Tampilkan di aplikasi

SIM racer Indonesia, tempat buat para penggila racing simulation

Majalah motor - Edisi 74
8 April 2016

Majalah motor - Edisi 74

Apa sih s ebenarnya racing simulator? Well, kayak main game bagi kebanyakan orang, racing simulator dip akai pembalap pr ofesional s ebagai sarana latihan efektif, dan juga biasa dimanfaatin engineer untuk riset komponen baru sebelum masuk ke tahap produksi pabrik. / Foto : Ario/Dok. Motor+Mugtea

motor
Kalau elu ngaku sebagai motorsport enthusiast, rasanya kurang lengkap kalau enggak pernah balapan. Ya, sebagian dari elu mungkin lucky enough dapat kesempatan untuk lakuin hal itu tiap weekend. Tapi banyak juga dari para enthusiast, entah karena keterbatasan kemampuan fisik atau dilarang oleh pasangannya, sama sekali enggak dapat kesempatan yang sama.

Sejak 10 tahun terakhir, media komputer dan soware simulasi racing berkembang dengan pesat. Mulai dari kualitas gambar, speed, sampai gaming rig makin hari kian hadirin sebuah program yang realistis. Maksudnya enggak jauh beda sama yang ada di dunia nyata. Beberapa program racing simulation kayak rFactor2, iRacing, Stock Car Extreme, Assetto Corsa, Live For Speed, dan lain sebagainya, bahkan bisa kasih experience racing feel yang nyata banget. Bisa-bisa bikin elu lupa kalau sedang berada di dalam sebuah simulasi, dengan rig yang tepat tentunya.

Nah, lantas apa yang terjadi kalau beberapa orang yang punya hobi soal racing simulation ngumpul? Pastinya bakal bentuk komunitas. Yes, SIM RACER Indonesia (SRI) adalah contohnya. Komunitas penggemar dunia motorsport ini sudah ada sejak 2013. Awal kebentuknya dari kegemaran bersimulasi program balap Factor di Kaskus (sekarang rFactor2), yang lalu berkembang jadi komunitas terbesar di Indonesia yang punya server sendiri. Gokil!

Dengan Anggota sampai 542 orang tersebar di seluruh dunia, mulai dari Malaysia, Singapura, Filipina, Bahkan dari Eropa Kayak Spanyol, Austria, Portugal, Italia, dan Polandia. Sangat wajar kalau komunitas ini juga ngadain event mandiri. “Sedikitnya ada 4 event nasional digelar tiap tahunnya. Event internasional juga ada, dan SIM RACER Indonesia pasti ngirim wakilnya,” papar Harris Muhammad, Spoke Person SRI.
Majalah motor di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI