di tahun 2019. Selain peneliti, penulis juga aktif menulis buku dengan harapan dapat memberikan kontribusi positif bagi bangsa dan negara yang sangat tercinta ini.
Budi Wahyu Mahardhika - menempuh pendidikan di S1 Manajemen di Universitas Airlangga, S1 Teknik Perkapalan ITS dan S2 Magister Manajemen di Universitas Sebelas Maret. Sebelum berkarir didunia pendidikan, sejak tahun 2004 penulis bekerja sebagai Business Development Head di PT. SNF Consulting setelahnya penulis pada tahun 2010 sd 2015 bekerja sebagai Kepala Bagian Keuangan di PT. BUMN Hijau Lestari (Konsorsium BUMN Perkebunan). Terlahir dan menikmati masa remajanya di ibukota, menjadikan Dhika mudah sekali untuk membangun jaringan di berbagai lini, baik di daerah maupun pusat. Maka, spesialisasi bidang finance & risk management pun ditekuninya dengan back up jaringan yang luas. Baginya, menekuni sebuah keahlian bukan sekedar menumpuk teori di kepala, tetapi juga sebuah proses merangkainya dengan jaringan profesional untuk implementasi dan solusi terhadap berbagai masalah yang muncul. Inilah kekuatan profesional yang memperkuat pendalaman ilmunya pada pendidikan S3 Ilmu Manajemen konsentrasi keuangan Unair ini (2019 sd sekarang).

Ia merupakan Pengajar matakuliah manajemen keuangan, manajemen risiko, manajemen investasi, studi kelayakan bisnis dan kewirausahaan di Program Studi Manajemen Universitas Muhammadiyah Surabaya serta sebagai Pendiri dan Pimpinan di PT. Cahaya Prima Solusi, sebuah perusahaan konsultan yang bergerak dalam bidang manajemen dan IT yang bertempat di Surabaya. (www.CahayaPrimaSolusi)
Heni Nastiti - Penulis adalah Dosen tetap pada Program Studi Manajemen Program Sarjana Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPN Veteran Jakarta. Penulis mengampu mata kuliah Statistik Ekonomi dan Bisnis, Manajemen Operasional, Manajemen Rantai Pasok, dan Manajemen Kualitas serta Pengantar Bisnis. Penulis juga melakukan beberapa penelitian dan pengabdian kepada masyarakat bersama dosen lain yang menghasilkan tulisan karya ilmiah antara lain adalah (1) Pengendalian Kualitas Produksi Dengan Metode SQC, (2) Analisis Penentuan Luas Produksi Optimum Pada Perusahaan Batik, (3) Efektivitas Tunjangan Kinerja Tenaga Kependidikan Pada Perguruan Tinggi, (4) Analisis Loyalitas Kepuasan Mahasiswa Pada Perguruan Tinggi, (5) Kepuasan Dosen dan Tenaga Kependidikan Terhadap Sistem dan Pengelolaan SDM di Perguruan Tinggi, (6) Analisis Kualitas Lulusan Pada Perguruan Tinggi. (7) Peranan Tenaga Kerja Perempuan Dalam Meningkatkan Pendapatan Rumah tangga dan Pendapatan Domestik Regional Bruto (PDRB), (8) Analisis Pengaruh Kompensasi, Motivasi Dan Budaya Kerja Terhadap Kinerja Pada Perguruan Tinggi, (9) Analisis Pengendalian Kualitas Produksi Tahu Di Pondok Labu Jakarta. (10) Analisis Faktor-Faktor Minat Berwirausaha Mahasiswa . Penulis menyelesaikan Pendidikan S1 Jurusan Manajemen di Fakultas Ekonomi UNSOED Purwokerto dan S2 Magister Manajemen di Fakultas Ekonomi UPN Veteran Jakarta.
Hastin Umi Anisah - Ketertarikan penulis terhadap ilmu Manajemen dimulai tahun 1998 ketika penulis kuliah di S1 FE Universitas Lambung Mangkurat. Kemudian setelah diterima sebagai dosen di Universitas Lambung Mangkurat pada tahun 2003, penulis selanjutnya kuliah S2 pada tahun 2005 Program Magister Manajemen di FEB Universitas Brawijaya dengan predikat Cum Laude di Tahun 2007 dengan masa kuliah 1,5 tahun. Dengan penuh semangat, penulis melanjutkan pendidikan ke jenjang S3 Ilmu Manajemen pada Program Doktor Ilmu Manajemen di Universitas Brawijaya pada tahun 2007 dan berhasil menyelesaikannya pada tahun 2010 dengan predikat kelulsan Cum Laude. Selain itu, selama pendidikan S3, penuli juga menerima beasiswa untuk melakukan Sandwich Programe dari Kemenristekdikti ke La Trobe University pada tahun 2009. Penulis memiliki kepakaran dibidang Manajemen strategi dan kewirausahaan. Dan untuk mewujudkan karir sebagai dosen profesional, penulis pun aktif sebagai peneliti dibidang kepakarannya tersebut. Beberapa penelitian yang telah dilakukan didanai oleh internal perguruan tinggi, pemerintah daerah, lembaga penelitian dan juga Kemenristek DIKTI. Selain peneliti, penulis juga aktif menulis buku dengan harapan dapat memberikan kontribusi positif bagi bangsa dan negara yang sangat tercinta ini. Beberapa buku telah dihasilkan oleh penulis dengan kolaborasi sehingga penulis mendapatkan penghargaan sebagai penulis paling produktif tahun 2021 yang dikeluarkan oleh IDRI (Ikatan Dosen Republik Indonesia).
Kevin Indajang - Lahir di Pematangsiantar, pada tanggal 25 April 1995. Lulus S-1 di Program Studi Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Sultan Agung Pematangsiantar pada tahun 2017 dan S-2 di Program Studi Magister Manajemen Fakultas Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara pada tahun 2019. Saat ini sedang bekerja sebagai Dosen pada program studi Manajemen di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Sultan Agung serta aktif menulis buku dibidang Manajemen.
Reni Febrina - Lahir di Bukittinggi pada tahun 1980 dan sekarang berprofesi sebagai dosen tetap di Jurusan Ekonomi Syariah, Sekolah Tinggi Ekonomi Syariah Manna Wa Salwa- Tanah Datar Sumatera Barat. Menyelesaikan S1 bidang Ilmu Ekonomi Manajemen dan memperoleh gelar kesarjanaan di Universitas Bung Hatta Padang, Sumatera Barat pada tahun 2005. Pada tahun 2011 meraih gelar Master dalam bidang ilmu Ekonomi Manajemen pada Universitas Negeri Padang (UNP).

Selain sebagai dosen tetap pada saat ini juga aktif mengajar di beberapa perguruan tinggi di Sumatera Barat sebagai Dosen Luar Biasa dan tulisannya pernah dimuat di beberapa media, dan jurnal. Juga aktif sebagai penulis di website Ekonomi dan bisnis (www.azhabibisnis.com) dengan berbagai tema, mulai dari tema mengenai ekonomi, bisnis, manajemen, dan umum sebagai wadah untuk penulis berbagi ilmu dan pengetahuan.

Memiliki kepribadian yang baik dan mempunyai semangat untuk terus mengembangkan diri dengan terus belajar mengenai hal-hal baru yang bersifat membangun dan Motto dalam pendidikan adalah ”Jangan berhenti untuk terus menggali ilmu lebih dalam, dan berbagilah dengan orang lain supaya ilmu tersebut lebih bermanfaat untuk diri kita dan diri orang lain”.
Christina Bagenda - Lahir di Bandung 23 Maret 1968, menyelesaikan pendidikan formal SD, SMP di Magelang Jawa Tengah, SMA di Pinrang Sulawesi Selatan, dan memperoleh gelar Sarjana Hukum (S.H) di Universitas Kristen Indonesia Paulus Makassar pada tahun 1992. Gelar Magister Hukum (M.H) diperoleh di Universitas Hasanuddin Makassar tahun 2010, pada tahun 2019 mengikuti pendidkan Ahli Hukum Kontrak ; tahun 2003 mulai mengajar di Prodi Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Flores sampai dengan sekarang. Saat ini menjabat sebaai Ketua Program Studi Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Flores. Selain aktif menulis Book Chapter, penulis juga aktif menulis aritikel di beberapa jurnal terakreditasi Sinta 2, 3, 4 dan jurnal Internasional. Melakukan penelitian mandiri dan juga penelitian yang didanai Pemkab serta melakukan pengabdian (sebagai saksi ahli ditingkat penyidikan dan pengadilan, melakukan penyuluhan-penyuluhan).
Rahmat Rudiyanto - Penulis merupakan Dosen tetap dan pengampu mata kuliah Bank dan Lembaga Keuangan Non Bank dan 2 tahun terakhir ini di amanahi sebagai Ketua Program Studi Manajemen pada Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesi Malang (STIE Indonesia Malang). Pernah menjadi Dosen luar biasa pada STIEM Bongaya Makassar selama 2 tahun ketika bertugas di Makassar. Beberapa kali menjadi pembicara pada kegiatan akademis di beberapa Perguruan Tinggi di Makassar dengan materi Bank dan lembaga keuangan Non Bank atau Strategy akses permodalan bagi UMKM ke Perbankan. Latar belakang penulis adalah praktisi Perbankan yang telah berkarir di salah satu Bank BUMN selama kurang lebih 30 tahun dengan lebih banyak berkiprah di bidang perkreditan (Performing Loan dan Non Performing Loan) selama berkarir di Perbankan penulis pernah bertugas di Jawa Timur, Sulawesi, Ambon, Papua dan sekitarnya. Pendidikan penulis S1 Manajemen Keuangan diselesaikan di STIE ABI Surabaya pada tahun 1991 dan S2 Manajemen Keuangan di Universitas Gajayana Malang lulus tahun 1999

Penulis memiliki ketertarikan kuat dalam kegiatan menulis yang telah diterapkan dalam penulisan beberapa jurnal akademik dan saat ini penulis tengah menyusun buku ajar di bidang Perbankan. Semoga tulisan ini bermanfaat, terima kasih
Budi Rustandi Kartawinata - Penulis dilahirkan di Rangkasbtung. Masa kecilnya dihabiskan di 3 kota berbeda yaitu Cirebon, Serang, dan Bandung dengan mengikuti tempat tugas ayahanda sebagai pegawai negeri sipil. Penulis menempuh masa Sekolah Dasar di SD Negeri 2 Kota Serang, kemudian menjalani sekolah menengah pertama di SMPN 16 Kota Bandung, lalu menempuh sekolah menengah atas di SMAN 20 Bandung. Pendidikan Tinggi S1 penulis di tempun di Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM) di Kota Bandung. Pendidikan S2 dilanjutkan di Program Pasca Sarjana Universitas Padjadjaran Bandung Program Magister Manajemen dengan konsentrasi Manajemen Keuangan. Dan sekarang penulis sedang menempuh pendidikan S3 di Program Doktor Ilmu Manajemen Pasca Sarjana Universitas Pasundan Bandung. Sekarang menulis mengabdi sebagai dosen tetap di Program Studi Adminsitrasi Bisnis Fakultas Komunikasi dan Bisnis Universitas Telkom.
Eny Endah Pujiastuti - Ketertarikan penulis terhadap ilmu pariwisata (tourism) dimulai pada tahun 2014 silam dengan melakukan kegiatan KKM PPM - Pemberdayaan Masyarakat Desa Sumberarum Kec. Moyudan, Kab. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta melalui Integrated Rural Tourism (IRT) pada tahun 2014.. Hal tersebut membuat penulis memilih untuk mendalami mengenai tourism pada saat studi S3 di Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis, Universitas Brawijaya pada tahun 2017. Sebelumnya penulis menyelesaikan studi S1 jurusan Ilmu Administrasi BIsnis, Universitas Diponegoro tahun 1997 dan studi S2 jurusan Ilmu Administrasi Bisnis, Universitas Brawijaya pada tahun 2010.

Penulis memiliki kepakaran dibidang pemasaran dan tourism. Dan untuk mewujudkan karir sebagai dosen profesional, penulis pun aktif sebagai peneliti dibidang kepakarannya tersebut. Beberapa penelitian yang telah dilakukan didanai oleh internal perguruan tinggi dan juga Kemendikbud. Selain peneliti, penulis juga aktif menulis artikel dijurnal dan buku dengan harapan dapat memberikan kontribusi positif bagi bangsa dan negara yang sangat tercinta ini. Untuk mengimplemtasikan ilmu sesuai kepakarannya, penulis melakukan kegiatan pengabdian masyarakat seperti kegiatan pendampingan di desa wisata.
Rosali Sembiring Colia - merupakan dosen tetap Program Studi Manajemen Program Sarjana Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPN Veteran Jakarta. Penulis mengampu mata kuliah Manajemen Operasional, Manajemen Rantai Pasok, Manajemen Kualitas dan Kewirausahaan. Penulis juga mengajar di PTS dan aktif melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat bersama dosen lain yang menghasilkan tulisan karya ilmiah antara lain adalah (1) Pengaruh Jiwa Kewirausahaan dan Budaya Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi PTS di Jakarta Selatan, (2) Strategi Pengembangan Pemasaran Beras Pada Gapoktan Tani Mulya, (3) Strategi Pemasaran Kerajinan Kulit Dengan Metode QSPM di Kecamatan Rangkasbitung Kabupaten Lebak-Banten, (4) Marketing Supply Chain UMKM Di Kabupaten Pandeglang, (6) Analisis Pengendalian Kualitas Produk Tahu Di Pondok Labu Jakarta (7) Rantai Pasok Pemasaran Produk Kelompok Tani Di Era Pandemic Covid-19. Buku yang sudah diterbitkan yaitu monograf supply Chain: Upaya Meningkatkan Keunggulan Kompetitif UMKM dan book chapter Keunggulan Kompetitif UMKM Naik Kelas, Strategi Pemasaran UMKM dan Pandemi Covid – 19 Penulis menyelesaikan Pendidikan di SMA Kristen 1 Medan, S1 Jurusan Manajemen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis di Universitas Jambi dan S2 Magister Manajemen di Fakultas Ekonomi Bisnis di UPN Veteran Jakarta.
Marisi Butarbutar - Dosen tetap pada Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung Pematangsiantar, sekaligus praktisi riset dibidang manajemen dan bisnis, juga sebagai Dewan Redaksi dan Reviewer di Jurnal Ilmiah Perguruan Tinggi dan Pemerintah Kota Pematangsiantar – Sumatera Utara. Berkolaborasi dalam menulis beberapa buku yang berhubungan dengan Manajemen. Pendidikan terakhir dari Program Doktor Ilmu Manajemen Universitas Pasundan Bandung.
Christine Loist - Lahir di Pematangsiantar tanggal 24 Februari 1995. Lulus dari Jurusan Sarjana Ilmu Ekonomi dari Universitas Sumatera Utara pada tahun 2016. Gelar Magister Sains diperoleh pada tahun 2018 dari Universitas Sumatera Utara. Saat ini aktif mengajar pada Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung pada Program Studi Akuntansi.
Juhari - Penulis lahir di Petaling (Bangka), 20 Juni 1983. Pendidikan di SD Negeri 315 Petaling dan SMP Negeri 1 Mendo Barat serta SMA Negeri 3 Kota Pangkalpinang. Penulis menyelesaikan S1 di Program Studi Manajemen STIE Pertiba Pangkalpinang Jurusan Manajemen Pemasaran pada Tahun 2006. Sembari menjadi asisten dosen di STIE Pertiba, Penulis melanjutkan program S2 Magister Manajemen Jurusan Manajemen Pemasaran di STIE Pertiba yang lulus pada Tahun 2011. Setelah itu penulis aktif mengajar di Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Pertiba, penulis juga aktif aktif menjadi tenaga ahli, narasumber, trainer dan motivator dalam berbagai seminar dan pelatihan di Pemerintah Daerah Kabupaten/ Kota dan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan instansi lainnya. Mulai tahun 2009 penulis aktif melakukan kajian dan pendampingan UMKM di Kota Pangkalpinang dan memiliki sertifikasi kompetensi pendamping KUMKM. Tahun 2016 penulis lulus sertifikasi dosen pendidik profesional dan melakukan penelitian serta pengabdian masyarakat baik pendanaan mandiri dan lembaga. Pada tahun 2019 Penulis melanjutkan S3 pada Program Studi Doktor Ilmu Manajemen Universitas Persada Indonesia YAI Jakarta dan lulus pada Bulan Mei Tahun 2022 dengan bidang keahlian Manajemen Pemasaran dengan Predikat Cumlaudge. Jabatan sekarang, penulis diamanahkan sebagai Ketua Program Magister Manajemen Universitas Pertiba.
Rosharita - Lahir di Tebing Tinggi, 19 November 1977, lulus dari Jurusan Sarjana Ekonomi dari Universitas Narotama, Surabaya pada tahun 2011. Gelar S-2 diperoleh dari program Studi Magister Ilmu Manajemen di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung Pada tahun 2022. Saat ini menjabat sebagai Kepala Sekolah di salah satu Sekolah swasta, aktifitas keseharian berkolaborasi dengan teman sejawat dengan mulai menekuni menulis buku dan jurnal.
Sita Deliyana Firmialy - Ketertarikan penulis terhadap ilmu manajemen keuangan dimulai pada tahun 2006 silam ketika penulis mulai bekerja di industri perbankan. Penulis bekerja di industri perbankan dan asuransi sampai dengan tahun 2014 hingga pada akhirnya penulis memutuskan untuk melanjutkan studi S-2 dan S-3 di School of Business and Management – Institut Teknologi Bandung (SBM-ITB). Penulis berhasil lulus dari program S-2 Master in Science of Management (MSM) Program pada tahun 2016 dan lulus dari program S-3 Doctor of Science in Management (DSM) Program pada tahun 2020. Semenjak tahun 2020, penulis mengajar di Telkom University dengan konsentrasi bidang pengajaran pada mata kuliah Financial Management, Financial Planning, Risk Management dan Financial Institutions and Technology.

Penulis memiliki kepakaran dibidang Sustainable Finance, Corporate Finance, Business Ethics in Finance, Investment Management dan Risk Management in Banking and Finance. Dan untuk mewujudkan karir sebagai dosen profesional, penulis pun aktif sebagai peneliti dibidang kepakarannya tersebut. Beberapa penelitian yang telah dilakukan didanai oleh internal perguruan tinggi dan juga Kemenristek DIKTI. Penulis merupakan penerima research grants dari Erasmus++ OptBank untuk Program Summer School for Doctoral Students di tahun 2019. Selain peneliti, penulis juga aktif menulis buku dengan harapan dapat memberikan kontribusi positif bagi bangsa dan negara yang sangat tercinta ini.
Budi Wahyu Mahardhika - menempuh pendidikan di S1 Manajemen di Universitas Airlangga, S1 Teknik Perkapalan ITS dan S2 Magister Manajemen di Universitas Sebelas Maret. Sebelum berkarir didunia pendidikan, sejak tahun 2004 penulis bekerja sebagai Business Development Head di PT. SNF Consulting setelahnya penulis pada tahun 2010 sd 2015 bekerja sebagai Kepala Bagian Keuangan di PT. BUMN Hijau Lestari (Konsorsium BUMN Perkebunan). Terlahir dan menikmati masa remajanya di ibukota, menjadikan Dhika mudah sekali untuk membangun jaringan di berbagai lini, baik di daerah maupun pusat. Maka, spesialisasi bidang finance & risk management pun ditekuninya dengan back up jaringan yang luas. Baginya, menekuni sebuah keahlian bukan sekedar menumpuk teori di kepala, tetapi juga sebuah proses merangkainya dengan jaringan profesional untuk implementasi dan solusi terhadap berbagai masalah yang muncul. Inilah kekuatan profesional yang memperkuat pendalaman ilmunya pada pendidikan S3 Ilmu Manajemen konsentrasi keuangan Unair ini (2019 sd sekarang).

Ia merupakan Pengajar matakuliah manajemen keuangan, manajemen risiko, manajemen investasi, studi kelayakan bisnis dan kewirausahaan di Program Studi Manajemen Universitas Muhammadiyah Surabaya serta sebagai Pendiri dan Pimpinan di PT. Cahaya Prima Solusi, sebuah perusahaan konsultan yang bergerak dalam bidang manajemen dan IT yang bertempat di Surabaya. (www.CahayaPrimaSolusi)
Heni Nastiti - Penulis adalah Dosen tetap pada Program Studi Manajemen Program Sarjana Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPN Veteran Jakarta. Penulis mengampu mata kuliah Statistik Ekonomi dan Bisnis, Manajemen Operasional, Manajemen Rantai Pasok, dan Manajemen Kualitas serta Pengantar Bisnis. Penulis juga melakukan beberapa penelitian dan pengabdian kepada masyarakat bersama dosen lain yang menghasilkan tulisan karya ilmiah antara lain adalah (1) Pengendalian Kualitas Produksi Dengan Metode SQC, (2) Analisis Penentuan Luas Produksi Optimum Pada Perusahaan Batik, (3) Efektivitas Tunjangan Kinerja Tenaga Kependidikan Pada Perguruan Tinggi, (4) Analisis Loyalitas Kepuasan Mahasiswa Pada Perguruan Tinggi, (5) Kepuasan Dosen dan Tenaga Kependidikan Terhadap Sistem dan Pengelolaan SDM di Perguruan Tinggi, (6) Analisis Kualitas Lulusan Pada Perguruan Tinggi. (7) Peranan Tenaga Kerja Perempuan Dalam Meningkatkan Pendapatan Rumah tangga dan Pendapatan Domestik Regional Bruto (PDRB), (8) Analisis Pengaruh Kompensasi, Motivasi Dan Budaya Kerja Terhadap Kinerja Pada Perguruan Tinggi, (9) Analisis Pengendalian Kualitas Produksi Tahu Di Pondok Labu Jakarta. (10) Analisis Faktor-Faktor Minat Berwirausaha Mahasiswa . Penulis menyelesaikan Pendidikan S1 Jurusan Manajemen di Fakultas Ekonomi UNSOED Purwokerto dan S2 Magister Manajemen di Fakultas Ekonomi UPN Veteran Jakarta.

Editor

Acai Sudirman - Lahir di Lubuk Pakam, 15 Maret 1989, lulus dari Jurusan Sarjana Manajemen dari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung pada tahun 2016. Gelar Magister Manajemen diperoleh dari program Magister Manajemen Fakultas Pascasarjana Universitas HKBP Nommensen Medan dengan konsentrasi Manajemen Pemasaran dan lulus pada tahun 2018. Saat ini aktif mengajar pada Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung pada Program Studi Manajemen. Selain sebagai dosen, penulis mengisi waktu sehari-hari dengan menulis dan telah menulis buku lebih dari 70-an dengan topik manajemen dan bisnis. Selain aktif menulis buku, penulis juga mulai belajar menjadi editor buku. Penulis menargetkan di akhir tahun 2022 bisa menghasilkan sebanyak 100 buku, baik sebagai penulis maupun sebagai editor. Motto penulis “Jomblo 4.0: Talk Less Do More”.

Daftar Isi

Cover Depan
Kata Pengantar
Daftar Isi
Bab 1. Pengantar Studi  Kelayakan Bisnis
     Pendahuluan
     Pengertian Studi Kelayakan Bisnis
     Tujuan dan Manfaat Studi Kelayakan Bisnis
     Aspek-Aspek Dalam Studi Kelayakan Bisnis
     Tahapan dan Contoh dalam Melakukan Studi
     Kesimpulan
Bab 2. Strategi Memilih Bisnis Dan  Membangun Bisnis Baru
     Pendahuluan
     Tahapan Studi Kelayakan
     Analisis Kelayakan Usaha
     Penilaian Resiko Memulai Bisnis Baru
Bab 3. Menyusun Rencana Dan Ide  Bisnis Yang Unggul
     Pendahuluan
     Pentingnya Menyusun Rencana Bisnis
     Manfaat Perencanaan Bisnis
     Menyusun Rencana Bisnis dan Ide Bisnis yang Unggul
Bab 4. Studi Aspek Hukum Dan Legalitas Usaha
     Inovasi Sumur Resapan dengan Geotextil Non Woven
     Pengertian Aspek Hukum
     Pengertian Legalitas Usaha
     Tujuan Legalitas Usaha
     Bentuk dan Cara Memperoleh Legalisasi Perusahaan
     Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)
     Manfaat Legalisasi Perusahaan
     Faktor Yang Menjadi Dasar Dalam Penilaian
     Jenis-Jenis Dokumen dalam Analisis Aspek Hukum
     Penutup
Bab 5. Aspek Modal Kerja
     Pengertian Modal Kerja
     Konsep Modal Kerja
     Jenis Modal Kerja
     Faktor yang Mempengaruhi Modal Kerja
     Manfaat Modal Kerja
     Sumber dan Penggunaan Modal Kerja
     Penentuan Besarnya Modal Kerja
     Kecepatan dan Periode Perputaran Modal Kerja
     Tingkat Modal Kerja yang Tepat
     Manajemen Modal Kerja dalam Perspektif Islam
     Tafsir Ringkas Kemenag RI
Bab 6. Studi Aspek Manajemen Dan Organisasi
     Pendahuluan
     Pengertian dan Fungsi Manajemen
     Planning
     Organizing
     Leading
     Controlling
     Manajemen Pembangunan Proyek
     Pengertian Organisasi
     Bentuk - Bentuk Organisasi
     Mengelola Kinerja dan Mutu Bisnis
Bab 7. Studi Aspek Pasar Dan Pemasaran
     Pendahuluan
     Pasar
     Analisis Lokasi
     Analisis Permintaan
     Analisis Pesaing
     Pemasaran
     Using Multiple Segmentation Bases
     Target pasar
     Choosing a Targeting Strategy
     Diferensiasi dan Positioning
     Produk
     Price/harga
     Promotion/Komunikasi pemasaran
     Platform Komunikasi Umum
     Komunikasi Pemasaran OnLine
     Social Media
     Place/Distribusi
     Saluran dalam distribusi
Bab 8. Studi Aspek Manajemen Operasi
     Pendahuluan
     Pengertian dan Pentingnya Manjemen Operasi
     Sistem Manajemen Operasi
     Perbedaan Barang dan Jasa
     Persamaan barang dan jasa
     Hubungan Sistem Operasi dengan Sistem Perusahaan
     Keputusan dalam Manajemen Operasi
     Berbagai Isu dalam Manajemen Operasi
     Daya Saing Perusahaan dan Fungsi Operasi
Bab 9. Studi Aspek Manajemen Sumber Daya Manusia
     Konsep Manajemen Sumber Daya Manusia
     Perencanaan Sumber Daya Manusia
     Pengadaan Sumber Daya Manusia
     Pelatihan Sumber Daya Manusia
     Kompensasi
     Penilaian Kinerja
     Pemutusan Hubungan Kerja (PHK)
Bab 10. Studi Aspek Keuangan
     Pendahuluan
     Tahapan Studi Kelayakan Keuangan
     Analisis Aspek Keuangan
     Manfaat Analisis Aspek Keuangan
     Penilaian Resiko Usaha
Bab 11. Studi Aspek Ekonomi Dan Sosial
     Pengantar Studi Aspek Ekonomi dan Sosial
     Mengukur Manfaat Ekonomi
     Mengukur Manfaat Sosial
     Dampak Ekonomi
     Dampak Sosial
Bab 12. Studi Aspek Teknis Dan Teknologi
     Pendahuluan
     Penerapan Sistem Informasi pada Bisnis
     Penggunaan dan Pengelolaan Sistem Informasi pada
     Keunggulan Proses Bisnis Berbasis Teknologi
     Analisis Aspek Teknik dan Teknologi pada Bisnis
     Manfaat Aspek Teknik dan Teknologi pada Bisnis
Bab 13. Studi Aspek Kriteria Investasi
     Konsep Investasi
     Metode Payback Period (PP)
     Metode Payback Period (PP)
     Metode Net Present Value (NPV)
     Metode Internal Rate Of Return (IRR)
     Metode Modified Internal Rate of Return (MIRR)
     Metode Profitability Index (PI)
     Metode Benefit Cost Ratio (B/C Ratio)
Bab 14. Studi Aspek Risiko Dalam Bisnis
     Risiko Perusahaan
     Tujuan Manajemen Risiko Perusahaan
     Proses Manajemen Risiko
     Prinsip-Pinsip Manajemen Risiko
     Budaya Risiko
     Penilaian Risiko
     Evaluasi Risiko
     Studi Kelayakan Aspek Risiko
Bab 15. Etika Dan Tanggung Jawab Sosial Dalam Bisnis
     Pendahuluan
     Definisi Etika Bisnis
     Prinsip-Prinsip Etika Bisnis
     Etika Individual
     Etika Manajerial
     Praktek Perusahaan dan Etika Bisnis
     Tanggung Jawab Sosial dalam Bisnis
     Tanggung Jawab Sosial kepada Pelanggan
     Tanggung Jawab Sosial kepada Karyawan
     Tanggung Jawab Sosial kepada Investor
     Tanggung Jawab Sosial kepada Pemasok (Supplier)
     Tanggung Jawab Sosial kepada Lingkungan
     Program Pendekatan Tanggung Jawab Sosial
     Pelaksanaan Program Tanggung Jawab Sosial
     Tanggung Jawab Sosial dan Etika terhadap Bisnis Kecil
     Rangkuman Materi
Cover Belakang