Tampilkan di aplikasi

Buku Media Sains Indonesia hanya dapat dibaca di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.

Keperawatan Kesehatan Anak berbasis Teori dan Riset

1 Pembaca
Rp 110.000 54%
Rp 51.000

Patungan hingga 5 orang pembaca
Hemat beli buku bersama 2 atau dengan 4 teman lainnya. Pelajari pembelian patungan disini

3 Pembaca
Rp 153.000 13%
Rp 44.200 /orang
Rp 132.600

5 Pembaca
Rp 255.000 20%
Rp 40.800 /orang
Rp 204.000

Pembelian grup
Pembelian buku digital dilayani oleh penerbit untuk mendapatkan harga khusus.
Hubungi penerbit

Perpustakaan
Buku ini dapat dibeli sebagai koleksi perpustakaan digital. myedisi library

Buku Keperawatan Kesehatan Anak Berbasis Teori dan Riset berupaya memberikan kontribusi penting dalam pengembangan ilmu pengetahuan, khususnya dalam konteks keperawatan anak. Dengan fokus pada pendekatan konsep teoritis dan contoh aplikasi praktis, buku ini tidak hanya bertujuan untuk memperluas pemahaman teoritis, tetapi juga memberikan panduan yang berguna dalam situasi keperawatan sehari-hari. Sistematika buku ini dirancang untuk menjawab tantangan yang muncul dalam pengajaran keperawatan anak di perguruan tinggi, dengan harapan dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan praktik keperawatan anak secara keseluruhan. Dengan demikian, buku ini diharapkan menjadi sumber daya yang berharga bagi para mahasiswa, pendidik, dan praktisi keperawatan anak dalam memperdalam pengetahuan dan keterampilan mereka.

Ikhtisar Lengkap   
Penulis: Hamdan Firmansyah / Umi Hanik Fetriyah / Nova Ari Pangesti / Atik Badi’ah / Any Zahrotul Widniah / Tiara Lani / Dewi Irianti / Dwi Agustiana Sari / Ni Ketut Mendri / I Gusti Ayu Putu Satya Laksmi / Yosefina Nelista / Andi Nur Indah Sari / Jennifa / Malisa Ariani / Freny Ravika Mbaloto
Editor: Arif Munandar

Penerbit: Media Sains Indonesia
ISBN: 9786233622547
Terbit: Desember 2021 , 288 Halaman










Ikhtisar

Buku Keperawatan Kesehatan Anak Berbasis Teori dan Riset berupaya memberikan kontribusi penting dalam pengembangan ilmu pengetahuan, khususnya dalam konteks keperawatan anak. Dengan fokus pada pendekatan konsep teoritis dan contoh aplikasi praktis, buku ini tidak hanya bertujuan untuk memperluas pemahaman teoritis, tetapi juga memberikan panduan yang berguna dalam situasi keperawatan sehari-hari. Sistematika buku ini dirancang untuk menjawab tantangan yang muncul dalam pengajaran keperawatan anak di perguruan tinggi, dengan harapan dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan praktik keperawatan anak secara keseluruhan. Dengan demikian, buku ini diharapkan menjadi sumber daya yang berharga bagi para mahasiswa, pendidik, dan praktisi keperawatan anak dalam memperdalam pengetahuan dan keterampilan mereka.

Pendahuluan / Prolog

Kata Pengantar
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT, karena atas berkat, rahmat dan karunia-Nya sehingga buku kolaborasi dalam bentuk book chapter dapat dipublikasikan dan dapat sampai dihadapan pembaca.

Book cahpter ini disusun oleh sejumlah akademisi dan praktisi sesuai dengan kepakarannya masing-masing.

Buku ini diharapkan dapat hadir memberi kontribusi positif dalam ilmu pengetahuan khususnya terkait dengan Keperawatan Kesehatan Anak Berbasis Teori dan Riset.

Sistematika buku Keperawatan Kesehatan Anak Berbasis Teori dan Riset ini mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapan. Oleh karena itu diharapkan book chapter ini dapat menjawab tantangan dan persoalan dalam sistem pengajaran keperawatan anak di perguruan tinggi.

Kami menyadari bahwa tulisan ini jauh dari kesempurnaan dan masih terdapat banyak kekurangan, sejatinya kesempurnaan itu hanya milik Yang Kuasa. Oleh sebab itu, kami tentu menerima masukan dan saran dari pembaca demi penyempurnaan lebih lanjut.

Akhirnya kami mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada semua pihak yang telah mendukung dalam proses penyusunan dan penerbitan buku ini, secara khusus kepada Penerbit Media Sains Indonesia sebagai insiator book chapter ini. Semoga buku ini dapat bermanfaat bagi pembaca sekalian

Penulis

Hamdan Firmansyah - Lahir di Sukabumi tanggal 02 Agustus 1981 dari pasangan Ibu Suaebah seorang pendidik dan Bapak Fajar Hidayat seorang jurnalis. Penulis menikahi wanita yang lahir dari pasangan Ibu Emi Ratnawati dan Bapak Mardjuki bernama Putri Ema Swandayani, S.Kep dan Alhamdulillah baru dikaruniai lima orang anak: Hizqil Hilqiya, Yusya Alyasa, Asmatuha Fariha Yaumia, Muhammad Arasya Muntaha dan Muhammad Irsyad Rasyid. Sekarang penulis bersama keluarga merintis Lembaga Pendidikan dan Dakwah Pesantren Cendekia di Kota Sukabumi. Pendidikan yang ditempuh pada Institut Studi Islam Darussalam Pondok Modern Gontor Jurusan Manajemen Lembaga Keuangan Islam tamat tahun 2004. Institut Agama Islam Riyadlotul Mujahidin Pondok Pesantren Wali Songo Ponorogo Jurusan Mu’amalat (Hukum Ekonomi Syariah) tamat tahun 2004 dan Program Akta IV Tarbiyah Jurusan Pendidikan Agama Islam di tempat yang sama. Pada tahun 2005-2006 mendapat beasiswa dari Zakariyya Islamic University Lenasia South Africa untuk Program Studi Islam. Pada tahun 2006, penulis melanjutkan studi di Program Pascasarjana Magister Manajemen Pendidikan Sekolah Tinggi Manajemen IMNI Jakarta hingga selesai tahun 2007. Kemudian melanjutkan studi pada Program Pascasarjana Magister Hukum Ekonomi Syariah Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung dengan berhasil meraih predikat Cum Laude. Dan saat ini telah menyelesaikan Program Pascasarjana Doktor Hukum Islam Konsentrasi Hukum Ekonomi Syariah di almamater yang sama yaitu...
Umi Hanik Fetriyah - Penulis kelahiran Surakarta, 11 Maret 1982. Telah menyelesaikan Pendidikan S-1 Keperawatan dan Profesi Ners di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Tahun 2004 dan 2006 serta Pendidikan Magister Keperawatan di Universitas Gadjah Mada Tahun 2015.

Sejak tahun 2009 mengajar di Program Studi Sarjana Keperawatan di STIKES Sari Mulia Banjarmasin dan mulai tahun 2019 mengajar di Universitas Sari Mulia Banjarmasin. Penulis setelah lulus jenjang

pendidikan magister keperawatan dengan program peminatan keperawatan anak di tahun 2015, maka penulis mulai mendalami dan mengajar mata kuliah keperawatan anak hingga sekarang. Demi mewujudkan karir sebagai dosen profesional, tuntutan tri darma perguruan tinggi maka penulis pun aktif melakukan pendidikan, pengabdian kepada masyarakat dan penelitian dibidang kepakarannya tersebut. Beberapa penelitian telah dihasilkan oleh penulis dan dipublikasikan dalam bentuk jurnal nasional terindeks SINTA maupun jurnal internasional, proceeding nasional maupun international. Menulis book chapter ini merupakan pengalaman baru dan pertama kalinya bagi penulis yang harapannya dapat memberikan sumbangsih informasi ilmu pengetahuan khususnya di bidang Keperawatan Anak. Semoga kedepannya bisa lebih aktif dalam menulis dan berkarya sehingga bisa dijadikan sumber referensi untuk para pembaca.


Nova Ari Pangesti - Penulis lulus Sarjana Keperawatan dari STIKES Muhammadiyah Gombong pada tahun 2012. Lulus S2 keperawatan pada tahun 2019 di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dengan predikat Cumlaude. Saat ini merupakan dosen tetap di Akademi Keperawatan Pemerintah Kab. Purworejo. Mengampu mata kuliah keperawatan anak dan metodelogi penelitian dan hobi dalam bidang travelling, serta interest terhadap metodelogi penelitian. Aktif menulis di jurnal nasional terkareditasi dan pernah menjadi oral presenter dalam International Confrence secara online di Padang, Indonesia.


Atik Badi’ah - Lahir di Trenggalek, 30 Desember 1965. Bekerja sebagai dosen/Lektor Kepala di Jurusan Keperawatan Politeknik Kesehatan Kemenkes Yogyakarta mulai 1988 s.d sekarang. Lulus Akademi Perawat Dep Kes Yogyakarta 1987, Lulus IKIP PGRI Wates Bimbingan Konseling tahun 1994, Lulus S 1 Keperawatan PSIK FK UNPAD Bandung tahun 1997, Lulus S2 Kesehatan Ibu Anak FK UGM tahun 2002 dan Lulus S3 Promosi Kesehatan Pasca Sarjana UNS Surakarta tahun 2018. Pernah menjadi dosen berprestasi Poltekkes tingkat Nasional tahun 2006. Mendapat penghargaan dari Presiden dan Menteri Kesehatan. Menjadi penguji eksternal Disertasi S3 Promosi Kesehatan UNS. Menjadi Asesor Beban Kinerja Dosen (BKD). Menjadi Reviewer Internal Jurnal Caring Jurusan Keperawatan Poltekkes Yogyakarta, menjadi Reviewer Eksternal Jurnal Internasional Health Notion, Jurnal Nasional Forikes Poltekkes Surabaya, Jurnal Nasional Surya Medika Stikes Surya Global Yogyakarta, Jurnal Nasional Health Sciences and Pharmacy Journal Stikes Surya Global Yogyakarta dan Jurnal Nasional MIKKI Stikes Wira Husada Yogyakarta. Menjadi Reviewer Penelitian Eksternal Nasional dan Reviewer internal Penelitian dan reviewer internal pengabdian masyarakat tingkat Poltekkes Yogyakarta. Menjadi pembicara tingkat lokal dan nasional....
Any Zahrotul Widniah - Penulis lahir di Kotabaru, pada tanggal 27 Januari 1991. Merupakan anak ke-2 dari tiga bersaudara. Penulis lulus di Diploma Tiga Keperwatan Intan Martapura pada tahun 2012, lulus S1 di Program Studi Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat pada tahun 2017, dan lulus S2 di program Studi Magister Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga pada tahun 2019. Saat ini penulis sebagai dosen tetap di Program Studi Diploma Tiga Keperawatan STIKES Intan Martapura. Penulis menyadari masih banyak kekurangan dan keterbatasan dalam penulisan buku ini karena ini merupakan karya pertama dalam penulisan buku. Penulis juga melakukan beberapa penelitian di bidang keperawatan, dan aktif dalam pengabdian masyarakat. Kegiatan penulisan buku, penelitian dan pengabdian masyarakat yang di lakukan merupakan langkah pertama penulis untuk menjadi seorang dosen professional. Besar harapan penulis agar buku ini dapat bermanfaat bagi teman sejawat perawat maupun mahasiswa(i) dalam melakukan asuhan keperawatan atau sebagai bahan tambahan sebagai referensi dalam melakukan penelitian dan pengabdian masyarakat.
Tiara Lani - Penulis lahir di Martapura 13 April 1991, anak kedua dari tiga bersaudara, Lulus studi diploma tiga keperawatan di Akper Intan Martapura pada tahun 2012, Lulus studi Sarjana Keperawatan dan Program Ners di Universitas Lambung Mangkurat Banjarbaru tahun 2017, lulus Megister pada Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga Surabaya tahun 2019. Saat ini penulis aktif sebagai dosen tetap di STIKes Intan Martapura prodi diploma tiga keperawatan , penulis mengampu mata kuliah keperawatan jiwa.


Dewi Irianti - Penulis lahir di Sungai Tabuk, pada tanggal 11 Mei 1990. Merupakan anak ke-2 dari dua bersaudara. Penulis menamatkan Sarjana Keperawatan dan Profesi Ners di Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat tahun 2013, kemudian melanjutkan pendidikan Magister Keperawatan dan Spesialis Keperawatan Anak di Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia tahun 2017. Saat ini penulis tercatat sebagai dosen tetap di Program Studi Diploma Tiga Keperawatan STIKES Intan Martapura sejak tahun 2013. Penulis aktif melaksanakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di bidang keperawatan anak khususnya masalah bayi premature dan ASI. Penulis juga sudah menulis beberapa buku dan kotribusi dalam penyusunan Standar Intervensi Keperawatan Indonesia (SIKI) dalam bidang Keperawatan Anak. Penulis menyadari masih banyak kekurangan dan keterbatasan dalam penulisan book chapter ini karena ini merupakan pengalaman yang baru lagi bagi penulis. Penulis berharap agar buku ini dapat bermanfaat bagi para pembaca untuk dijadikan sebagai sumber referensi dalam melakukan asuhan keperawatan maupun kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat terutama di bidang Keperawatan Anak.


Dwi Agustiana Sari - Penulis tertarik dengan dunia keperawatan dan kemudian melanjutkan sekolah d perguruan tinggi dan mengambil jurusan sarjana Keperawatan dan profesi ners pada tahun 2003 dan menyelesaikan pendidikan di tahun 2008. Penulis kemudian melanjutkan pendidikan ke jenjang Magister pada tahun 2012 di Program Studi Magister Keperawatan UGM Yogyakarta.

Penulis memiliki kepakaran dibidang Keperawatan maternitas dan Anak dan untuk mewujudkan karir sebagai dosen profesional, penulis pun aktif sebagai peneliti dibidang kepakarannya tersebut. Penulis melakukan neberapa penelitian dan melakukan publikasi di jurnal nasional. Selain itu, penulis juga aktif dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat, baik yang diadakan oleh pihak regional ataupun dari internal dengan melibatkan mahasiswa.
Ni Ketut Mendri - Lahir di Karang Asem, 5 Januari 1960. Bekerja sebagai dosen/Lektor Kepala di Jurusan Keperawatan Politeknik Kesehatan Kemenkes Yogyakarta mulai 1992 s.d sekarang. Sebelumnya pernah menjadi dosen di Akademi Perawat Dep Kes Menado mulai tahun 1978 s.d tahun 1992. Lulus Akademi Perawat Dep Kes Ujung Pandang tahun 1978, Lulus IKIP Negeri Menado Fakultas MIPA Jurusan Biologi tahun 1988, Lulus S 1 Keperawatan Ners PSIK FK UGM tahun 2003, Lulus S2 Hukum Kesehatan UGM tahun 2009.

Mendapat penghargaan dari Presiden dan Menteri Kesehatan. Menjadi pembicara tingkat lokal dan nasional. Menjadi Asesor Beban Kinerja Dosen (BKD). Menjadi Peer Review dosen yang akan naik jabatan fungsional dalam pengusulan Jurnal Internasional berreputasi, Jurnal Internasional, Jurnal Nasional, buku dan HKI. Melakukan berbagai penelitian tingkat Poltekkes, Nasional dan Internasional (Seameo Recfon) dan telah dipublikasikan dalam jurnal Internasional terindeks Scopus, Jurnal Internasional, Jurnal nasional OJS dan Terakreditasi. Sudah menerbitkan beberapa buku keperawatan.


I Gusti Ayu Putu Satya Laksmi - Ketertarikan penulis terhadap dunia Kesehatan terutama pada bidang keperawatan dimulai pada tahun 2004 silam. Hal tersebut membuat penulis memilih untuk masuk ke Akademi Keperawatan Karya Bhakti Husada dengan memilih Jurusan keperawatan dan berhasil lulus pada tahun 2007. Penulis kemudian melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi dan berhasil menyelesaikan studi S1 di Program Studi Ilmu Keperawatan UGM Yogyakarta pada tahun 2010. Tiga tahun kemudian, penulis melanjutkan studi S2 dan berhasil menyelesaikan pada tahun 2016 di Program Studi Magister Keperawatan UGM Yogyakarta.

Penulis memiliki kepakaran dibidang Keperawatan Anak dan untuk mewujudkan karir sebagai dosen profesional, penulis pun aktif sebagai peneliti dibidang kepakarannya tersebut. Beberapa penelitian yang telah dilakukan didanai oleh internal perguruan tinggi dan di publikasi di jurnal terakreditasi nasional. Penulis juga menjadi anggota di IPANI Provinsi Bali dan PPNI Provinsi Bali. Selain itu, penulis juga aktif dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat, baik yang diadakan oleh pihak regional ataupun dari internal dengan melibatkan mahasiswa.


Yosefina Nelista - Penulis lahir di Maumere pada tanggal 18September 1986. Penulis menyelesaikan pendidikan pada Sekolah Perawat Kesehatan (SPK) St. Elisabeth Lela pada tahun 2005. Penulismenyelesaikan studi Sarjana (S1) dan Ners di Universitas Nusa Nipa pada tahun 2010. Setelah menyelesaikan Pendidikan Ners pada tahun 2009 penulis mulai berkarya sebagai dosen pada Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan Universitas Nusa Nipa Indonesia-Flores-NTT. Pada tahun 2017 melanjutkan pendidikan Pasca Sarjana dan mendapat gelar Magister Keperawatan (M.Kep) dengan peminatan keperawatan anak pada Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.

Penulis saat ini bekrja sebagai dosen profesional dalam bidang ilmu keperawatan anak. Untuk mewujudkan karir sebagai dosen professional, penulis pun aktif sebagai peneliti dan melakukan pengabdian kepada masyarakaat dibidang keahliannya. Penulis aktif melakukan penelitian dan pengabdian masyarakat dan mendapatkan hibah penelitian dari AIPNI dan juga Kemenristek DIKTI. Penulis juga menjadi reviewer dari beberapa jurnal nasional terakreditasi dan menjadi editor buku dari beberapa penerbit. Buku ini merupakan buku ke 3 yang ditulis oleh penulis.


Andi Nur Indah Sari - Lahir di Palu tanggal 21 Juni 1990. Lulus S1 Keperawatan di STIK Indonesia Jaya Palu tahun 2012. Lulus Profesi Ners di Universitas Widya Husada Semarang tahun 2013. Setelah menyelesaikan pendidikan Ners dan dinyatakan kompeten dalam Uji Kompetensi Ners Indonesia, penulis kemudian bekerja sebagai perawat di RSUD Undata Provinsi Sulawesi Tengah. Tahun 2016 melanjutkan pendidikan S2 Ilmu Keperawatan di Universitas Indonesia dan lulus tahun 2018. Sejak akhir tahun 2014 hingga saat ini merupakan dosen tetap pada Program Studi Ilmu Keperawatan di STIK Indonesia Jaya Palu.

Penulis merupakan anak sulung dari 4 bersaudara pasangan suami istri Drs. Amiruddin Umar Said dan Dra. Sitti Hadijah. Penulis dibesarkan di lingkungan pendidik, sebab kedua orangtua berprofesi sebagai Guru sehingga menginspirasi penulis untuk mengikuti jejak orangtua mengabdikan diri dalam bidang pendidikan. Selain itu, dukungan dari suami yaitu Sugeng Amirul Fahmi, S.Tr yang selalu memberikan motivasi untuk terus mengembangkan karir di bidang pendidikan keperawatan.

Saat ini penulis concern dalam mengajar dan pembimbingan mahasiswa pada mata kuliah keperawatan anak, keperawatan maternitas dan manajemen keperawatan. Karya ini merupakan karya kedua dari penulis yang sebelumnya telah menghasilkan buku manajemen keperawatan.
Jennifa - Lulus pendidikan Sarjana Keperawatan di STIKES Guna Bangsa Yogyakarta pada tahun 2014, kemudian melanjutkan pendidikan Profesi Ners di kampus yang sama dan lulus pada tahun 2015. Pada tahun 2019 penulis menyelesaikan pendidikan Magister Keperawatan peminatan Manajemen Keperawatan di Universitas Diponegoro Semarang. Saat ini penulis merupakan dosen tetap di program studi Pendidikan Profesi Ners STIKES Guna Bangsa Yogyakarta. Pengalaman menulis beberapa buku yang di publikasikan dan terdaftar HKI di antaranya adalah Modul Pelatihan Discharge Planning pada Pasien Gagal Jantung Kongestif tahun 2019; Modul Praktikum Keselamatan Pasien dan Keselamatan Kerja dalam Keperawatan tahun 2020; Panduan Penyusunan Literatur Review tahun 2021. Beberapa karya ilmiah berupa riset keperawatan yang telah dipublikasikan di antaranya Pelatihan Discharge Planning untuk Menurunkan Kejadian Rehospitalisasi pada Pasien Gagal Jantung Kongestif tahun 2019; Hubungan Tingkat Pengetahuan dan Sikap Perawat dalam Pelaksanaan Program Patient Safety tahun 2020; Correlations Knowledge and Attitudes of Nurse Behaviour in Medical Waste Disposal in Inpatient Ward tahun 2021.


Malisa Ariani - Penulis kelahiran Banjarmasin, 06 Mei 1991. Menyelesaikan Pendidikan S-1 Keperawatan dan Profesi Ners di STIKES Muhammadiyah Banjarmasin Tahun 2013 dan 2014 serta Magister Keperawatan di STIKES Jenderal Achmad Yani Cimahi Tahun 2017. Tahun 2015 sudah mulai mengajar di Program Studi Sarjana Keperawatan dan Profesi Ners di Universitas Sari Mulia Banjarmasin. Demi mewujudkan karir sebagai dosen professional, penulis pun aktif melakukan pengabdian kepada masyarakat dan penelitian selain di bidang pengajaran. Disamping itu penulis juga tertarik untuk menulis buku. Menulis book chapter ini merupakan pengalaman keempat bagi penulis yang harapannya dapat memberikan sumbangsih informasi ilmu pengetahuan terutama di bidang Keperawatan. Semoga kedepannya bisa lebih aktif dalam menulis dan berkarya sehingga bisa dijadikan sumber referensi untuk para pembaca.
Freny Ravika Mbaloto - Lahir di Tomata, pada tanggal 04 Februari 1986, anak pertama dari tiga bersaudara. Dibesarkan dalam keluarga Mbaloto-Kandori, Ayah Raden Mbaloto (Purnawirawan Polri), Ibu Oktovin Kandori (Pensiunan Perawat). Menyelesaikan pendidikan TK Dharma Wanita Tomata tamat tahun 1992, SD Negeri 1 Mori Atas tamat tahun 1998, SMP Negeri 1 Mori Atas tamat tahun 2001, SMA Negeri 1 Moria Atas tamat tahun 2004, Akper Poltekes Manado tamat tahun 2007, S1 Keperawatan Stikes Nani Hasanuddin tamat tahun 2010, Program Profesi Ners Stikes Nani Hasanuddin tamat tahun 2011, S2 Kepemimpinan dan Manajemen Keperawatan Program Studi Magister Ilmu Keperawatan FK- UNHAS tamat tahun 2016.

Pengalaman dibidang pelayanan keperawatan sebagai perawat pelaksana di RSUD Kolonodale tahun 2007-2008. Sejak 2012 hingga 2022 sebagai dosen tetap di Program Studi Profesi Ners STIK Indonesia Jaya, 2022 hingga saat ini sebagai dosen di STIKes Bala Keselamatan Palu.Aktif terlibat dalam organisasi profesi, sebagai bendahara DPK PPNI STIK Indonesia Jaya 2017-2023. Aktif melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi serta memiliki karya ilmiah berupa hasil pengabdian kepada masyarakat dan penelitian.

Editor

Arif Munandar - Ketertarikan Editor terhadap ilmu keperawatan dimulai pada tahun 2009 silam. Hal tersebut membuat Editor memilih untuk masuk Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Mataram dengan memilih Jurusan Keperawatan dan berhasil lulus pada tahun 2013. Editor kemudian melanjutkan pendidikan Ners Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Mataram dan lulus pada tahun 2014. Lima tahun kemudian, Editor menyelesaikan studi S2 di prodi Keperawatan Program Pasca Ssrjanan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Sebagai pengalaman praktisi, Editor pernah bekerja ±1 tahun sebagai Staf Perawat di Klinik Royal Medikal Kabupaten Lombok Utara dan ±2 tahun sebagai Staf Perawat di Dinas Kesehatan Kabupaten Bima. Namun saat ini Editor memilih untuk mengabdikan diri sebagai Dosen dan aktif mengajar di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Bima. Editor juga pernah mengajar di Universitas Muhammadiyah Cirebon dari tahun 2019 s/d 2021.

Editor memiliki kepakaran dibidang Keperawatan Jiwa, Kesastraan, Riset Kualitatif, Kegawatdaruratan dan Kebencanaan, Manajemen Keperawatan dan Psikologi. Dan untuk mewujudkan karir sebagai dosen profesional, Editor pun aktif sebagai peneliti dibidang kepakarannya tersebut. Beberapa penelitian yang telah dilakukan didanai oleh internal perguruan tinggi. Selain peneliti, Editor juga aktif menulis buku dengan harapan dapat memberikan kontribusi positif bagi bangsa dan negara yang sangat tercinta ini. Atas dedikasi dan kerja keras dalam menulis buku puisi,...

Daftar Isi

Cover Depan
Kata Pengantar
Daftar Isi
Bab 1. Pengantar Keperawatan Anak
     Tinjauan Tentang Anak
     Tinjauan Tentang Perawat
     Konsep Keperawatan Anak
     Paradigma Keperawatan Anak
     Prinsip Prinsip Keperawatan Anak
     Prinsip Prinsip Keperawatan Anak
     Peran Perawat Anak
Bab 2.  Keprawatan Anak Berbasis Teori
     Definisi Teori
     Definisi Keperawatan
     Definisi Keperawatan Anak Berbasis Teori
     Pentingnya Aplikasi Keperawatan Anak Berbasis Teori
     Beberapa Teori yang Menjadi Dasar dalam
Bab 3. Keperawatan Anak Berbasis Riset
     Konsep Keperawatan Anak Sehat
     Konsep Keperawatan Anak Sakit
Bab 4.  Keperawatan Anak dengan Berkebutuhan Khusus
     Anak Berkebutuhan Khusus
     Retardasi Mental (RM)
     Down Syndrome (DS)
     Autis (Autisme)
     Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD)/
     Tuna Rungu (Gangguan Pendengaran)
     Tuna Netra
Bab 5. Keperawatan Anak dengan Masalah Sosial
     Pengertian Perkembangan Sosial Pada Anak
     Tingkat Perkembangan Sosial Pada Anak
     Bentuk-Bentuk Perilaku Sosial Pada Anak
     Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan
     Permasalahan Sosial Pada Anak
     Karakteristik Masalah Sosial
     Permasalahan Perilaku Sosial pada Anak
     Penanganan Orang Tua Dengan Pada Anak
     Peran Perawat Pada Anak dengan Masalah Sosial
Bab 6. Keperawatan Anak dengan Masalah Kejiwaan
     Pertumbuhan dan Perkembanngan Anak
     Kesehatan Jiwa
     Masalah Kesehatan Jiwa
     Kesehatan Mental Pada Anak
     Stres Pada Anak
Bab 7. Keperawatan Anak dengan Masalah Kebutuhan Dasar
     Pendahuluan
     Pengertian Kebutuhan Dasar
     Faktor yang Mempengaruhi Kebutuhan Dasar Anak
Bab 8. Asuhan Keperawatan Anak dengan Penyakit Tropis
     Pengantar
     Macam Penyakit Tropis
Bab 9. Keperawatan Anak dengan Hospitalisasi
     Konsep Hospitalisasi
     Stressor pada Anak yang Dirawat di Rumah Sakit
     Hospitalisasi pada Anak Usia Prasekolah
     Faktor-faktor yang Mempengaruhi Reaksi Anak Usia
     Reaksi Anak Usia Prasekolah terhadap Stres Akibat
     Pencegahan Hospitalisasi
     Penanganan Dampak Hospitalisasi
Bab 10. Pertumbuhan dan Perkembangan Anak
     Pendahauluan
     Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tumbuh Kembang
     Gangguan Tumbuh Kembang
     Deteksi Dini Tumbuh Kembang
     Kesimpulan
Bab 11. Sistem Perlindungan Anak dan Undang-Undang Perlindungan Anak
     Pengantar
     Konsep Perlindungan Anak
     Undang-Undang Perlindungan Anak
Bab 12. Komunikasi Pada Anak dan Orang Tua
     Aspek Penting Komunikasi Pada Anak dan Orang Tua
     Bentuk Komunikasi Pada Anak
     Teknik Komunikasi Pada Anak
     Teknik Komunikasi dengan Bayi dan Anak
     Perkembangan Komunikasi Pada Bayi, Toddler,
     Penerapan Komunikasi Terapeutik Pada Anak di Setiap
Bab 13. Imunisasi dan Nutrisi pada Anak
     Imunisasi
     Nutrisi Pada Anak
Bab 14. Manajemen Terpadu Balita Sakit (MTBS)
     Definisi Manajemen Terpadu Balita Sakit (MTBS)
     Perkembangan Manajemen Terpadu Balita Sakit
     Tujuan Manajemen Terpadu Balita Sakit (MTBS)
     Strategi Pelaksanaan MTBS
     Langkah-Langkah Pelaksanaan MTBS
     Klasifikasi Manajemen Terpadu Balita Sakit
Bab 15. Manajemen Pola Asah, Asih,  dan Asuh Pada Anak
     Definisi Asah, Asih dan Asuh
     Pentingnya Pola Asah, Asih dan Asuh Pada Anak
     Faktor yang Mempengaruhi Pola Asah, Asih dan Asuh
     Kebutuhan Pola Asah, Asih dan Asuh Pada Anak
     Cara Menerapkan Pola Asah, Asih dan Asuh
Cover Belakang