Tampilkan di aplikasi

Chatbot resmi pantau corona

Majalah Mens Obsession - Edisi 195
30 April 2020

Majalah Mens Obsession - Edisi 195

Chatbot

Mens Obsession
Beberapa waktu lalu, pemerintah meluncurkan Chatbot yang menyuguhkan informasi resmi mengenai perkembangan Corona atau Covid-19 di Indonesia. Chatbot pemerintah tentang Covid-19 tersebut dapat dikases masyarakat melalui aplikasi WhatsApp.

Dirjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika (PPI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Ahmad M Ramli menuturkan, masyarakat dapat memanfaatkan adanya fasilitas yang diberikan pemerintah ini.

Chatbot ini, sambungnya, juga sebagai langkah melawan hoaks yang bisa meresahkan masyarakat bahkan bisa membuat masyarakat bertindak salah. Chatbot telah siap digunakan dan dapat diakses oleh masyarakat melalui https:// wa.me/6281133399000. Selain melalui link tersebut, masyarakat pun dapat menyimpan nomor COVID-19.GO.ID, yakni +6281133399000.

Setelah menyimpan nomor di atas, Anda dapat mengetik ‘Halo’ atau ‘Selamat pagi’. Lalu, Anda akan mendapatkan balasan dari Pusat Informasi Covid-19 powered by Kemkominfo RI. Apa saja sih yang ingin kamu ketahui mengenai Covid-19?

A. Kabar Covid-19 terkini di Indonesia
B. Sebenarnya apa sih Covid-19 itu?
C. Apa saja gejala Covid-19?
D. Bagaimana cara melindungi diri?
E. Bagaimana cara melindungi orang lain?
F. Masker perlu gak sih?
G. Rumah Sakit Rujukan Covid-19.

Selanjutnya, Anda dapat mengetik pilihan huruf dan kirim. Setelah itu, jawaban dari pertanyaan akan muncul setelahnya. Sebagai contoh, menu A nantinya akan menampilkan situasi terkini mengenai Covid-19 di Indonesia, seperti berapa orang yang telah mengikuti tes, jumlah kasus positif, jumlah kasus kematian, dan banyaknya kasus yang dinyatakan sembuh.

Sementara, untuk info peta sebaran COVID-19 bisa klik link berikut https:// www.covid19.go.id/situasi-virus- corona/ Bila ada yang ingin Anda tanyakan, ketik Menu untuk kembali ke menu utama. Dan, jika mau mengakhiri pembicaraan ketik Selesai.
Majalah Mens Obsession di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI