Tampilkan di aplikasi

Buku Media Sains Indonesia hanya dapat dibaca di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.

Terapi Komplementer dalam Manajemen Nyeri Persalinan

1 Pembaca
Rp 70.000 43%
Rp 40.000

Patungan hingga 5 orang pembaca
Hemat beli buku bersama 2 atau dengan 4 teman lainnya. Pelajari pembelian patungan disini

3 Pembaca
Rp 120.000 13%
Rp 34.667 /orang
Rp 104.000

5 Pembaca
Rp 200.000 20%
Rp 32.000 /orang
Rp 160.000

Pembelian grup
Pembelian buku digital dilayani oleh penerbit untuk mendapatkan harga khusus.
Hubungi penerbit

Perpustakaan
Buku ini dapat dibeli sebagai koleksi perpustakaan digital. myedisi library

Nyeri persalinan merupakan salah satu nyeri dari sekian banyak jenis nyeri yang dialami oleh manusia. Nyeri persalinan merupakan proses fisiologis alamiah yang dihadapi hampir semua perempuan ketika persalinan. Dari zaman dahulu, banyak sekali tindakan yang bisa kita lakukan untuk mengurangi nyeri persalinan, namun kita justru cenderung memilih obat-obatan sebagai terapi dalam mengurangi nyeri persalinan, baik itu dianjurkan oleh tenaga kesehatan maupun keluarga ibu sendiri. Padahal, terapi farmakologi dengan menggunakan obat-obatan akan menimbulkan efek samping bagi kesehatan ibu.

Ikhtisar Lengkap   
Penulis: Alchalidi / Abdurrahman / Lina / Nora Veri / Cut Mutiah / Nora Usrina
Editor: Untoro Dwi Raharjo

Penerbit: Media Sains Indonesia
ISBN: 9786233629898
Terbit: Januari 2023 , 96 Halaman

BUKU SERUPA










Ikhtisar

Nyeri persalinan merupakan salah satu nyeri dari sekian banyak jenis nyeri yang dialami oleh manusia. Nyeri persalinan merupakan proses fisiologis alamiah yang dihadapi hampir semua perempuan ketika persalinan. Dari zaman dahulu, banyak sekali tindakan yang bisa kita lakukan untuk mengurangi nyeri persalinan, namun kita justru cenderung memilih obat-obatan sebagai terapi dalam mengurangi nyeri persalinan, baik itu dianjurkan oleh tenaga kesehatan maupun keluarga ibu sendiri. Padahal, terapi farmakologi dengan menggunakan obat-obatan akan menimbulkan efek samping bagi kesehatan ibu.

Pendahuluan / Prolog

Kata Pengantar
Bismillah Segala puji bagi Allah Subhanahu Wa ta'ala dan Shalawat bagi Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam Nyeri persalinan merupakan salah satu nyeri dari sekian banyak jenis nyeri yang dialami oleh manusia. Nyeri persalinan merupakan proses fisiologis alamiah yang dihadapi hampir semua perempuan ketika persalinan. Dari zaman dahulu, banyak sekali tindakan yang bisa kita lakukan untuk mengurangi nyeri persalinan, namun kita justru cenderung memilih obat-obatan sebagai terapi dalam mengurangi nyeri persalinan, baik itu dianjurkan oleh tenaga kesehatan maupun keluarga ibu sendiri. Padahal, terapi farmakologi dengan menggunakan obat-obatan akan menimbulkan efek samping bagi kesehatan ibu.

Selain penggunaan obat-obatan untuk mengurangi nyeri persalinan, ada juga terapi komplementer non-farmakologi yang dikembangkan di berbagai belahan dunia dan dapat kita akses di zaman digital ini. Buku ini ditulis oleh Dosen Poltekkes Kemenkes Aceh ini, diharapkan dapat memberi konstribusi yang nyata bagi para pembaca dalam memahami, mendampingi dan membantu ibu selama proses persalinan. Apakah kita akan membiarkan ibu bersalinan mengalami nyeri karena kita anggap nyeri merupakan proses alamiah saat bersalin? Tentu jawabannya adalah “tidak”.

Kita masih dapat membantu mendampingi atau sebagai pelaksana utama dari manajamen nyeri persalinan itu sendiri. Selamat bekerja bagi dosen tim penulis yang telah menyelesaikan buku ini, semoga akan lahir karya yang lain demi perkembangan ilmu pengetahuan. Teruslah berkarya!

Penulis

Alchalidi - Penulis merupakan dosen pengajar di Prodi Kebidanan Langsa Poltekkes Kemenkes Aceh untuk Mata Kuliah Ilmu Kesehatan Masyarakat, Promosi Kesehatan dan Statistik. Penulis lahir di Banda Aceh, 21 September 1977. Penulis merupakan lulusan Magister Kesehatan di Universitas Sumatra Utara (USU) yang sudah bekerja sebagai ASN di Poltekkes Kemenkes Aceh sejak tahun 2001.

Penulis aktif melakukan penelitian bidang kesehatan dan pengabdian sebagai salah satu tugas tridharma perguruan tinggi sebagai dosen. Ini merupakan buku kedua penulis.
Abdurrahman - Penulis menyelesaikan jenjang pendidikan tinggu S1 dan Profesi Keperawatan di Falkultas Keperawatan UI, Magister Pendidikan di Universitas Syiah Kuala, dan Program Doktoral Manajemen Pendidikan di Universitas Negeri Medan. Penulis telah aktif mengajar sejak tahun 1994 sebagai Dosen Program Studi Keperawatan di Poltekkes Kemenkes Aceh yang mengajar Mata Kuliah Etika Keperawatan, Dasar-Dasar Metodologi Penelitian Keperawatan, Manajemen Patient Safety, Manajemen dan Kepemimpinan dalam Keperawatan, Kebijakan Kesehatan, dan Keperawatan Medikal Bedah Lanjut. Selain di dunia Pendidikan, penulis juga aktif di organisasi DPW PPNI Provinsi Aceh dan mengemban sebagai Ketua dalam 2 periode yaitu Tahun 2018 s.d 2022 dan Tahun 2022 s.d 2027.
Lina - Dosen pengajar di Prodi Keperawatan Langsa Poltekkes Kemenkes Aceh pada mata kuliah gizi dan diet, Kewirausahaan, dan dasar – dasar metode penelitian. Penulis merupakan lulusan Magister Kesehatan di Universitas Sumatra Utara (USU) tahun 2012. Penulis Bekerja di Poltekkes Kemenkes Aceh sejak tahun 2001 dan menjadi dosen pada tahun 2014.

Penulis aktif melakukan penelitian bidang kesehatan dan pengabdian kepada masyarakat sebagai salah satu tugas tridharma perguruan tinggi sebagai dosen.

Hasil kegiatan tersebut dipublikasikan di jurnal nasional dan internasional. Selain mengajar, penulis juga sebagai pengelola lembaga penjamin mutu di institusi.
Nora Veri - Sebagai Dosen di Prodi Kebidanan Langsa Poltekkes Kemenkes Aceh sejak tahun 2006. Merupakan alumni magister Kebidanan Universitas Brawijaya angkatan kedua (tahun 2012). Kesehariannya penulis mengajar mata kuliah komunikasi konseling dalam praktik kebidanan, fisiologi, dan menyusui, kesehatan reproduksi dan keluarga berencana, gadar maternal dan neonatus serta obstetri.

Ketertarikan penulis dalam menulis buku berawal dari tahun 2017. Penulis aktif menulis buku referensi dan buku ajar. Aktivitas sehari-hari penulis adalah melaksanakan tridharma perguruan tinggi. Hasil kegiatan tersebut banyak dipublikasikan di jurnal nasional terakreditasi dan juga jurnal internasional bereputasi dan rekam jejak publikasi penulis dapat dilihat di website SINTA dan profil google scholar. Selain mengajar, penulis juga sebagai pengelola Prodi dan chief editor jurnal Kebidanan Femina yang diterbitkan oleh Prodi kebidanan Langsa Poltekkes Kemenkes Aceh.
Cut Mutiah - lahir di Jakarta, 6 November 1984. Saat ini bekerja sebagai Dosen di Prodi Kebidanan Langsa Poltekkes Kemenkes Aceh. Penulis Merupakan lulusan UNPAD untuk program magister Kebidanan. Penulis aktif sebagai dosen pengajar, melakukan kegiatan penelitian dan pengabdian serta menulis publikasi ilmiah yang dipublikasi untuk skala nasional maupun di jurnal internasional bereputasi. Rekam jejak penulis dapat dilihat di Profil SINTA penulis dengan ID: 6171935. Email: thea.kusnady@gmail.com. Saat ini penulis mengajar mata kuliah Asuhan Kebidanan Persalinan dan BBL, Asuhan Kebidanan Nifas dan Menyusui, Kegawat Daruratan Maternal Neonatal, Obstetry dan Komunikasi Dalam Praktik Kebidanan. Penulis saat ini menjabat sebagai Ketua Program Studi D3 Kebidanan Langsa, Pengurus IBI Cabang Kota Langsa sebagai Bagian Pendidikan Periode 2018-2022 serta Pengelola Jurnal Femina.
Nora Usrina - Awal karir adalah sebagai tenaga bidan Poned Puskesmas Simpang Maplam Kab.Bireun dan Bidan Ahli Ruang Rawat Ibu di Rumah Sakit Ibu dan Anak Provinsi Aceh. Tim pengajar studi mata kuliah KB di akbid Saleha Banda Aceh. Saat ini bekerja sebagai Staf Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Poltekkes Kemenkes Aceh.Penulis merupakan alumni magister Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Aceh angkatan keempat (tahun 2019).Kesehariannya penulis selain sebagai pengelola Penelitian dan Pengabmas juga melaksanakan penelitian dan pengabmas di bidang Kesehatan terutama yang berhubungan dengan kesehatan reproduksi, keluarga berencana. Hasil kegiatan tersebut dipublikasikan di jurnal nasional terakreditasi dan juga jurnal internasional bereputasi dan rekam jejak publikasi penulis dapat dilihat di website SINTA. Selain mengajar, penulis juga sebagai pengelola jurnal Nasuwakes Poltekkes Kemenkes Aceh.

Daftar Isi

Cover Depan
Kata Pengantar
Prakata
Daftar Isi
Daftar Gambar
Daftar Tabel
Bab 1. Pendahuluan
Bab 2. Konsep Dasar Nyeri
     Definisi Nyeri Persalinan
     Patofisiologi Nyeri Persalinan
     Faktor yang Mempengaruhi Nyeri Persalinan
     Terapi Nyeri Persalinan
Bab 3. Manajemen Nyeri Persalinan Terapi Komplementer Dengan Massage
     Endhorphin Massage
     Akupresur
     Ice Massage
     Back Massage
Bab 4. Manajemen Nyeri Persalinan Dengan Bahan Herbal
     Dark Chocolate
     Wortel (Daucus carota L.)
     Nanas (Ananas comosus)
     Aromaterapi
Bab 5. Manajemen Nyeri Persalinan Dengan Relaksasi
     Relaksasi Nafas
     Musik dan Audioanalgesik
     Jasmine Oil
     Pengaturan Posisi
     Birth Ball
Glosarium
Daftar Pustaka
Cover Belakang