Tampilkan di aplikasi

Merancang taman menawan

Majalah Mens Obsession - Edisi 208
27 Mei 2021

Majalah Mens Obsession - Edisi 208

Taman

Mens Obsession
Rumah tak akan lengkap tanpa kehadiran sebuah taman. Unsur bangunan rumah yang bersifat tegas bisa tampil seimbang dengan kehadiran taman yang bersifat lembut. Tak sekadar estetika, taman juga bermanfaat sebagai ‘paru-paru’ di rumah dan tempat resapan air tanah. Taman juga bisa produktif bila diisi pohon buah, sayur, dan bumbu-bumbuan.

Agar taman dapat berfungsi maksimal, beberapa hal harus dipertimbangkan saat mulai mendesainnya. Pertama adalah fungsi, ada yang berfungsi sebagai estetika, tempat berkumpul atau tempat bersantai. Setiap orang menginginkan taman untuk menambah nilai estetika huniannya, maka desain harus dibuat selaras dengan bangunan. Faktor kedua adalah kondisi lahan.

Intensitas sinar matahari pada suatu lahan akan menentukan jenis tanaman dan pohon yang bisa tumbuh atau digunakan, juga memengaruhi desain taman yang akan dibuat. Desain taman seharusnya mengacu pada langgam arsitektur yang berlaku pada bangunan. Jika rumah bergaya klasik, tamannya juga berdesain klasik. Demikian pula jika bangunan berarsitektur tradisional dan sebagainya. Elemen yang terdapat dalam taman yaitu pohon, bunga, air, dan cahaya. Keempat elemen tersebut termasuk pada pembagian elemen yang umum dikenal, yaitu softscape dan hardscape.

Taman juga terbagi menjadi taman basah dan kering. Taman basah bukan berarti yang memiliki kolam atau air mancur, melainkan terdapat banyak soft material dibandingkan hard material. Maksudnya lebih banyak diisi semak, perdu, dan rumput. Sedangkan taman kering adalah yang didominasi dengan batu-batuan.
Majalah Mens Obsession di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI