Tampilkan di aplikasi

Tingkatkan kesadaran kanker prostat

Majalah Mens Obsession - Edisi 215
22 Desember 2021

Majalah Mens Obsession - Edisi 215

kanker prostat

Mens Obsession
Terdapat berbagai tipe perawatan kanker prostat. Semakin cepat terdiagnosis, maka semakin baik pasien dapat merencanakan pengobatan berkualitas tinggi, efektif, dan tanpa operasi (non-surgical) dengan para ahli kesehatan. Berdasarkan American Institute for Cancer Research, kanker prostat adalah kanker kedua yang paling umum terjadi pada pria di dunia. Kanker prostat kebanyakan dialami pria usia 60 tahun ke atas. Namun, telah terjadi peningkatan terhadap kasus kanker prostat yang terjadi lebih cepat pada pria usia 15-40 tahun. Di Indonesia, Global Cancer Statistics menunjukkan bahwa kanker prostat adalah kanker kelima yang paling umum terjadi pada pria di Indonesia, dengan jumlah kasus baru sebanyak 13.563 pada tahun 2020 sebagaimana dilansir data International Agency for Research on Cancer dari World Health Organization.

Di Indonesia, 70% pria yang terdiagnosa kanker prostat baru mencari pengobatan medis ketika sudah terlambat. Kebanyakan pasien mencari pengobatan ketika mereka sudah mencapai stadium akhir kanker. Kanker prostat adalah suatu jenis kanker yang berkembang di area kelenjar prostat. Kanker prostat mulai muncul ketika sel-sel yang berada di dalam kelenjar prostat tumbuh di luar kendali.

Kelenjar prostat yang hanya ditemukan pada pria, memproduksi cairan yang merupakan bagian dari air mani. Ada beberapa jenis kanker prostat, yakni adenocarcinomas, sel carcinomas kecil, tumor neuroendocrine, sel transisi carcinomas, dan sarcomas. Kebanyakan kasus kanker prostat berasal dari jenis adenocarcinomas, sementara jenis lainnya cenderung langka.

Penyebab dan Gejala Terlepas dari tingginya tingkat kecenderungan terjadinya kanker prostat pada pria secara global, para peneliti tidak mengetahui secara pasti apa penyebab dari kanker prosta. Namun, beberapa faktor risiko telah diidentifikasi, misalnya mutasi gen, ras, dan pola diet.
Majalah Mens Obsession di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI